His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

DEADPOOL: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

5 Comments

 I’m gonna do to him what Miley Cyrus did to twerking in 2014

Sorry nerds, tapi gue ngga tau apa-apa soal Deadpool.

Gue ngga pernah baca komiknya, ngga pernah main video-game-nya, juga ngga liat cameonya di film superhero sebelumnya. Buat gue, Deadpool cuman salah satu cowo berspandex ketat menggelikan dalam dunia panel komik nan penuh sesak dengan cowo berspandex ketat menggelikan. Sayangnya, gue cuman secara eksklusif tertarik ngeliat cowo-cowo berspandex ketat kalo itu ngelibatin superkick atawa Finn Balor cosplaying jadi Predator sambil ngerayap ke ring. Gue emang ngga pernah terlalu peduli pada karakter komik superhero, dan gue jauh lebih ngga peduli lagi pada karakter komik superhero bikinan Rob Liefeld.

Tapi, hey, semua orang ngomongin film ini pas maen di bioskop, jadi kenapa ngga berusaha ngikutin jaman & nontonnya juga? Semua orang bilang itu bagus, kenapa gue ngga ngeliatnya pake mata kepala sendiri buat ngebuktiin kalo itu bagus? Apa ruginya coba?

 

Kisah Deadpool dimulai dengan kronologis nan sedemikian amburadul sampe Quentin Tarantino nyaris nyeretnya ke pengadilan atas dasar pelanggaran hak cipta. Opening-title-nya nampak fantastis, ngingetin gue ama Zombieland tapi dengan kredit paling jujur dalam sejarah industri perfilman Hollywood. Kita mulai di depan…atau ngga, sebenernya rada di tengah, baru flashback ke depan, terus balik ke rada tengah, sebelon flashback lagi lebih ke depan karena kisah film ini berjalan kaya gimana ponakan 4 taun gue nyeritain cerita soal waktu die pergi ke Dufan. Toh itu sebenernya masuk akal, mengingat keseluruhan naskah Deadpool emang, secara mencurigakan, keliatan kaya itu ditulis ama seorang anak 4 taun.

Transkrip komplit naskah Deadpool

Pertama, kita punya jagoan kita; sang karakter titular Deadpool. Kita tau die jagoan soalnya dia satu-satunya orang di layar yg jalan-jalan pake baju ketat buangan Spider-Man abis kelunturan kostum Venom pas di-laundry bareng dalem satu mesin cuci. Deadpool juga adalah narator film ini, diduga keras karena Marvel ngga ngerasa perlu ngebuang budget buat nyewa Morgan Freeman pada film karakter list D mereka. Singkat kata singkat cerita, protagonis kita loncat dari jembatan layang untuk terlibat dalam serentetan kejadian destruktif secara beruntun kaya die tuh sepasang kacamata item di sebuah film John Woo.

Meski sebenernya make kacamata item di pertempuran tuh masih jauh lebih masuk akal daripada MAKE TOPENG YG NUTUPIN MATA

Secara sederhana, set-piece pertempuran pembuka film ini bisa dideskripsiin dengan satu kata: “sempurna”. Perpaduan tepat dari ramuan jitu formula tontonan action hiperbolis; kekonyolan non realistis, akrobatik otomotif, serta eksebisi berdarah murder-ballet eksplisit. Semuanya dalam takaran jitu hasil racikan tangan seorang maestro sejati. 15 menit pertama Deadpool seakan-akan ngebuktiin kalo film superhero bisa ada di irisan sempurna antara kekerasan dewasa & humor kekanakan, sesuatu yg tadinya ngga gue sangka bisa dialamin orang tanpa megang controller pas maen Saints Row IV. Sebagai insan yg udah 3 taun ke belakang nganggep kalo film-film superhero tuh super boring, sekuen tadi bikin ekspektasi gue pada Deadpool sontak melambung tinggi. Sebuah film superhero yg sadar penuh seberapa idiotnya film superhero itu sebenarnya? Serta dengan komitmen penuh menceburkan diri dalam segala kemegahan retardness-nya? Kedengeran awesome sekali bukan?

Lalu…semuanya berakhir.

Setelah 15-20 menit pertamanya yg impresif, Deadpool secara statis berubah jadi film superhero standar sesuai prosedur. Pertama: kita ketemu ama sang love-interest; seorang wanita yg diimplikasiin sebagai “pelacur” meski ngga pernah diberi clue kalo doi pernah nidurin orang selaen Deadpool. Percintaan antara Deadpool ama Lady Deadpool (gue lupa namanya) ini ngga ngasih kontribusi apa-apa ke cerita selaen sebagai plot-device supaya jagoan kite punya alesan buat pergi perang di adegan klimaks nanti. “Hubungan” mereka cuman secara eksklusif dibangun di atas montase adegan “seks” non-penetratif American Pie ama aksi berbalas pantun tukeran joke-joke menyedihkan Family Guy, serius, bahkan kisah cinta antara dua karakter action-figure stop-motion plastik di The Lego Movie pun masih nampak lebih manusiawi daripada yg gue liat di sini.

Satu hal lagi yg ngga manusiawi: bahwa ternyata ada dua manusia dengan selera sweater lebih buruk dari Bill Cosby

Setelah intermezzo-yg-ceritanye-mau-bikin-karakter-kita-nampak-manusiawi tadi kelewat, kita masuk ke bagian boring nan wajib hukumnya dalam semua film superhero: origin story! Ini biasanya makan durasi panjang, ngga menarik, membosankan & kenyataan bahwa sebuah film yg digadang-gadang sebagai “dekonstruksi genre superhero” ternyata make formula yg persis serupa tuh sangatlah mengecewakan. Sepenting itu gitu? Gue ngga tau apapun soal Deadpool, tapi dari yg gue liat di 15 menit pertama, gue asumsiin die adalah seorang idiot berkostum yg suka ngebunuhin orang & gue sama sekali ngga masalah nerima die sebagai seorang idiot berkostum yg suka ngebunuhin orang. Gue ngga perlu tau kalo die tadinya Walter Wade atau sapalah namanya, seorang douchey Ryan Gosling yg suka ngancemin pengantar pizza sementara ceritanya badass gara-gara hobi nongkrong di bar yg dipenuhin pemeran figuran Duck Dynasty sama dengerin WHAM!

…dan itu adalah kali pertama & terakhir kata “badass” ama “WHAM!” bisa ada dalam satu kalimat

Lalu, seperti yg tertulis dalam bab 1 buku pedoman menulis cerita superhero komik Marvel, segalanya harus dibikin sedemikian berlebihan hingga nyaris overkill. Mulailah kite dibawa ke laboratorium rahasia dalam bentuk ruang bawah tanah paling creepy di luar setting film Eli Roth, dimana orang-orang jahat ngelakuin eksperimen-eksperimen jahat untuk tujuan-tujuan jahat. Konon, Generic Marvel Villain no.357 berencana nyiptain manusia-manusia super dengan cara nyiksa orang, sesuatu yg gue duga juga adalah tujuan rahasia pemerintah kita dari terus-terusan ngirimin TKI ke Arab Saudi. Kemudian, super-power mulai dimasukin. Jadi ternyataaaaa…Deadpool punya kemampuan fisik nan indestructible & ngga bisa mati, karena para penulisnya nyuntik die pake serum yg dipake oleh penulis-penulis WWE pas nyiptain John Cena.

Kekuatan super keduanya adalah “masih punya karier perfilman pasca RIPD”

Abis itu semuanya berlanjut sesuai text-book film action; penjahat nyulik cewe jagoan & jagoan pergi nyelametinnya demi cinta. Tamat. Diantaranya, sejumlah anggota casting datang & pergi tanpa impresi berarti kaya douchebag ber-Macbook di Starbucks. Misalnya Female Stevie Wonder, College Hipster Dude, Mutant Ivan Drago, juga anggota X-Men list Y Negasonic Teenage Warhead, yg namanya diambil dari buku catatan pilihan nama band baru Alec Empire. Toh, semua itu ngga akan jadi masalah kalo aja Deadpool bisa mempertahankan adrenalinnya sebagai sebuah film action. Namun, setelah sekuen laga awalnya nan stylistic, performa genosida film ini jauh lebih menurun secara lebih drastis dari kemaluan gue pas di blow-job Jabba the Hutt. Ngga banyak aksi perkelahian terjadi & sekuen klimaksnya pun sedemikian generik sampe perusahaan farmasi bisa bebas mroduksinya tanpa perlu bayar royalti.

Pose ini udah dipake di lebih banyak film action daripada vagina Brigitte Nielsen

Nah, sebelon nonton, gue sering denger kalo Deadpool tuh Cabin in the Woods-nye film supehero. Sebuah karya satire yg dibuat sebagai homage sekaligus kritik pada genrenya sendiri. Namun kalo Cabin in the Woods sukses jadi film horror yg ngejelasin semua film horror, Deadpool cuman jadi film superhero yg…keliatan kaya semua film superhero lain. Perbedaan tunggal film ini dari film-film Marvel lain tuh penulis-penulisnya sangat terobsesi pada lelucon referensi kultur pop. Masalahnye di sini skripnya juga ngga diisi ama lelucon referensi kultur pop, tapi 90% darinya cuman sekedar referensi kultur pop aja. Lelucon tuh punya punchline, sesuatu yg minim di sini. Kebanyakan dialog film ini isinya Deadpool nyebutin sesuatu yg populer tanpa bikin lelucon apapun soal itu. Sekedar nyebut “Voltron” apa “WHAM!” secara random ngga otomoatis bikin itu jadi sebuah lelucon, itu cuman ngebuktiin bahwa lo tuh tau apa itu Voltron ama WHAM! Yg berarti lo itu kemungkinannya antara:

  1. Tua
  2. Punya selera buruk

Atau…

  1. Dua-duanya

 

…dan gue ngga perlu itu dari Deadpool. Gue bisa ngambil kesimpulan kalo die tua, soalnye ngga ada anak kelahiran pasca ’95 yg bisa duduk di taksi selama lebih dari 30 detik tanpa nge-cek notif sosmed di smartphone. Gue juga tau pasti die punya selera buruk, karena die pake kostum yg dirancang ama Rob Liefeld. Ngapain ngabisin 90% skrip buat ngasihin atensi lebih pada hal-hal tersebut? Kenapa ngga makenya buat ngasih eksplanasi pada hal-hal yg lebih perlu penjelasan? Kaya, kenapa Marvel nge-casting Ryan Reynolds kalo mereka cuman bakal nge-make up die biar mirip John Malkovich? Kenapa ngga langsung aja casting John Malkovich?

Konon, John Malkovich tercipta ketika Ryan Reynolds di make-up buat jadi Pumpkinhead

Satu hal lagi yg sering diumbar orang-orang dari Deadpool adalah gimana itu adalah film adaptasi komik dengan rating R. Sesuatu yg gue cukup yakin sebelonnya udah pernah dilakuin Kick-Ass & Watchmen. Namun, kenyataannya di sini rating R tadi ngga ngebawa sesuatu yg istimewa, kalo dalam soal “makhluk berkostum tolol mengumbar kata-kata kotor” Kick-Ass ngelakuinnya dengan jauh lebih bagus, dan kalo soal gore & kekerasan, gue bisa nyebut 5 film yg jauh lebih gore serta penuh kekerasan daripada ini. Ngga usah lah dibandingin ama Sang-pemegang-tahta-undisputed-hiburan-uber-violent The Raid 2: Berandal, kalo diadu ama satu scene lawnmower di Braindead pun Deadpool masih kalah brutal, dan film itu dibikin ama orang yg kemudian nyutradarain trilogi soal segerombol elf kemayu & kurcaci berantem rebutan cincin.

Sementara di sini, dua pasien kemoterapi berantem rebutan award ngga relevan dari sebuah stasiun TV yg ngga relevan

Jadi, gue ngga ngomong kalo Deadpool tuh jelek. Masih oke lah buat tontonan, tapi ini keabisan bahan bakar terlalu cepet-terlalu dini & ngga pernah bisa lagi dapetin momentumnya begitu itu ilang di depan. Sebagai film yg pengen banget keliatan kalo itu punya nilai lebih, Deadpool tuh nampak menggiurkan, ngasih banyak harapan di depan, terus meledak secara prematur tanpa pernah bisa nemuin energinya kembali. Sebuah kalimat yg kedengeran persis kaya gimana Scarlett Johansson ngedeskripsiin penis Ryan Reynolds.

 

 

Advertisements

5 thoughts on “DEADPOOL: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. You are so gonna be my new fave person. *sembah

    Like

  2. Seneng akhirnya ada yg bilang deadpool itu biasa2 aja

    Like

  3. “gue sering denger kalo Deadpool tuh Cabin in the Woods-nye film supehero”

    urrgghh, segini overrated-nya ni film.

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s