His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

SHARKNADO: AN EPIC OF EPIC EPICNESS

12 Comments

Sharknado (n.): A massive amount of sharks swept up in a tornado of apocalyptic proportions. Synonym: awesome.

.

Sharknado merupakan sesuatu yg mustahil buat diukur pake standar nilai-nilai estetika konvensional, ini adalah sebuah film istimewa, meskipun kata terakhir tadi gue ketik sambil ngegerakin 2 tangan gue untuk ngelakuin gerakan tanda kutip di udara (yg berarti gue ngetiknye pake alat kelamin), semata-mata karena keberhasilannye ngeksekusi satu premis yg sebenernye praktis mustahil dilakuin dengan budget ultra-mini rumah produksinye. Seperti kite semua ketahui, disaster-movie bukanlah sesuatu yg murah. Ngancurin properti butuh biaya, itulah kenape Superman harus ngambil kerja sambilan jadi wartawan Daily Planet. Ngancurin sesuatu pake sesuatu-hal-laen yg sendirinye butuh biaya ngebutuhin lebih banyak lagi biaya, sekaligus ngebuktiin kalo semua super-villain tuh ngamburin lebih banyak duit secara sia-sia daripade gangsta-rapper & KONI disatuin.

Sharknado dibikin ama The Asylum, rumah produksi yg bikin film-film ajaib & ngga pernah punya duit. Dirilis ama SyFy, channel TV yg muterin film-film ajaib The Asylum & juga ngga pernah punya duit. Kedua fakta tersebut adalah halangan utama film ini dari mencapai tujuannye, soalnye, di atas kertas, konsep Sharknado tuh sesuatu yg cuman mungkin sukses kalo dibikin sebagai blockbuster musim panas. Film kaya Pacific Rim ngejanjiin kite robot raksasa & itu bakal nunjukin kite robot raksasa soalnye mereka punya duit buat ngelakuinnye. Sharknado ngejanjiin kite premis menakjubkan dari sebuah sharknado, dengan budget produksi lebih rendah dari yg dikeluarin NatGeo pas bikin dokumenter soal Socially Awkward Penguin. Apaan yg ngebedain Sharknado ama Pacific Rim tuh emang praktis cuman budget $188 juta kok. Gue ngga ngomong kalo Pacific Rim jelek (gue bahkan belon nonton), tapi mereka yg nganggep bahwa premis “tornado terbuat dari ikan hiu” tuh lebih konyol dari “robot raksasa mukul monster raksasa pake kapal tanker” cuman mungkin punya pemikiran gitu karena:

A) Ngga ngerti ape yg dimaksud dengan kata “konyol”, atau…

B) Berusaha ngeboongin dirinye sendiri.

Keduanye sama-sama sesuatu yg dibangun berlandaskan ide dungu, dan ide dungu tuh ngga otomatis berarti kalo itu ngga kedengeran awesome. Ape gue tertarik ngeliat robot raksasa mukul monster raksasa pake kapal tanker? Ya iye lah, sape yg kaga? Ape gue pengen liat angin ribut ngelemparin ikan hiu ke jendela rumah-rumah orang di LA? Mungkin sampe Hollywood & Beverly Hills, sape tau salah satunye kebeneran tempat tinggalnye Dylan McKay?? OH HELL YES!!

.

.

Bagi kalian yg kurang familiar dengan sesuatu bernama ilmu pengetahuan, Sharknado merupakan fenomena ilmiah nan faktuil yg terjadi ketika angin puting beliung muncul di samudera lepas, ngangkat semua jenis ikan hiu yg ada di dalemnye (serta ngga satu pun jenis makhluk laut laen), untuk kemudian menghujani lanskap urban dengan badai predator maritim haus darah. Umumnye, kejadian ini sangatlah langka, dalem artian “ngga terjadi di luar teks-teks relijius” serta hanya menimpa “peradaban spesifik yg secara kolektif ngelakuin aksi penghujatan dalam tingkatan ekstrim”, tapi kali ini amarah dewata tersebut menyerbu Los Angeles. Meski begitu, abis dipaksa nyaksiin bencana macem LA Ink & Dancing with the Stars, gue ngga yakin kalo “amarah dewata” tuh terkualifikasi sebagai hal terburuk yg pernah terjadi pada Los Angeles.

Meski JELAS merupakan hal terburuk yg terjadi kepada tornado sejak Jan de Bont

Film ini ngebawa kite ke pantai West Coast guna ngeliat orang-orang Los Angeles berperilaku sebagaimane orang Los Angeles; maen surfing, maen skateboard, maen voli pake bikini berwarna cerah, maenin musik Heavy Metal menyedihkan, dsb,dsb. Sementara itu, sebuah badai raksasa mulai nunjukin tanda-tanda kehadirannye. Atau mungkin juga kaga, soalnye film ini punya kontinuitas lebih buruk daripade sejarah long-distance relationship. Satu shot bakal nunjukin awan gelap nutupin langit, sementara shot berikutnye nunjukin orang-orang bersenda gurau di bawah cukup sinar matahari buat ngebunuh seluruh populasi vampir di franchise Underworld. Ini fantastis karena kalo film lo di-backing sepenuhnye oleh dewa-dewa Yunani kuno yg sanggup ngemanipulasi cuaca dengan seenak jidatnye sendiri, maka lo jelas ngga butuh logika.

Logika ama skrip film ini udah lama ngga sudi tegor-tegoran lagi

Oiye, sebelon itu, sebenernye ada prolog 5 menit berisi segala hal konyol yg memungkinkan buat ditaro dalem sebuah prolog 5 menit. Gue ngga nyebutin ini duluan soalnye seluruh bagian ini ngga punya korelasi ape pun pada filmnye. Serius, ngga ada satu iota pun dari keseluruhan bagian ini ada yg diungkit-ungkit lagi di sepanjang durasi filmnye. Kenape mereka bikin pembukaan lengkap dengan foreshadowing soal implikasi ketidak seimbangan ekosistem akibat perburuan sirip hiu cuman buat ngelupainnye & nyalahin segalanye ke pemanasan-global merupakan misteri alam, tapi sekuen ini layak diliat sekedar buat nyaksiin adegan menakjubkan dari seekor hiu nelen manusia idup-idup dengan cara nyedotnye bulet-bulet kaya gimane orang biasanye makan mie instan pake sumpit. Harap maklum berhubung film ini emang nampung lebih banyak kecenderungan akut ngebunuh rasio daripade server multiplayer Battlefield 3. Lagian, bikin film serius soal pentingnye nyanyangin binatang guna ngejaga keseimbangan ekologi & semacemnye tuh sama sekali ngga ada gunanye waktu lo tau kalo aktris utama lo adalah Tara Reid.

Tergambar di atas lagi make bangke anjing mati sebagai aksesoris fesyen

Kembali ke pantai, protagonis kite Finley Shephard, atau lebih dikenal dengan panggilan “Fin” yg -demi kemudahan kite semua- mulai sekarang akan gue sebut sebagai “Ian Ziering”, berpura-pura maen surfing pake trik yg sama ama gimane dulu Agus Melasz  pura-pura terbang di Rama Superman Indonesia. Film ini sempet berusaha nunjukin sesuatu yg menyerupai interaksi manusia, tapi tentunye itu 100% irelevan soalnye sekitar 10 detik abis Ian Ziering berusaha flirting ama cewe-surfer-tough-jiplakan-Michelle Rodriguez-di-Blue-Crush yg diperanin Sumiko Braun, tau-tau hiu menyerang! Hiu menyerang orang Australia di jet ski, hiu menyerang Sumiko Braun (NOOOOO!!!!), hiu menyerang orang yg cuman berendem selutut di pantai, sementara cuaca selalu berganti antara ujan badai ama terang benderang tiap kali angle kamera berganti dalem satu sekuen event yg seharusnye terjadi secara real-time.

Untungnye, 3 kancing atas kemeja Ian Ziering nunjukin komitmen penuh pada hukum kontinuitas dengan secara konsisten menolak untuk ditutup

Setelah ape yg keliatan kaya versi luar biasa murahan dari finale-nye Piranha 3D tersebut, semua orang mutusin buat bertahan ke dalem bar milik Fin yg ada di pantai, meski itu jelas-jelas…

A) Terletak di pantai.

B) Punya sejumlah besar jendela gede ngadep ke laut.

C) Berada persis di arah jalur sebuah tsunami…yg terkenal untuk kecenderungannye ngebawa aer laut…yg mereka tau saat itu isinye penuh hiu.

Segi positifnye, mereka bisa minum-minum karena semua tau kalo alkohol menyelesaikan segalanye. Bar ini juga adalah tempat di mane sejumlah karakter ngga istimewa berkumpul buat ngelakuin aktivitas yg sama sekali ngga istimewa, jadi pada dasarnye itu kaya semua bar beneran di muka bumi ini. Diantaranye Baz (Jaason Simmons), yg ciri karakternye adalah “aksen Australia”. George (John Heard), yg ciri karakternye adalah “bokapnye Kevin McAllister di Home Alone”. Juga Nova (Cassie Scerbo) yg kite tau pasti tangguh, kuat & mandiri karena doski manggil dirinye sendiri “Nova”. Nova punya bekas luka di pahanye, sesuatu yg bisa aje punya kemungkinan buat berkesan “misterius”, dengan catetan…

1. Film ini judulnye bukan “Sharknado”.

2. Mereka ngga nunjukin ikan hiu ngelakuin kekerasan terhadap manusia mulai 5 menit pertama.

Meski semuanye sebenernye ngga perlu dibahas kalo aje doi bersedia make celana

Tapi, lagi-lagi, detil kecil kaya gitu juga 100% irelevan, soalnye abis itu ikan-ikan hiu terbang masuk lewat jendela kaya pasukan elite di novel-novel Tom Clancy & orang-orang berusaha ngelawannye pake stik biliar ama bangku bar. Nyiptain pemandangan surealistik fantastis yg bikin semua pertanyaan lo pada ape pun yg terjadi sebelonnye jadi keapus dari eksistensi. Nah, harap dicatet bahwa film The Asylum punya lebih banyak formula klise daripade ruang cuci cetak studio film Fuji circa 1998. Selaen semua efeknye harus keliatan se-Sega Genesis mungkin, karakter utamanye juga harus selalu digambarin sebagai manusia pemberani nan bertanggung jawab. Maka, di tengah kekacauan tadi, Ian Ziering mutusin buat nelpon mantan istrinye yg –persis kaya mantan kariernye- (ke)tinggal(an) di Beverly Hills. Tentunye mantan istrinye diperanin Tara Reid, soalnye “secara konsisten tampak menggelikan” adalah satu-satunye elemen konsistensi yg beneran konsisten dalem produksi The Asylum. Gue sih ngga masalah, kalo ngga gitu, gimane lagi coba seorang penulis naskah bisa masukin line spektakuler kaya gini dalem perbincangan telpon?

“It’s flooding. Not the plumbing, the ocean

“I feel an amazingly strong signs of life. Not on her, in my pants”

Fakta bahwa die ngerasa harus nekenin perbedaan spesifik tersebut karena die lagi ngomong ama seorang Tara Reid harusnye cukup konkrit buat ngebungkam semua komplen soal betape film ini “sama sekali ngga realistis”. Ngomongin Tara Reid, doi harusnye nerima penghargaan khusus untuk keberhasilannye buat secara fisik nampak lebih ngga manusiawi daripade segerombol hiu-CGI-dalem-angin-topan. Menakjubkan gimane seseorang yg dulunye ngasih blow-job dengan bayaran seribu dollar kini mencari nafkah dengan cara “berusaha tetep terjaga sepanjang take” ama “bikin Kristen Stewart keliatan kaya makhluk idup”. Doi ngalemin transformasi lebih menyedihkan daripade Starscream pas diangkat ke layar lebar oleh Michael Bay, sampe-sampe, pas pertama nongol di layar, sang sutradara (Anthony C. Ferrante) ngerasa perlu nyandingin doski ama foto berbingkainye sendiri. Buat jaga-jaga kalo-kalo audiens ngga berhasil ngenalin doi sebagai Tara Reid.

…dan bukan Marlon Wayans di White Chicks

Dongeng menakjubkan ini berlanjut dengan perjalanan Ian Ziering cs dalem rangka nyelametin putrinye; Claudia. Bukan cuma karena Claudia tuh diperanin Aubrey Peeples (sehingga doi jauh lebih worth it buat diselametin daripade Tara Reid), tapi juga soalnye nyelametin Tara Reid (yg karakternye gue asumsiin punya nama, meski gue sama sekali gagal ngingetnye) bakal ngebutuhin bantuan komplit psikiater, sekian taun dalem panti rehabilitasi, juga ribuan pertemuan AA secara intensif. Plus, gue yakin bikin Tara Reid ngelupain alkohol tuh jelas masuk kategori mustahil waktu skrip doi ngeharusinnye buat ngabisin praktis setiap scene berdiri berdampingan ama Aubrey Peeples.

Gue yakin Tara Reid akan sangat ngerasa percaya diri berdiri di samping seseorang yg terkredit sebagai “Super Hot Girlfriend” pada taun 2013

Anthony C. Ferrante mungkin pilihan terburuk buat nyutradarain ape pun, tapi bagi Sharknado, die sempurna. Bareng penulis naskah Thunder Levin (yg gue ungkit semata-mata soalnye namanye “Thunder Levin”), mereka ngerangkai kolase cover-version acak dari sejumlah momen-momen kultur-pop. Ada homage buat finale JAWS, ada homage buat Man of Steel, ada homage buat Batman versi Adam West, ada homage buat Zombies Ate My Neighbors juga Terminator 2, & penyebab fenomena anomali bencana alam mereka diambil langsung dari skrip Birdemic. Pada dasarnye, ini tuh semacem salah satu filmnye Jason Friedberg & Aaron Seltzer. Bedanye, Sharknado beneran mengandung unsur komedi di dalemnye, dengan lelucon lebih lucu. “Lelucon” versi Friedberg-Seltzer adalah nunjukin ape yg orang udah liat di film laen, bikin salah satu karakternye nyebutin itu ke kamera & itu harusnye lucu. Lelucon dalem Sharknado terjadi waktu mereka berusaha nunjukin ape yg orang udah liat di film laen dalem versi luar biasa idiotik, memancing reaksi idiotik dari karakter-karakternye. Ini kemudian berkesinambungan pada terjadinye hal laen nan bahkan lebih idiotik, untuk secara organik ngasilin lebih banyak reaksi idiotik dari karakter-karakternye, dst, dst. Persis sama ama ape yg kite liat dilakuin orang-orang sepanjang The Great Gatsby.

Kebetulan, kontribusi Tobey Maguire pada film ini juga sama sekali ngga ada

Untuk sebuah film sedemikian dungu, harus gue akuin kalo Ferrante cukup konstan dalem soal ngambil keputusan-keputusan pinter. Sekali-kalinye ada dialog soal topik serius dari perceraian serta dampaknye bagi anak-anak & keluarga, ini dilakuin di tangga sambil natap campuran rendeman aer & tumpahan darah seseorang yg baru aje dimakan idup-idup di situ. Terakhir kalinye gue nyaksiin satu keluarga milih waktu seburuk itu buat bikin momen adalah pas marga Stark masuk ke ruang after-party kawinan Edmure Tully. Ferrante tau persis apaan kekuatan tunggal filmnye, jadi begitu karakter pacar baru Tara Reid nongol & menantang kedudukan Ian Ziering sebagai alpha-male klan Shephard, sekaligus mengancam alur filmnye dengan plot melodramatis tentang drama cinta segitiga, die seketika ngasih orang tersebut line macem “Sharks? That’s impossible, there’s no sharks”, mastiin bahwa die bakal diterkam hiu sepersekian detik kemudian.

Meski gitu die masih sempet nonjok hiunye sekali, jadi die tetep masih 20 kali lebih badass daripade Aquaman

Ngomong-ngomong, film ini masih perlu berlanjut. Maka Ian Ziering pun ngalahin seekor hiu yg berenang di ruang sempit dengan cara secara kasar & konsisten ngedorongnye maju-mundur sampe keluar, yg gue yakin bukanlah eufemisme bagi kegiatan pribadi tertentu Ian Ziering di tempat tertutup. Abis itu, rumah juga kendaraan bermotor meledak tanpa penyebab yg bisa dijelasin. Pada film laen, terjadinye sesuatu dengan absensi rasionalitas sedemikian parah akan ngerusak ilusi bahwa lo tuh lagi nikmatin sebuah cerita koheren. Di Sharknado, berusaha ngejelasin ape yg lo saksiin secara rasional bakal bikin lo diangkut ke truk operasi Satpol PP, ngabisin semalem dalem sel, sambil ngedengerin gembel lampu merah berusaha ngeyakinin tikus (imajiner) peliharaannye bahwa The Devil’s Inside tuh berdasarkan pada kisah nyata. Satu-satunye aspek realitas film ini adalah fakta bahwa –di dunia ini- orang gila tuh eksis, dan mereka semuanye dikumpulin dalem satu ruangan buat bikin skrip-nye Sharknado.

Film ini merupakan adaptasi dari mural nyata di salah satu tembok sel Arkham Asylum

Setelah melalui sejumlah pertarungan sengit lawan sejumlah hiu MS-Paint superior, para jagoan kite pergi ke Van Nuys dalem rangka nyelametin putra Ian & Tara yg keberadaaannye sedemikian penting sampe itu sama sekali ngga pernah disinggung sebelonnye. Tentunye, pelajaran dari semua film SyFy adalah untuk jangan pernah mempertanyakan ape pun yg lo liat di dalemnye, soalnye di situ, “pertanyaan” dijamin punya jawaban sama menggelikannye ama kalo lo minta Amanda Bynes ngisi lembar pertanyaan essai tes astronot NASA.

Contoh A:

PERSON 1: “Storm’s dying down.”

PERSON 2: “How can you tell?”

PERSON 1: “Not as many sharks flying around.”

Contoh B:

PERSON 1: “Those are tiger sharks.”

PERSON 2: “How do you know?”

PERSON 1: “Shark week.”

Contoh C:

PERSON 1: “Why is there an old folk’s home right next to an air base?”

PERSON 2: “Because old people can’t hear?”

Rasanye kaya ngeliat orang ngebacain audio-book dari manuskrip perbincangan di komen YouTube. Menakjubkan.

.

Biasanye gue ngga suka harus ngejelasin kenape sesuatu yg udah jelas-jelas fantastis tuh fantastis. Itu buang-buang waktu & bikin gue ngerasa kalo kebanyakan manusia yg berinteraksi ama gue tuh sebenernye orangutan mabok dalam kamuflase, tapi gue terlalu sering denger komplen soal mengapa hal nan sedemikian dungu bisa gue anggep sebagai highlight. Jawabannye sederhana aje: konteks. Misalnye film blockbuster mega-budget yg ngerasa dirinye pinter (& ditujuin buat orang-orang yg ngerasa dirinye pinter) ngelakuin kesalahan fatal dalem hal riset serta mengandung plot-hole cukup gede buat dilewatin Shaquille O’Neal pas nyetir Mecha-Godzilla, maka itu gue anggep kegagalan. Tapi ini satu film yg judulnye Sharknado. Saga audio-visual tentang tornado berisi ikan hiu, yg secara sadar (ok, 50% sadar) mereka judulin ‘Sharknado’. Kedunguan adalah elemen nan sama krusialnye di sini ama di buku manual pegangan wasit pro-wrestling. Kalo ternyata film ini ngga nunjukin segala keidiotan yg orang ekspektasiin berdasarkan premis judulnye (itu judul luar biasa), gue bakal dengan objektif nganggep ini gagal, dan berhubung Sharknado ternyata nunjukin komitmen pada kegilaan-absolut secara lebih hardcore daripade istrinye Mel Gibson, maka memujinye setinggi langit adalah obligasi semua orang yg pengen ngasih kontribusi produktif bagi kemanusian.

Inget, ngingetin orang laen kalo Mel Gibson tuh emang beneran gila juga termasuk kontribusi produktif bagi kemanusiaan

Dan umat manusia emang perlu ngeliat sharknado, soalnye pemandangan visual dari hal massif yg nampak buruk & non-manusiawi merupakan teknik universal tradisional spesies kite untuk mengenali lalu menghindari marabahaya, seengganye sampe gerai waralaba fast-food ditemuin. Ngomongin sharknado, seperti lazimnye judul-judul keluaran Asylum, die ngga muncul pada mayoritas durasi film ini di luar 5 menit pertama. Tapi jangan takut, soalnye begitu nongol lagi, lo ngga ngeliat 1 ape 2, melainkan 3 biji sharknado! Pada babak terakhir, tornado-hiu ama para protagonis kite saling berlomba untuk lebih duluan pergi dari titik A ke titik B, sebuah praktek umum di genre film spesifik gini. Disaster-movie (Sharknado bisa dikategoriin “disaster-movie” dalem pengertian sangat luas) tuh sepenuhnye dibuat berlandaskan taktik Othello, di mane bencana alam & manusia silih berganti berusaha ngeduluin sambil ngalangin langkah maju satu sama laen sampe salah satu pihak ngerasa frustasi, ngelakuin kesalahan & ngga punya pilihan selaen ngebiarin lawannye menang. Kebetulan itu juga analogi sempurna bagi gimane caranye proses legal perceraian berakhir.

Juga kenape satu pertandingan antar 2 Grandmaster punya usia lebih panjang daripade kebanyakan rumah tangga modern

Banyak orang nganggep kalo film model gini dibikin khusus buat dinikmatin secara ironis. Gue nganggep itu omong kosong belaka. Gue ngga nikmatin ape pun secara ironis kecuali itu ngelibatin Paris Hilton lenyap tanpa jejak dalem tsunami duit yg ngeruntuhin kastil berlian tempat di mane doi buang aer besar. Film jelek bukan sesuatu yg susah dicari, masuk toko DVD & kemungkinan gede lo bakal nemuin 5 pilihan dalem 5 detik pertama. Sesuatu yg gue golongin “buruk” menurut level kenikmatan menonton tuh yg medioker, pretensius, ama boring. Film-film gitu ngga punya unsur spesial ape pun, juga lebih gampang dilupain daripade orang Korea yg lagi itu beken gara-gara nampak retarded di YouTube. Sharknado jelas bukan film model gitu. Mungkin pendekatannye bukan buat semua orang, tapi Anthony C. Ferrante sukses nyiptain tontonan absurd yg jauh dari mediokritas. Fakta bahwa die secara konsisten selalu ngasih kite adegan yg lebih menggelikan dari adegan sebelonnye harusnye ngebuktiin kalo die sebenernye ngga sebodoh yg kite kira. Bukan kebetulan misalnye kite ngeliat Ian Ziering nembakin hiu yg jatoh dari langit kaya confetti Mardi Gras di satu scene, trus nyambung ke scene laen di mane anaknye Ian Ziering (yg keliatannye cuman lebih muda 5 taun dari Ian Ziering) tau-tau ngebacain line bombastis:

“Instead of letting live sharks rain down on people, we’re gonna get in that chopper and throw bombs INTO the tornado, blasting those bastards to bits.”

Keputusan kritis tersebut terpaksa diambil setelah mereka menyadari kalo kekuatan super magis cleavage Ian Ziering ternyata ngga punya efek ape-ape bagi Sharknado

Catet: Sebuah film diijinin untuk ngelanggar semua hukum yg berlaku dalem segala bentuk ilmu pengetahuan asalkan itu kedengeran se-badass ini. Sains pernah dilanggar demi hal lebih buruk kok, inget gimane seseorang memahat ember bekas terus bikin sejumlah sex-doll, secara 100% ngga sengaja nyiptain kutukan global bernama Kardashian bersodari? Itu jauh lebih mengerikan. Di sini sejumlah ilmuwan mungkin ngerasa tersinggung, tapi berkat itu pula kite ngeliat 2 orang naek helikopter lalu ngeledakin angin beliung pake bom rakitan, yg berarti make-a-wish seorang anak 8 taun pas niup lilin kue ulang taun di suatu tempat baru aje dikabulin.

Pas gue bilang “suatu tempat” tentunye yg gue maksud tuh “Jepang”

Akan tetapi, misalnye lo mikir ngelawan kemurkaan alam dengan cara ngebunuhnye pake bahan peledak tuh cukup gila buat jadi adegan klimaks, lo salah besar. Berhubung The Asylum kayanye pengen nunjukin kekerasan vulgar terhadap hal alami secara lebih vulgar daripade industri modelling & Exxon disatuin, Sharknado ngelanjutin komitmennye sebagai medium display kegilaan manusia lalu nunjukin sebuah adegan yg, tanpa setitik hiperbola atau ironi pun, jelas merupakan scene of the year dunia perfilman taun 2013 ini.

Adegan di atas adalah satu-satunye cara lo bisa ngasih tau para pemburu paus di Lamalera kalo mereka tuh kurang jantan tanpa berakhir dengan tombak tradisional raksasa nancep dalem lobang dubur lo. Ngebuktiin kalo film tu ngga perlu bersaing ama seni & video-game, karena sebuah film awesome bisa nunjukin imej lebih surreal dari karya seni tinggi sambil ngelakuin pembunuhan antar-spesies lebih vulgar dari keseluruhan franchise Nintendo pada satu waktu bersamaan. Sharknado tuh contoh pencapaian teknologi VFX nan lebih spektakuler daripade robot-mecha-raksasa, karena “robot-mecha-raksasa” adalah definisi sempurna dari Bruce & Ian Ziering baru aje ngeloncat ke dalem mulutnye sambil megang gergaji mesin!! Akan tetapi sebelon kite semua –seluruh penduduk dunia sebagai sodara satu spesies- mulai nyatuin sumber daya kolektif guna mastiin kalo sape pun yg bertanggung jawab untuk terciptanye adegan tersebut dapetin blow-job & groupies setiap hari sepanjang idupnye, sebaiknye kite nunggu klimaksnye dulu soalnye film ini masih belon selesai…

Belon, belon. Inilah bedanye “tontonan kelas B luar biasa” ama “tontonan kelas B luar biasa dalam proporsi epik”.  Yg disebutin belakangan bukan cuman sepenuhnye memeluk segala glorifikasi ke-campy-annye, tapi juga nemuin sudut-sudut absurditas inovatif buat diekspos ke level baru. Sebenernye adegan tadi itu aje udah cukup ngejustifikasi keseluruhan eksistensi film ini, tapi ternyata mereka masih nambahin itu pake konsep paling menggelikan dari definisi “twist” sejak bule-bule rasis berusaha ngelakuinnye ngikutin irama Chubby Checker di taun 1960. Twist-nye Sharknado cukup abstrak buat dibingkai trus digantung di tembok Galeri Soemardja. Sesuatu nan sedemikian ajaib cuman mungkin nongol di kepala orang kalo otaknye merupakan gerbang rumah Tony Montana tempat “halusinasi kronis”ama “ketidak-seimbangan mental” tuh ketemu, yg sebenernye 100% masuk akal, mengingat finale-nye Scarface tuh simulasi dari aktifitas sehari-harinye penulis The Asylum pas lagi kerja; konyol, absurd, mematikan, serta berkontradiksi ama logika. Sebelon lo ngetawaiinnye, harap diinget kalo semua yg disebutin barusan juga adalah ciri karakteristik dari buah-buah pemikiran yg ngebawa manusia pergi ke luar angkasa.

Secara teknis, “akhirat” tuh termasuk ke dalem kategori “luar angkasa”

Gue tau kalo ngga semua orang bakalan suka Sharknado. Karena berbagai macem alesan (meski semua tau alesan sebenernye tuh gara-gara masa kecilnye kurang bahagia), sebagian orang tetep ngga akan pernah bisa ngapresiasinye segimane itu seharusnye diapresiasi. Ini bisa dimengerti soalnye film kaya Sharknado emang secara spesifik ditujuin buat orang-orang yg suka ketawa. Jadi kalo lo jenis-jenis yg bilang “serius” buat berusaha nunjukin kalo lo tuh beneran serius, ape misalnye ternyata lo tuh salah satu personelnye Sigur Ros, kayanye lo emang ngga diniatin buat bisa nikmatinnye. Ngomplenin Sharknado untuk plot-holenye ngga ngebuktiin ape-ape selaen fakta bahwa lo tuh punya sepasang mata yg berfungsi dengan sempurna, tapi masih gagal ngeliat kalo film ini praktis ngga ada plot-nye. Ngukurnye pake standar etika sinema jelas ngga valid, karena ini tuh produk TV soal tornado-hiu yg dibintangin Ian Ziering ama Tara Reid, dan sebagai produk TV soal tornado-hiu yg dibintangin Ian Ziering ama Tara Reid, Sharknado ngasih kite lebih dari yg bisa kite minta.

Serius, ape sih yg bisa lo minta dari Tara Reid?

Kecuali mungkin liver doski, yg jelas-jelas punya ketahanan superhuman

.

.

Advertisements

12 thoughts on “SHARKNADO: AN EPIC OF EPIC EPICNESS

  1. sebenernya ini pembunuhan ikan hiu yang terbang berseliweran di kota. PETA dan Pamela Anderson siap bugil kalo kejadian ni kejadian nyata…

    kalo soal film kelas B fantastis gw selalu percaya blog lo bem, rekomendasi lo seselera.

    Like

    • Pamela Anderson buat Tommy Lee ama Brett Michaels aje rela bugil bro. Gue yakin bugil bukanlah masalah gede buat doski.

      Like

  2. Lho saya kira bakalan “Best & Worst of Sharknado”, tapi apa aja bolehlah.

    oke, saya sudah nonton Pasific Rim, dan harus diakui kalo plot-nya sama2 ‘childish’-nya dengan film yang dibahas di atas… tapi, dengan itu saya jadi kebelet pengen nonton yang ini.

    Oh, Sharknado!!

    Like

    • Best & Worst of Sharknado tuh mustahil, gue ngga bisa ngebedain mane yg “best” mane yg “worst” soalnye, garisnye tipis banget.

      Lo bisa nonton ini dengan biaya jauh lebih murah daripade nonton Pacific Rim, jadi gue ngga ngeliat kenape orang punya alesan buat belon ngeliatnye.

      Like

  3. man, ini film beneran awesome, ditengah angin puting beliung yang bisa nerbangin hiu segede SUV, rambut para pemain filmnya masih aja rapi jali tanpa berantakan sedikit pun… Best Hair Dresser Award di depan mata.

    Like

  4. Sebenernya pengen komen di halaman about, tapi karena entah kenapa gak bisa komen disana, ya disini aja deh yah, siapa tahu om raja pantat selatan gak ada kerjaan, bisa nerusin liebster award yang gw nominasiin buat his hero is demon http://zerosumo.wordpress.com/2013/08/11/liebster-award-and-the-nominees-are/ soalnya secara gak langsung blog ini yg bikin gw jadi nulis pertanyaan nomer 6 😛

    Like

    • Makasih buat nominasinye, gue ngecek Liebster tuh sebenernye ape & sumpah gue sama sekali gagal buat ngerti aturan maennye gimane. Asa kompleks.

      Like

      • Sebenernya secara gak langsung kaya nyuruh orang buat jawab pertanyaan kita, terus nanti dilanjutin lagi ke orang lain untuk jawab pertanyaan kita yang baru…

        Asa kompleks pisan emang, ya dibaca aja sekali lagi kalo lagi bener2 nganggur, hehe, gw juga ampe beberapa kali bacanya baru ngeh 😛

        Like

  5. bang itu t-shirt ada yang gambarnya cabin in the wood ga ?

    Like

  6. duh om, kebetulan saya juga nominated Anda buat The Liebster/Sunshine Awards, silahkan check kalo bersedia hehe
    http://sinekdoks.wordpress.com/2013/08/19/the-late-liebster-sunshine-awards-2013/

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s