His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

7 ALESAN KENAPE THE RAID ADALAH FILM SUPERHERO TERBAIK SEPANJANG MASA

16 Comments

Kalo orang pengen bikin film superhero yg kick-ass, pastiin di dalemnye ada hero yg kickin’-ass dengan cara-cara super.

.

Tiap kali Hollywood ngeluarin film superhero baru, ujung-ujungnye gue pasti selalu nonton. Ngga pernah gue niatin sebenernye, gue emang bukan target audiens dari gituan, tapi biasanye judul-judul kaya gini tuh sangatlah populer sampe nyaris ngga mungkin, minimal, ada satu orang temen gue (juga temen sape pun) yg ngga punya DVD-nye. Lalu terjadilah salah satu dari momen-momen di mane lo dateng ke rumah orang pas die mau nonton & lo pun ikutan nonton soalnye lo bukan bajingan egois nan anti-sosial. Hal kaya gitu selalu terjadi ke gue pada semua rilisan superhero Hollywood di 20 taun terakhir, dari Batman-nye Tim Burton sampe The Dark Knight Rises, The Mask sampe The Green Hornet. Ngga satu pun diantaranye ada yg pengen gue tonton, toh ujung-ujungnye itu selalu ketonton juga, dan jujur aje, praktis semuanye ngga pernah berkesan ape-ape.

Sebelonnye, mungkin harus diketahuin kalo gue sama sekali ngga benci superhero. Maksud gue, iye, konsep dari vigilante berkostum tuh emang selalu kedengeran menggelikan, tapi gue ngga pernah sampe benci gituan. Lagian, waktu kecil juga gue lumayan familiar ama komik-komiknye meski ngga pernah jadi seorang penggemar (gue lebih doyan komik Kung Fu Hong Kong). Superhero ama manga adalah 2 jenis hiburan yg ngga terlalu gue gemari, bukan soalnye gue benci gaya gambarnye ape apa lah, tapi kebeneran di mata gue tokoh-tokohnye ngga semenarik komik-komik Hong Kong. Satu-satunye superhero yg gue suka tuh Judge Dredd (soalnye die nembakin orang sembarangan), sementara tokoh  manga favorit gue adalah…Judge Dredd versi manga (soalnye gue cukup yakin die juga pasti nembakin orang sembarangan), kalo ada. Buat gue, “ass-kickin’ fenomenal” merupakan elemen paling esensial dalem sebuah cerita bergambar dan, ngga tau kenape, kebanyakan superhero ama manga yg gue baca ngga ngeksploitasi itu sesuai dengan potensi maksimalnye.

Makanye, begitu ngeliat The Raid taun lalu, gue yakin kalo itu adalah film superhero paling keren sepanjang jaman. Film itu ngededikasiin dirinye guna ngumbar absurditas visual serta kekerasan menggelikan yg sebenernye adalah kekuatan utama dari sebuah medium cerita bergambar, serta ngebuang tetek-bengek ngga perlu yg biasanye ngebebanin durasinye. Sederhana aje: The Raid sukses jadi film superhero awesome meski ngga punya segala gimmick wajib dari sebuah “film superhero”. “Kenape bisa gitu?” Kalian bertanya.

Kebetulan gue punya 7 alesan sederhana:

.

.

#7. NGGA ADA KEKUATAN SUPER YG SUPER CUPU

.

Orang yg nganggep 90% dari ape yg kite liat dalem The Raid bisa terjadi tanpa keterlibatan kekuatan super tuh cuman punya 2 kemungkinan:

1. Orang itu ngga pernah nonton The Raid, atau…

2. Orang itu ngga pernah terlibat perkelahian seumur idupnye

Serius, ini film soal segelintir orang nonjokin satu gedung penuh orang jahat sampe ngga ada yg nyisa buat ditonjok lagi, sesuatu yg cuman mungkin terjadi tanpa kekuatan super kalo itu ngelibatin button-mashing ama side-scroll screen. Sekedar premisnye aje udah layak masuk Ripley’s Believe it or Not: 20 orang anggota pasukan khusus dikirim guna ngambil alih sebuah gedung 30 lantai yg setiap ruangannye diisi ama lulusan akademi penyalahgunaan ilmu bela diri American Ninja Idol. Mungkin lo ngga nyadar, tapi buat bisa secara sukses pura-pura manggung sebagai JKT48 pun masih ngebutuhin lebih banyak personel daripade itu. Satu-satunye kemungkinan orang-orang ini bisa sampe dikirim buat ngelakuin tugas mustahil kaya gitu adalah soalnye mereka udah ngalahin RoboCop dalem turnamen kickboxing, satu hal yg gue yakin pasti ngelibatin kekuatan super tertentu. Mungkin emang bukan jenis kekuatan super bentuk konvensional kaya yg selama ini kite kenal, tapi tetep super. Lagian, Marvel juga punya seorang superhero resmi bernama Iron Fist yg –menurut riset 3 menit gue di Google- kekuatan supernye adalah “pake baju tolol sambil lompat tinggi & nendang kepala orang sekenceng-kencengnye”.

Fire Ant juga menuhin semua kriteria tersebut tiap malem, dan die orang beneran

Kalo kite telaah lebih mendalam, kekuatan super sendiri kebagi dalem beberape kasta. Pada puncak piramida, ada jenis-jenis kekuatan yg emang ngasih seseorang keuntungan mutlak, kaya Batman & Iron Man (anak orang kaya), The Punisher (suplai senjata tak terbatas), juga Superman (plot-device).  Dibawahnye, ada kekuatan-kekuatan yg –biarpun mungkin super- sebenernye ngga kedengeran terlalu mengagumkan, contohnye Mr Fantastic (stretching), Green Arrow (Robin Hoodisme), ama Aquaman (ngga ada yg tau apaan). Dibawahnye lagi, ada kekuatan-kekuatan yg –meski punya keuntungan tertentu- sebenernye lebih cenderung membahayakan stabilitas, misalnye Captain America (xenofobia), The Hulk (problem anger-management), serta Green Lantern (kebencian pada orang Oriental). Kemudian pada dasar anak tangga, ada para X-Men, kelompok mutan dengan kekuatan yg sedemikian idiotik lo ngga akan ngeliatnye di halaman komik laen. Misalnye aje Jubilee (nginspirasiin lagu Katy Perry), Dazzler (disco), juga super-villain macem Bonebreaker yg kekuatan supernye adalah punya kaki berbentuk tank.

Antara itu ape “punya toilet portabel paling mahal dalem sejarah”

Dibandingin ama sebagian dari isi paragraf di atas (terutama kelompok terakhir), “nonjokin orang” jelas kedengeran sebagai kekuatan super yg lebih efektif. Maksud gue, misalnye lo harus milih, mane diantara opsi berikut yg kedengeran lebih super: kemampuan untuk ngebunuh dengan menggunakan semua anggota badan, ape ngeganti kaki pake tank?

Kecuali tank-nye lo copot, yg mane kekuatan supernye adalah “ngga punya kaki”

.

.

#6. NGGA ADA EKSYEN REKAYASA KOMPUTER SUPER GENERIK

.

Teknologi efek visual bikin kekuatan super jadi cupu; yg perlu dilakuin seorang aktor adalah bergaya ala cosplayer Comic-Con di depan blue-screen & satu legiun progammer bakal ngelakuin sisanye. Setau gue itu bukan “kekuatan super”, tapi keahlian yg bikin Steve Burns kepilih jadi host 75 episode Blue’s Clues. Gue akuin, ngeliatin Hulk ngancurin segala sesuatu di sekitarnye emang menyenangkan, tapi semua tau kalo itu lebih banyak disebabin oleh sejumlah orang gendut ngoperasiin software di depan komputer daripade pengaruh radiasi sinar Gamma. The Raid cuman butuh komputer buat nyimpen catetan biaya pengobatan stuntman-nye dalem bentuk file Excel. Orang-orang di film ini merlakuin The Avengers kaya gimane preman pelabuhan merlakuin pengunjung HelloFest; neror mereka pake anceman fisik untuk kecupuannye make kostum idiotik & nyalurin fantasi dengan bantuan sebuah komputer.

Protip: Gaya rambut kaya gitu bakal bikin seseorang jadi makin menggoda buat ditonjok lebih keras

Film ini nunjukin orang ngelakuin hal mustahil dengan memanfaatkan efek khusus yg lebih minim daripade teknik berburu masyarakat paleolithikum sekaligus menggunakan level teknologi persis serupa; benda keras ape pun yg bisa dipegang pake tangan & dibenturin ke kepala makhluk laen. Di sini, senjata api cuman dipake buat nyeleksi karakter-karakter yg kurang badass buat terlibat kombat jarak deket, dan ledakan cuman dipake guna nyingkirin figuran-figuran yg dianggep kurang kompeten ama sutradaranye karena mereka ngga cukup kuat buat ngedobrak pintu yg kehalangan kulkas.

Sains percaya kalo itu juga metode seleksi alam yg dulunye musnahin dinosaurus

Ini gue bukan lagi ngegali kampak perang dalem rangka Mahabharata ngelawan CGI lho ye, lagian, gituan ngebantu nyediain lapangan pekerjaan buat orang-orang yg ngga bisa ngelakuin ape pun tanpa harus login ke sesuatu. Tapi The Raid nunjukin apaan hasilnye kalo orang milih aktor-aktornye dengan cara nge-tatsumaki semua yg dateng ke audisi terus ngitung berape detik yg die butuhin buat kembali berdiri; sebuah film badass. Vaksin sempurna diantara aksi laga stereotip film superhero generik di mane seorang pahlawan manfaatin skill slow-motion wire-fu tim produksinye buat ngalahin penjahat dengan kemampuan berkelahi dalem level seorang El Gigante. Sementara film superhero laen ngeliatin orang terbang ngejauhin ledakan karena die takut mati, The Raid ngeliatin orang-orang saling ngelemparin mukenye ke kaki satu sama laen sekeras mungkin. Sekarang gue tanya, mane diantara kedua kalimat tadi yg kedengeran lebih  jantan? Udah waktunye genre ini menuhin durasi produknye pake kekerasan ngga masuk akal serta menyingkirkan kostum latex berputing ama kendaraan-kendaraan tolol yg keliatan kaya versi perangkap Jigsaw dari “kekuatan super”-nye Bonebreaker.

Seengganye, Bonebreaker ternyata cukup waras buat ngendarain hal tolol yg masih lebih convertible

.

.

#5. NGGA ADA CERITA ASAL MUASAL SUPER NGEBOSENIN

.

Untuk sebuah alesan tertentu, semua film superhero punya kebiasaan ngawalin kisahnye dengan sang jagoan sebelon die punya kemampuan sebagai tokoh superhero yg dimaksud, biarpun semua tau ngga ada orang ngerogoh kocek & beli tiket bioskop buat ngeliat itu. Mari kite kesampingin fakta kalo pas orang nonton film berjudul “The Amazing Spider-Man”, maka mereka pengen liat Spider-Man ngelakuin hal-hal “amazing”, bukan “Lame Emo Student Peter Parker”. Kite anggep aje itu tuh luar biasa penting & sama sekali ngga memungkinkan buat ngga ditunjukin. Tetep ada 2 alesan kenape itu bisa dikategoriin buang-buang waktu:

Pertama: superhero yg diangkat ke layar lebar selalu superhero paling terkenal. Semua orang udah tau asal muasalnye gimane, jadi ngapain buang-buang durasi nyeritainnye secara bertele-tele? Genre film laen ngga ngelakuin ini, Machete ngga nunjukin keidupan Danny Trejo waktu masih sekolah di akademi kepolisian, Death Wish ngga nunjukin Paul Kersey belajar nembak, A Nightmare on Elm Street ngga buang-buang waktu nyeritain soal Freddy ngebunuhin anak kecil (remake-nye iye, dan kite semua tau itu jeleknye kaya ape), jadi kenape film superhero ngerasa wajib ngelakuin itu, termasuk buat reboot dari satu superhero yg sama? The Amazing Spider-Man haruslah ngulang semua cerita awal Spider-Man-nye Sam Raimi, cerita awal yg sama ama yg selalu nongol di semua adaptasi Spider-Man sejak 1963.

Di The Raid, tokoh-tokohnye udah digigit laba-laba radioaktif SEBELON filmnye mulai di-syut

Kedua: asal muasal superhero cuman ada setingkat di atas asal muasal zombie dalem soal kedunguan. Umumnye ngelibatin radiasi atau bahan kimia karena penulis komik sama sekali ngga ngerti ape pun soal ilmu pengetahuan, ape dendam jutawan yatim piatu, ape hubungan ngga jelas dengan tempat-tempat ajaib yg dibaca penulisnye di buku laen (ngga jarang juga 100% ngarang). Intinye adalah; itu ngga masuk akal. Ok, keseluruhan eksistensi superhero emang ngga masuk akal, tapi seengganye bagian berantemnye masih ngelibatin “kekerasan ngga masuk akal”. Superhero-origin ngga ngasih kite ape-ape selaen contoh-contoh praktek keteledoran nan membahayakan & kesalahpahaman kronis dari efek radioaktif bagi manusia. Dunia medis percaya bahwa kedua faktor itu adalah proses pembuahan dari terciptanye sebentuk organisme yg kite kenal sebagai “Ke$ha”.

Karena fenomena macem gini sangatlah membutuhkan penjelasan ilmiah

Asal muasal kekuatan tokoh utama The Raid adalah “rajin beribadah” ama “sayang istri”, dan jujur emang cuman itu ciri karakteristik-moral yg diperluin seorang superhero. 2 menit kemudian, die udah pake seragam dalem mobil, abis itu nunjukin keberanian ekstravaganz dengan ngga ngelompat keluar terus lari terbirit-birit abis ngedenger brief dari sebuah misi berbau bunuh diri yg sama sekali ngga ngelibatin strategi ape pun selaen “masuk lewat pintu depan sambil bawa senapan”. Kite tau die orang baik-baik soalnye die membelai istrinye terus nonjokin orang jahat, bukan sebaliknye. Kite juga tau die hebat, soalnye die ngabisin sisa durasi filmnye ngebunuhin orang pake perabotan kaya die tuh bandrol harga Modera. Itu doang kok yg gue pengen tau dari superhero gue: seberape tinggi kepeduliannye pada wanita hamil ama seberape keras die nonjok orang. Kalo emang gue pengen tau soal keidupan pribadinye sebagai orang biasa ama betape annoyingnye die dalem soal berusaha nyari perhatian, maka gue bakalan nge-follow die di Twitter.

Itu perpustakaan anthologi ketololan umat manusia terkomplit setelah halaman Wikipedia franchise Resident Evil

.

.

#4. NGGA ADA PENGEMBANGAN KARAKTER SUPER MENGGANGGU

.

Jujur aje, superhero itu, pada dasarnye, ridikulus. Mereka adalah orang-orang dewasa, berperang demi vendetta pribadi dengan mengatasnamakan keadilan pake kostum-kostum yg berenti keliatan ngga menggelikan abis seseorang ngerayain ulang taunnye yg ke-13. Toh, film-film ginian, terutama yg dirilis selepas booming era “gritty reboot” ama “novel grafis” selalu berusaha ngasih plot kompleks nan “dewasa” demi bikin tokoh-tokohnye jadi nampak “manusiawi”, meski kedua kata yg dikutip terakhir jelas-jelas ngebunuh semua kesenangan dari punya kekuatan super. Trend tersebut bikin rasio plot kebanyakan film superhero tuh kebagi antara 10% awesome-ass-kicking ama 90% drama emosional. Nah, gue duga The Raid dijudulin “The Raid” soalnye semua kata laen dalem skrip-nye terdiri dari sound-effect inaudible suara yg keluar kalo organ tubuh seseorang berbenturan ama organ tubuh orang laen dengan kecepatan tinggi. Dialog-dialognye singkat & kemungkinan udah lo lupain isinye apaan pas mereka mulai saling nendangin kepala satu sama laen, toh gue curiga itu emang apaan yg bakalan terjadi kalo salah satu dari mereka ada yg nendang kepala lo di dunia nyata.

Beginilah caranye memori otak manusia di-format ulang

Gue sangat menikmati ini karena karakterisasi berlebihan dalem sebuah simulasi medan perang di mane semua orang saling bunuh tuh ekuivalen sinema dari loading-screen save point dalem game; ngga ada yg suka gituan soalnye kalo emang ngeliat benda kecil muter-muter tanpa ngelakuin ape pun yg menarik tuh populer, maka gue yakin video balap sepeda Olimpiade di YouTube pasti punya 1 milyar view. The Raid ngebawa film superhero kembali ke esensi dasarnye: sejumlah makhluk super yg jago dalem hal ngancur-ngancurin sesuatu berusaha sekuat tenaga ngancurin satu sama laen pake cara-cara super. Di sini, penghargaan yg didapet pahlawannye pas berhasil selamet dari serbuan gelombang musuh adalah diserbu oleh lebih banyak musuh, dan mereka nganggepnye sebagai bonus karena sekarang tersedia lebih banyak kepala seger buat dihantem. Ini mungkin film pertama di mane baik superhero ama super-villainnye punya kekuatan super yg persis sama, dan satu-satunye perbedaan antara keduanye adalah dari sisi sebelah mane die masuk ke frame kamera.

Alesan yg sama ama kenape kite dulu lebih milih ngabisin koin buat ginian daripade makenye buat nelponin lawan jenis

Film ini punya dialog lebih minim daripade sebuah turnamen kumite, tokoh-tokoh di dalemnye cuman berkomunikasi dengan satu sama laen kalo mereka perlu ngobrolin strategi baru guna nyakitin pihak lawan. Skripnye terdiri dari 10 line dialog & berkas 250 halaman pasfoto stuntman yg harus mereka lukain secara berurutan soalnye “baca” tuh ngga nuntut orang buat ngegunain kekuatan fisik kecuali namanye Desperaux Tilling. Plot-nye super-sederhana berhubung jagoannye lebih fokus ngejawab pertanyaan-pertanyaan esensial galaksi superheroisme kaya “berape banyak tengkorak yg bisa seorang badass retakin pake tangan dalem tempo 5 detik?” (jawaban: semua kepala yg tersedia). Tentunye itu sama sekali ngga salah, karena “fokus nyelakain orang” adalah satu-satunye cara yg diketahui bisa bikin individu bertahan idup dalem sebuah ruang isolasi raksasa yg ngurung lebih banyak psikopat/pembunuh daripade server Modern Warfare 3.

Map cyber ini memenjarakan lebih banyak psikopat dalem ruangan daripade rumah tahanan beneran

.

.

#3. NGGA ADA RENCANA JAHAT KOMPLEKS SUPER DUNGU

.

Penjahat merupakan elemen krusial bagi sebuah film yg mengandung eksyen. Tanpa mereka, jagoan-jagoan ikonik dunia ngga akan ngapa-ngapain selaen ngupdate status Facebook sambil mesen KFC. Konflik penjahat vs pahlawan adalah apaan yg bikin benda-benda meledak & aktris macem Scarlett Johanssen pake baju super ketat sepanjang durasi, sekaligus alesan kenape bioskop juga toko DVD ngga diisi sejuta judul variasi dari Twilight. Sebagian dari penjahat ini punya motivasi solid, sebut aje Brain (“menguasai dunia”), Skeletor (“gue ngga punya muka”), ape Godzilla (“gue Godzilla, RAAARRRRR!!”). Namun, berhubung penjahat film superhero merupakan pengguna teknologi tercanggih demi hal-hal terdungu paling akut setelah Blizzard, rencana mereka umumnye dirancang pake sistematika kompleks yg lebih ngga perlu daripade kalimat susunan Soren Kierkegaard. Buat gue itu aneh soalnye rencana paling efektif tuh biasanye dateng dalem bentuk yg paling sederhana. Maksud gue, liat aje Hollywood, mereka sukses ngambilin bilyunan Dollar dari dompet orang tiap taunnye & satu-satunye rencana jahat mereka buat ngelakuinnye adalah “bikin sekuel”.

Rencana jahat mereka berikutnye adalah secepet mungkin ngeluarin “Raid Harder”

Namun, “rencana jahat” tuh cuman dimanfaatin sama penjahat-penjahat dengan cukup waktu luang dalem jadwal padat seorang penjahat sejati, dan penjahat di The Raid terlalu sibuk makan mie ama ngegebukin orang dalem ruangan yg secara spesifik dirancang hanya untuk ngegebukin orang buat ngurusin gituan. Strategi korporat tunggal penjahat di sini adalah “bertingkah jahat” ama “dipukulin ama jagoannye” & mereka ngelakuinnye sepanjang durasi dengan komitmen penuh, bikin super-villain film ini jadi organisasi-kejahatan pertama dalem sejarah sinema yg sukses mencapai tujuannye. Ngga ada drama penyanderaan atau pun bom yg akan meledak pada waktu tertentu, karena plot-device guna nyiptain ketegangan cuman dibutuhin ama film berisi orang-orang yg kurang jago pencak silat. Harap diinget bahwa praktis semua orang di film ini tuh MacGyver-nye tindak pidana pembunuhan: ngga ada ape pun yg ngga bisa mereka improvisasiin jadi harbinger pembawa duka & kematian, termasuk lampu neon. Jadi emang logislah mereka ngga buang-buang waktu pada hal remeh temeh kaya “planning” & lebih berkonsentrasi dalem soal “nendangin musuh sampe hantunye nanti berak sol sepatu”. Misalnye penjahat James Bond tuh serasional ini, 007 bakal punya karier eksyen lebih pendek daripade seorang make-up artist yg ngga sengaja nongolin kepalanye dalem frame kamera The Raid.

Dalem The Raid, tugas make-up artist adalah nendang muke aktornye supaya die marah & ngebales nendang lebih keras pas sutradaranye bilang “action!”

Pada saat display vulgar dari kekerasan tangan kosong ini mencapai ujungnye. Pas pahlawan kite pengen ngebebasin rekannye yg tertawan, strategi penjahatnye buat ngelawan adalah ngelepasin tawanannye supaya die bise ngehajar dua-duanye pada waktu bersamaan. Terakhir sesuatu kedengeran segitu efektif sementara keliatan segitu awesome adalah pas flame-thrower pertama kalinye dicobain. Ape yg terjadi berikutnye adalah sebuah aksi threesome brutal di mane semua orang berusaha ngilangin satu tingkat pendidikan SD dari memori lawannye dengan penuh kebencian kaya mereka baru aje saling ngapus save-an Skyrim satu sama laen. Menurut berita, pemerintah Norwegia ngewajibin keseluruhan sekuen tersebut dipotong dari versi bioskopnye karena khawatir para petani negara itu bakalan ngirim masing-masing aktor di dalemnye persembahan seorang perawan suci tiap kali musim panen.

Odin seketika ngundurin diri dari jabatannye begitu nyaksiin keseluruhan sekuen adegan perkelahian ini

.

.

#2. NGGA ADA UNSUR ROMANSA MENYE-MENYE SUPER NGGA PERLU

.

Demi sebuah alesan yg ngga pernah berhasil gue pahamin, film superhero selalu ngerasa perlu ngelibatin percintaan di dalemnye meskipun “kasih sayang” serta “mencegah seseorang dari terluka” jelas-jelas merupakan kebalikan absolut dari “ass-kicking”. Spider-Man berulang-ulang ngegunain kekuatan super dari tangan-tangan lengketnye guna bikin Mary Jane Watson terkesima, sesuatu yg lebih kedengeran kaya aksi desperate semua pecundang internet pada kencan pertama mereka daripade superheroisme. Batman nunjukin markas rahasianye ke semua lawan maen di filmnye berhubung batcave tuh ngga lebih dari hotel melati pribadinye sendiri. Green Lantern ngelakuin…ummm…ape lah gitu, gue ngga inget, tapi gue yakin ada perempuan di situ…ngelakuin sesuatu.

“Mengagumi pemeran utama prianye”, gue asumsiin

Hubungan pribadi antara superhero The Raid dengan wanita dimulai & diakhiri dalem 3 menit pertama, dan begitu title-creditnye nongol, film ini sontak berubah jadi pesta sosis terbesar di luar acara barbecue guild World of Warcraft. Gue pernah ngeliat lebih banyak partisipasi wanita di komen iklan produk penis-enlargement Amazon daripade yg gue liat di film ini. Umumnye, kehadiran karakter wanita tu hukumnye wajib bagi film superhero, baik sebagai love interest, eye candy, atau pun kombinasi dari keduanye. Dalem The Raid, “love interest” tokohnye adalah “menyakiti”, “eye candy”-nye adalah “ketupat bengkulu”, dan mereka ngombinasiin kata-kata tersebut dengan hasil lebih mematikan daripade “sabu” & “mengemudi” dalem kamus Novi Amalia.

Mereka juga ngebunuh lawan menggunakan “gravitasi” & “ketinggian”, 2 hal yg selama ini gue pikir cuman berguna buat nyelesaiin konflik dalem Angry Birds

Jangan salah lho ye, gue sama sekali ngga punya masalah ama keterlibatan wanita dalem film eksyen. Lagian, film superhero favorit gue sebelonnye tuh Punisher: War Zone (yg sutradaranye perempuan) dan gue juga seorang kolektor sub-genre spesifik “stripper vs sesuatu” pada level nyaris obsesif. Ini ngga dimaksudin sebagai serangan pada wanita, gue cuman pengen ngomongin gimane The Raid nunjukin bahwa seorang superhero dalem film sebenernye bisa kok punya alesan sederhana buat bertarung lawan maut selaen perempuan. Alesan itu adalah “mempertahankan idupnye sendiri”, karena idup seseorang adalah sebuah anugerah yg wajib diperjuangin sampe titik darah penghabisan. Itu pelajaran berharga yg harus mulai dipraktekin ama semua pengguna internet.

Serius internet, berhentilah bisa dideskripsiin cukup dengan 3 kata di atas

.

.

#1. NGGA ADA PESEN MORAL BERLEBIHAN SUPER MENYEBALKAN

.

Sebenernye ini ngga bisa dielakin sih. Buku komik merupakan sebuah medium cerita yg diperuntukan bagi anak-anak (sementara film adaptasi buku komik merupakan medium cerita yg diperuntukan bagi anak-anak yg belon bisa baca), jadi udah selayaknye misalnye itu nyumbangin kontribusi guna sekedar ngarahin audiensnye supaya ngga tumbuh menjadi asshole. Gue ngga ada masalah ama itu. The Raid punya pesen moral super-sederhana: kalo orang jahat baku hantem ama orang baek, orang jahat selalu kalah. Gue tau dunia emang ngga ngikutin aturan gitu, tapi itu pesen yg bener buat disampein. Jangan salah, gue suka karakter jahat, tapi gue ngga akan masalah ngeliat mereka dapetin ganjaran tragis di ujung film. Layak kok, idealnye sih emang gitu. Film-maker juga manusia, die punya hati nurani, dan kalo die bikin film yg isinye orang ngehajar semua orang laen pake tendangan muter sampe mampus, seengganye itu semua bisa lah dilakuin demi membela kebajikan, kenape? Karena persis itulah apaan yg bakal dilakuin seorang Judge Dredd.

Tergambar di atas: hal laen yg bakal lakuin seorang Judge Dredd

Cara paling gampang guna ngejustifikasiin kekerasan hiperbolis adalah ngelakuinnye pada sesuatu yg secara universal dibenci. Kejahatan, Nazi, ama zombie merupakan target sempurna buat itu, dan kalo 90% kuota film lo udah keburu dipenuhin ama surplus display fantastis skill Ninja, lo ngga punya waktu buat ngembangin karakter-karakter ambigu. Itu bakalan ngebingungin penonton sekaligus ngedistraksi mereka dari nikmatin momen pas karakter-karakter tersebut terlibat pertukaran sengit anggota badan kaya 2 orang karateka dalem mesin cuci. Kepribadian kompleks ngga bikin tonjokan seseorang jadi lebih keras, dan The Raid justru sempurna karena ia memegang teguh konsep dasar tontonan superhero: orang baek ama orang jahat, tonjok-tonjokan sampe salah satunye ada yg ngga bisa bangun (SPOILER: itu yg jahat). Gue tau dunia sebenernye tuh tempat nan dingin, kejam & ngga adil, di mane penjahat kelas kakap bisa nginjek sape pun yg mereka mau tanpa pernah nerima konsekuensinye, tapi film kaya gini bukan tempatnye nunjukin gituan. Orang-orang ngga selayaknye keilangan kepercayaan pada umat manusia hanya gara-gara film superhero, itulah gunanye game online.

Di situ, orang-orang ngelakuin hal yg persis sama ke satu sama laen. Bedanye, mereka harus ngeluarin duit sekedar buat diperlakuin secara semena-mena oleh sesama

Satu lagi kenape buat gue The Raid adalah kisah superhero sempurna: film ini jujur. Waktu semua kekerasan ngga masuk akalnye berakhir, apaan yg berubah? Ngga ada. Jagoan kite tetep orang yg sama ama pas filmnye dimulai, penjahatnye juga tetep jahat, tapi udah jadi penjahat mati aje. Ok, protagonis kite emang berhasil nangkep satu orang, toh itu praktis sama signifikannye ama nge-kick satu bot spammer dari forum internet. Die ngga nyelametin dunia, die ngga ngusir invasi alien dari muka bumi, die cuman berhasil keluar dengan selamet & bisa pulang ke istri hamilnye. Perang antara kebajikan lawan kejahatan masih terus berlanjut, cuman tugas die udah selesai aje. Kite bersorak bukan gara-gara die berhasil nyelametin kite, tapi soalnye kite suka ngeliat orang istimewa mecahin problematika mustahil dengan cara mukulnye sampe bolong. Itu definisi sederhana yg ngedefinisiin “superheroisme” bukan? Gituan kan pada dasarnye film Tamil ber-budget kolosal doang, jadi kenape ngga sekalian ngisinye pake 100% kekerasan-ajaib-nan-awesome? Toh, ngga peduli berape pun tulang patah ama kepala ringsek di layar, kite semu tau kalo “nonjokin penjahat kenceng-kenceng” tetep bukanlah hal paling non-manusiawi yg kite liat diproduksi atas nama “entertainment” kok.

Mereka yg ngganggep adegan ini kejem pasti belon ngeliat apaan yg dilakuin para orangtua pada anak-anak mereka di Toddlers & Tiaras

.

.

Advertisements

16 thoughts on “7 ALESAN KENAPE THE RAID ADALAH FILM SUPERHERO TERBAIK SEPANJANG MASA

  1. Perlu lebih banyak lagi,film kaya gini,,kompleksitas tapi simple.. Tiada yg sebaik donie yen # uups

    Like

    • Gue heran kenape “Donnie Yen” ngga dipake jadi nama panggung rapper Jepang. Maksud gue, itu kedengeran luar biasa bling2 bukan?

      Like

  2. Asli ngakak gw baca perumpamaan2 lo.. 😀 Emang katrok semua lah pelem superhero hollywood

    (Yah, kampret.. Lupa dah tu komen pake bahasa inggris biar disangka org bule)

    Like

  3. “…karena idup seseorang adalah sebuah anugerah yg wajib diperjuangin sampe titik darah penghabisan.”

    buset dah, Bem.

    Like

  4. Pernah kebetulan g sengaja nonton “flash point”..? Begitulah doni yen memporakporandakan rapper jepang

    Like

  5. Saya setuju semua di atas. Terutama poin ke 2, secara saya benci frase “Orang yang ingin kulindungi” dan damsel-in-distress.

    “0% awesome-ass-kicking ama 90% drama emosional.”
    Ironisnya, jutsru inilah yang disukai penonton dan kritikus. The Dark Knight Rises, everyone? Saya sampe bosen nontonnya. Drama abis. Masih mending The Dark Knight. At least Joker-nya psycho meski heroinenya minta ditabokin.

    Btw, baca poin 3 jadi inget list “If i become evil overlord”. Udah baca belum?

    Like

  6. selera orang tuh berbeda beda dan mainstream tuh umumnya menjijikan. dan gw suka film ini tuh nyiksa, siksa, dan tersiksa. jelas dan padat karya pada bagian actionnya. Drama? The Dark Knight Rises gw juga ngantuk banget. ditambah durasi 1.5 jam x 2 tuh lebih kaya bikin gw tidur pules di tengah2.

    menurut gw pribadi
    THE BEST MOVIE 2012 = THE RAID.

    semoga ram punjabi group juga manusia alay (produser, director, scrip writer) kerasukan the raid dan film macam begini makin banyak, gak usah mirip atau giman cukup nyiksa orang berkelanjutan udah bikin gw lupa. kalo gw 90 menit nonton di kerubutin kecoa di BIP. sumpah ko BIP masih ada kecoa.

    Like

  7. Di antosan ulasan nu salajengna nya.. Keep rockin

    Like

  8. Dasar sutradara nx aj yg gk bisa beli alat canggih nya..gobelok

    Like

  9. ngomong apa si nyet? 🙉 luntang lantung, ngalor ngidul, buang buang kata i dont think any truth, only points of view

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s