His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

THE GORE GORE GIRLS: SYLVIA KRISTEL

2 Comments

“People don’t assume that John Wayne shoots people and rides a horse on weekends. People think I’m a nymphomaniac”

.

Waktu ngomongin B-movie, pikiran orang biasanye langsung tertuju ke horror ama segala subgenrenye. Ngga banyak yg inget kalo label serupa juga berlaku bagi softcore-porn. Kadang disebut sebagai erotica, skin-flicks, semi, dsb, dsb, softcore merupakan bagian penting dari boom sinema eksploitasi era 70-an. Softcore tuh kaya semacem marijuana, lo nemuinnye dimane-mane, lo makenye buat ketawa, dan ujung-ujungnye lo nyari yg lebih ekstrim. Secara pribadi sih gue suka softcore soalnye gituan ngasih ruang lebih bagi imajinasi. Dan ngegabungin imajinasi, cewe cakep, ama gerakan tangan yg terkoordinasi adalah salah satu pengisi waktu luang favorit gue dalem idup ini. Ngomongin cewe cakep, di mata gue cuman ada segelintir (kalopun emang pernah ada) yg bisa lebih cakep daripade seorang Sylvia Kristel.

.

Sylvia Kristel lahir di Utrecht, Belanda, tanggal 28 September 1952. Sebagai anak dari pasangan pengusaha hotel, doski di gedein dalem kamar nomer 21 hotel tersebut, kecuali kalo penuh ape ada tamu yg dateng malem-malem, maka doski akan ditransfer ke kamar nomer 22 yg, berdasarkan pengakuannye, lebih menyerupai sebuah gudang. Misalnye lo bingung orang tua macem apaan yg ngebiarin anaknye tinggal dalem gudang, gue akan ngejelasin kalo kedua orang tuanye adalah sepasang alkoholik. Pada saat usianye 9 taun, Sylvia juga ngalemin pelecehan seksual yg dilakuin seorang tamu hotel (yg ngelibatin aksi-aksi kaya nusuk doi pake garpu sambil ngejilat mukenye). Doski juga kemudian nge-gepin bokapnye pas lagi nidurin wanita laen, satu pengalaman yg doi akuin bikin doski trauma sampe tua. Serius, seorang cewe cakep umumnye ngga punya masa kecil sekelam ini kalo doi ternyata bukan seorang Putri di film Disney.

Meski doi ngga butuh cermin buat tau kalo doski emang cewe tercakep di dunia

Di sekolah, Sylvia (yg punya IQ 164) ngelongkap 4 kelas serta fasih bicara 4 bahasa: Belanda, Inggris, Italia, ama Prancis. Sebuah kelebihan yg ngebantuin doski ngedapetin kerjaan sebagai bartender, sekretaris serta pegawai pompa bensin demi ngedukung biaya studinye. Sementara itu, jenius macem Paris Hilton bergelimang uang tanpa pernah ngelakuin ape pun yg bermanfaat dalem idup. Kedua orang tuanye cerai waktu umur Sylvia 16 taun & doi, sodara serta ibunye diusir dari hotel bokapnye kemudian tinggal di sebuah flat sempit. Setaun kemudian, demi kepentingan ekonomi, dunia modelling pun dirambah. Taun 1973, doski ikutan kontes kecantikan Miss TV Europe & tampil sebagai juara. Kaya karakter John Cusack ngeliat cewe hipster resah, seorang produser yg baru aje ngebeli hak dari Emanuelle (novel erotis 50-an karya Emanuelle Arsan) bernama Yves Rousset-Rouard langsung ngedeketin doski. Tampilan visual Sylvia dengan gampang ngeyakinin sutradaranye; Just Jaeckin (iye, itu beneran namanye) kalo doi tuh sempurna buat jadi pemeran utama, meski –secara fisik- doski sama sekali ngga menyerupai tokoh Eurasia rambut panjang yg dideskripsiin dalem bukunye.

Tentunye, ngga ada penduduk dunia yg punya ekspektasi kalo seseorang dengan nama “Just Jaeckin” tuh bisa baca

Dipromosiin pake slogan legendaris “X was never like this”, Emanuelle nyeritain soal petualangan seorang istri Diplomat yg setengah inosen/setengah nympho di Thailand -tempatnye moralitas & akal sehat diperkosa secara anal oleh segerombolan Lady Boys-. Di situ, karakter titular kite telanjang-telanjang, gabung ke “Mile-High Club”, ngesimulasiin oral seks, naek ranjang bareng cewe laen serta berkali-kali pura-pura orgasme. Meski disutradarain dengan seadaanye, penuh akting buruk serta di-dubbing pake dialog yg keliatan kaya produk Google translate dari skrip Maria Mercedes, Emanuelle sukses jadi sensasi global. Dengan 650 juta penonton di seluruh dunia, ratusan imitasi, serta sejumlah sekuel nan profitabel. Di Prancis, tempat di mane judul tersebut aslinye dicekal selama 6 bulan pertama, Emanuelle menjadi film paling laris sepanjang sejarah negara tersebut, juga berhasil diputer pada sebuah bioskop di Champs-Elysees, Paris, secara terus-menerus selama 9 taun.

Gue asumsiin karena orang Prancis terlalu sibuk ngerusakin kastil ama menggalin aristokrat buat tau kalo dunia selalu ngeluarin film baru

Dengan ketenaran barunye, Sylvia ngenegosiasiin kontrak baru di mane doi bakal dibayar $100,000 buat tampil di Emanuelle: The Joys of a Woman, atau yg lebih dikenal sebagai Emanuelle 2 (bayarannye di film pertama tuh $6000). Sebenernye sih doi berharap kalo kesuksesan judul tersebut bakal jadi batu loncatan yg doski butuhin guna berkarier di Hollywood,  namun penampilannye sebagai karakter perempuan nakal tu sedemikian sempurna sampe ngga ada orang yg kepikiran nge-cast doi sebagai ape pun selaen itu. Meski stereotip tersebut  masih lebih mending daripade nasib Helena Bonham-Carter yg ngga pernah di-cast sebagai ape pun selaen boneka Kabuki sinting di sebelah Johnny Depp, Sylvia berkomitmen pada dirinye buat ngelepas typecast tersebut, lalu berusaha ngebuktiinnye di sekuel ketiga Emanuelle; Goodbye Emanuelle, yg dicanangin sebagai penanda kepergiannye dari genre softcore. Toh, karena di dunia ini rasio jumlah laki-laki pervert ama laki-laki baik-baik tuh 2500:1, doski tetep aje dapet peran di film-film Eropa yg ngejual imej sensual secara provokatif.

Sebuah konsep yg gue yakin sama sekali ngga berlaku di Hollywood

Stereotip sebagai simbol seks ternyata bikin doi frustasi, dan Sylvia pun ngambil rute Kurt Cobain guna ngadepin popularitasnye dengan ngonsumsi alkohol & kokain secara rutin. Doski nongol dalem peran-peran kecil di sejumlah judul non-erotika, tapi baru kedapetan peran utama pas kepilih meranin Agen 34-26-34 pada The Nude Bomb, parodi serial espionase Get Smart. Sebuah produksi yg ngecewain semua penggemarnye karena doski sama sekali ngga bugil di situ. Serius, ngejudulin film “The Nude Bomb” & nge-cast Sylvia Kristel tanpa nunjukin nudity tuh pasti penyia-nyiaan judul potensial paling parah sejak Ball of Fire ternyata ngga nunjukin…ya, tau lah. Hal ini sepenuhnye disadarin ama Sylvia, yg berkomentar kalo “I was dressed but people preferred me naked” pada sebuah wawancara.

Sungguh, gue ngga abis pikir kenape

Setaun kemudian (1981), Sylvia menuhin harepan penggemarnye dengan ngebintangin 2 jenis film dari genre yg bikin doski populer. Yg pertama sebagai Clarence Chatterley pada adaptasi novel DH Lawrence; Lady Chatterley’s Lover yg disutradarain ama…Just Jaeckin, yg kayanye sedemikian identiknye ama adaptasi stensilan sampe gue curiga die juga bakalan nyutradarain 50 Shades of Grey entar. Yg kedua Private Lessons, komedi soal pelayan Prancis (Sylvia) ngelakuin sejumlah agresi seksual kepada seorang bocah 15 taun yg juga anak majikannye, sesuatu yg gue ngga rasa bakal dianggep lucu ama para orang tua. Private Lessons sendiri jadi produk indie paling sukses sepanjang taun 1981, ngasilin lebih dari $26 juta di AS doang, sambil sekaligus bikin ribuan anak 15 taun di seluruh dunia ngarep dirinye seberuntung itu. Sialnye, Sylvia sendiri cuman kecipratan dikit hasilnye, berhubung doi ngelakuin kesalahan fatal dengan ngejual royalti dari film itu di muka kepada agennye seharga $150,000. Mengingat IQnye 164, gue rada heran gimane ide sebrilian itu sampe bisa nongol di kepala doski.

3 taun kemudian, Sylvia kembali jadi headliner di Mata Hari, biografi dari penari erotis merangkap mata-mata perang dunia pertama. Tentunye keidupan mata-mata tuh sempurna dijadiin softcore soalnye, seperti selama ini ditujukin James Bond, dunia espionase selalu dipenuhin ama makan malem, boobs, serta boning non-stop tiada henti. Sebenernye, film ini juga punya twist, sekitar 500 biji sepanjang durasinye. Plotnye jelas terlalu ngebingungin sebagai tontonan yg sebenernye cuman eksis guna nunjukin Sylvia Kristel topless tiap 5 menit sekali. Sesuatu yg 100% kebalikan dari pengetahuan umum kalo Mata Hari ngga pernah tampil topless sepanjang kariernye (doski ngerasa ukuran payudaranye tu “kurang alami”).

Gue juga yakin kalo tangan doi sebenernye cuman ada dua

Begitu sinarnye mulai pudar di penghujung 80-an, Sylvia pulang ke Eropa & banting stir jadi seniwati, diduga keras supaya bisa ngonsumsi alkohol & kokain secara lebih bebas. Doski mamerin karyanye di Los Angeles, Brussels juga Amsterdam sambil ngebantu ngebiayain proyek-proyek suami keduanye: Phillipe Blot, seorang fotagrafer paparazzo sekaligus produser film. Taun 2006, doski bahkan dapetin penghargaan Tribeca Film Festival untuk penyutradaraannye di film animasi pendek Topor and Me. Sayangnye, abis cerai, doski terlilit utang sedemikian parah sampe apartemennye di LA, serta rumahnye di Belanda & Prancis diambil alih ama jurusita. Pas doi minta sejumlah foto keluarganye dibalikin, sang jurusita nolak, dengan alesan kalo barang-barang suvenir personal doski bisa aje punya “market value”, yg gue 100% yakin merupakan eufemisme buat “masturbasi .

Ngga ada orang yg nganggep kalo ngumpulin foto pribadi orang laen tuh sesuatu yg bermanfaat selaen psikopat…ama pengguna Facebook

Demi menyambung idup, Sylvia kembali nerima tawaran maen di film-film Emanuelle, terus sampe ke awal 90-an ketika sebagian dari pesonanye udah kemakan usia. Di Emanuelle VI, peran doski digeser jadi business-woman pemilik rumah bordil semntara bagian buka bajunye diserahin ke aktris-aktris muda. Setelah masa jayanye resmi cuman tinggal kenangan, doski terus ngambil peran-peran kecil disana-sini sambil muncul di convention & wawancara untuk mendapatkan uang sementaral tinggal dalem flat kecil di atas sebuah kafe di Amsterdam. Didiagnosis menderita kanker kerongkongan serta paru-paru sejak 2001, Sylvia Kristel dibawa ke rumah sakit abis keserang stroke pada bulan Juni taun ini, di mane doi kemudian ngembusin napas terakhirnye tanggal 17 Oktober kemaren.

Sylvia Kristel merupakan contoh aktris yg ngga pernah diapresiasi selayaknye karena doi tuh bintang  kultur sinema kelas B, sebuah genre yg sampe saat ini pun cuman dipandang sebelah mata ama kebanyakan orang. Toh, kite-kite yg gede ditemenin skin-flick VHS tetep bakalan inget semua kenangan yg doski tinggalin pada masa kecil kite. Gimane doi ngebawa sinema-erotika ke audiens mainstream, gimane doi ngebuka jalan buat aktris-aktris generasi berikutnye kaya Laura Gemser ama Catherine Rivet, gimane doi ngajarin ape sebenernye fungsi tombol “rewind” di pemuter video, ama gimane doi sempet bikin gue percaya kalo cewe cakep selalu tertarik ama cowo yg kalo ngomong suaranye sama sekali ngga sinkron ama gerakan bibirnye. Itu semuanye pencapaian, dan selamanye gue bakal ngormatin doski buat setiap bijinye.

Ms. Kristel, some of us will always remember.

.

.

Advertisements

2 thoughts on “THE GORE GORE GIRLS: SYLVIA KRISTEL

  1. Woah, kenapa koleksi fotonya semua lesbian kiss? Semuanya diambil dari facebook?

    Saya sendiri baru denger namanya lewat web ini. Gak nyangka doi cantiik banget. Sampe jadi ngeraguin orientasi seksual sendiri *lho?*

    “karena doi tuh bintang kultur sinema kelas B”
    Serius? Masa doi gak pernah sekalipun main di film kelas A? Cantik gitu lho.

    Like

    • Kayanye ngga. Judul2 doi di luar erotika kaga ada yg pernah kedengeran gaungnye & di situ pun perannye kaga esensial. Mungkin soalnye doski udah keburu beken sebagai “bintang film semi” & jadinye ngga pernah dianggep serius ama produser-produser mainstream. Sebenernye sih itu aneh, maksud gue, kalo Johnny Knoxville ama Jessica Simpson aje dikasih kesempatan maen di film mainstream, kenape Sylvia Kristel ngga?

      Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s