His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

PIRANHA 3DD: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

11 Comments

Iye, gue ngejelasin secara detil setiap biji penampakan boobs di film ini (lengkap dengan screencap close-up). Sekarang klik aje dah, mumpung lagi ngga ada orang laen yg liat.

.

Misalnye lo salah satu dari sekitar 3 orang yg ngebaca blog ini dari awal-awal keberadaannye, lo mungkin tau kalo gue suka banget Piranha 3D, buat gue, ngga ada judul laen yg bisa bersaing ama itu buat jadi film terbaik 2010. Sutradara Alex Aja secara sempurna nunjukin gimane apik hasilnye kalo nudity berpadu dengan gore dalem sebuah setting konyol, die ngambil semua yg keren dari hal ini, ngeganti celana aerobik ama potongan mulletnye pake pantat serta bikini, naro aksi ballet bawah-aer, cameo dari sejumlah bintang bokep, ama bikin Elizabeth Shue selamet dari lahapan piranha meski payudara doski adalah satu-satunye yg bukan terbuat dari silikon. Pendeknye, itu sebuah B-movie sempurna yg nunjukin kalo pembantaian pantai kepulauan Faroe tuh bisa jadi tampak menggelikan kalo itu dilakuinnye ke anak-anak kuliahan annoying.

Tentunye, itu tidak berarti film tersebut ngga punya pesen moral di dalemnye, carnage epik nan massif hasil karya dari serangan kolektif ikan kecil dalam jumlah besar jelas bisa kita ambil hikmahnye sebagai kekuatan nilai kekeluargaan dari budaya gotong-royong.

Nah, berhubung sekuel bagi Hollywood tuh sama menggugah seleranye ama payudara palsu buat piranha, film kedua pun langsung diumumin begitu laba mulai diitung & Dimension dapetin pendapatan lebih gede dari yg mereka perkirain. Kabar buruknye; Alex Aja ngga akan terlibat di proyek tersebut. Kabar bagusnye; orang yg ngegantiinnye adalah alumnus trilogi Feast : John Gulager. Mungkin perlu diketahui kalo Feast tuh trilogi favorit nomer 2 gue setelah Evil Dead, dan salah satu alesan kenape film itu bisa luar biasa abnormal adalah soalnye sutradaranye emang luar biasa abnormal. Maka kalo ada satu orang yg cocok bikin sekuel dungu dari sebuah film dungu, orang itu pasti John Gulager, plus, die memanggil kembali duet penulis screenplay Marcus Dunstan ama Patrick Melton, secara resmi bikin proyek ini sebagai ajang reuni Project Greenlight. Sayangnye, kontribusi Dunstan & Melton kayanye ngga lebih dari sekedar ngirim plot lengkapnye via sebuah SMS.

Tapi, kite semua tau film ini pasti jelek, sekuel dari sesuatu kaya Piranha 3D tuh udah pasti jelek sama kaya gimane kite tau apepun yg bakal Taylor Swift rilis nanti juga pasti jelek. Di luar nongolnye aksi Tendangan Maut pada ujung episode Satria Baja Hitam, itu pasti hal paling gampang diprediksi di dunia ini. Gue ngga perlu ngomongin itu. Belakangan ini, gue sering dikomplen orang gara-gara resensi gue dituduh terlalu negatif. Ok deh, emang resensi-resensi belakangan tu cenderung ngga positif, tapi beneran dah, gue bukan tipe-tipe penonton yg sinis. Malah, gue cenderung optimis. Seseorang ngga mungkin secara sukarela nonton Battleship, Troll 2, ama ngedonlod episode RAW tiap minggu kalo die ngga optimis. Nah, untuk ngebuktiinnye, gue bakal ngisi resensi kali ini pake poin positif, sesuatu yg ngga lo harepin nongol dari sesuatu berjudul ‘Piranha 3DD’ kecuali kite lagi ngomongin hasil tes STD orang-orang yg maen di dalemnye.

Mari kite mulai…

.

BEST: JUDUL “PIRANHA 3DD”

Judul Piranha 3DD dapet ancungan jempol untuk secara awesome nyontohin gimane sebuah judul harusnye dibikin. Kenyataannye adalah, kite ngga bisa bikin Hollywood berenti ngeluarin film buruk. Hal terbaik yg bisa kite lakuin tuh ngehindarin film-film yg kite tau kite ngga bakalan suka, dan konsumen bisa ngelakuin ini secara lebih akurat kalo semua film bersedia make judul yg lebih tepat untuk ngedeskripsiin cerita filmnye. Dengan pendekatan ini, Sex & The City bakal dijudulin ‘2 Hours of Whiny White Women’, Breaking Dawn bakal dijudulin ‘The Ultimate Cash-in Saga: Teenage Hormones’ & Snakes on A Plane bakal dijudulin…’Snakes on A Plane’. Ada segmen audiens spesifik bagi tiap-tiap judul tersebut, mereka yg emang pengen nonton bakalan nonton & suka ama apaan yg mereka tonton, mereka yg kaga bisa milih judul laen sesuai interesnye. Semua senang, ngga ada yg ngerasa ditipu & Scorpions bisa terus nyanyiin lagu soal harmoni universal. Ngeliat kejujuran judul Piranha 3DD, beserta effort fantastisnye untuk naro jumlah maksimum boobs 3DD di 5 menit pertama, adalah angin seger dalem “dunia modern”; sebuah tempat di mane orang-orang ngupload video YouTube 10 menit berisi 9 menit muke mereka sementara apaan yg dijanjiin pada judulnye baru nongol di 1 menit terakhir.

Peraturan baruYouTube: semua video yg isinye orang ngomong ke kamera lebih dari 4 menit mesti berakhir dengan sang uploader menikam tubuhnye sendiri berkali-kali

BEST: BIG WET (ADULT) WATER PARK

Film horror tuh semacem bisnis galeri seni; supaya tujuannye bisa tercapai, seseorang harus ngambil keputusan irasional. Makanye, ngeliat karakter bener-bener punya ide brilian adalah terobosan paling gue dukung dalem film horror selaen ngewajibin semua tokoh wanitanye buat nguasain minimal satu ilmu beladiri. Di sini, Chet (David Koetchner) –yg ngga tau kenape digambarin sebagai antagonis- dapet wangsit guna ngerubah water park mantan istrinye jadi adult water park. Mempelopori industri waralaba lebih potensial dari bar Hooters di mane waitress-nye ngga pake apepun selaen bikini basah, satu-satunye ide bisnis di dunia ini yg bisa lebih profitable dari ide Hooters beneran untuk nyampurin alkohol ama ngeliatin boobs secara live. Tentunye, di film ini fungsinye ngga lebih dari meja prasmanan raksasa bagi piranha, yg masuk akal mengingat manusia-yg-termodifikasi-secara-kimiawi tuh sama populernye di kalangan piranha dengan binatang-yg-termodifikasi-secara-kimiawi di kalangan penggemar restoran cepat-saji, cuman masa sih lo ngga ngeliat kejeniusannye? Adult-pool! Lengkap dengan stripper sebagai life-guard, persis kaya Baywatch cuman bukan di pantai. Juga cooch-cam yg diproyeksiin ke TV flat raksasa ama mesin kondom. Serius, Chet tuh potret entrepenaur berbakat yg layak sukses, orang terakhir yg manfaatin potensi kolam renang dengan sedemikian maksimal tuh Kaisar Caligula.

Dan terakhir dunia ngeliat sedemikian banyak tubuh buatan dalem satu frame adalah pas Playboy ngeluarin edisi khusus “Girls of Gaming”

Oiye, mumpung kite tadi bawa-bawa Baywatch…

.

BEST: PARTISIPASI DAVID HASSELHOFF

Sebelon ada Big Wet Water Park, franchise tersukses di dunia pertelevisian adalah Baywatch. Serial itu megang rekor penonton terbanyak dengan lebih dari 1 BILYUN audiens per episodenye. Sebuah kesuksesan yg mereka raih dengan ngekspos cleavage massif aktris-aktrisnye goyang-goyang dalem bentuk slo-mo secara konstan 10 taun sebelon animated-gif internet. Peran David Hasselhoff di mata penggemar Baywatch tuh sama ama peran Brett Michaels di mata penggemar heavy metal: douche yg ada dalam satu frame kamera shitty bareng Pamela Anderson. Kehadiran David Hasselhoff sebagai David Hasselhoff di Piranha 3DD tu ide bagus soalnye David Hasselhoff berperan sebagai apepun selaen David Hasselhoff selalu keliatan menyedihkan. Sebagai karakter, die tuh pemeran pembantu buat segerombolan stripper & sebuah mobil yg bisa ngomong. Sebagai David Hasselhoff, die mengakhiri komunisme serta ngeunifikasiin 2 sisi tembok Berlin untuk nyanyi bareng dalem satu koor sempurna. Pas ngeliat nama Hoff di film, maka gue pengen liat David Hasselhoff. Bukan Mitch Buchanonn, bukan Michael Knight. Ngga akan ada karakter fiksi ciptaan orang bakal bisa keliatan lebih superior dari David Hasselhoff, lagian, kite lagi ngomongin orang yg buang aer kecil di bawahan bikini secara lebih rutin daripade SpongeBob SquarePants.

Ngga ada satu cewe pun pada foto di atas sebenernye ada dalam bahaya, mereka cuman berlomba nyari atensi David Hasselhoff

.

BEST: CHRISTOPHER LLYOD ADALAH PENJELASAN ILMIAH UNTUK SEGALANYE

Satu hal annoying dari semua film monster tolol adalah waktu para penulisnye berusaha ngasih penjelasan ilmiah bagi hal-hal non-ilmiah yg terjadi di dalemnye, dengan hasil yg keliatan lebih tragis daripade performa Britney Spears di VMA 2007. Umumnye, pengertian orang-orang ini pada “sains” tu ngerusak ilmu pengetahuan secara lebih parah daripade monsternye ngerusakin apepun sepanjang durasi film bersangkutan. Cuman ada 2 cara guna ngatasin hal ini: antara sebutin sesuatu yg kedengeran pinter sekilas trus jangan pernah ungkit-ungkitnye lagi, ape suruh Christopher Lloyd ngejelasin semua detil spesifiknye secara teatrikal pake ekspresi fasial monumental. Christopher Lloyd tu sedemikian hebatnye dalem soal nyusun kata-kata yg kedengeran ilmiah secara berurutan sampe die bisa ngeyakinin orang Eskimo buat masang AC di iglo mereka demi mencegah pemanasan global. Mulutnye mungkin ngeluarin sejumlah kalimat ngga masuk akal, tapi die ngelakuinnye pake cara bombastis tertentu sampe lo percaya bahwa itu semuanye pasti kebenaran sejati (sebuah kemampuan yg sebenernye bikin die sempurna buat jadi jubir video rekrutmen teroris). Lloyd juga alesan utama kenape Piranha 3DD ngga cocok ditonton anak kecil, soalnye die bakal ngeyakinin mereka kalo ngelepasin piranha ke water-park penuh model majalah Popular adalah solusi terbaik dunia untuk ngeliminasi masalah sampah anorganik.

Bola itu berhasil selamet soalnye cuman 70% darinye terbuat dari plastik

.

BEST: KEJANTANAN VING RHAMES

Ok, Ving Rhames itu badass. Kite semua tau, Zed paling tau. Kemampuannye untuk secara menakjubkan nongol di sekuel ini abis dimakan idup-idup di film pertama udah lebih dari cukup buat ngebuktiin itu. Tapiiii, Deputi Fallon nongol di atas korsi roda, dalem rangka terapi guna nanggulangin traumanye pada aer, merupakan contoh adegan yg efektifitasnye murni ditentuin ama kemampuan komedi pemerannye. Interaksi Rhames bareng Paul Scheer (yg juga nongol lagi), biarpun singkat, adalah sekuen slapstick Bugs Bunny klasik dieksekusi dengan kesempurnaan absolut, dan ngedenger Rhames nge-shuffle “I ain’t afraid of no punk-ass water” ama “I ain’t getting in no punk-ass water” kaya versi schizoprenik kronis dari LMFAO merupakan komedi tough-guy paling menggelikan sejak karier musik Bruce Willis. Gue suka bagian ini soalnye itu keliatan kaya sesuatu yg bakal dilakuin ama badass sejati. Seorang badass bukan superhero, die ngga perlu jawib sepanjang waktu meski jelas-jelas lagi pake kostum yg keliatan menggelikan di mata semua orang berumur lebih dari 10 taun. Die bisa jadi manusia, lengkap dengan semua kelemahan manusiawinye. Deputi Fallon boleh ngga berani masuk ke dalem aer, tapi die jelas ngga punya rasa takut apepun pada serangan piranha, mau gimane juga, itu tetep badass. Fallon ngonfrontasi horde ikan karnivora pra-sejarah kaya gimane Ash ngonfrontasi Deadites, dan die ngelakuin itu sambil nunjukin lebih banyak kejantanan di atas 1 kaki palsu daripade yg pernah ditunjukin Motaro di atas 4 kaki spesies yg –secara universal- dimitosin punya genital berukuran massif.

Meski belon pernah liat, kite yakin kalo testikelnye terbuat dari sepasang Death Star

.

Sebenernye gue pengen terus ngejaga sikap mental positif di sepanjang resensi ini. Namun berhubung terus-terusan muji Piranha 3DD sementara lo bukan psikopat tuh sama mustahilnye ama berusaha nangkep orang lari waktu lo bukan seorang polisi ataupun pemerkosa, maka gue bakal ngasih kritik minor nan menbangun. Yaitu…

.

WORST: SEMUA YG LAENNYE

Tentunye, kalo Ving Rhames sampe jadi highlight komedi dalem sebuah film horror-komedi, lo tau pasti ada yg salah. Gue udah berusaha buat ngga negatif, cuman Piranha 3DD jelas punya masalah akut dalam nransfer ide dari kepala mereka yg bikin pada eksekusinye di lapangan. Bukannye jadi film cheesy, ini malah berusaha jadi film cheesy, dan itu bikin hasilnye keliatan lebih hambar dari keidupan malem orang kasim di dinasti Qing. Horror-komedi cuman bisa berhasil kalo komedinye terjadi secara alamiah serta berhubungan ama horror, misalnye lo jejelin sejumlah skit parodi Joel Gallen di situ, semuanye jadi nampak annoying. Sebagai contoh, gue bakal ngasih grafik dari gimane komedi umumnye dilakuin:

Sederhana kan? Simpel, efisien, efektif.

Sekarang, berikut adalah penggambaran komedi di dalem Piranha 3DD:

Liat bedanye? Ide yg sama, cuman dengan pengeksekusian luar biasa buruk. Lelucon Chuck Norris tu lucu (sampe bates waktu tertentu) soalnye yg bikin bukan Chuck Norris. Misalnye lelucon Chuck Norris emang diciptain ama Chuck Norris buat ngasih tau dunia soal betapa hebatnye Chuck Norris, ngga akan ada orang ketawa ngebacanye. Semua cuman bakal nganggep Chuck Norris tu douchebag kelas berat. Pendekatan Piranha 3DD pada genre “horror-komedi” tuh sama kaya pendekatam anak kuliahan pada “hubungan-intim”: berulang-ulang ngontak spot yg salah dengan seseorang yg sama sekali ngga die kenal, dan ngga satupun diantaranye tau wanita dunia nyata tuh sebenernye bentuknye kaya apa.

Menilik jumlah besar penampakan balon zeppelin di dalemnye, ini sebetulnye bisa dengan gampang dikategoriin sebagai film steampunk

Baiklah, cukup feedback negatifnye, mari kite kembali ke…

.

BEST: KALIMAT SPEKTAKULER KATRINA BOWDEN

Bedanye ama Bucky Larsen, Piranha 3DD ngga seluruhnye buruk. Juga ngga, kite ngga liat Nick Swardson melorotin celananye di sini. Sesuai tradisi panjang film horror untuk ngedandanin aktrisnye pake bahan seminim mungkin, Katrina Bowden nongol di layar mamerin aset yg sama ama yg doi tunjukin dulu di Tucker & Dale vs Evil. Jujur Katrina Bowden ngga dapet peran esensial di sini, tokohnye cuman salah satu karakter terlupakan dalem film penuh karakter terlupakan yg –sayangnye- malah ngedominasi 80% durasinye, tapi doski punya dua line mengesankan. Yg satu ok, satunye lagi langsung masuk ke Hall of Fame Horror khusus untuk line memorabel, sambil sekaligus ngegeser line legendarisnye Shark Attack 3: Megalodon dari posisi puncak. Inilah salah satu momen di mane komedi film ini tepat sasaran; kalo lo punya seorang karakter luar biasa dungu, kenape disia-siain? Bikinlah die/doi ngucapin sesuatu yg tololnye kelewat monumental! Pas nulis naskah B-movie, seseorang harus, minimal sekali, ngebayangin apaan yg bakal keluar dari mulut Kim Kardashian pada situasi serupa & naronye dalem skrip. Abis itu, pilih satu tokoh buat ngucapinnye dengan muke lempeng, kalo bisa yg keliatan lebih dungu dari yg laen. Misalnye, satu yg ngabisin idupnye dari bayi sampe remaja tanpa pernah tau apaan arti dari kata “loncat”.

Meski, sejujurnye, doski emang kayanye terlalu muda buat tau ape itu Van Halen

.

Ok, sumpah gue udah keabisan hal positif buat diomongin, mari kite jujur aje mulai sekarang.

.

WORST: PARTISIPASI GARY BUSEY

Gary Busey udah berulang-ulang ngebuktiin kalo die tuh ekuivalen sinema dari semua yg awesome dalem sejarah segalanye, dirangkum pada satu bentuk pria mengerikan nan ngga-stabil. Taro die di satu gudang bareng Danny Trejo & apaan yg terjadi selanjutnye cuman bisa didefinisiin pake satu kata: magic.

.

Punya seorang Gary Busey sebagai anggota cast tanpa ngebiarin die nunjukin potensi maksimalnye pasti merupakan suatu bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan. Maksud gue, kite ngomongin GARY BUSEY! Die tuh effin’ Gingerdead Man!! Makhluk idup paling memorabel dalem satu film yg dibintangin ama Keanu Reeves PLUS Patrick Swayze!!! Kenape John Gulager ngga ngebiarin die jadi psikopat sejati sesuai dengan kapasitasnye?? Kasih die lebih banyak screen-time. Tunjukin adegan di mane die terlibat perkelahian tangan kosong satu lawan satu versus Mega-Mama-Piranha, soalnye ngeliat orang dengan ketidakseimbangan mental ngelakuin hal konyol dalam konteks dungu tuh emang apaan yg pengen gue liat di film kaya gini. Tentunye, Gary Busey kemungkinan ngga bisa ada di set lama-lama berhubung budget produksinye ngga cukup buat beli pistol bius yg dibutuhin buat nyegah die dari ngegongongin orang-orang di sekitarnye.

Sedangkan ngonci die dalem ruang tertutup udah keburu digolongin PETA sebagai “animal-cruelty”

.

WORST:  KEGAGALAN JOHN GULAGER BUAT JADI JOHN GULAGER

Waktu gue denger John Gulager bikin film, gue pengen liat film John Gulager, komplit dengan segalanye yg selalu ada dalem satu film John Gulager. Waktu gue denger Piranha 3DD bakal disutradarain John Gulager, gue pikir itu bakalan sempurna soalnye cocok banget ama trademark boobs ‘n’ blood-nye. Makanye, waktu yg gue liat tuh ternyata “John Gulager berusaha jadi Alex Aja”, gue ngga punya pilihan selaen ngategoriinnye sebagai hal negatif. Sentuhannye masih ada; die bikin kepala David Koetchner mantul-mantul diantara payudara raksasa kaya bola ping-pong paling bahagia di dunia, juga nunjukin adegan semi dari Katrina Bowden pake baju dalem. Gue bisa ngapresiasi itu, soalnye ngeliat cewe berpakaian dalem pura-pura orgasme tu sama menyenangkannye buat gue ama ngeliat cowo berpakaian dalem pura-pura saling bunuh di atas ring. Itu kualitas utama B-movie & Gulager emang sutradara B-movie, die maestro di situ. Pas die pengen jadi Alex Aja, di situlah segalanye mulai runtuh berhubung die ngga punya kapasitas ngorganisir produksi dengan scope gede. Idenye sih bener, tapi caranye salah. Ngeliat John Gulager bikin Piranha 3DD tu semacem ngeliat CM Punk ngelakuin diving elbow drop. Gue suka banget CM Punk, gue suka ide dari gimane die ngelakuin penghormatan pada almarhum Macho Man Randy Savage. Masalahnye, gue tetep ngga bisa suka ama gimane die ngelakuinnye.

Serius, elbow-drop tadi buruknye minta ampun. Ok, emang ngga ada orang sempurna, termasuk idola-idola kite. Cuman tetep aje, waktu lo liat mereka berencana ngelakuin sesuatu yg –di atas kertas- 100% dijamin awesome, semua bakalan kecewa pas ternyata hasilnye sub-par. Terutama kalo lo tau pasti bahwa die sebenernye bisa ngelakuinnye secara lebih baik, soalnye lo pernah nyaksiin die ngelakuinnye lebih baik. Misalnye kaya gini:

.

Juga kaya gini:

.

Piranha 3DD harusnye bisa keren kalo aje mereka ngemaksimalin potensinye untuk jadi Piranha 3DD yg sekeren mungkin. Sayangnye, mereka terlalu berusaha buat jadi “lebih keren dari Piranha 3D”, sementara ngga ngasih lebih dari setengah budget produksi sebelonnye. Orang ngga bisa mroduksi “film kelas-A dengan gaya film kelas-B” pake anggaran film kelas-B, mending bikin film kelas-B beneran aje sekalian, hasilnye bakalan lebih bagus.

.

.   

Advertisements

11 thoughts on “PIRANHA 3DD: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. Dude, for real: not enough boobs!!

    Like

  2. saya pikir 3DD tuh ukuran bra-nya danielle panabaker atau katrina bowden yang diambil buat sekedar nambahin kesereman dibalik kata “piranha” 🙂

    Like

    • Gue bukan ahli dalem soal ukuran bra (mungkin Yor bisa ngasih prediksi lebih akurat), cuman kayanye Panabaker/Bowden ukurannye ga sampe DD deh. Tentunye, bukan itu yg pengen gue tanyain di sini. Yg pengen gue tanyain tuh: kenape lo mikir ukuran bra 3DD bisa “nambahin kesereman” buat film horror???

      Like

  3. gua liat rating dari MPAA itu ‘cuman’ ‘R’, trus baca tulisan lo….

    jd siapa sebenarnya yg bo’ong???

    Like

    • Ngga kok, (kali ini) MPAA ngga boong. Gore-nye ngga ada apa-apanye kalo dibandingin ama Piranha 3D. Volume boobs-nye kurang lebih sama.

      Like

  4. gua kagak percaya kalo MPAA tu bs kagak bo’ong,,,
    biasanye klo MPAA ngasih rating ‘R’, pada kenyataannya sebenarnya paling tdk ratingnya ‘G’

    Like

    • …dan kalo mereka ngasih rating ‘NC-17’, biasanye di dalemnye ada kurcaci berhubungan intim dengan satu sama laen, atau semacemnye.

      Like

  5. vren.. vren.. vren..

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s