His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

EVIDENCE: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

13 Comments

Ini film bergaya cinema-verite soal sekelompok remaja ngelakuin hal sama ama yg bakal kite liat di filmnye Joss Whedon pake budget 100 kali lebih gede: jalan-jalan, bla bla bla, nyetubuhin satu sama laen, trus mati. Sebuah metafora bagi idup manusia kayanye.

.

Found Footage Film.

The Blair Witch Project.

Sebelon Paranormal Activity (1,2, sampe 14), Cloverfield, [REC], ape Troll Hunter, istilah found-footage, ape faux-doc, ape cinema-verite, semuanye cuman identik ama satu judul doang; The Blair Witch Project, proyek ambisius duet sutradara Daniel Myrick ama Eduardo Sanchez buat nunjukin pada dunia kalo acara-acara berburu hantu di TV tuh masih kurang konyol. Taun ’99, film itu nyiptain fenomena global lewat kampanye marketing yg ngeyakinin mayoritas orang kalo mereka lagi nonton footage asli peninggalan sekelompok remaja achterlijk nan –secara tragis- ngilang tanpa jejak. Tentu para penonton sih ngerasa itu sama sekali ngga tragis, cuman keberhasilan Myrick & Sanchez ngeruk margin keuntungan produksi terbesar di luar sweatshop Nike tuh jenis kisah sukses yg bikin para eksekutif Hollywood mimpi basah.

Gimane cara mereka ngelakuinnye? Dengan niru metode marketing Cannibal Holocaust. Meski gue akuin sebagian metode subgenre ini bisa dimanfaatin guna nyiptain tontonan ngehibur (Cloverfield, [REC], Troll Hunter, ama cewe yg suka nunjukin boobs di webcam), kebanyakan film ginian sepenuhnye bertumpu pada kepercayaan klasik bahwa kalo lo naro seorang anggota masyarakat umum di depan ama belakang kamera, maka hal-hal buruk bakalan terjadi secara alamiah. Evidence ada dalem bahaya buat dengan gampang masuk ke kategori itu, berhubung ini emang film horror “found-footage” independen budget rendah, sebuah deskripsi yg umum dipake buat ngegambarin produk gabungan kronis dari shaky-cam, marketing-viral, ama reality-TV, kombinasi 3 hal annoying paling mengganggu dalem kultur pop sejak Blink-182.

.

Sekelompok remaja pergi-ngabisin-akhir-pekan-di-tengah-lo-tau-apaan dalem rangka bikin sebuah video dokumenter paling buruk dalem sejarah; pengalaman kemping pertama Brett. Ya sodara-sodara, Brett (Brett Rosenberg) belon pernah pergi kemping seumur idupnye, maka douchebag utama dalem kelompok ini, Ryan (Ryan McCoy), mutusin kalo die bakal bikin dokumentasi komplit dari pengalaman pertama Brett  nan luar biasa monumental…kemping. Gue rasa ngasih alesan idiot guna bikin seseorang ngerekam hal-hal tolol di kamera tuh ngebantu nambahin sejenis unsur “realitas” tertentu, soalnye –di keidupan nyata- kalo orang punya akses pada sebuah kamera, biasanye die emang selalu bakal manfaatinnye untuk alesan-alesan idiot.

Kaya nunjukin boobs pacar lo ke kamera supaya temen-temen idiotik lo bisa makenye buat bahan masturbasi

Maka, Ryan ngebawa kameranye ke hutan pake RV pinjeman dari temennye yg kerja di idustri porno. Ok, jadi Ryan nih punya kamera, terobsesi ama dokumentasi, juga punya temen kerja di industri porno, kayanye kite bisa ngambil kesimpulan sehari-harinye die ngapain. Ngomong-ngomong, proyek audisi Jackass ini ngelibatin 4 orang, selaen Ryan ama Brett ada juga pacar-pacar mereka; Abi (Abigail Richie) ama Ashley (Ashley Bracken). Iye, film ini bahkan namain karakter-karakternye pake nama asli para pemaennye, gue duga dalam usaha buat ngentelin aura “realitas” tadi dalem plotnye. “Realitas” merupakan alesan utama orang-orang nonton horror mockumenter kaya gimane kebebasan untuk mengeja kata seburuk-buruknye merupakan alesan utama orang-orang punya akun Facebook. Ginian selalu sengaja dibikin buat ngesimulasiin rekaman home-video, seakan-akan kaya itu ngga punya skrip & di-syut melalui kamera genggam murahan dipegang seorang amatiran, sebuah efek yg umumnye dicapai dengan cara emang ngebikinnye tanpa skrip lalu di-syut melalui kamera genggam murahan dipegang seorang amatiran.

Itu inovasi terbesar dalem sinematografi setelah ngelakban kamera di kepala seekor simpanse

Seperti biasanye, semua karakter generik produk genre spesifik ini hadir secara komplit. Dimulai ama Ryan sebagai makhluk annoying yg ngacuhin kenyamanan/keselamatan semua orang laen demi determinasinye buat jadi reporter supranatural karbitan. Dengan penuh dedikasi, die nodongin lensanye pada segala situasi, sama sekali nyuekin komplen-komplen jujur macem “fuck off Ryan!!” serta “get that camera out of my face you fuckin’ retard!!” dari para objeknye, bikin semua orang yg die syut kesel layaknye wartawan acara infotainment sambil sekaligus bikin dongkol penonton dengan secara konstan ngerekam hal remeh-temeh nan ngga berguna pake gerakan kamera yg sama stabilnye ama hubungan asmara selebritis. Cowo satu lagi; Brett, ngga punya kegiatan selaen komplen. Hal itu mungkin bikin die punya kriteria sempurna buat jadi penulis HHD, tapi sebagai karakter die ngebosenin. 2 cewe sisanye berperan segimane 2 cewe biasanye berperan dalem film horror; tereak-tereak “what the fuck is that???” tiap ngedenger angin, ngeliat pohon, batu, semak ama semua fenomena alam yg ngga bisa dijelasin ama nalar gadis-gadis tipikal kota besar.

“Tapi kalo pohon ngga punya muka sama kaki, terus gimane caranye mereka bisa nyerang Isengard?”

Tentunye hal-hal misterius beneran juga kadang-kadang terjadi, dan meski masalah ini jelas-jelas bisa diselesaiin kalo orang-orang ini cepet-cepet pergi, Ryan mutusin untuk menantang proses seleksi alam dengan cara ngelakuin kebalikan dari segala hal yg berdasarkan pada akal sehat, gue asumsiin sebagai eksperimen kreatif buat ngebuktiin teori pribadinye bahwa idiotisme adalah metode survival terbaik. Serius, orang itu secara akut make “dokumentasi” sebagai pembenaran perilaku lobang-pantatisme kaya gimane hipster ngerasa kalo ngaku-ngaku “indigo” tu ngasih hak-istimewa buat jadi seorang douche. Karena ngerasa terancam bakal jadi bintang proyek snuff-rahasia Ryan buat dijual di pasar gelap Thailand, sisa anggota cast ngerengek-rengek minta pulang kaya balita di acara kawinan. Maka Ryan berusaha nenangin temen-temennye dengan ngulang-ngulang kalo suara non-duniawi yg mereka denger dari tadi tuh sebenernye lolongan anjing hutan, soalnye anjing hutan selalu dikenal punya lolongan kaya karnivora predator lagi ikutan audisi vokal band Death Metal.

Ternyata, anjing hutan juga bisa nulis. Serta punya kemampuan mengeja lebih baik daripade mayoritas pengguna internet

Udah pengetahuan umum bahwa karakter film kaya gini cuman tersedia dalem 3 kategori: antara retard, asshole, ama kombinasi dari keduanye. Alesannye adalah soalnye ngga akan ada orang sudi nonton reality show yg ngga ngelibatin orang menyebalkan di dalemnye. Kebanyakan faux-doc ngga punya antagonis, biasanye ada sekumpulan orang ngga bersalah ketimpa musibah hasil karya sebentuk douchebaggery-supranatural tertentu. Nah, douchebaggery-supranatural ngga punya bentuk fisik, inget gimane sang Blair Witch di Blair Witch Project dulu diciptain pake sebuah teknologi efek-visual super kompleks bernama “ngga usah repot-repot nunjukinnye sama sekali”? Ngga ada antagonis = ngga ada drama, makanye mereka memanipulasinye dengan cara bikin semua karakternye lebih annoying dari loop 3 jam komentar Simon Cowell. Manusia selalu punya span-atensi menakjubkan pada hal-hal menyebalkan. Dunia tau Simon Cowell soalnye die seorang prick, dan jutaan orang nonton Jersey Shore ama Keepin Up With the Kardashians karena jutaan orang bakal –secara sukarela- ngabisin umurnye buat terus mantengin makhluk hidup yg mereka benci.

80% orang juga cuman nonton setengah bagian The Walking Dead season 2 demi ngeliat mane di antara 2 idiot ini yg bakalan mati

Sampe sini kayanye kite udah tau lanjutannye gimane kan? Orang bakal mulai jerit-jerit, kamera bakal keilangan apepun yg menyerupai fokus, layar bakal gelap, kredit bergulir & semua penonton nuntut duitnye dibalikin. Gitu kan?

.

Ternyata oh ternyata…film ini tau-tau berubah jadi menarik.

Buat sesuatu yg dimulai dengan sangat ngebosenin, Evidence tiba-tiba ganti gigi terus ngegeber eksyen secara mendadak di babak terakhir. Ape ini orisinil? Ngga, kite udah pernah liat sebelonnye, cuman yg menarik tuh lo ngga pernah ngira ni film bakal jadi kaya gini. Begitu masuk ke stadium kekacauan penuh, gue malah jadi ngapresiasi set-up generik babak pertamanye sebagai sejenis cerminan dari ketololan subgenre ini. Bagian depannye kaya sengaja dirancang guna ngecoh penonton kaya trailernye Cabin in the Woods, yg keliatan sedemikian tipikal sampe lo nyium aroma kalo ada udang di balik batu. Evidence punya semangat maenin pakem genrenye sendiri kaya ide awal franchise Scream. Bedanye sutradara Howie Askins ngeksekusinye pake apaan yg ama dosen-dosen gue dulu deskripsiin pake istilah “subtlety” sementara Wes Craven ngga tau apaan bedanye subtlety ama subtitle. Gue ngga ngomong kalo eksekusinye sensasional, tapi Askins udah nemuin cara buat manfaatin klise-klise film found-footage jadi keliatan menyenangkan, dan gue selalu punya respek pada orang-orang yg punya kemampuan nyiptain hiburan dari hal-hal menyebalkan, kaya pas CSI bikin seluruh dunia tertawa dalem harmoni sempurna waktu nunjukin visual indah dari Justin Bieber ditembak mati di depan kamera.

Kite di HHD ngga sabar nungguin hari di mane Robert Pattinson ikutan trend ini

Abis ngeliat ini (filmnye maksudnye, bukan gif Justin Bieber di atas), gue puya firasat Askins nonton Martyrs terus mikir film itu bakalan bagus misalnye urutan babaknye dituker. Tentu ngeksploitasi segalanye yg buruk dari faux-doc selama 45 menit pertama tuh punya resiko keilangan 50% audiens yg remote DVD-nye ngga rusak di tengah-tengah, tapi bagi mereka yg bisa ngelewatin titik itu, Askins ngasih imbalan menyenangkan. Lo tau perasaan pas daya terawang lo ngga nunjukin opsi selaen kemungkinan terburuk –kaya pas cewe lo dateng bawa setoples kue hasil prakarya doski sendiri di rumah- dan tau-tau hasilnye, dengan menentang semua logika, ternyata sama sekali ngga buruk? Film ini sukses ngasih gue kegembiraan itu. Alur (ama keseluruhan plotnye) berubah dari ultra-ngebosenin jadi full-blown-chaos praktis tanpa peringatan, ngasih suntikan seger nan krusial buat sebuah genre yg praktis cuman menguzur dengan tingkat akselerasi sedikit lebih rendah dari Jennifer Aniston doang. Sensasional? Ngga, tapi cukup. Plus ada 2 cewe make-out depan api unggun, adegan 2 cewe make-out di film tuh ngga pernah buruk kan?

Kecuali kalo cewe yg terlibat tuh luar biasa buruk rupa

Makin gue pikir-pikir, Howie Askins makin tampak kaya orang pinter dalem soal manfaatin semua kekurangan daya ama dana produksinye guna ninggalin dampak maksimal. Die manfaatin gimmick POV-orang-pertama secara optimal segimane Olivia Munn manfaatin teknologi MMS smartphone, serta ngekspos fakta bahwa ngga ada yg tau die tuh sape supaya orang ngga punya ekspektasi banyak pada ape yg die bikin. Waktu sesuatu macem Cabin in the Woods keliatan kaya film horror paling tipikal setelah Stereotype Hollywood Horror Movie vol. 2000, orang curiga soalnye ada nama Joss Whedon di situ, jadi semua udah ngeduga (bahkan menuntut) munculnye sebuah twist tertentu. Karena kalo lo udah make landasan cerita Evil Dead buat judul film lo & hasilnye buruk, orang bakalan ngelemparin molotov ke tempat tinggal lo.

Soalnye kite ngga nerima ngeliat kenangan indah kite dirusak ama remake Evil Dead sebelon 2013

Berhubung Evidence ngga punya satu pun nama gede nempel di judulnye, pas itu keliatan kaya faux-doc standar, semua orang beneran ngira itu emang cuman faux-doc standar. Film-film produksi kecil sebenernye punya keuntungan tersendiri, dengan minimnye liputan media ama hype, ginian punya kans lebih buat ngejutin penonton berhubung penonton yg dimaksud bahkan ngga pernah punya ekspektasi bakalan dikejutin. Itu alesan yg sama ama kenape Ninja pengen keeksisannye tetep jadi misteri, soalnye ngebunuh orang tuh jauh lebih gampang misalnye orang bersangkutan ngga tau kalo die bakalan dibunuh. Maka pas Askins ngelakuin manuver kecil mendadak, itu kerasa nonjok berhubung ngga ada yg ngarepin itu buat terjadi. Emang cuman sentuhan sederhana sih sebenernye, tapi jadinye fun. Askins tau semua kelebihan ama kekurangan dari film model gini, terus manfaatinnye secara tepat guna kaya gimane Olivia Munn manfaatin teknik Photoshop dasar supaya audiens dapetin tontonan yg ngga ngebosenin meski diliat dari frame kamera kacau balau.

Gue tau kalo bikin film horror yg bener-bener “baru” tuh praktis mustahil. Evidence seengganye udah nyoba, dan mereka ngelakuinnye pake budget nyaris non-existent. Misalnye Cabin in the Woods ternyata nanti ngga lebih nendang dari ini, Hollywood mendingan berenti mroduksi apepun yg berhubungan ama horror & lebih ngefokusin diri dalem soal ngeledakin robot untuk selamanye.

.

.

Advertisements

13 thoughts on “EVIDENCE: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. wedew, udah liat gw trailernya, emang gw anggepnya juga kaya film film mockumentary gagal yg lain, tapi kalo liat reviewnya yang ternyata menyimpan kejutan, bolehlah gw masukin list nih film, secara selera anda selalu menunjukan saya ke jalan yang lebih runyam lagi :))

    Like

    • Iye, itu emang tujuan utama kite: “untuk menyesatkan masyarakat & memasyarakatkan kesesatan”.

      Like

      • hahaha, mantap om, ditunggu lagi dah review2 film film brutalnya 😀 gini2 jg gw sering mantengin nih HHD 😀 kalo bisa agak2 diganti dong layout blognya lebih lebih brutal, bosen daridulu gitu mulu IMO 😛

        Like

        • Ngeganti layout tuh PR banget bos. Harus nyari theme, abis itu kadang ngeganti theme bikin posting effed up, jadi kudu dicek dari posting paling lama, kalo ada yg salah kudu dibenerin satu2. Blon misalnye ternyata ada settingan yg ngga kompatibel antara yg lama ama yg baru, dst, dst. Intinye, is a pain in the ass, makanye kite males ngoprek2nye lagi.

          Ngomong2 makasih udah sering mantengin ginian, mengingat semua orang sebenernye bisa aje make waktu mereka buat hal2 yg lebih bermanfaat.

          Like

  2. Entah napa saya gak suka2 amat ama mockumentary. Sudut pandangnya terbatas. Jarang ada musik latarnya pulak *pletak* Jadi bakal pass film ini

    Like

    • Heiiii, whussup?? Udah lama ngga kedengeran suaranye.

      Bagi yg ngga pernah suka mockumentary gue ragu bakal bisa nikmatin film ini. Eksyennye lebih banyak sih (ama practical-effectnye ok), cuman tetep semuanye diliat dari sudut pandang faux-doc yg ngga buat semua orang. Kalo itu ngga kedengeran menggoda emang mendingan pass aje, masih banyak film di dunia ini.

      Like

  3. Gue baru nonton ini, boss. Wah, gak nyangka klimaksnye tuh chaos dan menghibur abis. Gue suka. Emang bener, buat ukuran mocky yang gak disangka-sangka gini, pada akhirnya bisa ngasih tontonan yang digeber di titik puncaknye. Keren, boss. Gue sih ngerti beginian gak butuh penjelasan ampe detil, menginget namanye ‘found footage’. Tapi gue cukup kaget, kalo ternyata ujung-ujungnye xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    Like

  4. Keliatannye kalimat terakhir gue tuh mengarah ke spoiler. Gak maksud. Di-edit aje, boss.

    Like

    • As requested boss, setuju, sebaiknye emang semua soal bagian belakang film ini dibiarin jadi kejutan.

      Like

  5. dan gw udah salah masang expect level dewa thanatos utk review lu…
    napa sih harus review ‘good film’, klo masih banyak film ancur di dunia ini

    gw masih nunggu review yang ancur di blog ini ;P

    Like

    • Sebenernye sih gue nonton ini soalnye gue pikir bakalan ancur, ternyata gue salah, maap. Tapi gue rencananye bakal nonton Battleship ama The Darkest Hour, jadi ada kemungkinan penantian lo itu bakalan berakhir dalam waktu dekat.

      Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s