His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

HELLDRIVER: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

4 Comments

“It’s only a movie”, “it’s only a movie”, adalah apaan yg harus diulang-ulang Yosihiro Nishimura kepada pihak kepolisian tiap kali die ngeluarin film baru.

.

Apa lagi yg perlu gue omongin dari Yosihiro Nishimura ama film-filmnye Sushi Typhoon? Semuanye udah pernah gue ungkit sebelonnye.

Gue suka Nishimura, die orang yg bikin gue tertarik lagi ama sinema Jepang gara-gara Tokyo Gore Police. Sebuah ketertarikan yg dulunye sempet ilang ngga tau kemane dibunuh ama masa kejayaan J-Horror yg penuh didominasi penampakan arwah-arwah penasaran korban pedobear. Masalah kenape gue ngga suka boom J-Horror dulu sebenernye sederhana aje: jaman berubah, trend horror pun ngegeser. Horror berlandasan eksploitasi harus turun tahta dari posisi dominan, digantiin ama horror tradisional retro berlandasan supranatural. Nyiptain transisi trend populer paling menyedihkan sejak Gangsta-Rap berenti berkibar di radio mainstream 90-an buat kelibas ama Grunge.

Sejujurnye, hal itu sebetulnye fenomena internasional, bukan cuman terjadi eksklusif di Jepang doang kok. Inget gimane Rizal Mantovani ceritanye “ngeresureksi” film horror nasional dengan cara naro film soal segerombol ABG maen-maen boneka dalem genre yg sama ama yg dulunye nunjukin Barbara Ann Constable ngebunuh orang pake vagina doski, ama kepala Ilona Bastian terbang-terbang makanin bayi langsung dari rahim ibunye?

Yup, sungguh memalukan.

Sekarang, dengan nongolnye Helldriver, hasil karya Yosihiro Nishimura pertama di mane die bilang die akhirnye mencapai obsesinye buat bikin film zombie, apa orang gila ini bisa ngukuhin namanye pada genre neo retro-splatter yg dulu die peloporin sendiri?

Mari kite liat…

.

Sebuah meteor jatoh & nyiptain kabut item yg bikin apokalips-zombie ngelanda Jepang, atau mungkin lebih tepatnye: sebuah meteor jatoh nimpa ibu psikopat (Eihi Shiina dari Audition ama Tokyo Gore Police) lalu nyiptain kabut item yg bikin apokalips-zombie ngelanda Jepang. Sebelon ketiban meteor & jadi psikopat super-villain, Rikka itu cuman psikopat/kanibal biasa yg punya hubungan incest ama sodaranye (Kentaro Kishi), ngemutilasi kaki suaminye buat dimakan, ama nyabut jantung anaknye; Kika (Yumiko Hara) idup-idup. Abis ketiban, doi jadi Ratu Zombie yg ngebawa Jepang kembali ke era perang sodara. Perang ini berakhir dengan dibangunnye tembok gede buat misahin Jepang Selatan tempat manusia tinggal, ama Jepang Utara yg dikuasain zombie. Ini soalnye kalo sebuah negara Asia kudu dibagi 2, mereka yg idup di Utara bakal secara alami dapet bagian paling sial. Secara ngga langsung ataupun sengaja, Rikka juga punya andil bikin Kika jadi cyborg tanpa jatung hasil eksperimen rahasia pemerintah dengan skill spesifik ngebantai zombie pake chainsaw-katana…iye, chainsaw-katana. Penemuan mutakhir yg memungkinkan orang untuk ngelakuin aksi mutilasi sadis Leatherface ke orang laen cukup dengan ngegunain satu tangan doang.

Itu hal kedua paling awesome setelah gergaji mesin dengan kemampuan ngelukain apepun yg terlalu penakut buat ngedeket

Para zombie di sini punya ciri fisik khusus berupa sebentuk antene tertentu di jidatnye, ini memungkinkan mereka buat nerima perintah langsung dari Rikka, sang Ratu Zombie. Selaen itu, antene tersebut juga bisa digerus jadi zat halusinogen yg sangat populer di Jepang Selatan, bahkan meski efek sampingnye tuh ngeledakin kepala orang yg make. Yup, antene itu terbuat dari substansi ngga stabil yg bisa meledak tiap kali Nishimura ngerasa audiens kurang merhatiin filmnye. Dengan kemampuan fantastisnye ngelakuin praktek bedah malpraktek pake chainsaw-katana, Kika pun langsung terlibat ama sejumlah orang yg bisnisnye ngejualin gituan ke Yakuza. Sialnye, doi kena gerebek buser dalem transaksi kedua, terus dikasih pilihan buat pergi ngelakuin misi bunuh diri ke Utara guna ngebunuh Rikka ape diem di Selatan & idup menderita nyaksiin kemampuan akting sang Perdana Menteri untuk selama-lamanye. Tentu doski milih opsi pertama, soalnye akting jelas bukan apa yg lo perhatiin dalem film yg nyemburin cukup darah buat ngasih makan semua vampir kelaparan di Ethiopia tiap 10 menit sekali.

Film-film Sushi Typhoon tuh MasterChef buat Dracula

Misi ini sendiri mesti dilakuin diem-diem soalnye masyarakat Jepang Selatan kebagi dalem 2 kubu politik. Sebagian anti zombie/pro-Dead Rising & sebagian lagi nganggep zombie tuh makhluk idup dengan hak sama ama makhluk idup laennye…cuman lebih buruk rupa ama retarded aje, semacem kaya gimane kite ngeliat kaum hippies. Masing-masing pihak diwakilin ama politisi dengan agenda terselubung pribadinye masing-masing: si pro-zombie sekedar pengen dapetin suara dari penduduk yg punya keluarga jadi zombie, sementara yg anti zombie pengen diem-diem nyusun kekuatan guna bikin negara totalitarian berdasarkan militer. Keduanye sama-sama diperanin secara menggelikan ama aktor-aktor non kompeten, serius, gue pernah liat akting lebih baik dalem bentuk storyboard. Nah, sementara umat manusia lagi sibuk ngurusin konflik-konflik manusiawi mereka, Ratu Zombie ngerasa kalo itu waktu yg tepat guna ngomandoin bawahan doi guna nguasain seluruh Jepang. Dan berhubung zombie-rendahan di republik zombie tuh punya nilai lebih minim daripade semut-pekerja di koloni semut, hal ini ngelibatin sejumlah aksi harakiri body-horror khas Nishimura yg bikin glitch-glitch video-game paling mengerikan di dunia ini jadi keliatan kaya lukisan Picasso kalo dibandingin.

Juga tengkorak idup paling ngga meyakinkan sejak era Jason & the Argonauts

Begitu nyampe di tanah zombie & disambut pake bombardir udara serangan kepala terbang, Kika cs ketemu seorang koboi terus mutusin buat ngambil proyek sampingan untuk nyelametin seorang cewe dari cengkeraman zombie. Hal ini berlanjut pada salah satu adegan paling violent dalem sebuah film Nishimura. Emang sih, film Nishimura biasanye isinye emang cuman display acak dari kekerasan demi kekerasan, tapi umumnye itu ada dalem konteks nan dungu. Adegan spesifik yg satu ini kerasa ganjil buat ada di film splatter Jepang soalnye kerasa terlalu Grindhouse & ngga sinkron ama tone keseluruhan film ini. Untungnye, ngga lama abis itu Nishimura kembali ke jatidirinye lalu ngeberondong kite pake aksi-aksi splatstick idiot dibungkus efek CGI menggelikannye yg kite semua cintain. Sebagian besar darinye cuman bakal bikin gue keliatan kaya lagi ngetik kata-kata secara acak abis nelen setoples mushroom misalnye berusaha gue deskripsiin. Mulai dari Spider-Sadako yg nyerang orang pake sejumlah senapan otomatis, duel pedang antara bola raksasa lawan mobil pikep, Honoka sebagai zombie paling manis yg pernah gue liat seumur idup, sampe adegan kejar-kejaran pake mobil yg 100% terbuat dari potongan organ tubuh manusia.

Meski harus diakuin desainnye tetep masih lebih bagus dari Mobil Timor

Sementara Kika lagi seneng-seneng ngelakuin pembunuhan massal pake chainsaw-katana, pasukan crackhead antene-plastik ngelakuin serangan frontal dalem skala massif ke Jepang Selatan. Nyiptain invasi-mayat-idup paling ngga mengancam dalem sejarah sinema sejak mereka mutusin buat ngambil alih Kampung Pisang. Terakhir kalinye zombie ama manusia keliatan segini konyol pas bareng dalem satu frame adalah waktu Milla Jovovich berusaha ngebunuhnye dengan -secara sukarela- masukin tangan ama betis doski ke dalem rongga pencernaan mereka. Karena umat manusia tengah sedemikian terancam, penting bagi Kika cs buat nemuin Ratu Zombie secepet mungkin & nandain doi pake alat pelacak khusus supaya sang PM bisa nembak doi via satelit ngegunain senjata-pemusnah-massal remote-control ala Hammer of Dawn tertentu, ngebuktiin kalo Hammer of Dawn emang senjata paling ngga manly buat dipake ngebunuh musuh dalem situasi apepun.

Itu bahkan bukan senjata, melainkan cutscene yg harus diaktifin secara manual

Ngereview film keluaran Sushi Typhoon tuh sama kaya ngereview Modern Warfare 3 ama Battlefield 3:  ngurusin nilai estetik antara yg satu ama yg laen cuman dilakuin terbatas dalem lingkaran para ahli yg -bukan cuman punya kemampuan ngebedainnye- tapi juga punya cukup waktu luang buat bener-bener meduliin gituan. Setau gue, orang terakhir yg sedemikian ngurusin perbedaan dalem selisih sepersekian detik kaya gitu tuh Charles Darwin doang. Helldriver, kaya semua produksi laen studio ini, cuman perlu diukur dari seberani ape sutradaranye bikin filmnye keliatan bodoh & absurd.  Berhubung jumlah populasi zombie di northern-zombieland tuh sama banyaknya ama jumlah populasi idiot dalem sebuah audisi Indonesian Idol, ada lebih dari cukup amunisi antagonis guna dimutilasi tanpa henti sepanjang durasinye, dan darah pun tumpah lebih deres dari kalo murid satu angkatan SMA Tarakanita disuruh menstruasi pada waktu persis bersamaan. Itu udah efek alami kalo pengembangan karakter sebuah film tuh ngga pernah lebih dari:

a) bikin orang bermutasi jadi sesuatu nan buruk rupa, trus…

b) ngemutilasinye secepet mungkin.

c) pake organ termutilasinye buat abis itu ngemutilasi orang laen

Dengan itu dijelasin, mari kite bergeser ke hal yg obvious di sini; gimane Nishimura berusaha nyelipin komentar sosial ala George Romero diantara semua keabsurdan filmnye. Jujur aje, Nishimura sebenernye selalu nyelipin komentar sosial di kebanyakan filmnye. Tokyo Gore Police tuh dystopia police-state ala Robocop,  Frankenstein Girl vs Vampire Girl tuh parodi subkultur anak muda Jepang ama romantika Twilight, dan Mutant Girls Squad jelas ngambil elemen xenofobia dari cerita X-Men. Jadi sebenernye ngga aneh kalo Helldriver juga –secara dungu- ngelambangin metafora tertentu, sayangnye kali ini itu kerasa terlalu datar aje. Buat sesuatu yg dirancang jadi sebuah proyek epik nan ambisius, Helldriver ngga kerasa se-apokaliptik/ganjil TGP juga ngga ngasih pesennye se-efektif MGS. Ngga berarti ini lebih buruk, (soalnye, ya semua filmnye juga buruk) Nishimura tetep maestro dalem soal ngekoreografi adegan-adegan idiot secara monumental, cuman pas die pengen ngeparodiin sesuatu yg serius hasilnye ngga nyampur secara sempurna ama bagian di mane die pengen gila-gilaan. Dulu die bisa ngelakuin hal serupa dengan lebih sukses di Frankenstein Girl vs Vampire Girl, pas die ngomenin trend bunuh diri di kalangan remaja dengan cara bikin itu jadi bahan becandaan abis-abisan.

Sambil ngegambarin stereotip rasial yg cuman kalah ama Disney

Masalah kedua tuh di soal “proyek epik nan ambisius” tadi. Gara-gara pengen masukin terlalu banyak ide di dalemnye, film ini durasinye jadi nyaris 2 jam (opening credit-nye baru nongol abis 48 menit). Sebenernye gue ngga masalah film durasinye mau 4 jam juga selama itu ngga ngebosenin, dan meski emang ngga ngebosenin, gue ngerasa Helldriver bisa diedit 30-40 menit lebih pendek tanpa perlu ngebuang bagian-bagian berarti. Beberape adegan –biarpun menarik- tetep kerasa kelamaan, maksud gue, kite ngga perlu ngeliat orang ngelakuin maniacal-laugh sampe 5 menit kan? Die bisa ngelakuin hal yg sama dalem 30 detik & intinye sih sama-sama aje. Gue ngga masalah ngeliat Kika ngemutilasi zombie selama 45 menit non-stop, nah tapi bagian pas para zombie terlibat kontes dansa Thriller sambil diiringin akordion itu? Misalnye itu ngga ada juga ngga ape-ape. Kika ngelakuin aksi pole-dancing ala Bayonetta di leher tengkorak tuh ngga punya relevansi penting buat cerita keseluruhan, tapi berpengaruh pada awesomeness keseluruhan. Kika ama Rikka berantem ngeributin puding ngga punya nilai penting buat dua-duanye, jadi kenape kite kudu ngeliatinnye selama itu? Apa puding punya arti tradisional tertentu di Jepang? Seberapa gede kemungkinannye kalo itu ada hubungannye ama sebuah fantasi seksual nan creepy? Bukannye “fantasi seksual nan creepy” sendiri adalah sebuah tradisi yg dijunjung tinggi orang Jepang?

Bareng sama hukum Voltron dari “benda-benda nempel buat jadi satu benda besar”

Apa ini artinye gue ngga suka Helldriver? Sama sekali kaga. Film ini emang ngga sempurna, cuman harap dicatet kalo Nishimura (ama Sushi Typhoon keseluruhan) ngga pernah punya niat bikin film sempurna. Poin utamanye adalah nunjukin gore over-the-top, kekerasan hiperbolis, ama punya lebih banyak pelanggaran HAM di dalemnye daripade ruang interogasi black ops Kopasus. Tentu seorang Nishimura udah punya resume yg terlalu impresif buat bisa gagal menuhin 3 kriteria sederhana macem gitu. Sebagai salah satu splatterfest dalem roster Sushi Typhoon, Helldriver tu awesome.  Mungkin salah satu  judul baru paling kredibel dalem generasi modern film zombie bodoh, meski gue sendiri sih ngga akan ngedeskripsiinnye sebagai “film zombie”. Ok, emang ada banyak zombie di dalemnye, sebagian mungkin adalah zombie-kacangan paling keren yg gue liat dalem film campy belakangan ini, tapi tetep aje ini masih terlalu aneh buat disebut film zombie.

Terlalu sureal.

Terlalu effed up.

Terlalu Jepang.

Terlalu…ummm…”Nishimura”.

Atau, in English: “clearly the work of an ancient Sumerian demon or some shit”

Ngga, ngga, Helldriver tuh bukan film zombie, tapi “film Nishimura”. Cuman itu yg bisa ngedeskripsiinnye secara sempurna & cuman itu doang yg sebenernye orang  perlu tau. Titik.

.

.

Advertisements

4 thoughts on “HELLDRIVER: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. Berhubung gw blum nonton film ini, kayanya lebih baik banyak nanya dari pada mangap2 g jelas sambil banjir air liur dari mulut gw.

    1. yang maen ada Tina Yuzuki a.k.a Rio g? kalo ada berarti pelem bokep & “gore”?
    2. Dari awal film Tokyo Gore Police gw blm nonton, tapi searching2 d Datuk Google keren2 tuh. gw minta rekomendasi dong, bagusan Tokyo Gore Police ato film Helldriver? (ini niat baik gw buat langsung beli DVD yang di tawarin SPG2 DVD bajakan di deket Kampus).

    Hatur Thank You…

    Like

    • 1. Ngga ada. Cuman ada Honoka ama Asami, itu pun cuman dapet peran2 kecil.

      2. Kalo ngomongin Nishimura, secara keseluruhan sih TGP lebih bagus, cuman Helldriver sama sekali ngga jelek. Mendingan cobain dua2nye aje.

      Like

  2. sebenernye tulisan “Yosihiro Nishimura” udah bisa ngewakilin segala tulisan lo di sini

    Like

    • Iye, gue tau. Sialnye gue harus nulis 10 paragraf cuman buat ngedeskripsiin sesuatu yg sesimpel itu. Cara yg sangat menyedihkan buat nyari duit bukan?

      Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s