His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

KILL LIST: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

10 Comments

Sayangnye, salah satu bagian dari “Kill List” film ini tuh orang-orang yg cukup sial buat nontonnye.

.

MyAnna Buring tuh salah satu aktris kurang terkenal yg punya hobi maen film bertema genre, resume doski mencakup judul-judul kaya The Descent, Doomsday, Lesbian Vampire Killers, The Descent 2, Devil’s Playground, sekaligus faux-trailer bikinan Edgar Wright buat double-feature Grindhouse-nye Rodriguez ama Tarantino; Don’t. Meski emang 80% dari film yg dibintanginnye tuh buruk (Breaking Dawn!!), gue selalu punya softspot buat cewe cakep yg suka maen di film horror buruk. Itu ngasih harepan dalem hati gue kalo doski bisa jadi the next Tiffany Shepis.

Jujur aje, itu alesan utama kenape gue nonton Kill List.

Meski cuman ngabisin hari-hari di 2 tempat: Photoshop ama streaming bokep online, gue tau kalo Kill List tuh salah satu film paling banyak dipuji taun kemaren. Toh, setinggi-tingginye ketertarikan gue ngeliat MyAnna Buring maen di film indie baru, antusiasme gue buat nontonnye kurang menggebu  berhubung judul itu sering digadang sebagai thriller Inggris paling orisinil dalem sekian puluh taun cahaya terakhir. Masalah pribadi gue ama itu ada 2:

1.  Gue ngga pernah suka thriller, dan…

2. Gue ngga percaya ama film “orisinil”.

Masalah pertama kayanye ngga perlu dijelasin soalnye gue emang punya selera film yg amit-amit. Masalah kedua tu soalnye, dalem beberape dekade terakhir, umat manusia udah ngebuat apepun yg memungkinkan untuk dibuat. Makanye waktu satu judul digembar-gemborin sebagai sesuatu dengan predikat “orisinil”, itu biasanye ada di salah satu dari 2 kriteria berikut:

–  Itu sebenernye cuman twist dari sesuatu yg udah pernah dibikin sebelonnye, atau…

–  Itu dekonstruksi dari pengertian umat manusia pada “estetika”.

Yg pertama sebenernye ngga masalah, maksud gue, kalo generasi kite kebagian privilese untuk ngoleksi semua film dalem katalog Troma via Pirate Bay ama berhubungan intim dengan iPad, pasti ada harga yg kudu dibayar kan? Bahayanye tuh di kategori kedua, di mane seseorang ngorbanin penonton untuk menderita cuman supaya die bisa ngebanggain kalo dirinye udah bikin eksperimen pribadi yg belon pernah dicoba sebelonnye. Itu menyedihkan soalnye alesan kenape itu ngga dicobain sapepun sebelonnye tu soalnye ngga ada orang yg mau bikin apepun seburuk itu, dan gue ngga pengen ngeliat MyAnna Buring terlibat dalem proyek sakit jiwa jenis gitu. Makanye gue sengaja ngindarin Kill List selama mungkin, seengganye sampe bisa ngeyakinin diri misalnye itu jadi sesuatu yg unwatchable, gue bisa nyalahin semuanye ke Neil Maskell.

.

Kisah kite dimulai dengan keidupan domestik Jay (Neil Maskell), Shel (MyAnna Buring), serta anak mereka. Rumah tangga ini lagi dilanda prahara berhubung Jay udah 8 bulan luntang-lantung nganggur, sebuah kualitas suami yg ngga pernah ditoleransi ama istri manepun. Jay juga keliatan kaya douche berhubung die ngga punya masalah buat tereak-tereak di depan istrinye abis ngabisin tabungan guna naro jacuzzi di depan rumah mereka. Ngga tau ye? Tapi misalnye lo punya anak-istri & udah nganggur 8 bulan, ngabisin duit (dalem jumlah besar) demi sebuah jacuzzi ngga kedengeran kaya hal nan urgen. Gue tau kalo Snooki ama Jwoww emang bikin itu nampak kaya tempat paling pimpin’ di dunia untuk ketularan STD, cuman ya tolonglah Jay, lo tuh kepala rumah tangga. Bahkan Om Kentung gue pun tau kalo situasi nuntut seseorang buat ngencengin iket pinggang, maka ngalokasiin keuangan pada kebutuhan primer adalah prioritas utama. Berdasarkan pengalaman pribadi, kemiskinan tuh menuntut orang supaya ngabisin duitnye secara bijaksana. Contohnye: buat produk pokok yg ngga cepet basi selama itu disimpen dalem kulkas.

Bir, misalnye

Berhubung Jay emang suami yg payah, wajar Shel terus-terusan marah-marah nuntut die buat, tau kan? Ngelakuin tugasnye sebagai seorang suami. Malangnye bagi para penonton, ini bikin kite kudu ngeliatin drama-konflik-domestik secara konstan di layar selama nyaris setengah jam. Ok deh, drama keluarga emang salah satu bentuk drama paling populer, cuman problemnye dari konflik rumah tangga tuh duduk permasalahannye bukanlah urusan sapepun selaen pihak yg terlibat di dalemnye. Namanye juga “masalah keluarga”, jadi, berhubung gue bukan anggota “keluarga” yg bersangkutan, trus kenape gue musti peduli? Gue ngerti bagian ini niatnye bertujuan bikin karakter-karakternye jadi keliatan lebih manusiawi/menarik, cuman itu terlalu kepanjangan. Hal yg penonton perlu tau kan sebenernye cuman pasangan ini punya masalah finansial yg berefek ke hubungan mereka aje kan? Kite ngga perlu tau detilnye soalnye setau gue, sebagai penonton, kite ngga harus merangkap jadi konsultan perkawinan.

Kalo emang iye, kite bisa nyari nafkah cukup dengan nonton setiap episode Desperate Housewives

Di tengah-tengah ketegangan ama istrinye, ce-es deket Jay; Gal (Michael Smiley) mutusin kalo itu adalah waktu yg sempurna buat mampir & ngenalin pacar barunye. Ini soalnye ngerayaiin hubungan asmara baru di rumah sohib yg perkawinannye lagi ada di ujung tanduk emang manfaat utama dari punya sahabat. Ok deh, sebenernye Gal juga nawarin kerjaan, sesuatu yg Jay ngga pernah mau lakuin lagi sejak apaan yg terjadi di Kiev 8 bulan sebelonnye. Kite ngga dikasih tau itu apaan, cuman mengenal Neil Maskell, gue duga itu ada hubungannye ama Chelsea & Dynamo Kiev, kemungkinannye seputar masalah transfer Andriy Shevchenko. Sementara Gal ama Jay lagi terlibat praktek bromance intens di dalem garasi, pacar baru Gal; Fiona (Emma Fryer) manfaatin kesempatan ini guna ngelakuin sebuah aksi vandalisme tertentu di kamar mandi. Ini bisa berarti foreshadowing untuk sesuatu yg penting nantinye, atau doski emang punya mental ala seorang ABG di dalem kamar mandi umum.

Untuk kenikmatan pembaca, gambar genital-terbang-netesin-aernye udah gue hapus

Begitu Jay mutusin buat ngambil kerjaan tawaran Gal, kite dikasih tau kalo mereka berdua ternyata pembunuh bayaran. Sejujurnye, film ini nunjukin versi menarik dari karakter pembunuh bayaran: Jay ama Gal bukan psikopat berdarah dingin ape jagoan Gun-Kata yg bisa ngebunuh populasi 1 gedung penuh orang bersenjata dengan sepasang beceng ama sejumlah aksi slow-motion, tapi sekedar 2 orang yg kepaksa make keahlian spesifik mereka dalem usaha bikin dapur tetep ngebul. Ide dari satu keluarga miskin dinafkahin ama kepala rumah tangga pake satu-satunye cara yg die tau bisa dibilang perspektif baru buat genre film-hitman, sayang masalah “beli jacuzzi waktu keluarga lo kelaparan” tadi bikin Jay keliatan kaya figur ayah paling buruk setelah Anakin Skywalker sekaligus seorang suami yg shitty.  Ini praktis bikin gue sama sekali ngga punya simpati apepun pada karakternye, soalnye kalo lo punya tampang kaya gini:

Tapi –ngga tau gimane ceritanye- bisa dapetin istri kaya gini:

Harusnye lo cukup tau diri buat, minimal, berusaha untuk ngga jadi seorang suami yg shitty.

Kembali ke cerita, Jay & Gal ngambil kerjaan dari orang tua stereotipikal “klien-creepy-misterius” semua B-movie dalem sejarah yg maksa Jay nandatanganin kontrak pake cara kaya gimane Marvel berusaha bikin orang ngebeli serial komiknye KISS. Creepy-old-dude ngasih daftar 3 orang buat dibunuh, semuanye ngga pake nama, ngga pake identitas, ama ngga pake latar belakang, satu-satunye info soal mereka cuman profesinye aje. Begitu Jay ama Gal mulai ngelakuin pekerjaan mereka, hal-hal aneh mulai terjadi di sana-sini. Ada adegan-adegan yg dirancang sebagai kumpulan clue untuk ekplanasi besar di ujungnye. Ada juga aksi gratuitous-violence pake martil yg didramatisir ama kesan kalo aksi itu nyiptain sebentuk trauma bagi pelakunye, itu wajar soalnye mempertanyain kekerasan grafiknye sendiri adalah cara populer buat bikin hal tersebut jadi bisa ditolerir ama audiens umum. Mayoritas orang ngga ngerasa nyaman ngeliat mindless-violence, maka sebagian sineas nunjukin gituan terus ngejustifikasiinnye dengan cara bikin karakternye punya dilema moral/filosofis abis ngelakuinnye. Ini soalnye filosofi tu pembenaran paling gampang buat apepun yg sifatnye abstrak. Filosofi punya fungsi yg sama ama innuendo, pada dasarnye, lo cuman perlu ngimplikasiin kalo apa yg lo bikin tu ada maknanye & orang-orang bakalan ngarang sendiri maknanye sebenernye apaan.

Itu juga satu-satunye cara yg diketahui manusia untuk menangin perang argumen ama istri tanpa harus ngelibatin kekerasan domestik

Sampe sini, plot Kill List udah keliatan lebih aneh dari 70% fetish sensualnye orang Jepang, dan sutradara Ben Wheatley bikinnye makin berantakan begitu die berusaha naro angle konspirasi di situ. Film ini sebetulnye crime-thriller lumayan dengan elemen misteri menarik, sayangnye itu ngga cocok dicampurin pake intrik agenda iluminati, ape lagi satu yg ngisyaratin kesan kalo semua orang tu terlibat di dalemnye. Gue pikir harusnye ada penjelasan ape motivasi jelas buat itu supaya penonton bisa nerimanye secara rasional. Gue nungguin lama & itu ngga pernah nongol, Wheatley malah ngebungkus filmnye pake babak ketiga nan konyol. Serius, ini mungkin cara paling ridikulus buat ngebunuh sebuah plot konspirasi, terakhir kali dunia nyaksiin sesuatu berenti berkembang dengan cara segini menggelikan tuh pas akar rambut aslinye Nicolas Cage mati. Di bagian ini, Jay ama Gal kaya yg kesasar di tengah Pulp Fiction trus ngga sengaja masuk ke set syuting satu produksi Hammer House of Horror. Nyiptain krisis-identitas artistik paling ekstrim sejak transformasi Katy Hudson dari seorang penyanyi gospel buat jadi biseksual dengan obsesi kronis pada merak.

Terus ngerilis album yg paling sering didengerin staff HHD sambil merem sepanjang 2010

Meski perubahan babak akhirnye emang –secara menggelikan- ngehibur, itu praktis ngga ngasih penjelasan jelas buat hal-hal aneh yg terjadi sebelonnye. Iye deh, misalnye dihubung-hubungin, mungkin ada koneksi samar-samar. Cuman mengingat ceritanye di set-up sebagai satu plot misteri nan ambisius, itu rasanye kaya dapet kado action-figure GoBots waktu lo jelas-jelas ngarepin Transformers. Kill List make metode annoying Black Swan untuk nyuruh penonton merhatiin semua keganjilan dari perspektif karakternye nyaris sepanjang durasi trus ujung-ujungnye ngasih tau kalo itu semuanye pointless. Ceritanye punya lebih banyak pertanyaan ngga terjawab daripade soal UTS matematika di fakultas Seni Rupa, bahkan aktris bokep pun masih berusaha nutupin lebih banyak lobang daripade sapepun penulis naskah film ini. Sebelonnye kite ngeliat Jay ngebunuhin orang-orang aneh ama ngurusin kucing mati, terus tau-tau die lari-lari dalem gorong-gorong gelap, berusaha kabur dari kejaran segerombolan cewe bugil yg ngancemnye pake sesuatu. Gue ngga sepenuhnye tau apaan yg Jay takutin dari cewe-cewe ini, tapi berhubung secara fisik mereka sama sekali ngga keliatan intimidatif, gue asumsiin itu ada hubungannye ama herpes.

Sejujurnye, nyeruduk membabi buta tanpa pandang bulu emang gimane umumnye orang jadi kena herpes

Sebagian nganggep ambiguitas bagian akhir film ini ngebuka interpretasi audiens buat ngegali materinye terus ngambil kesimpulan mereka sendiri. Masalahnye, itu cuman memungkinkan misalnye ending yg dimaksud cukup valid namatin cerita keseluruhan ama cukup menarik buat ngejaga interes penonton. Endingnye Kill List –sayangnye- ngga masuk kategori dua-duanye. Biarpun jelas keliatan kalo Ben Wheatley berusaha ngejer efek twist “smart & shocking”, secara menyedihkan hasilnye malah keliatan predictable & klise, terutama soalnye itu sangat mirip ama ending film “ekstrim” yg sempet kontroversial beberapa taun lalu. Malah, keseluruhan cerita Kill List sebenernye mirip ama film itu, tokohnye ngadepin isu-isu sama, cuman beda profesi aje. Gue akuin Kill List emang punya konsep keren dari ngisi 3 babaknye pake 3 genre beda; dibuka pake drama, dijedah ama crime-thriller, kemudian ditutup dengan revolusinye pada genre “please kill me now” (yg dulu  diciptain oleh Kangaroo Jack) lewat stupidity monumental ending-nye. Oke deh, secara teknis, apepun yg ditaro di ujung cerita emang terkualifikasi sebagai ending, cuman lo juga –secara teknis- bisa mabok dengan cara ngehantemin botol Vodka ke kepala Yayan Ruhian terus ngejilatin isinye kan? Pertanyaannye adalah: ape itu ngga kedengeran idiotik?

Gue juga ngerasa megang obor deket-deket kepala yg dibungkus topeng jerami tuh sama sekali bukan keputusan yg pinter

Katanye sih, orang musti nonton ini lagi buat bisa ngerti ceritanye, cumaaan, gue bukan salah satu orang yg cukup beruntung buat bisa digaji cukup dengan nonton film. Gue orang biasa yg harus kerja supaya bisa makan ama bayar tagihan bulanan, abis nulis review ini gue musti ngerevisi kerjaan gue sesuai permintaan klien, hal itu jelas jadi prioritas gue daripade nonton-ulang sebuah film yg gue ngga suka.Kenape orang harus nonton sesuatu yg die ngga suka sekali lagi cuman buat mastiin bahwa die emang ngga suka film itu? Logika apaan itu? Misalnye sineas ngga bisa nyampein cerita dengan cara yg dimengerti orang dengan sekali nonton, gue yakin masalahnye ada di sineas itu sendiri, bukan di orang yg nonton. Cerita pinter tu cerita yg bisa dikomunikasiin dengan cara yg bisa dimengerti, misalnye seseorang sedemikian pinter sampe karyanye ngga bisa dimengerti sape-sape, maka karya itu ngga layak ngebuang waktu seseorang sampe 2 kali. Sebuah kunjungan singkat ke tombol stop kayanye jauh lebih pas.

Atau jangan stop, tergantung ama apaan yg lagi dilakuin MyAnna Buring di layar

Mungkin ada orang yg suka ngabisin waktunye di forum-forum internet, ngedebatin teori ama makna dari film ini, tapi –secara pribadi- gue selalu nganggep intelejensia hampa/gantung/menerawang tuh ngga ngerepresentasiin intelektualitas segimane kategori Best Rap Performance di Grammy tu ngga ngerepresentasiin ape-ape selaen “outstanding achievement in the field of being the rapper that frightens white people the least”. Asumsi kalo kite ngga “cukup cerdas” buat ngerti alegori yg pengen disampein sang sutradara -bahwa kite tuh inferior secara intelektual dari mereka-mereka yg “get it” berhubung mereka mau gitu aje nelen mentah-mentah semua “makna mendalam” yg seringnye cuman di-ada-ada-in ama pembuat film- adalah mentalitas yg bikin para pelukis abstrak jadi jutawan dengan cara naro cet  di tempat minum seekor llama trus nyuruhnye buat nyemburinnye ke kanvas kosong. 6 taun duduk di bangku perguruan seni ngajarin gue kalo misalnye seseorang harus sedemikian susahnye nyari makna dari sesuatu bikinan orang laen, kemungkinan gedenye emang ngga pernah ada makna ape-ape di situ.

Gue cuman nonton teater soalnye ngga punya duit buat pergi ke club yg ada striptease-nye

Kadang-kadang, alesan asli sesuatu yg dari luar keliatan keren tuh sebenernye sama sekali ngga keren. Daniel Bryan jadi vegan berhubung dokternye ngga ngasih opsi laen, CM Punk tu Straight Edge soalnye bokapnye alkoholik abusif, dan temen gue Riko ngelukis abstrak soalnye die ngga bisa ngegambar apepun yg lebih realis dari bentuk-bentuk bikinan shape tool Microsoft Paint. Kill List tuh jenis film yg berusaha ngecoh penontonnye buat punya anggepan kalo itu smart. Gue ngga suka film kaya gitu, misalnye lo lagi bikin film dungu, bilang aje lo lagi bikin film dungu. Kalo lo pengen bikin film eksploitasi-murahan, ya bilang aje lo lagi bikin film eksploitasi murahan. Gue bisa nikmatin film dungu ama eksploitasi-murahan tanpa masalah selama eksekusinye keren kok, kenape ngga jujur aje coba? Kalo ini intinye cuman drama kriminal dengan sensasi shock-value campur mumbo-jumbo pagan doang? Sayangnye, gue pernah liat hal-hal boongan diekspos secara lebih realistis dalem episode serial TV Thunderbirds.

.

 “I did not enjoy Kill List, and not because it’s offensive or upsetting. It’s because it’s phony. If you’re trying to traumatize me, you’re going to have to earn it”   –Fred Topel, Screen Junkies-

.

.

Advertisements

10 thoughts on “KILL LIST: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. Saya mo bikin pengakuan setelah nonton pelem ini Boss :
    1. Saya ngantuk pas nonton pelem ini di 45 menit pertama
    2. Saya bingung ama cerita nih pelem, karena selera saya mungkin katrok, dan otomatis membuat saya jadi kayak no.1
    3. Ini bukan pelem horor/thriller biasa, tapi klo saya dipaksa buat nonton lagi nih pelem, mending saya tidur aja deh Boss,
    4. Ane udah ripiu juga nih pelem di blog ane (http://the-phobia.blogspot.com),monggo disimak juga Boss

    Like

  2. tapi si riko kan udah bisa ngegambar teletubies sekarang.

    Like

  3. Buahahaha… gaung film ini dikit banget, sampe2 saya baru tahu ada film berjudul Kill List setelah baca review-review di blog lain.

    Di abad 21 dimana segala sesuatu udah ditemukan, jadinya gaka da yg ‘ori’ lagi. Palingan cuma ‘inovasi’ dari yg udah ada. Gitu juga dengan film.

    “beli jacuzzi waktu keluarga lo kelaparan”
    Ini tipikal ayah yg minta digampar.

    Like

  4. gw tetep nekat nonton meskipun dah baca review ini
    dan ternyata pilm ini lumayan bagus kok,
    lumayan bagus buat bikin gw semakin tolol,
    krn bisa ngabisin waktu buat ngliatin semacam sesuatu yang katanya sebuah pilm ini

    Like

  5. bos gak coba review film headhunters..

    Like

  6. Hey! Someone in my Facebook group shared this site with us so I came to look it over.
    I’m definitely loving the information. I’m book-marking and
    will be tweeting this to my followers! Terrific blog and
    outstanding style and design.

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s