His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

THE SKIN I LIVE IN: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

4 Comments

Dengan ini, kite sama sekali ngga nganjurin lo buat ngegagahin rumah burung tetangga dalem rangka ngelakuin bentuk “performance art” post-modern. Tapi kalo emang iye, maka tolong, taro itu di YouTube.

.

Misalnye lo ngungkit nama Pedro Almodovar ke salah satu staff HHD, maka satu-satunye respon yg bakalan lo dapet tu cuman “oh, yg bikin film soal transvestite itu ye?”, kenangan kite ama die emang  kebates pada  judul yg udah kite ngga inget apaan dulu itu,  jaman kite suka beli film Eropa buat diketawain & nyangka kalo ‘Almodovar’ tu nama salah satu negara Balkan.

Jadi tiap kali die bikin film baru, ngga ada diantara kite yg peduli.

Sampe pas salah satu dari kite secara ngga sengaja –gue duga dalem rangka nyekill seorang cewe hipster- nemuin judul baru dari sutradara bersangkutan & maksa gue buat ngereviewnye di sini. Tadinye ide itu gue tentang setengah mati berhubung bertentangan ama prinsip dasar gue untuk ngga nulis apepun yg ada hubungannye ama seni. Tapi, abis ngebaca sinopsisnye ama bikin perjanjian tertulis kalo gue bakal dapet 2 botol Jim Beam begitu review ini di-upload, gue putusin bakal ngasih kesempatan buat rilisan yg secara cupu dijudulin The Skin I Live In ini. Sebuah film yg Almodovar sendiri klaim sebagai “a horror movie without screams or frights”, sesuatu yg kedengeran luar biasa dungu & cuma mungkin terjustifikasi kalo itu dikasih embel-embel “art” di belakangnye.

.

Di sini, Antonio Banderas berperan jadi Robert Ledgard, ahli bedah plastik Spanyol yg namanye sama sekali ngga kedengeran kaya orang Spanyol. Kite tau die ahli soalnye die ngasih ceramah/presentasi soal ngereplika kulit ama muke penderita luka bakar, sesuatu yg berhubungan ama fakta bahwa istrinye dulu kebakar dalem mobil ape semacemnye. Die kayanye sukses di profesinye berhubung tinggalnye di kediaman segede Wayne Manor, lengkap ama semua kebutuhan seorang pria dewasa yg udah mapan: gerbang otomatis, ruang operasi pribadi, mural cewe bugil setembok, juga patung-telanjang-raksasa dari dirinye sendiri di halaman depan. Robert juga punya obsesi ama masalah perkulitan nan lebih kronis dari mendiang Michael Jackson, sampe pada taraf nyimpen objek eksperimen khusus di dalem rumahnye: seorang cewe bernama Vera Cruz (Elena Anaya). Vera ini dikonci dalem ruangan khusus penuh kamera ama diwajibin make sejenis kostum selam tertentu, doi juga ngga ada hubungan sosial ama dunia luar serta punya hobi berusaha ngelakuin aksi bunuh diri minimal sehari sekali, jadi bisa kite simpulin kalo doski tuh pasti salah satu penggemar beratnye Portishead.

Idup itu berat kalo lo harus mandi satu bathtub bareng Natasha Yarovenko

Sebelon lo punya simpati pada Vera berhubung doi diasingin dari peradaban & ngga diijinin ngapa-ngapain selaen nontonin National Geographic seharian, perlu diinget kalo Robert tuh lagi ngelakuin serangkaian percobaan medis guna ngasih doi sejenis kulit-super-mutan-X-Men tertentu, ini dilakuin melalui sebuah proses yg disebut dengan “transgenesis” dalem usaha nyiptain bintang iklan nan sempurna buat sabun Lux. Jadi ceritanye, Dr Ledgard ini nyampurin DNA manusia ama tisu-tisu sel makhluk biologis laen (Babe) guna nyiptain benang genetis lapisan kulit termodifikasi nan canggih. Satu yg 100% kebal terhadap panas, panu, kadas, kurap, kutu aer, serta gigitan rahang velociraptor. Almodovar kayanye mau nantang supremasi James Cameron sebagai godfather dari penemuan-penemuan omong-kosong yg ceritanye masuk akal berhubung itu kedengeran ilmiah, maksud gue, “kulit manusia anti-api” ngga mungkin lebih bullshit dari “oksigen cair” ape “mesin yg neleport lo ke dalem tubuh makhluk amalgam dari Thundercats & Smurf” kan?

Ataupun “cewe kaya raya yg sudi kencan ama cowo miskin”

Sayangnye, supaya Vera bisa bikin cowo-cowo nabrakin mobilnye ke helikopter gara-gara kedistraksi oleh kulit indahnye ama ngebantai sindikat kejahatan internasional dengan kekuatan bionik ala Jaime Sommers, Robert harus ngelakuin sebuah prosedur biogenetis yg ngelanggar etika ilmu pengetahuan & seorang tua bangka nyuruh die buat ngeberentiin risetnye. Tentunye, sebagai ilmuwan gila dengan mimpi ngedominasi dunia, Robert ngga peduli ape kata orang lalu terus secara diem-diem nerusin eksperi-…loh? Die beneran ngga nerusin lagi risetnye? Cuman gara-gara seorang tua bangka nyuruh die berenti? Sungguh mad-genius nan cupu. Meski gitu, die tetep ngonci Vera dalem istananye, mungkin soalnye naro orang dalem akurium mewah tuh sama sekali ngga bertentangan ama etika ilmu pengetahuan. Namun, keidupan Robert nan tenteram mulai keganggu waktu tau-tau seseorang berkostum singa dateng terus ngidentifikasiin dirinye dengan cara nunjukin bokongnye ke kamera CCTV.

Secara pribadi, gue rasa ngelepas topengnye tuh jauh lebih sopan & ngga menggelikan, tapi mungkin orang Spanyol punya kebudayaan mereka sendiri

Gue ngga tau mane di adegan ini yg lebih idiot: orang yg nunjukin identitas dengan cara ngedodorin celananye, ape orang yg dengan sadar ngebukain pintu buat orang yg ngga pake celana untuk  masuk dalem rumah.

Tapi ngga sedetil pantat kite, kayanye

Ternyata oh ternyata, Tiger Boy punya hubungan ama Marilia (Maria Paredes), kepala pelayan di rumah itu. Meski, jujur aje, gimane caranye doski punya kemampuan buat ngenalin die cukup dengan ngeliat bokongnye semata adalah sebuah backstory yg sumpah gue ngga pengen tau. Tiger Boy juga kayanye udah ngabisin terlalu banyak waktu di internet, maka begitu ngeliat gambar Vera di monitor TV, secara naluriah respon pertamanye adalah dengan seketika ngejilatin layar, sesuatu yg cuman dilakuin ama orang yg kebanyakan nge-shuffle posting 9gag. Ini berlanjut pada serangkaian melodrama ridikulus & berakhir dengan Marilia ngelakuin eksposisi super-panjang soal masa lalu Robert, tentang istrinye yg kebakar dalem mobil, anaknye, ama betapa populernye kegiatan “ngelompat keluar jendela” di populasi wanita-wanita Spanyol. Satu pun diantaranye ngga ada yg bikin Robert jadi karakter mad-scientist kredibel ataupun ngejelasin kenape Vera ada di situ sebagai objek masturbasi pribadinye. Meski berusaha keras buat keliatan smart, sampe saat ini The Skin I Live In cuman keliatan karya versi lebih menye-menye dari Boxing Helena, minus semua gaya rambut buruk 80-an para pemeran film tersebut.

Almodovar ngegantinye pake selera desain interior yg buruk

Sekarang, film ini masuk ke babak kedua & itu sama sekali ngga keliatan kaya babak pertamanye. Sebelonnye, narasinye berjalan segimane idup pada umumnye; secara kronologis sesuai hukum sebab-akibat. Ke belakangnye, Pedro Almodovar, sebagai seorang yg ngerti banget seni, mutusin buat make metode avant-garde teknik storytelling non-linear. Yg artinye die ngelempar plot ke dalem blender sambil berharap para kritikus bakalan ngasih rekomendasi serta penghargaan Oscar atas keberhasilannye untuk membingungkan penonton. Seiring dengan dikenalinnye 3 tokoh baru: Vicente (Jan Cornet), Norma Ledgard (Blanca Suarez) ama si Alessa dari adaptasinye Silent Hill lewat flashback demi flashback demi flashback, Almodovar ninggalin potensi cerita “seorang ilmuwan gila berusaha jadi Dr Frankenstein dengan nyiptain makhluk rekayasa-genetis superior” untuk milih bikin plot berdasarkan motif standar. Meski itu kedengeran negatif, harus gue jelasin kalo masalahnye tuh bukan di motifnye, tapi gimane itu dieksekusi ama tokoh bersangkutan. Serius, untuk sesuatu yg udah pernah dilakuin ribuan orang dalem ribuan judul hiburan, metode di sini tuh luar biasa bertele-tele ama sama sekali ngga efektif, itu juga penggunaan paling buruk dari piso bedah sejak operasi plastiknye Michaela Romanini.

Itu juga secara menggelikan diawali dengan adegan seorang cowo mandiin cowo laen dalem suatu ruangan rahasia

Skrip film ini berhasil ngerusak karakter Antonio Banderas lebih parah dari semua seri film Spy Kids ama Desperado disatuin. Nganggep Dr Ledgard sebagai seorang ilmuwan-jenius kompeten tuh praktis mustahil abis ngeliat die ngelakuin rencana dashyatnye yg luar biasa idiotik. Bahkan karakter kaya Paul Kersey ape Nick Hume, yg sama sekali ngga dikenal untuk intelejensia superior mereka, pun bisa nemu metode lebih efisien buat kepentingan motif serupa. Ok, emang butuh skill buat ngelakuin ape yg die lakuin, tapi punya skill ngga otomatis berarti seseorang tuh jenius sama kaya punya blog ngga otomatis berarti seseorang tuh penulis. Rencana Dr Ledgard ini butuh waktu 6 taun guna bisa kerealisasi, itu lebih lama dari waktu batas studi yg dikasih PTN bagi mahasiswanye. Dan abis nunggu selama itu, begitu semuanye udah berjalan sesuai agenda rancangannye, orang ini terus nyabotase rencananye sendiri lewat sebuah  genosida boner massal yg lebih depresif daripada video bokepnye Chyna. Gue tau kalo itu emang secara resmi bikin orang ini aneh, cuman kite ngga ngomongin jenis aneh yg keren, tapi “aneh” dalem level orang yg nyedotin blow-up doll di YouTube ape bapak-bapak yg nongol telanjang dada depan kamera sambil nyebut dirinye “The ButtMaster”.

Sejujurnye,”pijet prostat” kedengeran kaya salah satu hal paling mengerikan di dunia ini

Dari film-film yg ngandelin shock-value sebagai landasan ceritanye, kayanye gue ngga inget judul laen di mane tokoh utamanye ngelakuin hal dungu dengan alesan ‘karena die emang dungu aje’ kaya gini. Gue bisa nolerir endingnye A Serbian Film soalnye di situ Milos dijebak buat ngelakuin ape yg die lakuin, gue bisa nolerir adegan gore di Antichrist soalnye cewe itu mungkin lagi PMS ape apa lah, dan gue bisa nolerir kelakuan Dr Heiter soalnye die diperanin secara menakjubkan ama Dieter Laser. Nah, tokoh Robert Ledgard ngga punya alibi-alibi tersebut, die kaya yg secara sukarela tau-tau pengen ngehianatin aje motifnye sendiri soalnye naskah filmnye nuntut die buat ngelakuin itu. Gue ngga liat keputusan kreatif seburuk ini sejak WWE ngasih gimmick “sexual chocolate” ke Mark Henry terus naronye dalem plot di mane die ngehamilin Mae Young. Level ekspektasi gue pada film ini terus-terusan anjlok dari “mungkin horror” ke “kayanye sih thriller” sampe “kok ini kaya opera sabun sih???” seiring degradasi antagonisnye dari seseorang dengan aura Herbert West jadi makhluk hidup paling menyedihkan di dunia. Mark Henry pun masih bisa sukses jadi monster raksasa 10 taun setelah dapet gimmick memalukan, sementara Robert Ledgard? Die ngga jadi ape-ape sampe abis kecuali “seorang ahli bedah jagoan…yg terus-terusan bikin keputusan buruk dalem idup”. Gara-gara depresi karena sesuatu, maka die nyiptain produk kecantikan paling awesome dalem sejarah, soalnye die nonton terlalu banyak iklan krim pemutih & mikir kalo kulit yg indah bakalan ngerubah dunia seseorang ke arah lebih baik.

Thanks, Afgan

Tentunye itu ngga berhasil. Kenape? Soalnye cukup dengan ngeliat label sebuah produk kecantikan, ada satu hal yg bisa kite ketahui: bahwa itu sama sekali ngga mengandung bahan baku pengubah-mood apepun.

Lo liat tulisan “Vodka” ngga di situ? Ngga kan?

Kaya judul-judul laen dari genre uber-estetis begini, karya terbarunye Pedro Almodovar juga terlalu overrated diliat dari pencapaian artistiknye. Ceritanye tu ngga lebih dari kisah berdasarkan motif biasa, alurnye lamban, narasinye bertele-tele, dan twistnye –kaya udah gue jelasin di atas- sedikit dungu. Pada ujungnye, ada twist kedua pas si protagonis bikin manuver guna nge-counter twist lawan & lagi-lagi itu dieksekusi pake rencana yg sangat dipertanyain efektifitasnye. Orang Spanyol kayanye sangat buruk dalem soal nyusun strategi, ini bikin fakta kesuksesan para counquistador masa lalu untuk naklukin setengah dunia jadi satu hal yg mengherankan. Naskahnye kaya penuh diisi orang-orang aneh semata-mata cuman supaya filmnye dianggep “nyentrik” aje, bukan supaya penonton bisa nikmatinnye.  The Skin I Live In tuh sebenernye sama style-over-substance-nye kaya produksi Michael Bay manepun, cuman minus ledakan, sluts, juga slut meledak doang. Selaen beberapa momen kunci bagi pengembangan plot keseluruhan, mayoritas durasi film ini isinye orang-orang aneh ngelakuin hal-hal aneh, sesuatu yg kite semua tau adalah definisi paling jujur dari ape yg disebut sebagai “kesenian”.

Dalem lingkaran pelaku kesenian, yg gini disebut sebagai “happening art”

Masalah laen dari film-film gini tu tendensi ngebungkus semua aspek sleazy-nye pake melodrama yg bikin itu jadi keliatan ngga seksi. Elena Ayana nunjukin boobs doi berkali-kali, sayangnye, Almodovar terlalu keobsesi ngambil semuanye pake pendekatan artistic-nudity. Alhasil, ngga satu pun dari boobs-shot itu ada yg keliatan fun. Semuanye hambar kaya fotografi item-putih yg bukan dianggep pornografi meski jelas-jelas nunjukin payudara secara eksplisit berhubung hasilnye item-putih & item-putih = high art. Gue kesel tiap orang-orang bikin suatu hal yg –secara hak asasi- fun jadi ngga fun demi alesan-alesan tolol macem estetika. Maksud gue, boobs tuh kan udah estetis sebagaimane adanye, itu secara universal udah diakuin serta dinikmatin keseluruhan umat manusia dari jaman dulu kala. Kenape harus ngerubahnye jadi sesuatu nan elitis? Pedro Almodovar bukan cuman bikin boobs jadi ngga menarik, tapi juga ngegambarin seks jadi keliatan ngga menyenangkan, gue ngga nyangka ada tontonan yg bisa ngasih efek kaya gitu selaen propaganda fundamentalis sayap kanan tertentu.

Itu kejahatan terburuk terhadap dunia hiburan sejak Brad Pitt bikin ngebunuh Hitler jadi keliatan ngebosenin

Gue bisa nikmatin film paling tolol di dunia sekalipun asal masih ada sesuatu yg ngubungin gue ama apaan yg lagi kejadian di layar, ngga harus secara emosionil, tapi minimal gue tau kenape satu karakter ngelakuin suatu hal tertentu; hubungan logis antara apaan yg terjadi ama reaksi orang-orang yg ngaleminnye. Waktu Ash ngebelah monster pake gergaji mesin dalem sumur di Army of Darkness, waktu Martin Brody nantang seekor hiu putih di habitat aslinye satu lawan satu pake bedil di JAWS, waktu Neville Flynn nembak kaca pesawat pas lagi terbang di Snakes on a Plane, gue bisa ngerti soalnye itu masuk akal buat dilakuin pada skenario spesifik di mane itu kejadian. Situasi desperate bikin orang ngelakuin hal-hal desperate & hal desperate bisa jadi awesome. Gue ngga bisa nemuin itu di film ini. Robert Ledgard ngga desperate, die punya banyak waktu bakal mikirin metode paling sempurna guna muasin motifnye, dan die malah milih satu yg paling idiotik ama ngga praktis.

Make satu twist nan “mengejutkan” gara-gara itu terlalu cupu untuk sekedar masuk pertimbangan penonton sih ngga pinter, itu namanye curang. Dan ngededikasiin satu film full sekedar supaya karakter utama lo keliatan kaya versi hiperbolis dari stereotip kalo laki-laki bakal nancepin genitalnye ke dalem apepun yg ada rongganye (termasuk bangku taman), tu terlalu kekanak-kanakan buat bisa dianggep serius…kecuali lo emang lagi bikin Jackass.

Ngga, “art” sama sekali ngga ngejustifikasiin ini. “Alkoholisme” mungkin, art jelas ngga…tunggu, abis gue pikir-pikir, alkoholisme emang satu-satunye yg bisa bikin plot ini jadi masuk akal, kenape Pedro Almodovar ngga manfaatin itu?

.

.

Advertisements

4 thoughts on “THE SKIN I LIVE IN: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. Review ini juga…. art abis. Saya gak bisa bedain mana yg beneran terjadi di film ini, mana yang cuma ditambahain aja (secara belum nonton).

    “gimane caranye doski punya kemampuan buat ngenalin die cukup dengan ngeliat bokongnye semata”
    Serius? Ada adegan macam ini? Buhahahahaha….

    “cewe kaya raya yg sudi kencan ama cowo miskin”
    Itu fiksi, jadi bisa ditolerir. Walopun di dunia nyata, tukang bunga miskin ama tukang pot. Wanita karier haus kekuasan pacaran ama pria botak tak seksi pengendara Mercedes (Wait, that’s not me!)

    Like

  2. Sebegitu parahnya-kah nih pelem,mpe reviewnya jadi sangat berapi2 ? Tapi kayanya banyak benernya nih review,jdi males banget mo nonton pelem ini,secara temen ane nyang udah nonton juga pedes ngomongnya soal nih pelem.

    Like

    • Itu tandanya selera kita semua sama-sama buruk, boss. Kalo seleranya kelas tinggi mah, kerjaannya pasti bakal ngata-ngatain selera orang laen buruk dan gak bakal mampir ke blog ini.

      Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s