His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

THE BEST AND WORST OF 2011

7 Comments

Kite juga ngelakuin hal gak berguna kayak apa yang dilakuin sama orang-orang sebelum ngabisin waktu niup terompet taon baru, yaitu bikin List raksasa HHD dari segalanye yg kite celain sepanjang 2011. Cuman supaya punya alesan buat nyelain semuanye sekali lagi

.

Seperti kite ketahui, taun 2011 baru aje berakhir, dan segimane setiap taun laennye, sepanjang taun ada film yg gue suka, film yg gue lupa, ama film yg bikin gue nyesel nontonnye. Ada juga beberapa film yang emang cukup jelek & pernah gue review atau gue jelek-jelekin di sini, tapi nggak dimasukin list karena mungkin film itu kelewat bloon ape daya kedunguannya bener-bener di luar nalar jadi mending nggak usah ada. Tapi biar gimane pun juga, sampai detik ini Evil Dead tetep film terbaik sepanjang masa (itu termasuk masa tahun 2011) & alesan kenape lo ngga liat itu di bawah adalah  karena isinye cuman bakal penuh dengan puja-puji buta semata. Kayak gimane lo selalu muji gerakan cewe lo pas dia lagi ada di atas.

Maka, atas nama HHD, berikut gue persembahkan… The Best and Worst of 2011.

.

.

BEST: GLAMOUROUS FETISH-COSPLAY

Sebelonnye, gue pengen ngelurusin sesuatu; Sucker Punch itu film dungu. Keputusan kite buat bikin kaos homagenye ngga ngerubah kenyataan kalo itu tetep film dungu.

Sucker Punch emang film dungu, tapi ada kualitas tertentu pada kedunguannye, sesuatu yg bikin itu awesome meskipun 100% ngga masuk akal segimane liriknye RZA selalu awesome meski itu 100% ngga masuk akal. Gue ngga yakin sebenernye apaan dari Sucker Punch yg bikin gue bisa sama sekali ngga ngehirauin semua kekacauan di dalemnye, tapi gue yakin itu ada hubungannye ama bombardir visual tanpa henti dari cewe-cewe dalem pakaian fetish. Biarpun emang minim cerita, Zack Snyder naro apaan yg terbukti sebagai pengganti valid bagi keberadaan plot serta skenario dalem sebuah tontonan:

Pantat

Sucker Punch mungkin sangat kekurangan stimulan otak, tapi itu ngasih satu-satunye bentuk stimulasi yg terbukti selalu bisa ngalahin otak ataupun segala bentuk akal sehat laennye, tentunye gue lagi ngomongin boner.  Malah, bukti kecerdasan utama Zack Snyder adalah kemampuannye nargetin pangsa-pasar paling tepat buat tontonan model gini: nerd! Alias orang-orang dengan boner permanen soalnye mereka ngga punya makhluk hidup buat nyalurinnye. Film ini dateng komplit dengan semua elemen krusial bahan konsumsi kerajaan geekdom: seragam sekolah buat para pervert, mech buat penggemar Gundam, ilmu gaib buat penggemar D&D, zombie bagi sekte Romero, Samurai-raksasa-bawa-senapan-gatling bagi mereka yg ngga tau apaan yg dimaksud dengan “sejarah”, banyak aksi slow-motion buat mereka yg punya span-atensi terbatas, serta penggambaran visual paling non-akurat dari dinas kemiliteran.

Militer keliatan jauh lebih baik sejak pemerintah ngasih anggaran khusus buat kosmetik & bedah plastik

Sucker Punch juga dapet “best” untuk kesuksesannye jadi film paling gampang dinikmatin taun ini. Serius, ini tuh versi film dari lagu pop top 40; cheesy, bombastis secara ngga perlu, ama sedemikian sederhana supaya orang paling retarded pun bisa ngerti. Setau gue, untuk bisa jadi populer dalem dunia hiburan, sesuatu harus cukup dungu supaya itu bisa dimengerti ama kebanyakan orang. Liat gimane album terbarunye Lil Wayne kejual sampe 1 juta kopi, dan gue yakin ngga ada orang di dunia ini yg –dalem keadaan waras-  bakal ngomong kalo apepun yg dibikin ama Lil Wayne tuh ngga terbelakang mental. Karena sejuta konsumen album Lil Wayne ngga satu pun ada yg beli buat ngeliat kutipan Kierkegaard di dalemnye, maka Zack Snyder juga ngga punya niat bikin penonton mikir pas nunjukin adegan naga ngelakuin duel udara lawan pesawat pembom Perang Dunia II. Sucker Punch justru menghibur soalnye itu cuman sekedar mengumbar insting primal mayoritas penikmat film eksyen tipikal: cewe-cewe seksi, megang senjata-senjata gede yg para audiens bayangin sebagai simbolisasi estetis dari boner mereka.

Gergaji itu keliatan 10x lebih phallus dari penis asli

.

.

WORST: BAYFORMERS FACTORY

Lewat Dark of the Moon, Michael Bay  ama studio Hollywood keseluruhan udah berhasil nemuin cheat-code permanen buat bikin blockbuster nan sukses.

Akhirnye, para produser udah ngga perlu lagi bergantung pada kreatifitas buat ngeluarin judul baru. Masa-masa nungguin seorang penulis naskah buat cukup sober untuk nulis skrip yg koheren ama ngarepin aktor/aktris ngga minta bayarannye dinaekin tiap ditawarin maen di sebuah judul baru udah lewat. Sekarang jaman modern, dan sebagai sebuah industri yg idup dari ngefabrikasi hiburan, Hollywood perlu formula supaya mereka bisa mroduksi judul baru tanpa ngebutuhin keberadaan orang-orang yg bertugas muncul dengan ide, sebuah sistem di mane film bisa diproduksi segimane orang bikin kipas angin ape mesin microwave. Kemampuan produksi massal secara instan tuh penting pada masa kaya sekarang gini, di mane konsumen pada beli blow-up-doll-nye Miley Cyrus sebelon otaknye sempet memproses pertanyaan logis “sape yg sudi berhubungan ama benda plastik yg menyerupai Miley Cyrus?”.

Lebih dari 85% produk ini diborong pake kartu kredit atas nama Billy Ray Cyrus

Di sinilah kesuksesan utama Dark of the Moon: keberhasilannye buat ngelongkapin semua hal berbau kreatif & ngegantinye pake properti yg bisa dibikin trus dibikin ulang sesuai keperluan. Nilai jual utamanye adalah bahwa ini tuh satu sekuel dari sebuah sekuel pada adaptasi film kartun berdasarkan merk maenan Amerika yg dibikin berdasarkan merk maenan laen hasil imporan dari Jepang. Michael Bay bukan cuman sekedar naro product-placement di dalemnye, tapi bener-bener ngedasarin plot filmnye sebagai media iklan buat merk mobil mane yg bersedia bayar paling gede. Ceritanye sendiri adalah “orang lari-lari pas mau dibunuh robot raksasa”, yg bukan cuman nge-eliminasi kebutuhan pada keberadaan sebuah skrip, tapi sekaligus ngeminimalisir ketergantungan untuk punya tokoh-tokoh kharismatik di dalemnye, soalnye “bintang” dari film ini sepenuhnye adalah makhluk CGI artifisial yg –ceritanye- punya kemiripan pada sesuatu di dunia nyata.

Yg dalem kasus bonekanye Miley, gue asumsiin keliatan kurang-lebih kaya gini

Toh, apaan yg berbahaya di sini adalah kenyataan kalo sistem ini, ternyata, emang bener-bener berhasil. Transformers tuh franchise yg setiap judul barunye selalu ngasilin keuntungan lebih gede dari judul sebelonnye; Transformers pertama ngasilin $709 juta, Revenge of the Fallen ngasilin $836 juta dan sekarang Dark of the Moon ngasilin $1.12 milyar! Ini ngebuktiin kalo Hollywood udah dapetin jekpot dari gimane bikin sebuah produksi sukses dengan sama sekali ngilangin semua resiko dari kreatifitas: cukup ambil karakter-karakter serta franchise yg udah di-ACC khayalak umum & polesin mereka pake CGI terbaru. Abis itu telorin sekuel, sekuel, sekuel, prekuel, serta reboot dari itu tiap 6 bulan sekali untuk selamanye, ngebawa industri perfilman ke langkah terakhir menuju pencapaian fantastis franchise video-game Tomb Raider.

“kite ngga inget sebenernye udah nyampe nomer berape, makanye kite mulai aje dari pertama lagi”

.

.

WORST: DARTH SIDIOUS TRYING TO SCARE PEOPLE

Film hantu punya masalah yg sama dalem nyaris 20 taun terakhir: keberhasilannye semata-mata ditentuin ama kesuksesannye nakut-nakutin penonton. Nah, berdasarkan pengalaman 10 taun nonton film hantu, nakut-nakutin tu cuman bisa efektif kalo:

A.  Itu mengandung elemen kejutan, ama…

B. Ada alesan valid buat takut

Surprise adalah elemen krusial guna nyiptain jump-scare yg berhasil. Teorinye, kite kudu bener-bener terkejut ngeliat sesuatu yg tau-tau nongol di luar ekspektasi buat bisa kencing di celana. Berhubung jump-scare udah disalahgunain dengan lebih parah dari fitur chat dalem game online, efeknye nyaris jadi sama hambarnye ama gosip soal pernikahan barunye Kim Kardashian. Jump-scare punya persamaan ama bokongnye Carmen Electra: kalo lo liat itu 1-2 kali ia emang bisa bikin orang “jumpy”. Masalahnye, di manepun kite ngeliat Carmen Electra doski selalu nunjukin bokongnye, dan begitu lo sadar semua orang plus kakek-nenek mereka pernah liat bokong Carmen Electra, kenape itu harus jadi istimewa?  Sama kaya gitu, mayoritas film-film hantu ngasih jump-scare secara konstan tiap 5 menit sekali. Jadi begitu hal yg sama terjadi untuk ke-1000-sekian kalinye, gue udah terlanjur ngembangin emosi untuk sama sekali berenti peduli.

Perasaan yg sama ama tiap kali kite ngeliat gawang timnas kebobolan

Ini ngebawa kite pada poin kedua: kalo orang pengen bikin film yg nakutin orang, maka logikanye die harus ngasih orang alasan buat takut. Misalnye itu cuman punya build-up nan lebih minim dari pas pertama kali gue nyewa PSK, seengganye mereka harusnye bisa lah ngasih kite bentuk setan yg serem. Darth Sidious itu ngga serem, die manula yg satu-satunye kelebihannye cuman nembakin laser kaya karakter Suzanna taun 80-an, bedanye, Suzanna emang serem berkat anugerah naluriahnye buat terlahir dengan muka Suzanna. Darth Sidious jelas bukan Suzanna, masang die jadi setan di film serem pasti adalah keputusan terburuk dalem genre horror setelah ngadaptasi kerjaannye Stephenie Meyer soalnye orang itu sama sekali ngga serem. Die mungkin keliatan kaya para Nazi di ujungnye Raiders of the Lost Ark, tapi itu lebih cenderung “menyedihkan” daripade “menakutkan”. Sebagai film serem, Insidious ngga bikin orang takut, soalnye nonton para Sith Lord pengangguran berusaha nakut-nakutin lo di film horror tuh semacem kaya mabok parah pas pesta taun baru, terus bangun-bangun nyadar lo semalem ternyata nidurin Samara Morgan. Ngga kok, lo ngga ngerasa takut, tapi ngerasa nyesel kenape lo harus mabok separah itu, dan segi positif tunggalnye adalah fakta kalo makhluk halus tuh ngga bisa nularin penyakit kelamin.

Misalnye doi ngotot nelponin, suruh aje istri lo yg ngangkat

.

.

BEST: RUTGER HAUER WITH A SHOTGUN    

Rutger Hauer meranin gembel mabok nenteng-nenteng shotgun digaransi bakalan masuk dafar “best” sama kaya Bruce Campbell naro gergaji mesin di tangannye bakal selalu masuk daftar “awesome” sampe kapanpun juga. Rutger Hauer ngga pernah lagi tampil di judul yg bikin die keliatan sekeren ini sejak Blade Runner & itu film keluaran 1982! Menyenangkan ngeliat die akhirnye muncul di layar dalem peran yg ngekspos talentanye sebagai…Rutger Hauer; grumpy old dude, nembakin sebilah senjata-pemusnah-massal tertentu secara sembarangan. Senjata yg cukup ampuh buat ngebunuh zombie soalnye ilmu gaib apepun yg bikin makhluk undead jadi kebal pada lobang peluru bakalan nyerah kalo “lobang” yg dimaksud tuh cukup gede buat bikin kepala ilang. Mungkin karena bahkan makhluk yg ngga butuh detak jantung pun masih ngerasa kalo kepala adalah sebuah organ tubuh yg bermanfaat.

Apa untungnye jadi zombie kalo lo bahkan ngga punya mata buat liat ini?

Perlu dicatet kalo shotgun itu pada dasarnye emang awesome. Ash ngga mungkin milih sesuatu jadi senjata kedua sekaligus ngasih panggilan sayang sekeren “boomstick” kalo misalnye itu ngga awesome kan? Maka naronye di tangan gembel mabok yg diperanin Rutger Hauer pasti adalah opsi paling keren selaen naronye di tangan seorang rapper mabok dalem sebuah klip. Gue suka kombinasi-kombinasi berbahaya kaya gitu selama terjadinye dalem lingkungan nan aman & waras (baca: layar monitor gue), ini dikarenakan psikopat-homicidal selalu bisa diandalkan untuk jadi sumber tontonan menarik. Tentu dengan catetan lo nontonnye dari jarak yg aman ye? Itu makanye para petarung UFC diijinin berusaha saling ngebunuh satu sama laen, selama mereka cuman ngelakuinnye di dalem kerangkeng octagon (yg gue asumsiin dikonci dari luar).

Alesan tunggal kenape orang-orang di arena bersorak adalah soalnye kawat itu keliatan kokoh

Intinye, kekerasan yg bisa kite nikmatin dengan aman adalah hal paling indah di dunia. Dari jaman kecil, ngga ada satupun diantara kite yg takut ngeliat Jerry ngemutilasi Tom pake kampak raksasa, ngga ada yg nangis ngeliat Wile E. Coyote ketiban batu segede planet Merkurius tepat di kepalanye, dan ngga seorang anak pun pernah dianggep psikopat ama ibunye waktu die ketawa puas ngeliat Bugs Bunny nembak Elmer Fudd persis di mukenye pake senapan double-barrel dari jarak deket. Kite ngonsumsi mindless-violence setiap saat pas kite tumbuh gede serta ngga pernah punya masalah nganggepnye sebagai entertainmet, jadi kenape ngga bisa nikmatin hal yg sama sekarang pas udah pada gede-gede? Buat sesuatu yg secara eksplisit nunjukin pala diancurin pake bom-bom car ama alat kelamin diledakin pake shotgun, Hobo with a Shotgun udah dijamin dapet posisi “best” taun ini untuk keberhasilannye ngasih senyuman pada muke anak kecil yg selamanye idup dalem hati gue. Senyuman yg sama ama yg ada di muke ponakan gue tiap kali die ngeliat Petunia, Cuddles, Giggles, Lumpy, The Mole ama sapepun namanye itu pada ngemutilasi diri mereka di Happy Tree Friends.

OVJ bakalan jadi lucu kalo itu ngelibatin props ama darah asli

.

.

BEST: NO SAW SEQUEL

Gue bukan orang yg anti-sekuel. Gue cuman benci sekuel buruk aje, dan berdasarkan pengalaman nonton box-set Nightmare on Elm Street ama Friday the 13th, semua sekuel yg lebih dari 3 punya kecenderungan untuk selalu buruk. Terutama kalo itu berdasarkan pada gimmick yg ngga bisa dipanjangin lebih dari 2 film tanpa harus keliatan maksa. Jujur gue suka Saw pertama & cukup nikmatin yg kedua, tapi jilid 3, 4 , 5, dst keliatan sama menyedihkannye ama usaha come-back Limp Bizkit. Dengan karakter-karakter praktis tanpa screen-time berarti di seri sebelonnye tau-tau jadi pemeran utama pada seri-seri berikutnye & Jigsaw yg udah diceritain mati dari nomer 2 nemuin cara buat terus-terusan nongolin mukenye di depan kamera. Gue ngerti misalnye orang kaya Freddy, Jason, ape Michael Myers bisa bolak-balik kembali dari dalem kubur soalnye mereka tuh monster jadi-jadian dengan kekuatan supranatural. Jigsaw ngga punya alesan itu, setau gue, die cuman seorang McGyver yg kebetulan ahli dalem soal bikin jebakan Vietcong. Meski itu secara resmi berarti orang ini tuh berbahaya bagi masyarakat umum, itu ngga ngasih die alesan buat terus-terusan nongol dalem kaset video berhubung die terlalu old-school buat tau caranye nge-burn DVD.

“Hello world, please teach me how to upload this shit on YouTube”

Jadi ngabisin satu Halloween tanpa Jigsaw ngelakuin monolog via satelit, rekaman video, flashback, wangsit, 3GP, ataupun alesan achterlijk apepun yg mereka pake supaya bisa mejeng Tobin Bell di layar adalah sesuatu nan menyegarkan. Saw pertama bisa keren berhubung itu punya twist keren, Saw 2 bisa lumayan berhubung itu punya twist lumayan, sisanye semuanye keliatan dungu soalnye itu semua punya twist dungu. Franchise ini emang cuman numpuin kekuatan tunggal pada twistnye karena  “eksyen” dalem film-film Saw selalu kebatas ama ngeliatin orang-orang ngelukain dirinye sendiri dalem mesin-mesin steampunk, yg buat gue keliatan kaya miskonsepsi dari metode  “perjuangan survival” paling parah sejak  Milla Jovovich mutusin buat ngebunuh zombie dengan cara nonjok mereka tepat di mulutnye. Jadi, keputusan buat nyetop seri ini sampe orang-orang produksinye bisa nemuin twist baru yg layak diliat adalah hal paling masuk akal untuk dilakuin. Di filmnye, Jigsaw  naro orang dalem mesin-mesinnye sebagai bentuk hukuman buat nyia-nyiain hidup mereka, maka ngeberhentiin lelucon-meta “mari bikin sekuel-sekuel nan luar biasa buruk sebagai hukuman bagi penonton yg ngambil keputusan buruk buat beli tiketnye” bisa dianggep sebagai satu-satunye hal manusiawi yg dilakuin Hollywood sepanjang 2011 kemaren.

Mungkin gara-gara penonton setia terakhir gantung diri di tengah-tengah Saw V

.

.

WORST: FINAL DESTINATION SEQUEL

Ngomongin gimmick buruk, seri Final Destination punya gimmick “nyurangin kematian” yg udah direanimasi berkali-kali dengan hasil lebih menyedihkan dari album tribut Gundam-nye Linkin’ Park: sejumlah anak muda lolos dari kematian, kematian ngerasa sekelompok anak muda tadi adalah pricks lalu berkonspirasi dengan alam serta alat-alat rumah tangga buat nuntut bales. Ide itu kedengeran menyenangkan, sampe lo nyadar kalo lo cuman ngabisin 90 menit nungguin orang satu per satu ngalemin kecelakaan dengan drama diantaranye semacem kaya seseorang nyelipin klip opera-sabun di dalem Faces of Death. Sebenernye ini ngga terlalu masalah kalo kejadian sekali, cuman kemudian itu dibikin 3 kali. Bukan cuman dengan back-story yg serupa, tapi dengan kronologis persis sama di setiap judulnye: seseorang dapetin visi soal kematian, nyelametin diri & temen-temennye, terus ngabisin durasi dengan berusaha nyelametin dirinye sekali lagi…biasanye melalui cara-cara dungu.

Loncat keluar gedung tinggi merupakan metode favorit

Nonton franchise ini selalu bikin gue sedih, lo punya sejumlah orang mati dalem sesuatu yg (seengganye di film kedua) keliatan awesome, terus salah satunye kebetulan kebanyakan neken LSD & dapet trip proyeksi-astral lalu ngerusak segalanye. Abis itu lo ngeliat lagi mereka terbunuh melalui cara-cara nan ngga impresif; seseorang lolos dari tragedi roller-coaster, trus kebunuh di dalem salon. Seseorang lolos dari apokalips NASCAR, terus kebunuh gara-gara disodomi sejenis sistem hidrolik kolam renang. Seseorang lolos pas bola matanye dilaser ama Cyclops, trus kepeleset kancing.  Ini mungkin plot paling menyebalkan sejak film-film thriller yg –abis segalanye terjadi- ngungkapin di ujungnye kalo “semuanye cuman mimpi”. Rasanye kaya ngeliat seseorang berhasil lolos dari finishing-maneuver sedashyat Burning Hammer, cuman buat abis itu di-KO pake jurus menggelikan macem jumping-scrotum-attack.

Gue yakin lawannye cuman ngga mau bangun lagi karena ngerasa malu

Belon lagi, lo praktis ngabisin film nontonin remaja ngelakuin hal paling useless dalem sejarah panjang segala hal useless yg dilakuin remaja: kabur dari ajal. Kaya kite semua tau, ngga ada sapepun yg bakal pernah kabur dari ajal. Ngga Steve Jobs, ngga Amy Winehouse, ngga Osama, ngga Khadafi & bahkan ngga juga seorang Kim Jong Il.  Jadi apa intinye ngelakuin ini sampe 5 kali? Tonton jilid FD yg keberape aje, dan sebelon opening-creditnye abis lo udah tau kalo ngga ada satupun diantara tokohnye bakalan selamet. Soalnye misalnye ada, berarti malaikat maut tuh bener-bener ngga becus dalem soal ngelakuin kerjaannye, yg sama aje artinye ama ngomong kalo seorang The Punisher itu ngga becus dalem soal ngelakuin kerjaannye. Berhubung nyulein ajal tuh sama mustahilnye ama nyegah orang dari ngelampiasin frustasi seksualnye pada sistem komen di internet, maka semua karakter dalem Final Destination tuh sama dengan semua orang keturunan Eropa dalem kota yg sama ama John McClane: lo bisa ngumpet dimanepun, pake apepun, tetep aje ujung-ujungnye Bruce Willis bakal ngirim lo ke neraka dengan cara nabrakin mobilnye kemanepun lo lagi kebeneran berada.

Bruce Willis bisa nabrakin mobil pada apepun

.

.

BEST: THE RAID OF BARE-KNUCKLED VIOLENCE

Sesuai dengan garis-garis besar haluan HHD, gue bakalan selalu suka ngeliatin sejumlah orang dewasa saling nonjokin muke satu sama laen sebrutal mungkin. Itu makanye gue sangat menikmati momen nonton The Raid di INAFFF ama ngga pernah ngelewatin kesempatan tiap episode Raw terbaru nongol di YouTube. Yayaya, gue tau wrestling tuh pura-pura, tapi semuanye yg terjadi dalem sebuah film laga juga sebenernye pura-pura. Itu makanye lo bisa ngeliat tentara amerika ngomong pake aksen Belgia & Rambo sanggup bertahan idup lebih dari 15 menit di Rambo 2. Kebanyakan film laga juga berusaha bikin lo percaya hal mustahil kalo satu orang tuh cukup buat ngegebukin seluruh penghuni dunia berhubung die emang luar-biasa-hingga-taraf-keterlaluan jagonye, sampe musuhnye praktis sama sekali ngga punya satu pun diantara hal-hal yg orang pada umumnye selalu punya dalem konflik fisik di dunia nyata berikut ini:

– Kesempatan mukul balik.

– Senjata api disembunyiin di suatu tempat.

– Senjata tajam disembunyiin di suatu tempat, ataupun…

– 5 temen yg bakal ngehantem kepala jagoan kite pake martil dari belakang pada kesempatan pertama.

Industri hiburan tuh sepenuhnye bergantung pada ape yg disebut sebagai “suspension of disbelief”. Kite lagi ngomongin dunia khayalan, satu yg penuh diisi ama orang-orang yg bisa nahan sabetan pedang dengan cara nangkepnye pake tangan, ama mereka yg ngabisin idupnye guna nguasain kesenian ilmu ngebunuh secara sempurna…sampe ngga pernah punya waktu buat paham yg dimaksud “logika dasar” tuh apaan.

Kalo lo tau lo bakal mati dalem 5 langkah, kenape lo malah maju 5 langkah?

Buat gue, film eksyen yg bagus harus punya kualitas yg sama ama acara wrestling yg bagus: 70% aksi perkelahian badass ama 30% cerita masuk akal. Ceritanye ngga harus kompleks, cuman sekedar buat ngasih alesan bagi pihak-pihak terkait di dalemnye buat saling bunuh aje, cukup. Abis itu tinggal pastiin mereka nyelesaiin apepun yg perlu mereka selesaiin dengan cara saling bunuh &…udah! Itu film laga/acara wrestling nan solid. Tentunye unsur drama bisa ditambahin (selama itu dalem porsi yg bisa ditolerir), soalnye plot “satu orang naklukin dunia dengan manfaatin skill superior spesifik tertentu” tuh ngga ada bedanye ama isi mimpi basah seluruh ahli IT di dunia ini. Gue ngga masalah nyampurin eksyen ama drama (minim) selama itu berakhir dengan orang terlibat dalem praktek saling menyakiti satu sama laen. Ini soalnye “orang terlibat dalem praktek saling menyakiti satu sama laen” adalah salah satu hal terbaik di dunia ini. Ngeliat gituan adalah inti dari alesannye kenape semua bentuk home-entertainment tuh diciptain, sekaligus eksplanasi tunggal kenape pria dewasa tampil di muke umum cuman pake spandex & celana kolor bisa jadi sesuatu yg ditolerir masyarakat.

Namun, fenomena glam-metal sampe hari ini belon bisa dijelaskan

.

.

WORST: THE THING THAT SHOULD NOT BE

Kalo hasil riset gue -yg artinye ngebaca Wikipedia selama 2 menit- tuh bisa dipercaya, “remake” ama “prekuel” adalah 2 hal yg berbeda. Berhubung artikel-artikel gue ngga pernah lebih dari versi dungu dari semua yg udah ditulis ama orang di tempat laen, gue bakal cuman ngopi-pasta aje definisi masing-masingnye langsung dari wiki yg suka naro banner foto orang-orang jelek di awal setiap page-nye itu:

Ini remake: The term “remake” is generally used in reference to a movie which uses an earlier movie as the main source material.

Kalo yg ini prekuel: A prequel is a work that supplements a previously completed one. 

Lewat modernisasi(ngga perlu)-nye dari The Thing,  Universal udah ngelakuin sejumlah tindak kejahatan terhadap konsumen. Pertama, mereka bikin film shitty berdasarkan satu judul film yg luar biasa awesome. Tentunye ini bukan pertama kalinye hal macem gitu kejadian, cumaaan, kali ini mereka ngebawa level douchebaggery tersebut ke level baru dengan cara ngejualnye sebagai “prekuel”. Liat definisinye di atas; satu prekuel berfungsi buat ngelengkapin cerita sebelonnye, bikin semuanye jadi kesatuan saga nan komplit. Bukan ngulang plot yg sama dengan anggota cast berbeda, bukan ngeduplikat adegan film aslinye secara buruk, dan bukan secara sengaja ngerusak apaan yg dulunye bikin karya pendahulunye jadi klasik. Ini termasuk CGI ala game horror-survival, alur ala birama band melodic-punk MTV, sampe kelakuan alien yg lebih buruk dalem soal memahami konsep “serangan tiba-tiba” daripade tim kreatifnye WWE.

Tergambar di atas: Stealth mode sneak-attack

Kegagalan film ini jadi prekuel tuh sedemikian epik sampe Ridley Scott ngerasa harus ngeganti keseluruhan agenda marketing Prometheus dari “prekuelnye Alien” jadi “sesuatu yg ada hubungannye ama Alien”. The Thing 2011 seharusnye dari awal jujur aje kalo itu tuh ngga lebih dari sebuah remake shitty, dengan begitu orang-orang cuman murni bakalan ngebencinye sebagai remake shitty semata persis kaya gimane orang ngebenci 10 remake shitty laen yg Hollywood keluarin dalem 2 taun terakhir. Tetep dibenci, tapi ngga harus separah ini. Scene tambalan ama operasi pergantian kelamin ngga ngasih perbedaan cerita esensial antara The Thing ini ama judul yg mati-matian berusaha mereka tiru, ok, mungkin mereka ngerasa RJ McReady tuh terlalu ikonik guna diilangin sekaligus bakal keliatan lebih keren kalo punya jenggot lebih minim ama boobs lebih gede. Gimane dengan ngasih sedikit kepribadian pada karakter-karakter pendukungnye guna punya fungsi lebih dari sekedar orang lokal homogen buat berubah jadi The Thing? Misalnye emang ngga ada penulis yg tersedia buat bikin karakter-karakter pendukung nan distingtif, seengganye pakein mereka baju dengan warna-warna spesifik supaya kite bisa ngebedainnye.

Itu satu-satunye hal yg bisa kite inget dari American Ninja

.

.

BEST: DEFENDERS OF THE BLOCK

Waktu anak kecil dibawa-bawa ke dalem film horror, biasanye itu berakhir dengan film bersangkutan jadi keliatan kaya produksi buruk bikinan Disney. Taun ini aje, kite punya Children of the Corn: Nobody Cares, Insidious, Super 8 ama Don’t be Afraid of the Dark buat ngebuktiin kalo keterlibatan anak kecil adalah hal nomer 2 paling harus dihindarin dari sebuah judul horror sesudah logonye Platinum Dunes.  Masalah utamanye tu soalnye film dengan jagoan anak kecil biasanye dibikin buat konsumsi anak kecil laennye, ama mungkin mereka-mereka dengan obsesi kronis buat pengen tetep jadi anak kecil, yg gue asumsiin artinye orang-orang dewasa yg punya hobi ngoleksi action-figure ama segala bentuk merchandise My Little Pony. Ini dikarenakan kebanyakan orang nganggep anak-anak adalah sekumpulan bidadari kerdil yg bakal ngewarisin bumi ini & ngerubahnye jadi dunia Teletubbies yg dibangun dari Lego set secara sempurna.

Stereotipnye selalu gitu, kenyataannye, orang-orang tua adalah yg ngebangun Lego set secara sempurna. Anak kecil kemungkinan ada di ruang sebelah, ngancurin TV pake maenan Transformers kesayangan bokapnye.

“MEGATROOOOONNN!!!”

Kebanyakan film anak berusaha bikin kite lupa kalo anak-anak tuh destruktif. Di dunia nyata, anak kecil ngga ngejer kelinci imajiner ke dalem lobang imajiner terus diem di kolong tempat tidur seharian, tapi nendang bola sepak ke jendela, ngedorong kereta bayi buat ngelindes ade perempuannye, ama maen pestol aer sambil ngayal kalo itu sebenernye ngeluarin semburan api. Attack the Block nunjukin anak-anak sebagai anak-anak sebenearnye: annoying assholes yg eksis khusus buat bikin idup orang dewasa di sekitarnye kerasa kaya neraka. Toh sejujurnye, emang kelakuan-kelakuan model gitunye itu yg paling enak dinikmatin. Selama lo ngga terlibat ngurusin segala kekacauan yg mereka tinggalin.

Hal kaya gini sangatlah lucu kalo itu kejadian ke orang laen

Ok, mungkin anak-anak di sini ngga kecil-kecil amat sih. Mereka udah cukup dewasa buat ngga ngerasa cukup sekedar jadi pemakai narkoba serta mulai mikir untuk ngedarinnye, tapi masih belon diwajibin untuk bertanggungjawab secara hukum. Dari sudut biologis, tokoh-tokohnye mungkin disebut ada pada stadium “pra-remaja”, yg berarti dalem beberapa bulan lagi mereka bakal mulai ngebunuh lo dengan pilihan ringtone-nye masing-masing. Tentunye, anak-anak seumuran gitu bisa diandalin sebagai garda depan penjaga dunia dari invasi planet asing, buktinye Zordon selalu ngerekrut anggota dari kelompok umur spesifik tersebut buat ngelawan dominasi Rita Repulsa. Apaan sih yg bisa lebih cocok nyambut penjelajah-luar-planet daripade segerombol orang yg milih grup pertemanannye berdasarkan pada persamaan gaya rambut tolol mereka? Ngirim ABG ngelawan alien merupakan ide brilian soalnye itu ngasih kesibukan pada kedua belah pihak supaya ngga perlu gangguin kite-kite. Gue nganggep ini sebagai cara paling ampuh buat ngebunuh annoyance, semacem kaya minta selingkuhan ngebeliin kado buat dikasihin ke istri lo pada hari kasih sayang.

Selamat Valentiine!

.

.

WORST: STARE

Mungkin ini cuman gue aje, tapi ngga tau kenape gue menolak nerima kalo ngasih 70% durasi buat nunjukin orang saling berpandangan tuh terkualifikasi sebagai “plot”. Gue juga menolak nerima kalo orang bengong di depan kamera tu terkualifikasi sebagai “karakter”, bikin ekspresi wajah plus gestur minimal tuh terkualifikasi sebagai “akting”, ama ngeshoot objek still-life bermuka sepanjang film tu terkualifikasi sebagai “motion-picture”. Ini mungkin dikarenakan soalnye sejak dari kecil gue ngga pernah sudi nerima kalo potongan gambar bersablon tokoh-tokoh Star Wars tuh terkualifikasi sebagai “maenan”.

Kalo lo beli ini, berarti George Lucas udah nampar lo pake genitalnye

Ryan Gosling itu aktor cukup populer, ngga sepopuler Bruce Campbell sih, tapi lumayan populer. Jadi logikanye nge-cast die pasti butuh biaya kan? Nah, kalo seseorang ngebayar orang buat maen di dalem filmnye, kenape orang itu dibiarin ngga ngelakuin ape-ape selaen menatap sesuatu dengan ekspresi hampa kaya bintang bokep pas belon masuk ke bagian bokepnye?? Malah, nyamain performa Gosling di sini ama bintang bokep tuh ngasih die kredit berlebihan soalnye bintang bokep masih punya sesuatu buat dilakuin dalem film yg die bintangin. Ryan Gosling bisa aje diganti pake poster life-size dirinye ditempelin ke triplek & ngga akan ada orang yg tau bedanye. Untuk alesan tertentu, die juga nyaris selalu ada dalem mode slow-motion & suka nenteng palu kemane-mane, gue asumsiin buat dihantemin ke kepalanye sendiri soalnye bahkan die pun ngerasa film ini luar biasa boring. Ngomong-ngomong, bawa palu tuh sama sekali ngga bikin die keliatan lebih mengancam. Ryan Gosling pegang palu tuh ibarat Edward Cullen dengan taring: gangguan minor yg cukup ditanggulangin dengan cara ngedorong mereka masuk ke dalem ruangan penuh orang-orang macho homofobik.

Satu-satunye yg kurang dari gambar ini adalah Beegees nyanyi ‘Stayin’ Alive’ pada latar belakang

Film jelek emang banyak, cuman ini kaya yg ngga punya niat ngasih effort seminimal apepun guna ngehibur penonton, seakan-akan sutradara Nic Winding Refn keasikan nge-pan camera, maenin Adobe Premier, ama bikin klip eksperimen bagi lagu-lagu 80-an favoritnye sampe lupa kalo die lagi bikin film, alias sesuatu yg harusnye punya unsur hiburan. Ngga tau ye? Tapi beli produk entertainment apepun yg ngga dateng sepaket ama fun buat gue tuh sama nyebelinnye ama disuruh beli kondom ama cewe tanpa doi punya niat ngasih kesempatan ngegunainnye. Semua tau kalo Shark Night 3D buruk, toh, seburuk-buruknye itu, ia ngga lupa kalo itu tuh pada dasarnye, tau kan? Sebuah film. Malah, gue yakin misalnye Drive ada hiunye maka itu bakal bikin nilai hiburannye melesat secara signifikan. Seengganye Gosling jadi bisa ngelakuin sesuatu biar ngga keliatan kaya karya seni instalasi berjalan. Ngehantemin hiu pake palu kek, ngelindesnye pake mobil kek, ape sekedar ngelempar salah satu aktris buruk ke mulut hiu supaya death-scenenye bisa kite nikmatin secara antusias.

Sapepun yg bikin gif ini harus mulai nulis skrip buat Hollywood

.

.

Advertisements

7 thoughts on “THE BEST AND WORST OF 2011

  1. I like this. Saya sendiri belum nonton 90% yang masuk kategori ‘worst’ karena ogah terserang sakit kepala.

    Sucker Punch: Hohoho…. cowok pasti sukalah. Siapa sih yg bisa nolak cewek seksi & badass megang senjata?

    Transformers: Saya baru nonton separuh, langsung dimatkian. Males lihat muka Sam. Give me more Bumblebee! *fans Bumblebee*
    “….pada adaptasi film kartun berdasarkan merk maenan Amerika yg dibikin berdasarkan merk maenan laen hasil imporan dari Jepang.”
    Jujur aja, saat lihat Transformer versi kartun saya ngerasa deja vu ama anime mecha atau Gundam Jepang. Jadi soal ini setuju.

    Soal Rambo & The Raid:

    Ada 2 rule yang (biasanya) ditaatin ama semua film action (dengan-efek-over-the-top) di dunia :
    1. Main character a.k.a sang jagoan cannot die. Mau ditembak, dibakar bahkan dimutliasi sekalipun pasti masih hidup. Why? Tauk. Keturunan super saiyan kali.
    2. Villain yg gak langsung membunuh sang jagoan MESKI dia ada kesempatan buat ngelakuinnya. Bukannya langsung ditembak di kepala tapi dikurung di ruang tertutup lalu ada air bah masuk, terus… dan sejenisnya.

    Soal Attack The Block dan film horror lainnya:

    Anak kecil emang bisa annyoing, Tapi jadi anak kecil itu beruntung lho, napa?
    1. Jarang ada anak kecil yang mati di film horror. Palingan cuma kesurupan doang.
    Atau mereka yang jadi antagonisnya, negbunuhin orang dewasa.
    2. Segala kenakalan dimaafkan karena masih kecil.
    Insidious juga samalah. Sekarang film hantu udah jadi tipikal. Kalau gak ada twist yg luar biasa awesome, jangan berharap tuh film masih bisa diingat setahun kedepan.

    Like

    • Transformers emang beneran dibikin berdasar 2 maenan Jepang yg beda. Megatron, Soundwave, dll aslinye jagoan produk maenan yg namanye “Micro Change”, sementara Optimus tuh aslinye produk battle-mech bernama “Diaclone” yg dibikin ama desainernye Macross. Hasbro ngegabunginnye jadi satu ama ngeganti nama semuanye soalnye…well, Americans.

      Like

  2. “Dari jaman kecil, ngga ada satupun diantara kite yg takut ngeliat Jerry ngemutilasi Tom pake kampak raksasa, ngga ada yg nangis ngeliat Wile E. Coyote ketiban batu segede planet Merkurius tepat di kepalanye, dan ngga seorang anak pun pernah dianggep psikopat ama ibunye waktu die ketawa puas ngeliat Bugs Bunny nembak Elmer Fudd persis di mukenye pake senapan double-barrel dari jarak deket.”

    Tolong jangan lupain The Itchy & Scratchy Show.

    Like

    • Ngga kok, gue ngga lupa ama Itchy & Scratchy. Satu-satunye alesan kenape gue ngga nyebutinnye tuh soalnye kalo itu gue masukin, berarti ngga adil misalnye gue ngga masukin juga McBain.

      Like

  3. efek setelah nonton film2 yg dilabeli “best” di sini tuh bikin gw lupa dimane gw naroh otak gw sebelon nonton,
    sedangkan film yg dilabeli “worst” bikin gw buru2 cari tempat reparasi otak

    Like

    • Bisa bagi2 info tempat reparasi otak yg yahud dimane? Gue kayanye butuh pergi kesono tiap kali selesai rapat staff HHD.

      Like

      • nah itu masalahnye, tempat2 reparasi otak dah pada ditutup,
        gw curiga itu salah satu aksi terselubung holywood biar pilem2 nye tetep ditonton, se-idiotic apepun pilmnya… ever nan forever

        Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s