His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

THE THING’11: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

6 Comments

Ternyata “prekuel” adalah sebuah medium bercerita yg berfungsi buat bikin semua yg terlibat di dalemnye jadi keliatan dungu.

.

Para penggemar horror tuh kebagi jadi beberapa kelompok; ada para gore-hounds, para sick-fucks, para pseudo-intelektual, ama mereka yg cuman berusaha nakut-nakutin cewenye doang. Biasanye sih kelompok-kelompok ini ngga saling nyambung antara satu sama laen, cuman kalo ada satu judul yg semua demografik fans horror bisa secara aklamasi setujuin sebagai kult-klasik dengan suara bulet, judul itu pastinye The Thing.

Dirilis taun ’82, film itu sebenernye remake karya sutradara John Carpenter dari film 50-an berjudul The Thing from Another World, yg sendirinye adalah adaptasi novel Who Goes There? bikinan seseorang yg kerjanye nulis novel. Di taun rilisnye, film ini flop berat di pasaran. Kekubur ama judul lebih mainstream kaya Poltergeist & -terutama- E.T yg dikeluarin pada waktu bersamaan, tapi, seiring berjalannye waktu sekaligus populernye format home-video serta teknologi peer to peer, dalem dasawarsa berikutnye judul itu kemudian mulai dapet pengakuan absah dari pengikutnye sebagai film paling jantan yg pernah dikenal umat manusia. Cast-nye 100% terdiri dari laki-laki gagah (dengan brewok awesome), ngelakuin hal-hal gagah kaya nembakin flame-thrower kemane-mane, ngeledakin gedung sementara mereka ada di dalemnye, sama cukup cekatan buat nyelametin diri pada detik terakhir sambil masih sempet bawa minuman keras keluar. Tambahin itu ama efek visual karya Rob Bottin, maka hasilnye adalah tontonan macho yg semua elemen bravado-nye bisa diliat pada grafik di bawah ini.

Dalem ape yg secara mutlak adalah penggunaan paling awesome dari Microsoft Excel sepanjang sejarah tersebut, bisa diliat bahwa sebagian besar porsi kedashyatannye didominasi ama flame-thrower. Itu soalnye “nembakin flame-thrower” adalah hal paling identik dengan manliness setelah “secara diem-diem ngeliatin bokong cewe seksi tiap ada kesempatan”.

Inget kalo itu taun 80-an, sebuah era di mane kata laki-laki masuk dalem stadium paling ambigu di sepanjang eksistensinye. Saat seseorang yg namanye “Boy George” sama sekali ngga keliatan kaya die tuh ‘boy’ dengan nama ‘George’ sementara band-band metal make lebih banyak make-up & hairspray daripade groupies mereka, The Thing ngapusin androginitas dengan ngingetin kite akan hal-hal paling esensial dari ciri seorang laki-lak sejati: numbuhin brewok ama jadi seorang alkoholik. Kadar awesomeness film itu cuman bisa dikalahin ama kadar alkohol yg dikonsumsi secara on-screen oleh para pemaennye. Alkohol buat plot The Thing tuh sama krusialnye ama kokain buat keseluruhan franchise Die Hard; tanpa itu, semua kejadian di dalemnye ngga bakalan punya landasan logis. 90% anggota cast The Thing tewas di tangan flame-thrower, sesuatu yg mustahil terjadi kalo ngga ada keterlibatan alkohol di dalemnye. Sisanye tewas dalem ledakan, sesuatu yg lumrah terjadi kalo orang-orang mabok mulai nembakin flame-thrower sembarangan. Dan lo tau gimane ending-nye? Spoiler Alert: para survivor terakhir mutusin buat nongkrong di salju minum Vodka sampe mati sia-sia sebagai alkoholik sejati! Persis kaya Om Kentung gue! Inget apaan yg udah gue bilang tadi: macho.

Ini caranye pria sejati ngabisin idup

.

Sekarang kite masuk ke versi 2011. Satu yg secara resmi disebut sebagai prekuel dari kejadian yg kite liat taun 82, gue asumsiin soalnye bikin remake dari sebuah remake adalah hal paling tolol di dunia setelah ngetik “google” di google search. Ber-setting di dataran bersalju Antartika, waktu sejumlah ilmuwan Norwegia secara ngga sengaja nemuin pesawat ekstra-terestrial misterius pas lagi nyeritain lelucon yg umumnye cuman diceritain ama orang-orang di Jepang. Itu doang pengembangan karakter orang Norwegia di film ini ngomong-ngomong: mereka suka bikin lelucon menjijikan (jelas bukan pengembangan karakter yg terlalu menarik buat disimak lebih lanjut). Berhubung penemuan ini sangatlah monumental bagi ilmu pengetahuan (mungkin), hal pertama yg dilakuin tim Norwegia kite tadi adalah ngimpor ilmuwan dari AS, gue duga karena di alam Hollywood ngga ada yg lebih pinter dari orang AS. Masuklah protagonis utama film ini: Dr Kate Llyod (Mary Elizabeth Winstead), seorang Dokter sebuah bidang tertentu dalem ilmu kedokteran, buat ngegali keluar fosil pilot pesawat luar angkasa tadi dari dalem es. Nah, gue tau The Thing from Another World juga punya protagonis perempuan, cuman di dunia pasca slasher 80-an kaya sekarang gini, masang tokoh cewe dalem film horror tuh keliatan sangat klise, terutama kalo terus ada tokoh cewe laen yg lo tau dijamin bakalan mati dengan sejenis cara mengerikan tertentu. Kite ngga akan terkejut misalnye doi nongol pake papan tulisan “KORBAN” gede-gede ngegantung di lehernye kaya adegan reka ulang sebuah acara kriminal soalnye TV Tropes pun udah punya halaman khusus buat ini. Setelah jagoan kite diterbangin ke kamp Norwegia oleh sepasang pilot helikopter yg keliatan persis kaya versi baru dari McReady & Childs, praktis semua orang di lokasi langsung ngomong pake bahasa Inggris. Semua kecuali satu yg kebetulan “ngga bisa bahasa Inggris” emang adalah ciri karakter tunggalnye.

Mungkin ini die, mungkin bukan. Sejujurnye, tanpa corpse-paint orang Norwegia tuh ngga bisa dibedain antara satu sama laen

Dalem waktu singkat, para ahli ilmu pengetahuan internasional kite ini ngegali balok es berisi mayat dari sebentuk makhluk asing tertentu & ngambil sampel dagingnye pake apa yg keliatan kaya sebuah bor listrik wireless. Kayanye sih itu sukses soalnye mereka terus ngerayainnye dengan cara nyanyi-nyanyi sambil maenin ukulele kaya yg umumnye dilakuin ama penggemar Marjinal di setopan lampu merah. Pada saat itulah Jameson (Adewale Akinnouye-Agbaje) jadi saksi dari aksi resureksi CG sang alien (yg ngga tau kenape musti keliatan kaya musuhnye Starship Troopers), harep dicatet bahwa “aksi resureksi” ini dilakuin dengan cara loncat keluar dari dalem balok es. Kalo deskripsi tadi kedengeran tolol buat lo, percaya ama gue itu jauh lebih idiotik waktu disaksiin di layar. Pas alien kite nunjukin dirinye untuk pertama kali, kite bisa nostalgia ngeliat practical-effect ama transformasi cukup impresif yg, secara samar-samar, ngingetin ama efek menakjubkan dari film pendahulunye. Sayangnye begitu makhluk tersebut kemudian dibunuh pake bahan peledak, maka penggunaan teknik practical-effect di film ini juga ikutan pergi ke alam baka. Sementara dari segi cerita, The Thing 2011 praktis cuman jadi rendisi ulang dari The Thing 1982, dengan Kate Lloyd ngegantiin peran R.J McReady. Gue yakin ini soalnye, bagi anak-anak muda generasi screamo & indie-pop masa kini, ngeliat cewe cakep nembakin senjata tu lebih jantan dari ngeliat cowo jelek nembakin senjata.

Gue yakin film Ghostbusters baru nanti ngga akan keliatan jauh beda

Berhubung dibayar lebih gede dari aktor-aktor laennye, skrip Dr Lloyd nuntut doski buat nyadarin kalo para alien kite adalah parasit dengan kemampuan ngedupikat tubuh induk semangnye secara sempurna pake proses-replikasi-sel nan canggih (kalo ngga salah screenplay-nye ditulis Isaac Asimov), maka doi ngasih argumen supaya mereka semua pada ngekarantina diri di dalem kamp. Ini berlanjut kepada sebuah tes yg berakhir dengan perang argumen (of course), terus semua orang mulai saling curiga (of course), terus flame-thrower mulai dimaksimalin (ditto) & mayoritas karakter dilenyapin karena ngelakuin kejahatan universal dari ngga ngomong pake bahasa Inggris dalem film AS, blablabla, persis kaya apaan yg udah pernah kite tonton dulu cuman minus alkohol…ama atmosfer…ama misteri…ama teror…ama manliness…ama Kurt Russel…ama segala hal laennye yg dulu bikin judul ini jadi keren. Selaen minim twist, pas giliran ada pun itu keliatan kaya versi culun dari apaan yg udah pernah dilakuin John Carpenter dulu. Adegan legendaris tes darahnye itu diganti jadi inspeksi gigi ala SD Inpres (gue tau itu kaya ape, gue lulusan SD Inpres), dan salah satu plot-device film ini ngelibatin anting-anting kaya seakan-akan ada orang yg cukup gila untuk pergi ke tempat macem Antartika pake sebuah benda metal nempel di salah satu organ tubuh yg rentan buat kena frostbite. Ngga tau kenape, versi modern ini sengaja ngerubah apaan yg dulunye adalah display vulgar non-stop dari machismo jadi sesuatu yg “kinda gay…and extremely stupid”. Selaen itu, semua kronologi nan familiar di film ini terjadi dalem waktu terlalu cepet, adegan alien-lompat-keluar-dari-balok-es tadi nongol pas ini baru mulai sekitar 20 menit & dalem waktu singkat semua orang langsung masuk ke antrean loket khusus supaya berubah jadi The Thing buat dibakar pake flame-thrower. Ini jelas kontradiktif ama semangat slow-burner versi ’82-nye dulu, di mane kite ngerasain suspense dari bener-bener dipaksa nunggu apaan yg bakalan kejadian, soalnye, sama kaya ngantriin primadona satu tempat lokalisasi, kite tau apa yg lagi kite tungguin tuh emang layak ditunggu.

Sesuatu yg menggelikan bakal terjadi dalem 3, 2,…

Itu juga kayanye problem utama sutradara debutan Matthijs van Heijningen Jr: kesabaran. Prekuel ini keliatan kaya versi kover Papa Roach dari lagunye Black Sabbath di mane orang nyangka kalo gitar kenceng ama riff berat bakalan otomatis kedengeran lebih bagus kalo dikasih gitar lebih kenceng ama riff lebih berat. Berhubung The Thing dulu beken sebagai “film monster”, sekarang mereka nunjukin monster ngebunuhin orang secara blatant tiap 10 menit sekali. Jangan salah, gue suka film-film yg isinye “sesuatu ngebunuhin sesuatu” tanpa basa-basi, cuman film-film itu judulnye jelas bukan The Thing. Kenape harus make judul yg familiar kalo lo cuman bakalan ngerubah segalanye? Gue udah pernah nonton The Thing, gue punya pengalaman dari apaan yg bikin itu bagus. Ok, perut orang tiba-tiba tumbuh taring terus nerkam muke orang laen emang salah satunye, cuman John Carpenter bikin build-up intens sebelon nyampe ke momen tersebut. Nuansa itu yg bikin versi dulunye kerasa sangat efektif: keberhasilan John Carpenter buat terus-terusan ngasih teaser kalo monsternye bisa sape aje, nongol dari mane aje. Secara konstan ngasih kite sensasi ketegangan yg sama ama kalo kite nangkep bayangan gerak di sudut mata…waktu lagi sibuk browsing gambar jorok pake PC ruang tengah pas malem buta.

Silakan koreksi gue, tapi bukannye itu sifat alamiahnye the thing? Berusaha supaya mereka ngga pernah bisa dikenalin? Terus kenape di sepanjang film ini mereka malah selalu lari-lari dalem bentuk ngga karuan kaya temen mabok lo pas malem minggu??? Di versi John Carpenter, kite ngga tau sape yg the thing. Di versi 2011 ini, semuanye bertingkah kaya mereka adalah the thing. Sesuatu yg ngga akan dipeduliin ama penonton juga sih sebenernye, nyaris semua kecuali 3 anggota cast punya karakter yg sama variatifnye ama keseluruhan peran di resume kariernye Helena Bonham-Carter. Sedemikian ngga berkesannnye orang-orang ini sampe pas salah satunye tereak-tereak panik ngasih tau kalo “Sven’s (ape Jorg, ape Lars) dead!!” satu-satunye hal yg nongol di kepala gue adalah “Sven tuh sape sih?”. Lo ngga tau sape-sape di sini, kenape lo harus ngurusin misalnye mereka mati? Makin ke tengah, film ini makin lebih keliatan mirip produksi creature-feature SyFy Channel daripade remake, ups! Sori, maksud gue, prekuel-nye The Thing. Monsternye sendiri ngga jelek sih, cuman dominasi CG bikin mereka jadi terlalu ber-aura “musuh di sebuah level game Resident Evil” ape Silent Hill buat bisa dibilang bener-bener impresif. Hasil kerajinan tangan Rob Bottin 28 taun lalu keliatan jauh lebih creepy sekaligus memorable dibandingin renderan teknologi CG mutakhir 2011 gini. Ngebuktiin bahwa ternyata di dunia ini, masih ada hal-hal yg belon bisa dilakuin software dengan sempurna.

Pemenggalan tuh kurang sah kalo ngga dilakuin langsung ama tangan manusia

Sebagai prekuel sendiri, The Thing’11 ternyata ngga nawarin backstory esensial buat pendahulunye dulu. Ngga ada insight baru, ngga ada surprise atau apepun yg bikin ini jadi satu “kisah origin” berarti. Tentunye hal itu udah bisa kebaca dari inkompetensi mereka untuk sekedar ngasih judul yg beda. Kenape mereka ngga ngejudulinnye The Thing Begins? Ape The Thing Episode I: A Menace of Something? Serius, untuk sesuatu yg dipasarin dengan gimmick spesifik, film ini bahkan ngga keliatan usaha. Van Heijningen Jr praktis cuman nunjukin gimane orang mati ape benda tertentu bisa ada di spot-spot spesifik doang. Ini ngga penting soalnye pas dulu ngeliat ada kampak di tembok, kite semua ngasumsiin kalo ada orang yg nancepinnye di sono. Perlu gitu ada satu film khusus buat nunjukin gimane persisnye seseorang nancepinnye di situ?? Kite udah tau lagi ada alien-xerox seliweran disana-sini, misalnye ada kapak nancep di sebuah titik tertentu perasaan itu sih wajar aje. Toh, semenggelikan apepun hal-hal tersebut, itu ngga nambahin validitas ape-ape bagi…ummmm…“prekuelitas” film ini. Malah, kontribusi utamanye dari segi kontinuitas adalah adegan tambahan pas kredit-akhir yg bener-bener keliatan kaya usaha males-malesan buat ngejustifikasiin legitimasinye sebagai prekuel. Menimbang fakta bahwa propaganda-marketingnye ngegembar-gemborin kalo “all your questions will be answered”, ketidakmampuan produk ini buat ngasih kite informasi berarti ngebuktiin bahwa semua premisnye dulu emang ngga lebih dari sekedar advertising palsu belaka. Advertising emang selalu boong, itu makanye cewe-cewe di iklan pembalut selalu digambarin senyam-senyum sambil nari-nari ceria.

Advertising:

Kenyataan:

Ok, ok, mungkin gue yg salah. Mungkin ekspektasi kalo sebuah film The Thing baru bisa bagus & Mary Elizabeth Winstead bakal tetep make seragam cheerleader Viper di padang salju Antartika emang sedikit keterlaluan. Mari kite berpura-pura aje bahwa versi 1982-nye dulu ngga pernah eksis, misalnye gitu, ape tawaran Matthijs van Heijningen Jr bisa dibilang monsterfest yg –seengganye- enjoyable? Gue yakin jawabannye tetep ngga. Film ini jatoh di tengah-tengah kategori tanggung; terlalu serius buat jadi tontonan B-movie kacangan sekaligus kelewat hambar buat bisa dianggep jadi epik horror serius. Misalnye gue boleh menerawang, curiganye sih ini disebabin ama minimnye jam terbang sang sutradara. Kalo ini disutradarain Roger Corman, die seengganye bakalan ngelakuin hal paling masuk akal untuk ngasih judul yg sama sekali ngga ada hubungannye ama John Carpenter & naro adegan di mane Mary Elizabeth Winstead ngalemin pengagahan-anal antar-spesies eksplisit kaya yg dilakuin Kanye West pas ngeremix lagunye Katy Perry. Misalnye gitu, maka film ini punya kesempatan guna, minimal, ngga dibenci semua orang.

Harap diinget bahwa 2 syarat utamanye adalah:

1. Penggagahan-anal antar-spesies terhadap M.E Winstead, ama

2. Judulnye bukan The Thing

Seperti kite semua ketahui, dua-duanye gagal dipenuhin ama film ini.

Kite cuman bisa ngayal kalo beginilah ekspresi Mary Winstead pas lagi klimaks

Itu susahnye nebeng nama sebuah judul klasik; lo punya standar tertentu buat diikutin. Di satu sisi adalah jauh lebih gampang minta studio untuk ngedanain proyek dari brand nan udah establish, itu makanye gampang nge-pitch proyek baru ke studio gede selama itu ngelibatin nama-nama kaya Batman ama Spider-Man di dalemnye. Tapi di sisi laen, brand yg establish tu jadi establish karena sebuah alasan, dan kebanyakan sineas ngga punya kapasitas buat nemuin alesan itu. Ini makanye The Dark Knight Rises nanti bakalan dianggep gagal kalo itu ngga berhasil keliatan lebih keren dari Arkham Asylum. Ngeksekusi-ulang sesuatu dengan nilai historis segede The Thing aje udah tugas berat, apelagi nambahin iming-iming model prekuel ke dalemnye. Iye, itu emang bakalan ngasih hype ekstra bagi proyek bersangkutan, cuman kalo gagal maka orang bakalan bener-bener ngebenci lo gara-gara itu. Sekarang, itulah yg kejadian pada Matthijs van Heijningen Jr; orang yg kini kudu idup dengan predikat sebagai “the guy that ruined The Thing” dalem resumenye.

Van Heijningen, ape sebenernye yg ada dalem pikiran lo? Bahkan seorang douchebag macem Uwe Boll pun ngga cukup asshole buat ngerusak The Thing.

.

.

Advertisements

6 thoughts on “THE THING’11: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. Jelek, ya? Udah kuduga. Jarang banget ada film yang bisa mematahkan ‘kutukan’ remake. Terutama horor.
    Cowk badass megang flame-thrower sekarang langka. Rata2 milih megang pistol. Entah kenape. berat kali.

    Jujur aja, daripada takut, saya lebih ngerasa jijik nonton film horror Hollywood. terutama saat ada scene muntah2an hijau. Entah kenape. Padahal fungsinya horror itu buat nakutin, bukan ngebuat jijik ‘kan?

    ‘itu makanye cewe-cewe di iklan pembalut selalu digambarin senyam-senyum sambil nari-nari ceria.’
    Hahahaha, tahu aja. Bedanya, saya gak pengen pegang chainsaw. Selain gak punya, saya lebih milih palu *lho?*

    ‘Bahkan seorang douchebag macem Uwe Boll’
    Udah jelas karena Uwe Boll cuma tertarik menadaptasi game. Coba kalau si Uwe tertarik ama film horror itu baru beda cerita.

    Like

    • Awalnye, film horror emang dibikin buat nakutin, cumaaaan, berhubung orang berumur di atas 12 taun punya kecenderungan untuk ngga takut ama apaan yg mereka tonton, teknik ngejual rasa jijik mulai dikenalin. Gue sih ngga masalah mau niatnye bikin takut ape bikin jijik, yg penting ngga jelek.

      Like

  2. It says “THE THING” but I didn’t find Ben Grimm in here.. At least they can put Jessica Alba in transparent costume.

    Like

    • Gue ngga bisa ngebayangin Jessica Alba dalem kostum transparan. Tiap denger nama doski, cuman ada 1 hal yg nongol di kepala gue: Flipper.

      Like

  3. final bos nya lucu bentuk nya. Buat nya make curiga buat nya pake photoshop sama rpg maker.

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s