His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

5 DICK MOVES HOLLYWOOD MAKES, THAT THEY HOPE WE WON’T NOTICE

10 Comments

Kami secara resmi mengusulkan pada Hollywood untuk ngeganti sign mereka pake papan raksasa dengan bentuk kelamin pria.

.

Hollywood udah ngelakuin banyak hal buruk. Dari ngebunuh kenangan masa kecil, ngerusak film-film favorit kite pake remake buruk, ngancurin karier Hulk Hogan ama The Rock, sampe ngasih kite Red Hot Chili Peppers. Toh, hingga ke detik ini, kite ngga pernah berenti buat terus mengonsumsi produk-produknye. Kite ngejerit-jerit protes pas mereka berenti ngedistribusiin filmnye di bioskop-bioskop lokal, meski sebenernye kite tetep bisa ngedonlod ataupun ngambil judul yg sama di lapak DVD terdekat.

Ini ngebuktiin, kalo biarpun Hollywood nyaris selalu merlakuin orang kaya seakan-akan seluruh penghuni dunia tuh idiot, mereka ngga akan pernah dapet konsekuensi apepun selaen dimaki-maki ama sejumlah loser di internet. Mereka itu ibarat penulis artikel nan jumawa sementara kite semua cuman sekedar penulis komen yg ngga berarti. Secara rutin ngekspresiin opini kite dengan ngetik “you’re an idiot, I fuckin’ hate you” pada setiap postingan tanpa itu pernah ngasilin efek ape-ape pada tingkah-polah mereka.

Sebagai blogger, ngumumin secara publik bahwa tingkah sebuah korporasi-raksasa itu busuk & menyebalkan adalah sesuatu yg naluriah. Jadi, hey Hollywood, tau ngga lo kalo lo tuh busuk & menyebalkan?

Namun, misalnye ada satu hal yg lebih menyebalkan dari tingkah polah on-screen para penguasa industri hiburan ini, itu pasti tingkah-polah off-screen mereka. Jenis kelakuan yg, kalo ditilik-tilik, bikin kite makin ngga ngerasa berdosa nikmatin produknye tanpa ngeluarin duit sepeser pun…ever.

Tingkah-polah semacem…

.

.

BULLSHIT ACCOUNTING

.

Gue tau kalo misalnye kalian ngebaca blog ini, berarti kalian ngga pernah belajar akuntansi (kalopun iye, gue yakin kalian ngga inget apepun yg kalian pelajarin), tapi bahkan orang-orang seidiot kite pun bisa ngeliat betapa menggelikannye sistem akuntansi yg berlaku di Hollywood. Jadi gini cara kerjanye: sebuah studio mroduksi satu film. Studio tersebut terus ngedistribusiin filmnye, dan meski –secara teknis- bagian distribusi adalah perusahaan yg beda, dua-duanye sebenernye ada di bawah payung satu perusahaan yg sama. Distributor punya hak buat nentuin harga seenak jidat mereka sendiri, jadi misalnye mereka pengen ngasih charge sekian tera Dollar untuk distribusi, mereka boleh ngelakuinnye. Tujuan dari permainan ini adalah ngejaga sebanyak mungkin keuntungan supaya ngga keluar dari kas induk perusahaan. Jadi kalopun sebuah film tu ngasilin pemasukan satu milyar Dollar dalem bentuk tiket box-office, secara teknis mereka masih punya utang (pada diri mereka sendiri) & karenanye belon bisa dibilang ngasilin profit, suatu hal yg cukup ajaib kalo itu terjadi tanpa keterlibatan David Copperfield di dalemnye.

“Profit? What profit?”

Misalnye itu kedengeran kaya taktik yg cuman berlaku dalem pembukuan kepala negara sebuah negara junta militer Afrika, maka itu emang gimane caranye Hollywood beroperasi. David Prowse, orang di balik kostum Darth Vader di trilogi orisinil Star Wars belon dapet bayaran dari keterlibatannye dalem Return of the Jedi, soalnye film itu belon ngasilin profit. Sungguh sebuah hal yg amat manis buat dibilangin ke orang yg kebagian kerjaan paling shitty dari semua orang laen dalem peran Darth Vader.  Prowse tuh yg bergerak-gerak dalem kostum pengep sepanjang hari selama syuting, berusaha keliatan intimidatif sementara terancem kematian akibat asphyxiasi yg bahkan sama sekali ngga erotis. Abis itu die ngga dibayar, ngga diajakin dalem photo-shoot Vanity Fair ataupun dokumenter Empire of Dreams, trus digantiin ama Hayden Christensen di edisi Special Edition, plus Mark Hamill setengah mati berusaha menghianati skrip buat ngga pernah mau ngakuin die sebagai bokapnye.

Supaya Hamill bisa tetep make-out sama kakaknye tanpa ngerasa bersalah

Gimane caranye mereka ngelakuin itu? selaen faktor alami yg dikenal sebagai fenomena “George Lucas being a real prick”, apaan yg terjadi tuh contoh konkrit praktek bisnis bernama “bullshit accounting”.  Sihir paling utama di ranah Hollywood tu kemampuan mereka ngedominasi 100% profit di atas kerugian semua orang laen, dan mereka ngga akan ragu ngelakuin hal-hal paling memalukan demi ngeruk keuntungan maksimal. Misalnye, Harry Potter and the Order of the Phoenix itu sebuah judul yg –check this out- dinyatain rugi 167 juta. Ngga masalah kalo itu ada di rangking 10 besar film paling sukses pada taun rilisnye, ngga ngaruh kalo itu ngasilin keuntungan 938 juta (itu hampir 1 milyar.  Dollar. AS), soalnye di atas kertas semuanye belon bisa nutup biaya promo, print, ama distribusinye sendiri. Tentunye, kalo emang gitu cara Hollywood berhitung pas mroduksi satu judul film, maka keseluruhan industri ini bakal udah gulung tiker waktu Kevin Costner bikin Waterworld. Sayangnye, film itu gagal mencapai misi mulia tersebut & cuman berhasil ngebunuh karier aktingnye Kevin Costner doang.

Lalu memulai karier musik nan sama mengerikannye

Misalnye itungan itu emang bener-bener akurat, artinye ngga akan ada film yg pernah ngasilin profit & Hollywood cuman bakal jadi nama kegiatan amal pengisi waktu luang ibu-ibu muda sok trendi kaya Food Not Bomb. Alesan kenape perhitungannye dibikin gitu adalah, supaya mereka punya alesan legal buat ngga perlu ngebayar sapepun yg ngambil persentase dari laba bersih. “Laba bersih” di sini berlaku dalem pengertian pemasukan minus pengeluaran, dengan angka pengeluaran sepenuhnye ditentuin ama perusahaan yg mroduksinye. Meski itu kedengeran kaya praktek bisnis standar, kalo “biaya pengeluaran” lo bisa sampe nge-negasi-in setiap sen dari pemasukan segede 938 juta, gue asumsiin itu harus ngelibatin hal macem “ngebuang duit dari atas helikopter” ama “ngebakarin semua pemasukan tiket pake flame-thrower” di dalemnye buat bisa kedengeran masuk akal.

Atau minimal, kawin & ngebiayain idup Paris Hilton

Harry Potter sendiri ngga perlu diperlakuin sebagai kasus istimewa, soalnye hal kaya gitu bukan pertama kali (ataupun bakal jadi terakhir kalinye) kejadian. Seseorang bernama Art Buchwald pernah nyeret Paramount Pictures ke meja hijau demi nuntut persentase profit dari skrip bikinannnye, sesuatu yg Paramount ngerasa ngga perlu dimasalahin soalnye –menurut pembukuan mereka- film itu belon ngasilin profit, jadi mereka ngga wajib ngebayar sapepun, termasuk orang yg skrip-nye mereka colong dalem rangka mroduksi sebuah film buruk (masalah ini akan dibahas nanti). Nasib ngga lebih baek juga dialami Winston Groom, penulis novel Forrest Gump, yg dikasih tau pake laporan resmi ngejelasin kalo film yg dibikin berdasarkan karyanye tuh sama sekali ngga nguntungin. Satu pernyataan yg makin kedengeran mencurigakan waktu pihak studio kemudian minta buat ngadaptasi sekuelnye: Gump and Co. jadi sebuah film juga. Permintaan ini terus secara diplomatis ditolak Groom dengan alesan “I cannot, in good conscience, allow money to be wasted on a failure”, yg gue duga adalah bahasa fancy seorang penulis novel buat bilang “go fuck yourself”.

Dalem bahasa lebih homoerotis: “suck it!”

.

.

BULLSHIT REVIEWS

.

Sebagian dari kite tau kalo nge-review film tuh sebuah pekerjaan yg ngga ngehasilin timbal balik ape-ape. Kite ngabisin jam & hari berusaha buat secara akurat nransfer pengalaman audio-visual kite ke bahasa tulisan guna ngebaginye pada dunia. Trus beberape menit abis nge-klik “publish” setelah sejumlah waktu yg abis demi ngedit & proof-read, seseorang nongol di kotak komen & ngetik “gue pengen nonjok gigi lo sampe rontok pake kelamin gue” berhubung die kebetulan ngga setuju ama ape yg kite tulis.

Tapi justru itulah kekuatan dari resensi film, kite semua tau kalo -di internet- satu review innocent bisa jadi awal dari flame-war ama perdebatan sengit sama kaya afiliasi politis. Hollywood tau ini, makanye pada poster iklan ama trailer TV, mereka suka nyelipin ape yg disebut “blurb” di dalemnye. Blurb tuh pada dasarnye kutipan dari sebuah review. Berhubung konsep dasar dari resensi bahwa isinye harus dibaca tuh 100% kontradiktif dengan teori advertising untuk “bikin orang mengkonsumsi sebelon die sadar konsekuensinye”, maka bagian marketing studio bakal nyomot kalimat/kata yg secara positif menyanjung produknye dengan hiperbolis & naronye di promo mereka. Secara teknis, ini emang bisa dibilang “mengutip”. Pada prakteknye-akan tetapi-, Hollywood merlakuin “mengutip” segimane pemerintah Amerika Serikat merlakuin “demokrasi”; secara rutin makenye guna ngejustifikasi aksi douchebaggery dominasi-global dalem skala massif.

Sesuatu yg di-counter Korea Utara dengan cara ngelakuin praktek kloning manusia secara massif

Blurb dari Live Free or Die Hard ngedeskripsiin film itu sebagai “hysterically…entertaining”. Misalnye lo heran kenape departemen-pemasaran sebuah block-buster ngga mampu ngutip satu kalimat lengkap demi kepentingan marketingnye, itu soalnye kalimat lengkap sebenernye adalah “The action in this fast-paced, hysterically overproduced and surpringsingly entertaining flick is as realistic as a Road Runner cartoon” yg berekuivalensi dengan nyebut sebuah film tu “stunning…” buat kependekan dari “a stunning pile of horse shit”. Ini persis yg kejadian pada 27 Dresses dengan quote “Katherine Heigl glows!” buat blurb dari kalimat aslinye yg berbunyi “Katherine Heigl glow but 27 Dresses’ formulaic romantic comedy stumbles on the way to the altar”. Blurb itu sama aje ama bentuk advertising laennye di mane kebohongan terang-terangan adalah sesuatu yg sama pastinye ama keberadaan departemen photoshop di sebuah majalah kecantikan. Sama kaya semua bentuk penipuan laennye, ada orang-orang yg dibayar khusus buat ngelakuinnye.  Orang-orang ini disebut “quote whores”, fungsinye? Secara rutin bikin kata-kata yg bisa dikutip kaya mereka tuh sejenis kue-keberuntungan berjalan, pake bahasa yg lebih hiperbolis dari aksi slapstick Robin Williams pas die berusaha bikin kentutnye kebakar.

Kata kuncinye adalah “hiperbola”

Tentu dunia ini mengenal banyak quote whores; Shawn Edwards, Paul Fischer, Harry Knowles, Paolo Coelho, ama orang-orang laen yg kata-katanye diem-diem kite kutip supaya orang ngira kite punya sesuatu yg bekerja dalem otak kite kalo pas lagi nge-tweet. Cumaan, misalnye  quote-whoring itu sebuah cabang olimpiade , medali emasnye pasti jatoh ke tangan satu orang: Earl Dittman. Bekerja di sebuah publikasi bernama Wireless Magazine –yg gue duga, kite semua ngga pernah baca- Dittman punya  fungsi yg sama buat kutipan kaya gimane internet punya fungsi bagi pornografi: perpustakaan paling lengkap & komprehensif dalem sejarah umat manusia. Ada lebih banyak catchprhase-nye yg nempel di promo film-film (buruk) dari jumlah orang yg ngasih vote buat Agnes Monica di MTV Asia Award. Kariernye dimulai taun 2002, pas die nyebut A Knight’s Tale sebagai “Simply Irresistible! A clever, cool film that breaks all the rules”, gue asumsiin ngomongin adegan pas petani-petani mediaval nyanyiin lagu anthem  keidupan malem harinye Freddie Mercury (We Will Rock You) pada sebuah turnamen jousting.  Terus, taun 2005 die nyebut film berikut ini sebagai “Spectacular! An eye-popping, action-packed masterpiece!”:

Kayanye ada yg musti nyari arti kata “masterpiece” di dalem kamus

Prestasi monumental Dittman terjadi pas die ngirim email 2 halaman berisi 10… bukan, bukan 1, bukan 2, bukan 3, tapi 10 quote dari film Robots kepada Fox, lengkap dengan instruksi supaya studio tersebut make manepun yg mereka suka, sementara para editornye belon selesai ngedit trailer film tersebut. Jadi, iye, quote bikinan Dittman tuh sama validnye ama sebuah lirik gangsta di sesi freestyle V-Nasty, tapi seengganye V-Nasty masih nyanyiin lirik karangannye, se-retarded apepun itu. Sementara 10 quote yg Dittman kirimin tadi itu, ujung-ujungnye dianggep ngga ada yg cukup bagus buat dijadiin blurb. Maka pihak studio kudu ngarang satu yg baru, dan Dittman tetep ngijinin mereka buat naro namanye di situ. Itu semacem kaya ngerekam suara di sebuah album, terus ngebiarin orang ngerilisnye atas nama lo abis seorang Skanky McNoTalent ngerusak semuanye pake auto-tune.

Rihanna, what were you thinking?

Ok, tapi Earl Dittman itu tetep masih orang beneran, beda kasusnye ama David Manning. Manning adalah kritikus fiksi ciptaan Sony Pictures yg namanye dipake demi kepentingan promosi film-film mereka. Semua kutipan atas namanye sebenernye dibikin ama departemen pemasaran Sony Pictures, yg keliatannye berspesialisasi dalem kesenian nulis –maksimal- 4 kata bombastis (generik) diakhirin pake tanda seru. Meski umumnye itu ngga jauh dari kalimat tipikal “a roller-coaster ride!” ama “the feel good movie of the summer!” yg udah lebih sering dipake daripade Kim Kardashian di atas kasur apartemen seorang pemaen cadangan, kadang mereka nemuin imajinasi ekstra buat nyebut sesuatu kaya Hollow Man sebagai “one helluva scary ride!”, gue asumsiin terinspirasi ama browsing history dari window Firefox mereka sendiri.

Ok, “one helluva scary ride” emang keliatan akurat

Setelah kontroversi David Manning berakhir, giliran Fox (ya, mereka lagi) memulai kampanye pemasaran baru dengan cara nyuruh pegawainye nyamar jadi penonton, guna ngasih testimoni paling hiperbolis yg bisa mereka karang di tempat soal film yg baru mereka tonton. Aksi ini terbongkar semata-mata soalnye pegawai tuh ternyata aktor (sekaligus pengarang di tempat) nan menyedihkan. Praktek terbaru dari aksi macem ini dicurigain dilakuin IFC Films, yg diduga keras ngerekam reaksi orang-orang pas lagi nonton video bokep Hugh Hefner & makenye buat jadi trailer Human Centipede 2.

.

.

BRAND-BASED WRITINGS

.

Bahkan meski lo sama sekali ngga ngerti gimane caranye satu film dibuat, lo pasti bisa paham kalo ada tugas-tugas spesifik bagi semua yg terlibat dalem sebuah produksi. Misalnye, lo tau orang sound itu maestro dalem soal microphone ama skill freestyle-rap-battle, tapi ngga bisa dipercaya buat ngelakuin adegan berbahaya. Makanye, lo asumsiin dalem soal kontinuitas cerita yg terjadi di film, itu pasti sepenuhnye buah karya sekelompok penulis kepaku di depan monitor kaya para pemaen WoW di warnet. Para profesional; praktisi skillful kebudayaan kuno dari seni bercerita, karakterisasi, serta plot.

Sekaligus master dari teknik neken alt-tab dengan kecepatan tinggi

Tentunye, hal itu ngga sepenuhnye bener.

Pada mayoritas proyek studio raksasa, ide sebuah film tuh ngga diciptain ama seorang penulis skenario, tapi ama produser ataupun orang laen yg megang sisi finansial produksi. Kebanyakan film yg diputer di bioskop terdekat kalian tuh bukan hasil buah pikiran seorang penulis berbakat, nyeritain satu kisah yg selalu pengen die ceritain dari hati paling dalem kehidupan struggling-artist, tapi hasil dari seorang produser ngehantemin satu action-figure ke yg laen sambil bikin sound-effect “WAPRKSSHHHHHHH!!!” pake mulutnye.

“Then this robot punch the other robot in the face, then…explosions!!”

Sekarang si produser, ama sapepun yg terlibat dalem proyek tersebut (Scarlett Johansonn bugil kalo die beruntung), bakal bikin kerangka ide dasar -mungkin dengan masukin semua interes di profil Facebook mereka- guna menarik minimal 2 dari 4 demografik audiens (remaja putra, remaja putri, laki-laki dewasa, perempuan dewasa). Jadi, misalnye itu sebuah film eksyen yg dirancang memikat cowo-cowo, lo taro sedikit roman di dalemnye buat bikin seneng cewe-cewe. Nah, baru pada saat itulah mereka mulai ngebutuhin keberadaan penulis skenario, yg fungsi utamanye adalah ngisi kekosongan dialog ama mikirin one-liner catchy buat dibacain Bruce Willis tiap kali die terjung langsung menuju tornado-katrina dari badai ledakan massif, desiran peluru, serta aksen eropa buruk.

Die tereak “yippie-kay-yey muthafucker” & jadi kebal terhadap kematian

Terus apaan gunanye nulis screenplay? Lo bertanya. Ada kok. Misalnye dianggep bener-bener bagus, maka karya lo bakalan dijadiin spec script; sebuah versi sangat geeky dari demo-tape yg ngga bakalan bisa bikin lo dapet boobs. Spec-script itu semacem audisi kesusasteraan, fungsinye tuh ngebuktiin pada para pemodal kalo orang yg bakal nulis naskah proyek mereka tuh, semacem, ngga buta huruf.  Jadi misalnye lo ngasih sebuah karya emosional yg dengan sempurna ngartikulasiin aspek-aspek paling filosofis dari alam pikiran manusia, lo mungkin bisa keliatan cukup impresif buat dapet kerjaan jadi co-writer di Fast and Furious 6. Pada kesempatan langka waktu sebuah skrip orisinil dapet lampu ijo produksi, kemungkinan gedenye itu bakalan diafiliasiin ama salah satu franchise yg udah mapan. I, Robot itu sebenernye satu skrip terlupakan berjudul Hardwired, yg nyaris berakhir jadi alas ngebungkus gele kalo aje itu ngga bisa disambungin ama judul kondangnye Isaac Asimov. Die Hard 2, 3, 4, Ocean’s Twelve, ama Starship Trooper semua sebenernye didasarin pada skrip orisinil yg ditulis ulang buat dijadiin bagian franchise populer, jadi gue saranin kalian buat segera berenti berpikir kreatif & mulai konsentrasi pada gimane caranye para GoBots nonjokin satu sama laen.

Sejujurnye, itu ngga segampang kedengerannye

Itu ngga berarti karya lo bakal jadi persis kaya gimane itu lo rencanain. Skrip aslinye Cool World, satu dari segelintir film yg lebih menyedihkan dari Cool Running, sebenernye diniatin buat jadi animasi “hard-R, gritty, sexy, noir horror/thriller” hibrida antara Who Framed Roger Rabbit ama Sin City. Yup, Cool World tuh rencananye bakal jadi film horror-animasi pertama, sebelon produser Frank Mancuso Jr secara diem-diem ngerubah skrip & bikinnye jadi film PG-13. Hal yg sama terjadi pada Ethan Reiff & Cyrus Voris. Di taun 2007, 2 orang ini nulis sebuah skrip Vertigo-esque dari legenda Robin Hood berjudul Nottingham, yg terus dibeli Universal seharga $1,5 juta. Ceritanye di sini, Sherrif of Nottingham, sebagai karakter utama sekaligus protagonisnye, ngeburu seorang antagonis-Robin Hood-brengsek pake teknik-teknik CSI abad ke-18, yg gue duga ngelibatin kumis tebel, pipa tembako, ama kaca pembesar. Tentunye, kisah ini berubah pas sutradara Ridley Scott ngerasa kalo film Robin Hood-nye tu kurang Robin Hood, makanye die ngerubah judulnye jadi “Robin Hood” & ngisi sebagian besar durasinye pake adegan orang nembakin panah, tau kan? Layaknye semua film Robin Hood laennye.

Minimal 100 darinye

Moral dari cerita ini? Ngga usah repot-repot bikin cerita bagus. Seseorang dengan duit banyak bakalan ngerusak segalanye.

.

.

SCRIPT-STEALING

.

Tadi, kite udah ngomongin trik Hollywood buat, secara legal, ngga ngebayar orang yg harusnye mereka bayar. Salah satu orang itu namanye Art Buchwald, die nyeret Paramount ke pengadilan gara-gara masalah yg –umumnye- berakhir dengan orang-orang ngelemparin benda-benda keras ke polisi anti huru-hara. Nah, ternyata sebelon semuanye itu, Buchwald adalah seorang penulis beken yg sukses. Karyanye malah sampe dapet penghargaan Pulitzer, yg buat orang-orang berbudaya dunia tulis-menulis itu sama prestisnye ama sebuah fellatio Rihanna buat kite-kite. Dengan kesuksesannye, Buchwald pun berencana ngerambah Hollywood, maka die nge-pitch ide ke Paramount. Sebuah cerita soal seorang Pangeran Afrika yg hijrah ke AS guna nyari istri (sejujurnye, kite punya ekspektasi lebih tinggi pada seorang pemenang-pulitzer). Oiye, die juga pengen Eddie Murphy buat jadi pemeran utamanye. Tentunye, ini terjadi di masa lalu, jaman orang masih pengen Eddie Murphy maen dalem film mereka. Itu kira-kira sebelon die ngebawa kariernye jalan-jalan ke Pluto…trus ninggalinnye di sono.

Judul alternatif: Eddie Murphy’s Waterworld

Paramount nge-ACC ide itu, tapi punya masalah berlarut-larut buat mulai produksi. Akhirnye, hak-intelektual balik ke tangan Buchwald yg terus nge-pitch itu ke Warner Bros. Waktu mulai masuk area developmental, Warner Bros sontak ngebatalin proyek tersebut. Soalnye menurut bocoran, ternyata Paramount lagi mroduksi proyek serupa; ceritanye soal seorang Pangeran Afrika yg hijrah ke AS guna nyari istri. Oiye, itu dibintangin ama Eddie Murphy, yg juga terkredit sebagai penulis cerita dari film yg udah dijudulin Coming to America itu. Kebetulan sekali bukan?? Orang laen, Jeff Grosso pernah nulis skrip soal idupnye sebagai pemaen poker profesional buat Miramax, yg terus bilang “thanks, now fuck you” & mroduksi proyek identik bareng Matt Damon. Orang malang laennye, kali ini namanye Reed Martin, nge-pitch satu ide cerita sekaligus ngerekomendasiin kalo Bill Murray itu sempurna buat jadi tokoh utamanye. Beberapa bulan kemudian, satu film yg sangat mirip, judulnye Broken Flowers (yg tentunye dibintangin Bill Murray), mulai diproduksi tanpa keterlibatan Martin di dalemnye. Kaya bisa ditebak, itu semuanye cuman sedikit contoh dari aksi serupa yg berhasil bocor ke publik. Di balik pintu studio-studio gede Hollywood, pencurian skrip itu praktek yg sama umumnye ama nge-charge harga tiket 3D buat film yg sebenernye 2D.

Gue dapet pengalaman yg sama dari liat Jonas Bros sambil mabok parah, yg adalah satu-satunye cara orang sanggup liat Jonas Bros

Masalahnye dari ini tuh sebuah “ide” itu ngga bisa di-copyright, jadi kalo Hollywood dapet pitch ide yg mereka suka tapi punya pikiran “I don’t want to pay for the damn thing” tipikal, mereka bisa nyewa orang laen buat nulis skrip beda berdasarkan ide yg baru aje mereka dapet. Harap diinget, Hollywood ngga ngerasa perlu ngelakuin ini pada skrip orisinil doang. Di taun 1990, Ron Gilbert bikin video-game berudul The Curse of Monkey Island, sesuatu yg kalian pada maenin jaman temen-temen lo yg lebih keren pada bikin band grunge. Di situ, para pemaennye ngontrol karakter bernama Guybrush Threepwood, seorang pemuda berompi pas die berusaha ngumpulin kru bajak laut demi nyelametin cewe yg die cintain, sementara kudu berhadapan dengan sebuah kutukan supranatural tertentu. Gilbert ngaku kalo die tuh diinspirasiin ama satu wahana Disneyworld & berencana buat ngadaptasi game itu jadi sebuah animasi, bareng Lucasfilm dengan seseorang bernama Ted Elliot sebagai penulis cerita. Tentunye, proyek itu terus dibatalin di taun 2000, dan 3 taun kemudian, Ted Elliot terkredit sebagai penulis buat sebuah film bajak laut laen, satu yg keliatannye masih make skrip ama storyboard yg sama.

Clue: itu dibintangin Johnny Depp sebagai zombie Keith Richard

Emang sih, ngomong Hollywood “orisinil” tuh sama aje kaya ngomong Quentin Tarantino ngga pernah nonton City on Fire. Kite semua tau kalo, di jaman ini, semua orang dipengaruhin ama orang laen. Itu juga mungkin kenape alesannye skrip dari karya monumentalnye James Cameron: The Terminator itu 100% dibikin dari cerita trilogi novel fiksi-ilmiah Harlan Ellison. Untungnye, James Cameron udah jera dan janji ngga bakal ngelakuin hal serupa lagi.

Ok, gue emang bukan orang yg tepat buat jadi hakim dalem soal “bener-salah”, cuman ironis aje sebuah industri yg ribut soal donlod-ilegal sambil, secara culas, ngemodifikasi hukum hak-cipta menurut kepentingan pribadi, ternyata sama sekali ngga nunjukin kalo mereka punya respek pada hak-intelektualitas orang laen. Ini bikin semua FBI warning di depan DVD jadi nampak sama menggelikannye ama ngedenger kapten Hindenburg sibuk berkoar-koar soal tips cara mencegah kebakaran.

MTV Cribs udah ngajarin kite buat sama sekali berenti peduli

.

.

RATING SYSTEM DOMINATION

.

The Motion Picture Association of America adalah sebuah organisasi yg dibentuk buat mastiin kalo kite semua bakalan ditemenin baby-sitter pas lagi nonton filmnye Rob Zombie. Melalui sistem ratingnye nan inovatif, MPAA punya pandangan bahwa dirinye adalah penjaga kebajikan sekaligus satu-satunye kekuatan yg bisa ngalangin kekerasan-vulgar ama bahasa kotor dari ngorupsi kemanusiaan, tapi tentunye ngga ada makhluk idup laen yg punya pandangan serupa. Sistem rating itu sendiri dirancang guna nandain konten macem apa yg ada di dalem sebuah film, memudahkan anak-anak di bawah umur buat nentuin film apaan yg harus segera mereka tonton secara diem-diem.

Sayangnye, rating ini ngga ngasih peringatan pada kite dalem soal seberapa gede keterlibatan Michael Bay dalem sebuah produksi

Namun, dengan posisinye sebagai penentu rating film, MPAA sebenernye praktis ngontrol industri film secara keseluruhan. Meski rating ini ngga punya kekuatan hukum di belakangnye, MPAA punya otoritas buat mencegah semua bioskop ataupun distributor yg ngga nerapin aturan rating tersebut dari dapet rilisan-rilisan studio gede terbaru. Jadi, kalo seorang sineas pengen karyanye diputer dalem gedung bioskop AS sama, tau kan? Ngasilin duit, die butuh rating MPAA. MPAA sendiri juga terus bermitra ama segerombolan orang kaya-raya pemilik bioskop tergede di Amrik, yg gue duga buat bikin lelucon garing pas namain dirinye the North American Theatre Owners, guna sama-sama memulai opresi Orwellian modern dengan cara, secara aklamasi, nolak muter film unrated. Mereka juga nolak muter film NC-17, ngejelasin kenape semua komedi-romantis selalu dirusak ama kenyataan bahwa ngga pernah ada adegan penetrasi di dalemnye.

Dan kenape sebuah aksi kaya gini ngga bikin pelakunye ditembak di tempat ama petugas sekuriti bandara

NC-17 sendiri rating yg diabsahin MPAA taun 1990 sebagai versi trademark mereka dari rating dewasa “X” yg ngga resmi. Guna menangkal tuntutan hukum, pra-90 dulu para produser film yg unrated bakal naro “X” ape huruf apepun yg ngga dipake MPAA –misalnye “F” untuk ‘Effin’ awesome!!’- buat ngedeskripsiin produknye. Abis itu pekerja industri porno nambahin 2 X ekstra karena mereka mikir itu bakal bisa ngejual lebih banyak film, sementara gerakan Straight Edge ngadaptasinye soalnye lifestyle mereka ngga ngasih opsi selaen secara rutin ngonsumsi  film-film tersebut. Berhubung industri bokep itu menguasai dunia, dalem waktu singkat rating X pun jadi sinonim dari pornografi. Makanye terus MPAA ngambil langkah bikin rating baru; NC-17 guna ngedeskripsiin film dewasa yg bukan pornografi.  5 taun abis itu, Paul Verhoeven ngerilis Showgirls & bikin NC-17 juga jadi sinonim dari pornografi. Kini, dalem usahanye ngerubah imej tersebut, MPAA berencana ngerubah NC-17 pake nama baru: Hard R, yg sejujurnye cuman kurang ‘– ection’ buat kedengeran kaya materi pornografi frontal.

Orang ini baru aje nemuin nama screen baru buat dipake maen Xbox LIVE

Toko-toko ama rental DVD gede kaya Blockbuster ngga nerima film NC-17, demikian juga ruang belanja publik kaya Wal-Mart, sementara TV ngga mau nyiarin iklannye. Jadi pada dasarnye, meski rating MPAA itu sepenuhnye sukarela, misalnye seorang sutradara ngerasa terlalu males buat ngelewatin prosesi itu berarti filmnye ngga akan aksesibel pada mayoritas orang. Bagi kesuksesan-komersil, rating NC-17 tu semacem kamp-konsentrasi Nazi. Ngga pernah ada film NC-17 yg pernah dapetin lebih dari $20 juta di box-office.  Kalo lo hapus Showgirls dari puncak, maka ngga ada satupun yg punya pemasukan lebih dari $12 juta. Sebagai perbandingan, Mars Needs Moms, yg dianggep sebagai film paling flop taun ini, masih punya pemasukan $21.4 juta. Ini alesannye kenape Hollywood ngewajibin sineas untuk bikin film dengan–maksimal- rating R. Meski gitu, ini sama sekali ngga gampang, soalnye dalem soal nerapin rating film, MPAA itu asshole yg lebih nyebelin dari dosen pembimbing judul TA lo dulu. Gini cara kerjanye: Lo ngasih sebuah judul, mereka nempelin rating ke judul itu, lo terima, titik. Ngga ada penjelasan. Lo boleh ngedit ulang judul bersangkutan, tapi mereka ngga akan ngasih tau bagian mane yg kudu dipotong ataupun apaan alesannye. Jadi sebenernye apaan yg mereka anggep ofensif? Boobs Olivia Wilde? Adegan kepala pecah? Bagian pas 2 cewe obesitas berak di piring yg trus dimakan Brad Pitt? Cuman mereka doang yg tau.

Shakespeare harus ngedit ulang ini 60 kali sebelon akhirnye diterbitin sebagai “Romeo & Juliet”

Toh, mungkin lo mikir mereka ngelakuin semua itu sekedar buat ngelindungin masyarakat dari materi-materi menyesatkan. Tapi sebelon nerima aksi-aksi mereka sebagai praktek lugu itikad baek, harap diinget kalo MPAA tu didiriin ama 6 korporasi raksasa: Disney, Sony, Paramount, 20th Century Fox, Universal, ama Warner Bros. Nah, biasanye, dalem agenda prioritas perusahaan gede, “ngelindungin publik” tu ngga terlalu tinggi posisinye. Mungkin cuman 1 tingkat di atas “ngasih makan anak kelaparan negara dunia ke-3”doang. Makanye, begitu mereka punya medium resmi guna ngelakuin pembunuhan-finansial kaya rating NC-17 gini, hal paling alamiah yg terjadi selanjutnye adalah mulai nempelin itu ke kompetitornye: industri film independen. Makanye karya indie-nye Darren Aronofsky, Requiem for a Dream, nyaris ngga ditonton sape-sape di bioskop. Sementara Black Swan –yg inferior dari segala segi- dapetin rating R plus 5 nominasi Oscar biarpun punya sejumlah adegan eksplisit di dalemnye, berhubung distribusinye dipegang 20th Century Fox.

“We’re the moral guardians of virginity & virtue, now here’s Natalie Portman playing with herself”

Orang laen yg pernah ngerasain ada di 2 sisi tersebut adalah Trey Parker ama Matt Stone. Jaman mereka belon punya karakter kaya Cartman ape Kenny buat ngejustifikasi tingkah tololnye, Parker & Stone pernah mroduksi film indie berjudul Orgazmo, yg dikubur MPAA pake rating NC-17 soalnye itu mengandung nudity singkat dalem bentuk T&A. Sementara produksi mainstream mereka, South Park: Bigger, Longer, & Uncut dapet rating R biarpun itu secara eksplisit nunjukin kelamin pria, menimbulkan kecurigaan kalo semua anggota MPAA tuh cowo-cowo frigid  yg tersinggung ama apepun yg ngasih mereka boner. Menurut Matt Stone, alesan tunggal South Park dapet rating lebih lunak tu karena Paramount ada di belakangnye, soalnye Trey Parker ama dirinye sendiri jelas ngga lebih dewasa dalem penulisan skrip South Park dari waktu jaman mereka nulis Orgazmo.

Mereka juga sangat buruk dalem soal animasi

Bagi mereka yg masih ngga yakin kalo Orgazmo ama South Park tuh sama similarnye kaya 2 album acak dalem seluruh katalog AC/DC, gue kutip aje langsung deskripsi Matt Stone dari metode penyuntingan film fenomenalnye itu:

“They [the MPAA] have no set rules. Things change from movie to movie, it makes no sense. . . . In going through their notes we saw that they had no standards so we decided these people are stupid and we’d just try to get it past them. If there was something they said couldn’t stay in the movie, we’d make it 10 times worse and five times as long. And they’d come back and say, ‘OK, that’s better’ “.

Tentunye juru bicara MPAA menyangkal semua kecurigaan tersebut, persis kaya gimane semua pemimpin negara dunia pertama selalu menyangkal kalo mereka adalah agen freemason yg diutus buat ngejalanin agenda illuminati.

.

.

10 thoughts on “5 DICK MOVES HOLLYWOOD MAKES, THAT THEY HOPE WE WON’T NOTICE

  1. Oh ok, jadi emang ga ada tempat buat penikmat film dengan hati tulus seperti gue yang menuntut keadilan ditegakkan bagi seluruh alam raya.

    Did I say penikmat?

    Like

    • Sayangnye, mungkin emang ngga ada.

      Namun, ada tempat yg luas buat penikmat film berhati tulus seperti gue untuk terus ngonsumsi produk tersebut pake cara2, umm,..”kreatif” yg mereka sangat tidak berkati.

      Like

  2. whaaa… pengetahuan super penting nih buat yang engga terlalu merhatiin kayak saya, hidup Zombem!!

    script stealing tuh paling kampret, tapi gimanapun kita tau kita tetep nikmatin film2 hollywood juga 😦

    Like

    • “Mengetahui” & “menikmati” tuh 2 hal yg sama sekali beda. Bahaya kesehatan ngga bikin gue berenti makan junk-food & kebrengsekan Bill Gates ngga bikin gue berenti maen Xbox.

      Like

  3. Biarpun begitu, saya termasuk penikmat film Hollywood (biarpun kombinasi film Oscar + drama gombal sukses ngebuat saya ilfil. Boring. Saya gak butuh petuah ttg hidup & moral. Udah belajar semua itu dari Budi Pekerti. Give me comedy, horror and awesome twist! )

    Jujur… saya kaget setelah baca semua ini. Pengetahuan saya ttg Hollywood bener2 minim. Saya tahunya mereka adalah studio film paling terkenal dengan efek2 canggih. Ok, mereka emang licik bin aneh, tapi gak nyangka selicik ini. Gimana pun juga: money rules the world!

    Tapi saya paling gak bisa mengampuni point pertama dan plagiat.

    PS: Napa gak diterjemahin saya artikel ini ke Inggris? Biar bisa dibaca ama bule juga plus Hollywood.

    Like

    • Ralat: di paragraf terakhir, ‘saja’ bukan ‘saya’

      Like

      • Soalnye, artikel ini sendiri didasarin dari sejumlah tulisan,data, ama riset yg dilakuin ama orang-orang bule itu. Kalo misalnye ini semata-mata didasarin dari penelitian gue pribadi, maka artikel ini cuman bakal 10 kalimat panjangnye

        PS: Gue rasa Hollywood ngga akan peduli ama pendapat orang-orang soal mereka. Orang yg ngabisin hari-harinye berenang dalem kolam uang tuh punya kecenderungan ngga terlalu peduli ama apepun selaen diri sendiri.

        Like

  4. “Sebagian dari kite tau kalo nge-review film tuh sebuah pekerjaan yg ngga ngehasilin timbal balik ape-ape. Kite ngabisin jam & hari berusaha buat secara akurat nransfer pengalaman audio-visual kite ke bahasa tulisan guna ngebaginye pada dunia. Trus beberape menit abis nge-klik “publish” setelah sejumlah waktu yg abis demi ngedit & proof-read, seseorang nongol di kotak komen & ngetik “gue pengen nonjok gigi lo sampe rontok pake kelamin gue” berhubung die kebetulan ngga setuju ama ape yg kite tulis.

    Tapi justru itulah kekuatan dari resensi film, kite semua tau kalo -di internet- satu review innocent bisa jadi awal dari flame-war ama perdebatan sengit sama kaya afiliasi politis.”

    Kebetulan ini yang barusan terjadi…

    Like

    • Wah? Ngga usah dipikirin bos. Ini internet, gituan tuh dijamin pasti kejadian. Itu sama mutlaknye ama Rule 34.

      Like

Spit it Out