His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

ATTACK THE BLOCK: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

14 Comments

Musik rap ama kekerasan dalem video-game ngga bikin grafik tindak kriminalitas meningkat, tapi itu ternyata bikin anak-anak urban jadi badass-alien-slayer!!

.

Yup…invasi-alien.

Alien punya sejarah panjang buat nginvasi planet kite di layar lebar. Bahkan  jauuuh sejak dari era 50-an, para pasukan luar-angkasa ini udah bolak-balik dateng ke bumi dalem usaha naklukin ama ngambilin sumber daya planet kite. Toh, meski nyaris selalu didukung ama teknologi nan tampak lebih superior, alien ngga pernah berhasil nyelesaiin misi mereka. Sampe sekarang, keberhasilan mereka umumnye terbatas pada pengrusakan kota, mutilasi  ternak, ama ngelakuin aksi penculikan & penetrasi anal, yg sejujurnye harus gue akuin emang cukup mengerikan, tapi masih jauh di bawah tujuan imperialistik mereka yg sebenernye. Belakangan ini, kite ngalemin peningkatan pesat dalem soal invasi-alien, mungkin soalnye mereka ngejer setoran berhubung planet kite udah makin mendekati 2012; sebuah waktu di mane ngedominasinye tuh bakal jadi sesuatu yg pointless.

Serius, cek aje deretan judul-judul ini: Skyline – invasi alien. I’m Number Four – invasi alien. Battle Los Angeles – invasi alien. Transformers 3 – invasi alien. Super 8 – alien. Paul – alien. Cowboys & Aliens – invasi alien. Battleship – invasi alien. Bahkan Green Lantern, Thor, ama film terbaru Superman nanti itu juga bisa dikategoriin sebagai invasi-alien kalo alien emang punya selera fesyen menggelikan. Tentunye, kite tau kalo alien ngga punya selera fesyen, mereka bahkan ngga kenal istilah “fesyen”. Liat gimane para alien di Signs dulu secara konyol mati kalo kena aer soalnye mereka ngelakuin invasi antar-galaksi dalem keadaan bugil. Ini ngasih tanda tanya gede bagi kemajuan teknologi mereka, maksud gue, peradaban macem ape yg bisa bikin pesawat antariksa buat ngelakuin perjalanan antar tata surya, tapi ngga pernah denger yg namanye celana??

“Kami datang dari satu bola gede pantai nudis di angkasa”

Setelah bertaun-taun penuh strategi invasi berdasarkan pada hasil riset yg buruk, kaya alien Signs yg alergi ama aer tapi milih buat nginvasi planet bumi yg lebih dari 70% darinye adalah laut, kini para alien make pendekatan baru dalem operasi militernye:

Pertama: mereka sekarang ngincer daerah kumuh Inggris & ngelakuinnye pas perayaan “Guy Fawkes day”. Sebagai catetan, gue baru tau kalo orang Inggris bener-bener punya perayaan yg namanye “Guy Fawkes day”, gue ngga tau buat ape, tapi gue duga itu tuh satu-satunye cara mereka bisa ngejual topeng-topeng idiotik itu.

Kedua: kali ini para alien bahkan ngga repot-repot bawa pesawat antariksa, tapi cukup semacem, ngejatohin prajuritnye ke bumi gitu aje. Ini mungkin disebabin karena mereka muak buang-buang duit ngelakuin invasi yg bakalan bernasib sama malangnye ama kaya yg udah-udah…atau mereka belon nemuin antivirus dari apepun yg Jeff Goldblum taro dalem pesawat induknye di taun ’96 dulu.

.

Sebelum kite mulai, gue harus ngingetin kalian semua pembaca budiman kalo Attack the Block tu film yg sangat urban, kaya Colours ape Blood In Blood Out…dengan alien.  Skrip-nye bukan cuman penuh berondongan referensi kultur-pop yg dikeluarin dengan akselerasi flow Akrobatik/Q-Unique di dalemnye, tapi juga make penggunaan eksesif  dari terminologi ghetto-slang. Semuanye di bawah tumpukan demi tumpukan layer logat London yg kentel. Apaan sih gituan disebutnye? Cockney? Trostsky? Eezy weezie? Lemon squeezy? Ya itulah pokoknye. Dialog film ini sedemikian sulit diikutin sampe para audiens Amerika pada protes soalnye itu diputer tanpa subtitle di bioskop-bioskop AS, nampaknye orang Amrik tuh ternyata ngga familiar ama satu jenis bahasa yg disebut sebagai “english”.

Apparently not

Baiklah, cukup semua BS prolognye. Film ini dibuka ama seorang perawat bernama Sam (Jodie Whitaker), waktu doski jalan sambil ngobrol di telpon pada jalanan kumuh South London pas malem buta. Semua dari kite yg familiar ama “kultur urban” (baca: non-kaukasia) tau kalo itu bukan hal yg bagus buat dilakuin sendirian, dan dalem waktu singkat, Sam pun ngalemin nasib serupa dengan orang-orang kulit putih bodoh laennye untuk dicegat & ditodong ama segerombol remaja bad-ass ber-hoodie setempat. Kite tau mereka bad-ass soalnye ngga ada satupun diantaranye yg pake celana ketat, sesuatu yg remaja sini harus pelajarin secepatnye. Berhubung digambarin lagi ngelakuin tindak kriminal, adalah wajib dalem sebuah film kalo 4/5 dari penodongnye bakalan diperanin sama aktor kulit item. Maka kite punya Chuck D (John Boyega), Lupe Fiasco (Leeon Jones), Doug E. Fresh (Franz Drameh), ama B-Real muda (Simon Howard) plus seorang Eminem (Alex Esmail) -sebagai contoh akibatnye kalo remaja kulit putih tuh salah gaul- rame-rame ngintimidasi seorang gadis-kulit-putih-baik-baik di tengah malem, tau kan? Persis kaya ape yg selalu dikampanyein BNP. Sam praktis ngga berdaya di bawah anceman & cuman bisa nungguin Captain America ngelakuin perjalanan trans-atlantik untuk nyelametin doski, waktu tau-tau sebongkah meteor tertentu jatoh dari langit. Sebagai gangsta, secara alamiah para remaja lokal kite pun pergi nyelidikinnye, dan begitu nemu kalo itu sebenernye sejenis makhluk-planet-laen, maka mereka mulai nusuknye pake piso, terus ngegebukinnye pake pemukul bisbol sampe mati, berhubung –nampaknye- emang gitu cara kite semua merlakuin “ilegal alien” di manepun kite berada.

Dan semua penghuni ghetto selalu keliatan kaya figuran video hiphop

Karena ngga yakin apaan yg baru aje mereka bunuh, para gangsta kite mutusin buat ngebawanye ke tempat Ron (Nick Frost), seorang pengedar narkoba lokal yg mereka asumsiin bakalan bisa ngenalin korbannye  karena die suka nonton Animal Planet. Beneran, serius, emang gitu yg ditulis di skrip-nye.  Nyampe sono, nyadar kalo mereka bisa ngejual makhluk itu ke tabloid gosip, Chuck D mikir kalo mendingan mayatnye disimpen dalem kamar di mane Ron nanem ganja karena itu ruangan paling aman di seluruh rumah susun (atau hood, atau project, atau barrio, atau block) mereka. Adalah ide-ide mengesankan model gini ini yg ngebedain Attack the Block dari Super 8. Gue nonton ini deket-deket nonton Super 8 & sumpah gue benci Super 8. Salah satu alesan kenape Super 8 tuh boring soalnye itu nyeritain soal anak-anak kelas menengah kulit putih nan boring dengan masalah-masalah boring anak kulit putih kelas menengah. Attack the Block nyeritain segerombol remaja etnik minoritas dari daerah urban di Inggris (ngejelasin kenape mereka bisa saling manggil satu sama laen “cuz’” ama “blood” tanpa perlu diselingin suara tembakan senjata otomatis) & itu bikin karakter mereka punya impresi lebih. Ngga berarti tokoh-tokoh di sini punya karakterisasi lebih dalem juga sih, cuman di sini mereka keliatan lebih menarik aje, seengganye mereka ngga bertingkah kaya anak kecil annoying biasa. Buat gue, itu nilai plus, soalnye kalo gue emang pengen liat monster berinteraksi ama anak kecil biasa, gue bakal nonton Si Komo.

Tentunye si Komo jauh lebih mudah dimengerti

Bahkan pada screen-time awalnye aje, para anggota Wu-Tang Clan chapter Inggris kite ini udah ngasih imej sebagai antihero dari tokoh anak-anak pada film sejenis. Versi “nakal” mereka bukan pulang malem & ngga ngerjain peer doang, tapi dagang narkoba sambil nodong orang ama bikin geng sekedar cuman supaya dapetin street-cred. Remaja-remaja ini ngebuang semua konvensi stereotip karakter utama dalem “film anak-anak” tipikal ke luar jendela & praktis ngejalanin keidupan ala lirik lagunye Mobb Deep, tanpa punya masalah moral dengan itu sama sekali. Buat orang macem gue, ini jenis karakter remaja yg pengen gue liat dalem sebuah film; model-model ber-hoodie kaya yg ngelakuin aksi vandalisme & kerusuhan di jalanan kota London beberapa bulan lalu. Jenis-jenis yg dideskripsiin mantan PM Tony Blair sebagai “young, alienated, disaffected youth who are outside the social mainstream and who live in a culture at odds with any canons of proper behavior”, ngeyakinin gue kalo orang-orang tua berdasi semuanye emang ngga ngerti apepun soal youth-culture. Berhubung pada dasarnye gangsta, pas ngeliat kalo ujan meteor yg sama kembali terjadi di daerahnye, insting teritorial mereka pun munculin reaksi ilmiah untuk mukulinnye.  Maka mereka semua langsung menghambur ke rumah masing-masing dalem rangka ngambil beraneka ragam senjata rumahan dulu, ngasih tau ke gue kalo perang geng di Inggris ternyata ngga jauh beda ama perang antar kampung di Jakarta.

Persis kaya City of God

Toh, ngebunuh alien (atau “gorilla-wolf-muthafawwker” dalem Brittish-slang) tu ngga segampang kaya yg ditunjukin Master Chief. Abis dipukul mundur gerombolan makhluk-makhluk hibrida dari xenomorph, critter, ama raver yg ngerasa terjun bebas ke planet kite telanjang bulet, dengan genital gelayutan, untuk terlibat konfrontasi tangan kosong ama penghuninye adalah strategi invasi paling efektif tersebut, Chuck D (ok,ok, ceritanye di sini namanye “Moses”, puas?) malah keciduk patroli polisi gara-gara aksinye ngerampok Sam di awal tadi. Ini ngasih kesempatan bagi posse-nye buat ngelakuin serangan serta pembajakan terhadap mobil polisi, sesuatu yg umum dilakuin ama penggemar musik rap di barat sana, semuanye sementara alien ngejadiin polisinye sebagai menu makan malem. Ngga tau kenape. Mungkin alien tuh diem-diem ternyata juga penggemar musik rap…atau sekedar pencinta bacon. Dalem keadaan panik, Doug E. Fresh ama Moses ngemudiin mobil patroli tadi langsung ke bember depan mobilnye Hi-Hatz (Jumayn Hunter), bandar ganja utama di wilayah tersebut. Kesel soalnye mobil yg udah di pimped abeeessnye ringsek, Hi-Hatz ngelakuin aksi dalem level douchebaggery seorang Lil’ Wayne dengan nodongin beceng ke depan muke segerombolan anak 15 taun.  Sedihnye, satu pun diantaranye bahkan ngga ada yg ngerasa takut soalnye Hi-Hatz ngga megang becengnye miring, tau kan? Segimane itu seharusnye dilakuin ama seorang gangsta.

“Yo bruv, ya’ doin’ it wrong”

Setelah itu serangan gorilla-wolf-muthafawwker berlanjut & Moses bersama kroninye mutusin buat ngeksekusi rencana B: bertahan di dalem rumah susun mereka. Di lorong-lorong ama apartemen sempit ini pulalah perang puputan terakhir film ini dipertempurkan, dengan Moses beserta liga rap all-starnye gabung dengan sejumlah penghuni laennye berusaha pindah dari satu titik ke titik laen, sementara para alien siap menyerang di balik tiap tikungan. Sutradara debutan Joe Cornish kayanye belajar dari La Horde ama Rammbock kalo ngefokusin setting dalem ruangan tertutup tuh efektif buat bisa ngejaga tensi dengan budget seadaanye. Iye, sebenernye Attack the Block itu film yg dibikin pake budget mikro (sekitar 8 juta Poundsterling) meski itu nyaris ngga pernah keliatan. Kalo (lagi-lagi) kite bandingin ama Super 8, Attack the Block emang kalah bombastis. Toh, mereka yg terlibat dalem produksinye cukup kompeten buat bikin film ini sama sekali ngga keliatan kaya B-movie umumnye. Iye sih, di sini emang kaga ada ledakan massif ama landskap menakjubkan ala Super 8, tapi pada dasarnye kan Super 8 tuh film paling mahal yg diproduksi buat Disney Channel. Attack the Block kaga punya dukungan finansial dalem skala gitu, ngejelasin kenape Joe Cornish cuman bisa bikin sekuen 3 menit dari efek-visual yg dihamburin JJ Abrams di sepanjang 129 menit durasi Star Trek taun 2009 lalu.

Sinematografi “sorotin senter ke mata penonton” nan fenomenal itu

Segimane B-movies terbaik laennye, film ini nyamarin keterbatasan dananye buat secara cerdik ngegabunginnye dalem plot keseluruhan. Semua kejadiannye terjadi dalem kurun waktu semalem: budget. Invasi-alien ini sifatnye lokal, soalnye ngga ada tanda-tanda itu tejadi di daerah laen: budget. Mereka ngga bisa nelpon polisi, atau tentara, atau apepun yg bakal butuh figuran dalem jumlah massif soalnye mereka thugs: budget. Kini, mayoritas karakter semuanye ngumpul di rumah susun, ngeksekusi ide brilian “mari kite masuk apartemen & ngarep kalo alien tuh terlalu sopan buat ngedobrak pintu”, kenape? Kalo kata gue sih alesannye ya budget, ape mungkin lebih tepatnye: efektifitas budget.  Dengan para survivors terisolir dalem sebuah setting tertutup, set itu secara otomatis jadi semacem wasteland-apokaliptik pribadi mereka. Ini bukan cuman ngenihilin semua kesulitan syuting di tempat terbuka doang, tapi juga ngegampangin kelanjutan cerita, yg perlu dilakuin guna ngembanginnye kan sekarang tinggal bikin mereka berjuang buat pindah dari titik A ke titik B doang. Itu doang kan pengembangan plot dari semua film apokaliptik? Inti dari storyline semuanye adalah para karakternye kudu bergerak secara konstan, kaga masalah kemane, asal tetep bergerak. Soalnye kalo ngga berarti kite cuman bakal ngabisin 2 jam ngeliatin orang secara pathetic mati pelan-pelan.

Semacem, ‘every Sigur Ros album: The Movie’

Tentunye, itu punya hubungan langsung ama faktor penting laennye; elemen ancaman. Thrill dari kemungkinan terjadinye tragedi adalah zat adiktif yg bikin kite tetep berpartisipasi pada kegiatan yg ngabisin waktu. Buat ngejaga ketertarikan orang  dalem kurun waktu tertentu, sesuatu kudu dipertaruhin, itu makanye ada zombie di film zombie & STD di rumah bordil. Berhubung ini ceritanye soal alien, adalah logis kalo yg bikinnye kudu nunjukin alien sangar, dan itu biasanye jadi masalah buat jenis produksi dengan keterbatasan-budget di atas. Satu-satunye alternatif kalo seseorang ngga mampu bikin sesuatu secara sensasional tuh die kudu ngelakuinnye secara kreatif, dan kite semua udah liat Vanishing on 7th Steet buat tau betapa menyedihkan hasilnye kalo pelaku sineas dipaksa untuk “berpikir secara kreatif” kan? Di sinilah kite bisa tau kalo tim kreatif Joe Cornish tu ngga makan gaji buta, soalnye  desain alien di sini -biarpun kite semua tau alesan utamanye adalah soalnye ngga ada duit buat bikin sesuatu nan lebih spektakuler- hasilnye keliatan bad-ass lewat cara unik. Gorilla-wolf-muthafawwker di Attack the Block bener-bener keliatan ikonik, memorabel, sekaligus berbahaya. Bagi sesuatu yg minim CGI, alien-alien ini keliatan cukup kompeten sebagai sesuatu yg cuman bisa dikalahin ama bad-ass sejati. Maka, waktu keadaan di rumah susun udah jadi ekuivalensi urban dari pesawat Nostromo, Moses mutusin kalo die kudu nanggung tanggung jawab buat nyelesaiin semuanye, soalnye die satu-satunye manusia dalem film ini yg keliatan lebih ganas dari alien-nye.

LL Cool J punya ekspresi muka yg sama pas bawain “Knock U Out”

Serius, die keliatan bad-ass buat anak 15 taun. Di ujung film, die bahkan dapet sekuen slo-mo Matrix-esque yg bikin die jadi makin keliatan bad-ass, sementara score ini menggelegar sebagai latar belakang.

Yup, harus diakuin kalo track Basement Jaxx punya andil ngasih sentuhan final buat keseluruhan imej bad-assness dari sekuen-sekuen tertentu. John Boyega sebenernye ngga ngelakuin sesuatu yg monumental di sini, cuman emang die cukup lihai dalem soal ngelakuin metode akting “pasang muka ala cover album rap” buat dapetin kontrak rekaman dari Cash Money Records. Tapi berhubung track kaya gitu bakal bikin apepun yg terjadi di layar jadi keliatan 10 kali lebih keren, ini ngelevasiin persona ekstra pada karakter Moses, semacem apaan yg dilakuin DJ Craze buat Flux Pavilion. Masih ngomongin Moses, gue suka gimane Cornish ngga make semua pesen moral ‘alien-udah-mati, semua-orang-dapet-pelajaran-berharga’ tipikal PG-13 buat ngerusak karakternye di sini. Malah, kalo dipikir-pikir, film ini sebenernye nunjukin gimane evolusi Moses dari seorang bad-ass potensial buat jadi seorang bad-ass sejati. Film non-Hollywood punya ending non-Hollywood, dan gue seneng mereka ngga ngelunakin Moses pake sayap ama lingkaran malaikat di ujungnye, die memulai film ini sebagai bad-ass, maka udah selayaknye die juga ngakhirinnye sebagai bad-ass! Kalo misalnye Scarface tu film soal invasi-alien, ape lo rela misalnye Tony Montana tau-tau berubah jadi orang baek-baek abis die nembakin alien pake M-16?

Tentunye, ide ngeliat die nembakin alien bakal bikin gue mimpi basah

Attack the Block itu contoh film dengan premis sederhana yg dieksekusi secara sempurna. Di atas kertas, ngga ada apepun dalem sini yg belon pernah kite liat di tontonan sejenisnye. Semua tau orisinalitas bukan poin utama dari ginian, adalah gimane caranye itu dipresentasiin yg nentuin ape ginian bakalan sukses atau gagal. Dalem kasus Attack the Block, Cornish sukses bikin throwback ke creature-feature 80-an yg bikin gue nyengir puas sepanjang durasinye. Banyak yg nyamain ini ama The Goonies ape Monster Squad, tapi secara pribadi gue ngerasa Attack the Block lebih mirip ama Gremlins ape Critters; biarpun dibintangin ama remaja, tapi sebenernye ngga ditargetin secara spesifik buat remaja. Kite semua tau kalo film remaja tuh annoying berhubung gituan emang ngegambarin kelakuan sejumlah karakter dalem kelompok umur yg, secara alamiah, annoying khusus buat konsumsi audiens dalem kelompok umur yg, secara alamiah, annoying. Beneran kok, cobain aje nangkring setengah jam di Dago Plaza kalo lo ngga percaya, sekedar badai non-stop dari pilihan ringtone (yg ga tau kenape kudu di set pada volume maksimum) mereka aje udah cukup buat bikin lo pengen bunuh diri.

Kenape sih telpon ngga bisa berdering aje kaya dulu?

Ngga kaya Super 8, yg ngejadiin monsternye sebagai bekgron bagi sejumlah masalah-masalah non-esesial dari segerombolan anak-anak saat menginjak usia puber, fokus utama film invasi-aliennye Cornish ini emang soal invasi-alien. Jujur, ada subtext komentar sosial di sana-sini, tapi itu dilakuin secara cerdik pake cara Romero supaya ngga pernah sampe nutupin masalah utamanye (ngebunuhin alien). Tentunye dunia ini punya banyak masalah, dari ketimpangan ekonomi, diskriminasi, rasialisme, global warming, musik post-rock eksperimental, dll, dll, cuman, hey…ada alien lagi ngelakuin invasi coy!! Masalah ape gitu yg lebih urgen? Kalo PSSI bisa bikin satu negara ngelupain soal Nazarudin cukup dengan ngebuktiin kalo mereka bakalan kalah buat ke 1000-sekian kalinye, terus kenape segerombol penodong ngga bisa gabung ama korbannye buat ngelawan serangan alien? Kalo gue megang beceng isinye 2 peluru dalem satu ruangan bareng alien, Edi Tansil, ama Lady Gaga, maka gue bakal ngebiarin alien & Edi Tansil saling bunuh sementara nembak Lady Gaga 2 kali! PRIORITAS bro, itu mah logis aje. Tapi meski mengandung pesen-pesen sosial, Attack the Block ngga kerasa preachy soalnye Joe Cornish bikin sejumlah sentilan yg (sejujurnye) emang akurat, tanpa perlu bikin kite kedistraksi dari masalah utamanye: para gorilla-wolf-muthafuwwkass yg berusaha memangsa jagoan kite. Adalah semangat dedikasi ini yg bikin filmnye tetep fun, meski itu juga didukung ama sifat karakter-karakter utamanye yg semuanye terlalu juvenile buat tau kalo masalah tuh bisa diselesaiin pake sesuatu selaen dari kepalan tangan…thanks Sonic Blast Heroes.

Negara kite bener-bener butuh Sonic Blast Heroes.

Buat sebuah film yg memperpanjang rekor buruk alien vs manusia -mungkin satu-satunye statistik yg lebih menyedihkan dari prestasi timnas di kancah internasional-, Attack the Block jelas adalah yg paling fun sejak gue nonton Alien vs Ninja di INAFFF taun kemaren. Dari sisi tertentu, film ini ngingetin gue ama Toxic Avenger-nye Troma dulu; sebuah proyek sederhana yg ngga ambisius, bikinan sutradara debutan dengan cast minim nama gede, tapi sukses nyiptain tontonan memorabel yg bikin lo semangat, ketawa, ama bersorak pas nontonnye, terutama kalo lo nontonnye rame-rame. Satu yg bikin lo jadi pengen ikut-ikutan ngomong semua bahasa slang di dalemnye pas filmnye udah selesai. Kaya Toxic Avenger buat Troma, Attack the Block cuman satu dari serangkaian judul impresifnye resume sekolah film Edgar Wright (die disini sebagai produser) &, kaya Toxic Avenger juga, gue ngga akan heran kalo ini bakalan jadi referensi para cultish buat flick sci-fi low-budget di masa depan, sambil sekalian ngasih anak-anak muda daerah ghetto di seantero jagad contoh role-model baru buat diteladanin.

Believe! Bruv.

.

.

Advertisements

14 thoughts on “ATTACK THE BLOCK: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. Critters 3, without Leonardo DiCaprio. Sumpah, selagi nonton ini gue selalu kebayangnye masa-masa indah dulu nonton Critters.

    Like

  2. Ada kamus kosakata laennye lagi gak selaen yang udeh lu post pic-nye di atas? Maksudnye, biar kalo suatu hari misalnye gue ke South London udeh keliatan gaul, gitu.

    Like

    • Kamus mah gue ngga tau, tapi lo bisa coba browsing2 aje liriknye Ms Dynamite, atau, kalo lo emang bener2 pengen keliatan cool, cek liriknye MF Doom. Kutip kalo bisa. Itu bakal ngasih lo kredibilitas ekstra, se-absurd apepun lirik itu kedengerannye.

      Contohnye, ini yg gue pake buat ngeraih validasi dari satu forum internet yg overhype:

      Known amongst hoes for the bang-bang
      Known amongst foes for flow with no talking orangutangs
      Only gin and Tang, guzzled out a rusty tin can, me and this mic is like yin and yang
      Clang!

      Retarded, tapi efektif!

      Like

  3. Wow, jadi karakternya tetep bad-ass dari awal sampai akhir, ya? Baguslah. Kebetulan saya bosen dengan plot : tokoh utama bad-ass di awal tapi di pertengahan mendadak tobat tanpa alasan jelas —- terus jadi film reliji.

    Mau jadi good or bad do it with style. *ups*

    Kalo suka dengan tokoh bit*hy dari awal sampai akhir, (mungkin) Bad Teacher oke juga. Kisahnya tentang guru matre yg pengen operasi payudara. Sepanjang film dia konsisten abis.

    Like

  4. Tolong refresh memory gue… Ape kita pernah punya protagonis macem Moses, tapi versi cewek?

    Like

  5. sebenernya kalo adegan slow motion-nya Chuck D dipanjangin dikit dengan lebih dramatis, kejar2an lebih lama sambil bunuh 3 – 4 gorilla-wolf-muthafawwker misalnya, kayaknya bakal lebih asoy tuh, endingnya keburu2, mungkin itu tadi ya, budget

    tapi overall keren nih, jadi pengen ikutan ngebasmi alien (yaaa sementara download lagu2 hiphop dulu deh)

    Like

  6. ane pikir aliennyah cupu euy. terlalu selow & kurang beringas. belom lagi teori kalo aliennya ternyata bukan mau nginvasi bumi, tapi lebih karena ngejer betinanya (yg dibunuh moses) buat digagahi. issshhhhh.

    Like

    • Gue pikir misalnye alien-nye terlalu beringas, ngeliat mereka dikalahin ama anak ABG (ok, gangsta-ABG, tapi tetep ABG) bakal terlalu sulit buat bisa diterima.

      Masalah penggagahan, gue rasa misalnye di planet kite minim cewe & mereka semuanye dikirim ke planet laen. Maka kite semua juga ngga akan mikir 2 kali guna ngelakuin perjalanan trans-galaksi (dalem keadaan bugil) demi kebutuhan genitalia kite.

      Like

      • masup akal sih. tapi masalahnya aliennyah ternyata masih bisa dihajar pake tiang lampu ama sepatu skate, ama ABG cewe yg non-gangsta lagi.

        kalo ditambah lagi dikit kesangaran aliennya, nyampe bisa bikin para gangsta-ABG ini ga songong lagi ngadepinnya, atow kalopun masih songong tapi shitting their pants off, menurut ane bakal lebih tegang tuh.

        lagipula, saking bad-ass-nya para ABG ini, ngadepin beceng aja dah ga ngedip, apalagi ngadepin silumangorila. they shoulda feared the alien more than that hihatz clown.

        Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s