His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

RISE OF THE PLANET OF THE APES: BLAHBLAHBLAH

5 Comments

Ilmuwan paling ganteng yg pernah lo liat dalem idup lo ketemu simpanse paling ganteng yg pernah lo liat dalem idup lo. Bersatu dalem satu film di mane Andy Serkis digaji ribuan Dollar buat bertingkah kaya gimane temen-temen kampus lo dulu berkelakuan setiap harinye.

.

Kalo lo familiar ama franchise Planet of the Apes, lo pasti tau ceritanye adalah soal dunia di mane para kera merupakan penguasa absolut & mereka ngegunain manusia sebagai spesies kelas 2 yg cuman berfungsi sebagai pesuruh atau piaraan, mirip lah ama korporasi-multinasional pada saat kite idup saat ini. Dengan dasar cerita model gitu, dari judulnye aje kite bisa tau Rise tuh prekuel dari segalanye, sebuah film yg eksis pada sebuah timeline di mane para kera mulai bangkit, ngepalin tangan kiri mereka di udara & ngelakuin insureksi bersenjata dalem rangka rencana imperialisme global. Premis kaya gitu udah cukup ngasih ini potensi buat jadi awesome kan? Tapi bukannye nekenin soal gorilla ngegebukin manusia kaya Awesome Kong waktu ngedominasi divisi knockout-nye TNA, marketing film ini malah milih buat ngasih empasis pada fakta kalo filmnye bakalan penuh diisi kera-kera CGI. Ok, gue tau kalo punya satu film yg dibintangin secara eksklusif ama kera CGI adalah pengembangan pesat dalem departemen akting daripade satu yg dibintangin ama Marky Mark, tapi ngejadiin binatang jadi-jadian sebagai poin kreatif utama sebuah film kaya seakan-akan Jurassic Park ama Godzilla tu ngga pernah eksis jelas adalah sebuah contoh dari absurditas tipikal teori advertising studio gede Hollywood.

Coba kite liat introduksi awal jaman pemuteran trailer awalnye dulu:

“Rise of the Planet of the Apes is considered to be the first live-action film to star and be told from the point of view of a sentient animal.”

Masa sih? Boong! Kite semua udah liat Napoleon Dynamite.

Gue ngga ngerti kenape Rise ngga dijual dengan cara simpel sebagai prekuel dari Planet of the Apes aje? Maksud gue, premis dari nonton apa yg bakal jadi ekuvalensi margasatwa dari 1984-nye Orwell udah kedengeran cukup awesome buat gue, bahkan kalo isinye tuh sebatalion figuran dengan make-up monyet. Lo ngga butuh CGI dalem jumlah massif buat bikin monyet ngelakuin kudeta pada umat manusia jadi keliatan menarik kok, maksud gue, ini kan bukan America’s Next Top Model.

.

Film ini sendiri dibuka dengan shot dari sebuah hutan, yg sama sekali ngga aneh mengingat film ini ceritanye soal kera. Di sono sejumlah simpanse atau kera atau monyet atau sesuatu yg keliatan kaya Donkey Kong pada lari-lari pas mereka dikejer-kejer ama sekelompok manusia buat dikerangkeng. Harap diinget kalo pesen subliminal dari keseluruhan franchise ini emang adalah fakta bahwa manusia tuh semuanye prick. Ini diperkuat ama kenyataan bahwa DVD Planet of the Apes yg aslinye dulu dikeluarin pake sebuah kover yg nge-spoil endingnye sendiri.

Thanks, desainer

Setelah rumble-in-the-jungle sekilas, kite pindah ke San Fracisco. Spesifiknye kantor megah perusahaan kimia farma bernama Gen-Sys, di mane tokoh utama non-primata kite; “ilmuwan ganteng” (diperanin James Franco ganteng) kerja ngembangin sejenis versi canggih dari Cerebrofit tertentu yg disebut ALZ-112. ALZ-112 ini, kalo sukses, bakalan bisa dijadiin obat nyembuhin Alzheimer. Tentunye itu masih harus dites dulu ke makhluk-makhluk inferior yg ngga akan dipeduliin sape-sape kalo mereka mati, dan berhubung eksperimen sejenis pada hewan laut sebelonnye berakhir dengan kematian idiotik dari Samuel L. Jackson, kali ini mereka mutusin buat ngetesnye pada primata yg –seengganye- idup dalem habitat yg sama ama manusia. Einstein dari semua kera percobaan ini adalah betina bernama Bright Eyes, doski digambarin sedemikian intelek soalnye bisa nyelesaiin maenan menara Lukas secara sempurna buat ke-1000 sekian kalinye secara berturut-turut. Perlu diketahui bahwa ngga ada manusia yg pernah maen menara Lukas lebih dari 3 kali, soalnye bahkan manusia paling retarded pun tau kalo gituan tuh boring-as-fuck.

Lo tau kite punya video-game kan?

Sayangnye, pada hari presentasi pas ilmuwan ganteng beserta timnye mamerin pencapaian ilmiah mereka kepada para investor, Bright Eyes punya ide buat kembali bertingkah selayaknye seekor simpanse & bikin kekacauan. Ngegigitin orang ama ngelakuin entrance eksplosif –kemungkinan dengan theme-song Batman versi Tim Burton sebagai background- ke dalem ruang rapat sebelon seorang polisi nembak mukenye 100 kali dari jarak deket. Itulah saatnye bos korporat Gen-Sys nan jahat (David Oyelowo) masuk ke mode PMS buat mulai ber- “I’m shutting you down! I don’t care if you’re obviously too incridibely handsome for a scientist and cured every brain disease in the world, we had one bad meeting! Clean out your desk and have the rest of those apes dead by 10 AM tomorrow!” -ria, yg mane Franco ngejawab: “whoa, whoa, nyantai bro. Gue tuh ilmuwan ganteng…bukan pembunuh kera”.

Die kayanye lupa nyebutin kalo die juga host Oscar yg buruk, tapi tentunye itu sih semua orang udah tau.

Maka, begitu diketahui bahwa Bright Eyes secara diem-diem ternyata ngelahirin seekor bayi mungil, ilmuwan ganteng langsung bertempur lawan Angelina Jolie di pengadilan guna dapetin hak adopsinye, dan -setelah menang- ngebawa itu pulang buat jadi temen baru bokapnye; Charles (John Litgow) yg -surprise, surprise-  adalah seorang penderita Alzheimer. Charles langsung punya kedeketan emosional ama sang bayi kera yg die kasih nama Caesar, tau kan? Kaya seekor monyet super pinter dari sebuah film tertentu, ngomongin film itu, ape yg terjadi ama Zira & Cornelius di sini? Mereka ngga eksis? Jadi ceritanye ada, semacem, 2 Caesar dalem alam Planet of the Apes? Ah, Hollywood…persetan kontinuitas, amirite? Berhubung para pembuatnye sendiri ngga terlalu peduli ama gituan gue bakal langsung skip aje ke 3 taun kemudian, waktu Caesar diceritain kalo die lebih pinter dari kera pada umumnye, meski -dari cara itu dideskripsiin- sejujurnye die juga kedengeran lebih pinter dari temen-temen SMA gue dulu pada umumnye. Jadi ternyata efek virus ALZ-112 tadi tuh bisa diturunin secara genetis, bikin Caesar, secara alami, punya tingkat kecerdasan nan lebih superior daripade 3/4 siswa lulusan sekolah negeri di negara kite.

Kids, bahkan makhluk tanpa genital pun mempelajari kegunaan kondom

Sampe sini, RotPotA masih keliatan kaya film keluarga Disney yg bahagia. Asli kecuali adegan kecil “ilmuwan-ganteng-nyolong-obat-eksperimen-buat-dicobain-ke-bokapnye” (anak-anak, JANGAN LAKUIN ITU) di dalemnye, praktis ngga ada yg ngebedain prekuel salah satu seri sci-fi legendaris ini ama Lassie, Free Willy ataupun semua film di mane seorang anak kecil ngejalin hubungan emosionil dengan sebuah spesies tertentu. Caesar bahkan diceritain ngambil peran mak comblang untuk ngejodohin ilmuwan ganteng ama dokter hewan Slumdog Millionaire (cewe yg maen di Slumdog Millionaire berperan jadi dokter hewan) dengan cara adorable yg sama ama gimane dulu si kembar Olsen mancing “awwwww” audiens palsu di Full House…dulu, jaman mereka masih cute & belon jadi America’s scariest chopsticks. Sebagai seseorang yg masuk bioskop ngekpektasiin insureksi primata, setengah bagian awal film ini bener-bener bikin gue frustasi ngeliat ceritanye kok ngga ngarah menuju sesuatu yg seru. Jadi gue bakal skip semua omong kosong ini langsung ke bagian di mane Charles make mobil sport tetangganye buat maen bom-bom car & kena damprat gara-gara kelakuannye itu. Caesar, sebagai kera jenius, ngga terima ce-esnye digituin trus ngebales dengan cara ngegigit jari tetangganye sampe putus, meskipun jelas-jelas yg salah di situ tuh Charles, bukan tetangganye. Maka, dengan diiringi musik dramatis walau gue ngga ngerasa ada yg perlu didramatisir, Caesar pun dikirim ke penjara kera bareng kera-kera laennye. Jadi die bisa manjat, lari, mukul-mukul dada, makan pisang, ama ngelemparin feses ke satu sama laen, tau kan? Kaya kera. Soalnye die emang kera, jadi udah selayaknye die bertingkah selayaknye seekor kera.

Minta kacang, gue asumsiin

Dari situ kite dikasih tau kalo penjara kera adalah ekuivalensi dari penjara Turki di Midnight Express. Masuklah Draco Malfoy, atau lebih tepatnye orang yg jadi Draco Malfoy, sebagai asisten sipir. Gue harus ngasih selamet buat orang ini atas pilihan kariernye buat berevolusi dari jadi seorang prick annoying satu dimensional di Hogwarts buat jadi…seorang prick annoying satu dimensional di penjara kera. Gue yakin tokohnye di sini punya nama, cuman berhubung die maenin karakter yg sama, maka die praktis tetep Draco Malfoy. Sedih gimane para pembuat film ini ngabisin semua budget mereka buat nge-CG-in Caesar sampe mereka ngga punya duit sisa guna nge-retouch jidatnye yg aneh itu. Adalah di dalem sel penjara ini pulalah Caesar, sebagai tahanan terpelajar, milih buat melajarin teori evolusi Darwin daripade berebut perhatian kera betina kaya yg laen. Dan setelah beberapa lama di sono, maka komplikasi dari Darwinisme, rasa sakit hati, ama eksposur konstan pada jidat creepy-nye Draco Malfoy bikin Caesar jadi M. Nigh Shyamalan dari dunia primata.

Die suka ngarang twist-ending

Sekarang baru kite masuk ke bagian yg rame.

Begitu Caesar mulai nyopot celananye soalnye itu ngga ada gunanye berhubung die kaga punya genital, Rise akhirnye mulai nunjukin tanda-tanda bergerak ke arah revolusi berdarah kaya yg kite harepin. Dengan skill organisir seorang aktivis kampus PRD di taun ’98, Caesar ngejalanin strategi taktis guna ngambil massa kera-kera dalem penjara supaya nurutin kredo “satu komando, satu perlawanan”-nye dan, berkat andil seekor gorilla yg mulai sekarang gue panggil Kamikaze Kong, dalem waktu singkat melejit ke puncak tangga pecking-order sebagai Mao Tse-Tung dari Republik Rakyat Kera, ngebuktiin kalo seekor kera di bawah pengaruh ALZ tuh bisa punya karier yg jauh lebih cemerlang daripade seorang Heath Slater di bawah bendera NXT. Sementara Caesar nyusun manuver selanjutnye demi kepentingan ngebangun kekaisaran Romawi baru, ilmuwan ganteng ama bos-korporat mikir kalo nyiptain versi lebih agresif dari obat yg dulu ngerubah Caesar dari simpanse biasa jadi seekor effin’ Fuhrer adalah ide brilian, dan mereka kudu lah milih simpanse dengan muke paling jahat setelah Agus Melasz sebagai objek percobaan. Abis itu sejumlah hal menggelikan pun terjadi & Draco Malfoy kudu ngebayar mahal kelakuannye buat ngerusak line paling legendaris dari franchise ini. Gue cukup yakin ngedenger Charlton Heston tereak “yeaahh!!” pas ngeliat die dihajar. Tentunye, di sini kite lagi ngomongin Draco Malfoy, kite semua tau rekor pertarungannye kaya ape kan?

What a pussy

Kalo lo bisa kena tonjok ama seorang model Chanel berumur 14 taun, maka lo sama sekali ngga punya urusan buat ngalangin seekor Jenderal militer junta-kera buat ngelakuin kudeta antar-spesies. Dengan Malfoy ama sodara retarded-nye berenti nongol di layar & malu-maluin umat manusia, kini kite bisa konsentrasi ama hal-hal penting, kaya fakta kalo sekarang ada ribuan primata bikin kerusuhan di jalanan San Francisco. Bukan pertama kalinye ini pernah kejadian sih emang, tapi kali ini itu terorganisir secara rapih. Faktor “teroganisir secara rapih” ini juga satu-satunye yg ngebedain bagian spesifik ini dengan keadaan tipikal kampus gue dulu kalo malem minggu.

Sekarang gue tau gimane perasaan dosen gue tiap masuk kelas

Para kera di sini keliatan punya target operasi yg jelas:  mulai dari Gen-Sys, kebon binatang lokal, animal control, SFPD, Sarah Palin &…Gedung Putih tuh ada di SF ngga sih? Ngga? Walopun emang udah sedikit telat untuk ngelakuin aksi kekerasan terhadap George Bush, cuman keliatan kalo di sini para primata ini ngga lagi ngelakuin serangan acak, melainkan bikin sebentuk aksi politis &, sumpah, gue belon pernah liat aksi politis dilakuin dengan cara semenghibur ini sejak PETA mikir kalo ereksi ama masturbasi tuh bisa bikin orang berenti makan daging. Ngeliat simpanse naek kuda ala Rambo di Afganishtan serta seekor King Kong ngelakin aksi banzai buat ngejatohin helikopter jelas adalah contoh aksi politis yg bisa gue dukung. Rage Against the Machine harusnye ngerekrut Caesar buat jadi vokalisnye & gue yakin musik mereka bakal ngalemin kemajuan signifikan. Gue emang ngga tau ape Caesar tuh bisa nyanyi ape kaga sih, tapi toh Zack De La Rocha juga ngga pernah bisa nyanyi, jadi apaan coba bedanye?

Plus, mereka bisa jualan merchandise yg awesome

Kalo mau jujur, sebenernye Rise of the Planet of the Apes emang bukan 100% film yg gue ekspektasiin dari judulnye, dan itu mungkin, lagi-lagi, soalnye filmnye juga ngga 100% dipasarin secara jujur. Ini ternyata bukan film yg nunjukin kite gimane asal muasal Planet of the Apes tuh terjadi. Ini juga bukan film soal insureksi bersenjata rezim primata. Malah, ape yg kemudian dimaksud dengan “rise” (yg disebabin oleh sebuah kejadian apes yg ngga ada hubungannye ama kera) pada judulnye tu diliatin dalem bentuk animasi pas kredit akhir, bukan dalem filmnye sendiri. Meski RotPotA emang luar biasa ngehibur, terutama di  bagian terakhirnye pas gerakan separatis kera ngehambur nyebrangin jembatan Golden Gate sambil ngabisin seluruh  Departemen Kepolisian San Francisco, namun mereka yg masuk ngarepin aksi kera-ngebantai-manusia-secara-massal bakalan pulang dengan kecewa. Di film ini, cuman ada 2 kematian gara-gara kera & dua-duanye bisa dengan gampang dianggep sebagai “self-defense” atau sesuatu model gitu. Ngga, para kera ngga ngelakuin revolusi buat ngambil alih dunia sama sekali. Meskipun film ini judulnye Rise of the Planet of the Apes, sebenernye gerilya kera ngga punya hubungan aktif pada runtuhnye peradaban. Mereka cuman, semacem, maen-maen di pohon sementara populasi umat manusia ngabisin dirinye sendiri, gara-gara kelakuan seorang manusia ngelakuin kecerobohan manusia dalem sebuah eksperimen yg dilakuin manusia.

Jadi sebenernye kebangkitan kera tu ngga terlalu jauh beda ama sipilis

Gue tau kalo sutradara Rupert Wyatt emang pengen ngegambarin manusia sebagai antagonis di sini, tapi buat gue kera-keranye, terutama Caesar, keliatan terlalu baik sampe pemberontakannye jadi ngga dimanfaatin sesuai potensi maksimalnye. Jangan salah, gue ngga bermaksud bilang kalo itu ngga awesome, cumaaan, gue ngerasa itu bisa lebih awesome misalnye Wyatt ngga takut bikin mereka jadi lebih jahat. Super-straight-babyface tuh selalu ngebosenin, itu kenape sekarang semua penggemar wrasslin’ benci ama John Cena & Caesar udah secara ngebahayain nyaris jadi John Cena. Iye, gue setuju kalo Caesar di sini punya kepribadian lebih misalnye dibandingin ama si cewe Slumdog Millionaire, tapi karakternye bakal keliatan awesome kalo disuntikin ama sedikit persona criminal-genius sebagai mastermind pemberontakan kera pas mereka ngegulingin manusia dari tahta spesies superior. Seengganye, Wyatt mestinye –minimal- bisa ngasih die momen ngeluarin evil laugh, nyadarin kalo dengan kekuatan barunye die bisa bikin seluruh dunia buat berlutut di bawah telapak kakinye. Seluruhnye? Iye, seluruhnye…kecuali Townsville.

Mereka punya mekanisme-pertahanan anti kera hyper-intelligent

Ngomongin Caesar, pada saat ini kayanye semua orang udah tau kalo di sini die diperanin ama Andy Serkis, dan yg gue maksud “diperanin” artinye Serkis beraksi sebagai model bagi para animator pas mereka ngilustrasiin Caesar. Sebagai, Caesar adalah seekor binatang CG yg kudu bertingkah segimane seekor simpanse pada umumye, tentunye Hollywood perlu seorang aktor manusia buat nunjukin audiens gimane biasanye seekor simpanse tuh bertingkah. Belon pernah kite belajar sebanyak ini soal simpanse dari seorang pria dewasa berpura-pura jadi simpanse yg berpura-pura kalo dirinye orang, itu semacem kaya nutupin badan 2 petinju pake sensor motion-capture buat nunjukin kite  gimane sebenernye perasaan emosionil dari seekor kanguru.

“Serkis, give us a facial expression that oozes geniusm! That’s it! Perfect!”

Harep diinget ini bukan gig pertama Serkis dalem soal bertingkah retarded meranin spesies laen, sebelonnye die udah pernah ngelakuin hal yg sama buat makhluk Master Yoda rip-off di Lords of the Ring itu. Ape sih itu disebutnye? “Muggles”? Ya itu lah pokoknye. Mengingat Serkis sangat hebat buat meranin sesuatu yg nantinye bakalan 100% ketutupan CGI, lo pikir Zach Snyder bakalan ngehemat budget dengan make die buat meranin semua aktris utama di Sucker Punch. Meski, secara pribadi, gue ngarep mereka ngebiarin Serkis apa adanye, atau seengganye makein die make-up monyet buruk aje, itu bakal bikin sejumlah adegan ngebosenin di bagian awal film ini buat bisa jadi keliatan menggelikan.

Gue bakal ngabisin seharian buat nontonin doger monyet kaya gini

Jadi, ape RotPotA ini menyenangkan? Iye! Tentu sangatlah konyol ngeliat seekor simpanse bisa mahamin segalanye yg perlu dibutuhin buat memulai insureksi cukup dengan idup satu rumah ama seorang ilmuwan ganteng, cuman di sisi laen, ADA SEEKOR GORILLA NGELAKUIN DUEL UDARA AMA HELIKOPTER!! Film ini emang ngga dibikin untuk kepentingan dicerna pake logika. Tiap kali kite mulai ngeliat sesuatu yg (mungkin) bisa dijelasin dengan sains, seakan-akan seorang penulis tau-tau nongol di set terus tereak “wait! Stop! Not stupid enough!” & ngerubah sejumlah hal supaya lebih idiotik. Toh, itu ngga selalu buruk ye? Ada banyak momen-momen sepanjang durasinye yg bikin gue terus-terusan senyum geli di korsi bioskop, bahkan kalopun itu ngelibatin plot-development yg sama sekali ngga masuk akal. Penyutradaraan Rupert Wyatt di sini punya kualitas Sam Raimi buat secara konstan ada di garis perbatasan antara schlock ama jenius; retarded tapi stylish, semacem kaya keseluruhan karier Bruce Campbell. Meski ternyata ngga ngelibatin pertumpahan darah antar-spesies kaya ape yg kite harepin dari judulnye, Rise bisa gabung dalem jajaran film-film blockbuster yg  sukses ngehibur pake charm khas skrip B-movie di dalemnye. Dan jujur aje, gue mah ngga pernah nyari bentuk hiburan selaen yg gitu.

.

.

Advertisements

5 thoughts on “RISE OF THE PLANET OF THE APES: BLAHBLAHBLAH

  1. Nice review. saya emang berniat nonton nih film demi melihat simpanse bernama Caesar itu.

    Dan…. itu Powerpuff Girls kan? Kartun favku sewaktu masih kecil.Walopun satu2nya alasan saya nonton demi mendegar suara dan melihat wajah imut2 trio itu.

    Like

  2. seriously? sembilan kali nyebut ilmuwannya ganteng? seriously?

    Like

  3. hehehe reviewnya uchul 🙂

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s