His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

13 ASSASSINS: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

Leave a comment

Satu hal yg bisa kite pelajarin dari ini adalah bahwa chonmage itu model rambut pria-pria sejati.

.

Sejujurnye, gue bukan ahli dalem soal sinema-Jepang. Selaen serial-serial tokusatsu ama pinku-violence misoginistik di sana-sini, hubungan gue ama sinema matahari terbit tuh ngga pernah lebih dari sekedar cinta platonik. Gue bukan weeboo, ngga fanatik ama anime ape hentai (meski kadang-kadang suka nonton), sama sekali ngga tertarik ama Gundam, ngga pernah bisa nonton Seven Samurai ama The 47 Ronin tanpa ketiduran, serta ngebenci semua judul dalem tsunami hantu perempuan J-horror di akhir 90-an. Tapi di sisi laen, gue juga cinta mati Voltus, Denjin Zabogar, Sex & Fury juga Naomi Tani, ama ngedukung sepenuhnye segala yg dilakuin ama orang-orang model Nishimura ama Iguchi di Sushi Typhoon. Secara keseluruhan, ada respek gue buat kebiasaan sineas Jepang untuk ngelakuin segalanye beda dari yg dilakuin penghuni dunia pada umumnye, tapi tentunye, ini negara asalnye kaiju, fesyen harajuku, dekotora ama Goichi Suda. Jadi, kapan sebenernye mereka pernah ngelakuin sesuatu kaya penghuni dunia pada umumnye?

.

Kalo lo familiar ama Jepang, film Samurai, juga film Samurai bikinan Jepang, maka lo pasti tau itu semuanye soal kematian. Kematian adalah penyebab serta akibat dari segala dialog, momen ama kontinuitas adegan dalem semua film Samurai. Iye, gue tau kalo pasti ada orang mati dalem nyaris segala jenis film, terutama eksyen & horror, tapi di film Samurai, kematian punya affair langsung pada plot bersangkutan. Nyaris apepun yg lo liat tu terjadi gara-gara kematian, yg terus abis itu ngakibatin kematian laen, buat kemudian memicu kematian lebih banyak, dst, dst. Biasanye bermuara pada genosida massal. Sekarang, pas seseorang macem Takashi Miike yg beken buat bikin karya-karya…umm, effed up, nge-remake Jûsan-Nin No Shikaku (The Thirteen Assassins), sebuah  film item-putih keluaran 1963-nye Eiichi Kudo dengan premis tipikal, rasa penasaran gue langsung kegelitik buat tau gimane Miike bakal ngambil pakem kisah Samurai klasik terus nyampurinnye pake fetish personalnye yg kite semua tau apaan.

Clue: Itu ada hubungannye ama warna merah

Settingnye penghujung periode Edo, dibuka dengan seseorang ngelakuin aksi seppuku di depan gerbang klan Akhasi sebagai wujud protes buat sesuatu yg gue duga ada hubungannye ama kehormatan. Kite semua tau kalo Samurai megang 3 katana; yg satu panjang & paling sering kite liat di film-film, satunye lagi medium & cuman digunain pada pertarungan dalem ruangan, yg terakhir kecil & punya fungsi tunggal ngerobek perut sendiri. Pas ngelakuin sepukku, seorang Samurai bakal ngasih katana panjang ke sohibnye yg berdiri di belakang, terus make yg kecil buat nusuk & ngebuka perutnye sendiri sampe intestine-nye tumpah ke tanah. Terus, gue duga abis ngeluarin 1001 idiom sumpah serapah ekuivalensi dari “holy shit, that fuckin’ hurt!!!” dalem hati, sang sohib nebas leher buat ngabisin penderitaannye &, dengan demikian, keluarga dari orang bersangkutan bisa dapetin kehormatan mereka kembali, sementara sang sohib bisa dengan bebas flirting ama istri dari orang yg lehernye baru die tebas. Dalem konteks cerita film ini, aksi yg dulunye populer disebut dengan “harakiri” (ngga lagi dipake, soalnye artinye “belly-cutting” & itu kedengeran gross) tersebut dilakuin soalnye orang yg mraktekinnye ngerasa dinodain ama seseorang bernama Lord Naritsugu, & yg gue maksud “dinodain” tu artinye si Naritsugu tadi semacem ngebantai ama merkosa keluarga orang yg bersangkutan. Gue yakin kenape die malah ngelakuin sepukku & bukannye masuk, ngeluarin jurus matrix buat ngemutilasi Naritsugu trus naronye megap-megap di piring kaya hidangan menu ikuzukuri adalah pertanyaan pertama lo semua kan? Ternyata oh ternyata, Lord Naritsugu itu punya hubungan darah ama sang Shogun & karena itu, ngga bisa disentuh ama hukum atau apepun yg ada di bawah langit ini, bahkan meski dalem 10 menit pertama kite semua bisa liat kalo die tuh seorang prick kelas berat, satu yg ngegunain status aristokratnye sebagai pembenaran untuk ngemutilasi cewe ama ngebunuh anak kecil. Parahnye lagi, buat die, ngelakuin itu semua cuman hobi, soalnye apaan lagi yg bisa dilakuin seorang spoiled-rich-brat nan sakit jiwa guna ngebunuh waktu pada jaman di mane video-game belon ditemuin? Pokoknye dalem soal nyiptain karakter antagonis aristokrat, Miike dapet medali emas buat kesuksesannye bikin itu keliatan semenyebalkan mungkin, gue rasa die juga sengaja nge-cast seorang personel boyband untuk ngisi peran tersebut, cuman supaya audiens jadi punya alesan lebih buat ngebencinye.

Plus, die Nazi

Punya seorang psikopat ngedudukin posisi tinggi di kekaisaran emang selalu jadi masalah, tanyain aje orang Romawi, dan masalah itu makin gede soalnye, buat sebuah sistem hierarki Shogunisme tertentu yg ngga gue ngerti, Lord Naritsugu ini adalah calon utama pemimpin politis Jepang masa depan. Terancam negaranye bakal jadi versi Asia Timur dari Jerman circa 1933, seorang petinggi senior bernama Sir Doi mutusin kalo ngelenyapin si anggota-keluarga-Shogun-nan-menyebalkan-sekaligus-simpatisan-Nazi tadi adalah solusi terbaik demi stabilisasi negara matahari terbit. Tentunye, keputusan yg bakal disambut baik ama semua orang Jepang yg namanye bukan “Lord Naritsugu” itu ngga bisa dilakuin terang-terangan, berhubung secara publik ngehukum mati Naritsugu dengan tuduhan “terlalu ngidolain Caligula” bakalan ngerusak nama baik garis darah Shogun, maka Sir Doi manggil Shinzaemon -seorang Samurai terhormat- guna mengemban tugas mulia tersebut secara diem-diem. Tugas mulia yg cenderung konyol sebenernye, soalnye biarpun Naritsugu tuh seorang asshole nyebelin, die tetep asshole nyebelin yg keluarganye Shogun. Ini artinye, die tetep punya perlakuan istimewa kaya yg umumnye diterima ama anggota keluarga seorang Shogun, kaya, um, yaaa, 70 orang pasukan bersenjata buat ngawal die kemanepun die ngelangkah. Kebanyakan orang cuman bakal nganggep nyerang simpatisan Nazi manja dalem kepungan tentara sebagai kerjaan gila & pergi, tapi Shinzaemon engga. Die nerima tugas buat ngelenyapin si Nazi-ritsugu tadi dengan ngerasa terhormat -bikin die jadi Captain America-nye periode Edo- soalnye die seorang Samurai, dan Samurai emang dikenal punya kecenderungan aneh untuk nge-iya-in tugas-tugas absurd kaya gitu. Gue ngga yakin kenape, tapi gue asumsiin itu alesan yg sama ama kenape pegulat Jepang mau naek ke atas ring & nerima finishing-maneuver maut dari seorang Kenta Kobashi.

Sekarang kite tau apaan isi kepala seluruh roster Big Japan Pro Wrestling

Sekedar buat bikin segalanye lebih kompleks, 70 orang pasukan/pengawal tadi ada di bawah komando pribadi seorang Samurai senior bernama Hanbei, yg dulunye berguru pada satu dojo yg sama ama Shinzaemon. Meski reuni antar 2 maestro katana feudal gini dijamin bakalan keliatan 1000 kali lebih menarik daripade reuni SMA tipikal kite-kite di mane semua orang yg terlibat pada sibuk ama BB-nye masing-masing, ini bikin semua misi “ngebunuh secara diem-diem” tadi jadi sulit buat dilakuin. Makanye Shinzaemon kudu ngegalang Samurai-Samurai sejati terakhir di Jepang buat bergabung dalem misi bunuh dirinye tersebut, ujung-ujungnye yg gabung ngga lebih dari 12 soalnye, yaaa, berape banyak orang sih yg lo tau sedemikian semangat buat nyonsong kematiannye sendiri? Iye, gue tau kalo 12 ini ceritanye Samurai bad-ass, cuman, perasaan 70 orang yg ngejagain Naritsugu kan juga Samurai & -gue asumsiin- sama badass-nye, jadi kenyataan kalo lowongan pekerjaan ini peminatnye ngga semembludak audisi Indonesian Idol mah bisa gue pahamin. Yg bikin gue bingung tuh kalo emang Shinzaemon pengen nyingkirin seorang pejabat tinggi negara dengan cara klandestin, terus kenape sih die ngga nyewa Ninja? Maksud gue, dude, lo tinggal di Jepang, sesusah apaan sih ngebayar Ninja buat ngelakuin sesuatu yg jelas-jelas adalah mata pencaharian mereka? Lagian, lo sanggup ngebeli satu kota cuman guna dijadiin arena tempur lo, jadi, kenape lo ngga bisa bayar Ninja???

Apa Rain udah ngebantai semuanye?

Tanpa Ninja, kite punya 12 orang Samurai, semuanye dikenalin satu per satu sesuai tradisi klasik Akira Kurosawa. Di sinilah kite diingetin kalo setting film ini tuh pada akhir periode Edo & para Samurai mulai keilangan tempatnye dalem sistem masyarakat modern. Kaya kite semua ketahui, Samurai tuh kasta ksatria ciptaan sebuah negara yg dulunye dikoyak perang sodara brutal tiap 2 minggu sekali. Mereka dilatih teknik militer pedang katana &, kalo ngga lagi sibuk nebasin leher lawan di medan tempur, terkenal suka nyibukin diri dengan puisi, kesenian, ama hal-hal laen yg ama kebanyakan orang non-Jepang dianggep gay. Jadi pada dasarnye, ini adalah orang yg bakalan ngebelah kepala lo pake satu manuver efektif kalo lo ngalangin momen plot-key penting pas die nonton The Notebook. Masalahnye, level excitement kehidupan dalem periode transisi nan damai tuh sama sekali bertentangan ama naluri Klingon mereka. Sebagai orang yg ngabisin seumur idup buat latian nguasain seni pertempuran, pasti rasanye sucks kalo ngga pernah ada pertempuran guna mraktekinnye. Samurai bukan Ninja, mereka butuh alesan spesfik sebelon bisa ngebunuh orang, jangan lupa kalo mereka juga selamanye keiket ama kode etik Bushido, yg pada dasarnye ngerusak segala hal nyenengin dari jadi seorang bad-ass dengan batesan peraturan-peraturan strict soal ape aja yg boleh & ngga boleh dilakuin. Semacem kaya nguasain semua teknik Kama Sutra tanpa punya partner seks, pengebirian naluri di atas bikin para Samurai bakalan dengan napsu ngebunuh orang (ape dirinye sendiri, tergantung) pada kesempatan pertama itu memungkinkan buat dilakuin atas nama kehormatan, kehormatan orang laen, soalnye meski sangat mumpuni dalem seni membunuh, nyawa seorang Samurai sendiri keliatannye ngga pernah punya nilai berarti.

Kata “profit” tuh ngga pernah ada dalem buku etik Bushido

Ini makanye biarpun absurd, kite bisa ngeliat alesan di balik kenape Hanbei -sebagai Samurai senior- sudi ngebelain boss-nye yg luar biasa asshole sampe ke titik darah penghabisan. Bukan soalnye die ngga nyadar kalo Naritsugu tuh asshole, tapi die cuman ngejunjung dedikasi pada profesinye sebagai Samurai buat selalu ngelayanin sang master. Kenape seseorang bisa ngeyakinin ahli pedang bad-ass buat jadi piaran pribadinye seumur-idup adalah sesuatu yg –sampe hari ini- para ahli sejarah belon bisa jelasin, tapi gue curiga itu ada hubungannye ama boobsboobs dalem jumlah besar. Di sisi laen, kite juga dikasih tau kenape Shinzaemon masuk ke mode Leonidas-nantang-armada-Persia gini, soalnye die juga megang kode etik Samurai versi die, sesuatu soal respek, loyalitas & semacemnye. Lo pernah liat ngga 2 orang tua keras kepala berselisih paham soal sesuatu? Pernah ngga itu berakhir dengan baek-baek? Nah, ini tuh semacem kaya gitu, mental dari rivalitas West Ham versus Milwall cuman dengan semua orang bawa senjata tajem & ngga ada polisi buat misahinnye.  Sebagai pemegang teguh kode Bushido, Shinzaemon tau kalo idupnye cuman bakal berakhir dengan 2 kemungkinan: antara mati ketusuk pedang musuh, ape mati ketusuk pedang sendiri buat nebus malu dari ngga berhasil mati ketusuk pedang musuh. Yoi bro, Samurai-Samurai ini punya obsesi hardcore pada kematian serta kehormatan dari nyelesaiin misi, itu makanye lo ngga ngeliat Shinzaemon nganggep kudu nyerang 70 orang tentara musuh yg terorganisir secara militer cukup dengan 12 orang sebagai masalah gede.

Lagian, mereka selalu bisa nyatu jadi robot raksasa

13 Assassins itu punya 2 babak, babak pertama, durasinye hampir 1.5 jam, nyeritain soal Shinzaemon ngumpulin pasukan ama nyiapin strategi buat ngejebak Naritsugu bersama 70 bodyguard-nye. Walau itu kedengeran kaya kurun waktu keterlaluan buat set-up menuju ke pertempuran klimaks, Takashi Miike bisa maenin alur dengan cukup cerdik supaya penonton kaga ngerasa bosen-bosen amat. Mungkin punya 13 tokoh juga ngebantu hal itu soalnye penonton punya lebih dari cukup karakter buat bikin dirinye sibuk. Sisi negatifnye, itu bikin cuman segelintir dari karakter-karakter tadi yg menonjol, sisanye nyaris mustahil dibedain satu sama laen, tapi kalo dibandingin ama Seven Samurai, yg sedemikian fokus pada 7 karakternye sampe kite udah ngerasa bosen sama mereka pas eksyennye dimulai, 13 Assassins jadi ngga kerasa (terlalu) dragging. Hal laen yg menarik adalah pertarungan strategi ala papan catur antara Shinzaemon ama Hanbei, waktu Shinzaemon nyiapin rencana-rencana guna ngegembala pasukan Naritsugu ke dalem perangkap sementara Hanbei berusaha nge-counternye, semacem kaya versi jantan dari persaingan Mac ama Windows. Akhirnye, Naritsugu ama pasukannye emang masuk ke Ochia, satu kota yg ama 13 jagoan kite udah dijadiin kanvas gede penuh jebakan Vietcong buat dilukis pake darah bangsawan kaya St. Petersburg pada revolusi Rusia, tapiii, Hanbei nunjukin kalo dirinye bukan bocah ingusan dengan –secara mengejutkan- ngga dateng dengan 70 pasukan kaya yg diduga, tapi 200. Tentunye pada saat ini, udah telat bagi dua belah pihak buat nelen pride & ngebatalin rencana, maka, mereka pun ngelanjutinnye dengan saling tukeran punchline ala  “pwned” ama “fag” kaya pemaen MMORPG sejati dalem sebuah raid.

“n00b”

Pada saat inilah kite masuk ke babak kedua, yg adalah sekuen pertempuran massal selama 45 menit. Yup, EMPAT PULUH LIMA menit. Film ini boleh jadi ngerangkak waktu start, tapi abis itu terbang nerobos garis finish dengan kecepatan maksimum. Nonton sekuen akhir 13 Assassins tuh semacem kaya nerima slip gaji abis ngerjain kerjaan shitty 2 minggu penuh: memuaskan. Waktu pertumpahan darah dimulai, Miike ngaransemen 100% kombat old-school yg eksyennye bener-bener bisa kite nikmatin, ini mungkin sekuen pembantaian paling terkoreografi dengan apik sejak yg dibikin Alex Aja di Piranha 3D taun kemaren. Yg paling gue suka dari ini tu Takashi Miike ngga make semua teknik adegan eksyen yg biasanye kite temuin dalem produksi Hollywood; ngga ada shaky-cam, ngga ada close-up ekstrim, ngga ada wire-fu ataupun slow-motion annoying, semuanye real-time kaya gimane sebuah pertempuran tuh sebenernye terjadi. Miike juga ngga ngeglorifikasiin 13 protagonisnye pake shot-shot heroik propaganda realisme-sosialis, ngga ada satu pun diantaranye yg berpose jumawa di gedung tinggi, megang katana dengan jubah berkibar-kibar depan bulan purnama di sini. 13 Assassins ngegambarin bad-assness dari para Samurainye pake cara Samurai senjati; dengan nunjukin mereka ngayunin katana kesana/sini lawan musuh yg jumlahnye 15: 1. Tapi meski nunjukin pertempuran dashyat, sejujurnye, film ini ngga terlalu brutal. Maksud gue, iye sih, emang banyak orang yg keilangan nyawanye secara tragis, cuman menimbang fakta bahwa ini dibikin ama Takashi Miike -orang yg bertanggung jawab buat Ichi the Killer & Dead or Alive- kadar kekerasan dalem 13 Assassins bisa dikategoriin sebagai “jinak”, ngga sampe culun sih, tapi jinak. Malah, semua imej-imej disturbing yg sinonim ama nama Miike praktis absen di sepanjang durasi. Ngga tau kenape, sang sutradara eksentrik keliatannye sangat ngebatesin fetishnye dalem film ini sampe gue ngerasa kalo 13 Assassins tu sama sekali ngga eksploitatif. Tapi jangan khawatir, bahkan dalem pendekatan paling family friendly-nye  sekalipun, Miike masih ngasih kite gambar-gambar hasil buah pikiran orang Jepang sejati, salah satunye tuh keliatan kaya versi exploding ring match dari festival taunan San Fermin.

Apa yg bisa bikin ini jadi lebih hardcore? Bahan peledak!

Secara keseluruhan, remake Takashi Miike ini kerasa kaya throwback ke sinema-sinema eksyen masa lalu, bener-bener masa lalu sampe jauh ke era 60-an. Gue emang ngga pernah nonton Jûsan-Nin No Shikaku versi Kudo sih, cuman metode storytelling yg dipake disini ngingetin gue ama jaman ngeliat tontonan jadul kaya Magnificent Seven ape Zulu, contoh paling modernnye mungkin 13th Warriors yg, kalo dipikir-pikir lagi sekarang, keliatan kaya apaan hasilnye kalo lo naro Seven Samurai ama 13 Assassins dalem blender. Keseluruhan plot-nye bisa dirangkum pake satu kalimat sederhana: segelintir orang berdedikasi berdiri tegak menantang lawan dengan kekuatan ngga berimbang.  Dengan satu perbedaan kalo di sini para assassins kite ada dalem posisi ofensif, bukan defensif, 13 Assassins pada dasarnye tuh Alamo-western klasik yg dieksekusi pake produksi masa kini. Tentunye sejumlah ksatria Asia terlibat dalem kombat jarak deket pake pedang tuh keliatan jauh lebih macho daripade redneck-redneck bersenjata nembakin orang yg nyerang mereka pake panah, tapi pada dasarnye, film kaya gini ngga ngasih ape-ape selaen display hiperbolis dari keberanian sejenis orang doang, sesuatu yg gue pribadi anggep para Samurai emang layak dapetin. Jujur, simpel & -secara ngejutin- jauh dari shock-value ama gore sensasional khas merk dagang Takashi Miike, 13 Assassins tuh contoh sempurna dari sebuah slow-burner yg ngebayar impas penantian lo di 45 menit terakhir pake semua jurus pedang ama kematian massal yg  lo harepin dari satu tontonan soal selosin Samurai. Badass-slighty-less-awesome-than-a-Ninja Samurai. REAL Samurai.

Bukan yg gini, apepun namanye ini

.

.

Advertisements

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s