His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

SCREAM 4: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

2 Comments

You SCR3AM, I SCRE4M, we all 5CREAM 4 this shit to stop!!

.

Pertama-tama, mulai dari sini gue bakal selalu nyebut ini “Scream 4”, bukan “SCRE4M” sesuai ama judul resminye soalnye…baleg lah. Ya, gue tau judul dari seri sebelonnye tuh “SCR3AM” & sekuelnye (kalo ada) dijamin bakal dijudulin “5CREAM”, bikin seri ini jadi pemenang mutlak penghargaan khusus untuk franchise film paling alay, tapi itu ngga perlu jadi alesan supaya kite semua kudu bertingkah kaya seorang ABG di arena MMORPG kan?

.

Dengan itu dijelasin, gue ngaku kalo gue emang ngga pernah suka ama Scream. Buat gue, Scream ngga lebih dari film slasher biasa soal seorang pembunuh berpiso yg secara ajaib ngga pernah jatoh keserimpet kostumnye sendiri. Die ngelakuin hal yg umum dilakuin seorang pembunuh berpiso buat nikam-nikamin pisonye tadi ke sejumlah ABG secara sembarangan, cuman, kalo di Scream, ABG-ABG yg dimaksud tuh semuanye penggemar film horror & itu, ceritanye, bikin ini jadi post-mo ape apelah gitu, ngga ngerti gue. Sejujurnye, dari dulu gue ngga paham kenape satu film yg ngomongin soal semua klise-klise horror dalem skripnye tuh bikin itu jadi lebih superior dari film-film yg ngelakuin semua klise-klise horror, tapi gue asumsiin itu yg dimaksud sebagai “satire” jadi ya sudahlah ye? Toh, buat mata gue yg cuman bisa suka/benci sesuatu sesuai kaya ape yg gue liat, Scream tuh parodi dari film slasher tipikal, satu yg ngegunain gimmick “meta-horror” lumayan lucu selama 20 menit pertama. Sayangnye, gimmick itu terus berlangsung sekitar 70 menit plus 2 sekuel kepanjangan. Ini ngelunturin nilai komedi apepun yg tadinye sempet ada & ngerubahnye pake sejenis annoyingisme tertentu ala meme Desu.  Gue tau kalo sebagian orang nganggep film ini tuh ngerevolusi genre slasher ama horror-modern &, meski ngga 100% setuju, tapi gue akuin kalo pada pengertian tertentu, pendapat itu ada benernye. Booming judul pertamanye dulu emang nyiptain tsunami gelombang “teen-slasher” generasi 2000-an, bikin genre ini jadi trend kultur-pop buat konsumsi audiens umum. Tapi tentunye, kaya yg dibuktiin sepatu croc & para hipster, yg namanye trend kultur-pop tu nyaris 90% didominasi ama hal-hal idiotik. Kaya gimane band model Dashboard Confessional “ngerevolusi” musik rock dengan secara mencurigakan bikin itu kedengeran sangat menyerupai musik pop buruk, Scream, secara mencurigakan, bikin genre horror jadi keliatan menyerupai edisi-spesial Halloween dari Ashlee Simpson Show, induk semang sempurna bagi para selebritis gagal buat ngambil slip gaji yg dibutuhin untuk keperluan ngebiayain adiksi obat bius mereka.

Sekian paragraf & gue sama sekali belon ngomongin filmnye? Ya maap, tapi saat ini filmnye emang belon mulai. Berhubung ini bagian dari trilogi Scream, wajib hukumnye kite kudu ngelewatin prolog “sekuen pembukaan nan shocking”. Inget waktu Drew Barrymore dibantai di film pertamanye? Itu momen horror-klasik, iye bahkan gue yg ngga suka pun musti ngakuin kalo itu emang momen horror-klasik, semacem versi generasi baru dari adegan kamar mandinye Psycho. Sejak itu, tiap judul franchise ini selalu berusaha bikin pembukaan yg ngasilin efek “holy shit” serupa. Dan meski pembukaan jilid 2 ama 3 keliatan menyedihkan dalem usahanye nandingin standar tinggi yg diciptain pendahulunye, dua-duanye masih jauh lebih mendingan kalo dibandingin ama yg ini. Kaga pake tendeng aling-aling, episode IV langsung ngebombardir kite pake gimmick klise anti-klisenye secara repetitif sampe itu mulai kerasa lebih basi dari lelucon Chuck Norris facts. Gue ngerti Wes Craven punya niat ngerangkai grand-entrance megah buat judul yg –gue yakin- dicanangkan nge-reboot franchise ini pake opening mengesankan dari sentilan satire mereka nan intelek. Meski secara teori itu emang ide bagus, pada prakteknye Craven ngga bisa ngasih kite lebih dari satu scream-trailer-marathon panjang yg, meski diniatin jadi sesuatu nan sensasional & cerdas, malah berakhir keliatan kaya parodi buruk dari dirinye sendiri. Ape ini yg dimaksud dengan “ironi”?? Internet udah ngajarin kite semua kalo sebenernye ngga ada batesan jelas antara ironi, parodi, ama extreme stupidity. Praktis di sepanjang sekuen pre-titel ini kite ngedengerin 2 karakter ngobrolin soal betape bodohnye film horror masa kini…wah? masa sih? Maksud lo, kaya apaan yg lagi gue tonton ini? Ape bikin film horror butut tuh berarti seseorang lagi ngedemonstrasiin betape bututnye keadaan genre horror di Hollywood saat ini atau emang pada dasarnye die emang ngga punya kemampuan selaen bikin film horror yg butut aje? Diantara 2 pilihan tadi, ada gitu  yg nguntungin kite para penonton? Dan kenape sebuah opening annoying kaya gini bikin gue jadi mikirin semua itu? Gampang aje, bagian ini annoying, rasanye kaya dipaksa ngeliat montase tanpa akhir dari deleted scene-nye Scary Movie 12 sebelon, akhirnye, bisa nonton film yg kite puter.

“STOP EFFIN’ AROUND & START THE GODDAMN MOVIE ALREADY!!!”

Nah, sekarang mari kite omongin filmnye.

Satu dekade abis kejadian di Scream terakhir (jilid 3 buat lo yg punya kesulitan berhitung), Sidney Prescott (Neve Campbell) pulang kampung ke Woodsboro dalem rangka mromosiin buku manual soal paduan tata-cara bertahan idup di film horror bikinan doski, kalo ngga salah judulnye “Still Stiff as Hell After All These Years”. Pada sebuah acara di toko buku lokal di mane doi ngasih tanda tangan ama ngebagiin DVD Party of Five, terjadilah reuni dari geng Woodsboro waktu Sid ketemu  Gale -sekarang- Weathers-Riley (diperanin mantan manusia yg sekarang jadi contoh idup bencana operasi plastik; Courteney Cox Arquette) serta mantan Deputy idiotik Dewey Riley (mantan juara WCW; David Arquette) yg sekarang udah naek pangkat jadi Sheriff idiotik, semua yg laen udah mati jadi emang reuninye cuman antar mereka aje. Sayangnye, sebelon trio kite ini sempet mabok bareng sambil tuker-tukeran cerita kenape karier mereka semuanye berenti di seri Scream terakhir, sang Ghostface Killah nan infamous -gue asumsiin dapetin semangat pasca kesuksesan dari Apollo Kids– mutusin buat beraksi kembali, nusukin anak-anak SMA lokal soalnye three musketeers orisinil serial ini semuanye udah ketuaan buat jadi korban di film slasher. Di sinilah gunanye Wes Craven ngegaji satu roster komplit dari anggota cast baru, dengan dipimpin ama Jill (Emma Roberts) sebagai sodaranye Sidney sekaligus calon utama pengisi peranan final-girl baru buat 3 sekuel ke depan. Selaen doi, ada juga sekompi tokoh laen yg dibutuhin buat nambah banyak daftar tersangka plus menuhin kuota korban jiwa sesuai dengan formula standar serial ini. Coba kite liat, ada si tetangga yg, selaen terlalu seksi, juga ketuaan buat jadi anak SMA, si mantan pacar yg adalah Billy Loomis baru, si publisis mata duitan, geek, geek satu lagi, Deputi yg naksir ama Sheriff Riley, terus 2 polisi yg jelas bukan Bruce Willis. Tebak berape diantaranye yg bakalan masih idup pas film ini abis? Tentunye, kelebihan dari Scream adalah tindakan klise mereka buat mencemooh klise sambil ngelakuin hal klise yg bikin itu jadi ngga klise (whuuuut?), jadi dalem sebuah twist yg ngga disangka-sangka, Wes Craven ama Kevin Williamson ngisi peran Randy sebagai sang genre-aficionado pake seorang cewe dengan potongan rambut yg jadi nama band The Pixies, diperanin ama Hayden Planetarium.

Inilah wujud penggemar horror fanatik pada umumnye

Dari situ semuanye udah familiar; para remaja mulai nerimain telepon misterius yg memaksa penerimanye terlibat dalem perbincangan terbelakang mental soal “what’s your favorite scary movie? Ok, who’s this? Not funny. Yaddayadda” selama 3 menit sebelon doski nyadar kalo itu bukan lelucon & seseorang dalem kostum nan sama sekali ngga praktis buat dipake ngebunuh orang tau-tau nongol dari belakang/samping/atas terus mulai nusukin penerima telpon yg bersangkutan. Temen-temen penerima telpon yg malang mulai sibuk ngomongin film horror & Gale pun terjun ngelakuin penyelidikan yg harusnye adalah tugas kepolisian soalnye semua petugas di seluruh departemen kepolisian Woodsboro terlalu inkompeten buat ngelakuinnye. Dewey ngelarang Gale terlibat gara-gara die udah secara khusus manggil Mystery Inc buat nanganin kasus ini. Gale menolak soalnye doski tu effin’ Lois Lane. Penyelidikan independennye bermuara pada sebuah lokasi, di mane anak-anak muda ngerasa kalo ngadain pesta ama mabok-mabokan sambil nonton marathon film horror pas seorang pembunuh psikopat yg ngedasarin aksinye dari film horror yg bersangkutan lagi berkeliaran adalah sebuah ide yg bagus. Maka Gale menyelinap masuk, berniat memata-matai sang pembunuh…yg sebenernye justru lagi mata-matain doski & pada kesempatan pertama pas doi berdiri terlalu condong ke salah satu sisi frame, Ghostface bakal muncul dari sisi yg laen. Sekarang, Gale kudu terlibat pergumulan girlie ala partai Diva di WWE selama semenit nungguin Dewey dateng buat mulai nembakin tembok, tau kan? Soalnye polisi Woodsboro tuh belajar nembak di Imperial Storm Trooper Academy of Markmanship. Jadi Ghostface kabur, terus pergi ke tempat di mane semua sasarannye -secara kebetulan- pada ngumpul di satu lokasi, kemungkinannye sambil ngomongin film horror, asli, semuanye sesuai prosedur. Malah, kalo dipikir-pikir lagi, satu-satunye yg ngebedain Scream ini ama yg sebelon-sebelonnye tuh jaman sekarang jauh lebih gampang bagi seorang asshole buat nyebarin spoiler dari endingnye via internet, tapi ya sebenernye mau gimane? Ini jilid 4 dari film yg gimmick tunggalnye adalah jadi bentuk satire dari horror-klise. Itu semacem kaya nge-remix satu singel one-hit-wonder buat jadi materi 4 album, & Wes Craven ama Kevin Williamson ngga punya kapasitas ala Beastie Boys buat bisa bikin sebuah masterpiece pada tiap dekade. Selaen Scream, resume Kevin Williamson tuh Dawson’s Creek, Cursed, ama Vampire Diaries!  Wes Craven? Ok, die bikin Last House on the Left ama Nightmare on Elm Street di era 70 ama 80-an, tapi lo masih inget kan karya terbarunye taun kemaren? My Soul to Take 3D (D-nye kependekan dari Dumb-as-fuck). Dengan fakta itu dipertimbangin, serial Scream emang kaya ditakdirin jadi salah satu kisah sedih dari orang-orang yg, secara kebetulan, ngelakuin sesuatu nan cukup oke sekali, terus selamanye terkutuk buat selalu ngulanginnye lagi, lagi & lagi.

Semacem kaya tur reuni Motley Crue

Lagian, ngga kaya mereka ngga nyadarin hal itu kok. 11 taun lalu, abis bencana yg namanye Scream 3, Craven sempet ngomong kalo die ngga pengen ngelanjutin seri Ghostface lagi, secara eksplisit ngimplikasiin kalo bahkan die pun nyadar franchise ini udah diperes sampe ke tingkatan maksimum. Toh akhirnye die ngelakuinnye juga, gue asumsiin dengan alesan yg sama ama yg bikin Hulk Hogan selalu balik ke atas ring tiap berape taun sekali. Dalem ape yg gue duga adalah usaha terakhir para pembikinnye buat ngga keliatan kaya mereka udah sell-out, Scream 4 ngejanjiin sesuatu yg mereka umbar pada tagline-nye dengan “dekade baru, peraturan baru”…tentunye itu praktis sebenernye ngga ada. Kaya jilid yg udah-udah, 80% dialog film ini diisi ama anggota cast ngomenin trend-trend dalem film horror terkini (kali ini mencakup reboot, remake, found-footage, dsb) sementara berpartisipasi dalem film serupa. Ngga beda ama seri 2 & 3, judul ke-4 ini juga keliatan ngga lebih selaen parodi judul pertamanye, cuman dengan bahan lelucon yg bener-bener udah basi. Maksud gue, ini udah keempat kalinye mereka make rumus yg sama, rumus yg kebukti cuman sukses sekali, dan meski Craven ama Williamson emang kesannye kaya berusaha bikinnye menegangkan pake premis kalo, kali ini, “sapepun bisa jadi korban” & “sapepun bisa jadi pelaku”, tapi abis nonton 30 menit kite semua bisa liat kalo itu ngga akan kejadian. Beberapa tokoh JELAS ngga bakal mati & lo tau beberapa wajah ngga mungkin tau-tau nongol dari belakang topeng sambil bikin pengumuman kenape die tuh jadi Ghostface. Skrip-nye emang naro perbendaharaan kata modern kaya “twitter” , “facebook”, ama aplikasi iPhone buat bikin suara Ghostface di dalemnye, cuman pada eksekusinye kite ngga pernah dapet shocker yg bener-bener ngejutin. Ngga ada sekuen “surprise Drew Barrymore”, ngga ada cewe yg kepikiran bawa stun-gun ape make jet-pack rahasia di punggungnye, & si pembunuh masih make kostum Halloween sama, satu yg sedemikian ngga praktisnye sampe bikin nyerang orang pake sebilah piso jadi keliatan luar biasa ngga efektif sekaligus sama “mengancemnye” ama handspring back elbow-nye Kelly Kelly.

Kenape Ghostafce ngga bawa beceng kaya semua rapper laen?

Sejujurnye, kalo diliat dari sudut slasher tipikal, Scream 4 sebenernye  ngga jelek-jelek amat. Ini jelas lebih gore dari judul-judul sebelonnye & cast-nye ngasih suplai memadai dari elemen fundamental sub-genre ginian: sejumlah karakter ngga mengesankan buat diabisin satu-satu. Tentunye, Craven ama Williamson kudu lah menuhin dialognye pake ngga cuman komentar-komentar mereka soal trope-trope horror (yawn), tapi juga segudang referensi eksplisit kepada Scream pertama. Film ini merlakuin Stab, film fiksi dalem Scream 2, kaya itu tuh semacem fenomena kult tertentu sambil terus-terusan bikin rujukan ke “film orisinalnye”, yg gue duga maksudnye Scream 1 berhubung –ceritanye- itu emang kejadian nyata yg nginspirasiin Stab kan? Juga ada subplot soal kalo sekarang, si pembunuh sebenernye lagi berusaha nge-remake pembantaian Woodsboro pertama, tau kan? Saking kerennye itu. Dan dengan demikian ngasih kite sebaris peraturan baru yg pointless berhubung ujung-ujungnye itu bakalan dilanggar ama semua orang. Peraturan baru ini kecipta soalnye si pembunuh ngerasa perlu bikin gebrakan kreatif dari pakem lama yg kelewat predictable, secara ngga langsung ngasih tau ke kite bahwa peraturan lama mereka tuh 100% akurat.  Jadi, pada dasarnye kite punya skrip bikinan Kevin Williamson yg isinye muji skrip bikinan Kevin Williamson? Ngga tau ye, tapi di kuping gue itu kedengeran…ehm…ganjil. Maksud gue, itu kan sama aje kaya kalo Robert Rodriguez bikin homage buat Spy Kids. Mungkin secara artistik ngga salah sih, cuman menggelikan aje. Ngga ada gitu sejenis etika tertentu yg fungsinye ngelarang seseorang dari ngelakuin hal semacem itu? Ape tanggepan dunia kalo, misalnye, Sex Pistols bilang album reuni “Filthy Lucre Live” mereka dulu tuh sebenernye album tribut buat “Nevermind the Bollocks”? Bahkan sejumlah washed-up has-beens kaya mereka pun masih punya cukup rasa malu untuk, tau kan? Ngga ngelakuin hal macem gitu, dan kite lagi ngomongin band yg terang-terangan ngeluarin album “kompilasi” (notabene “rilisan lama ditaro dalem packaging baru) pake judul “Flogging A Dead Horse”. Dari dulu, gue selalu nganggep kebiasaan film-film Scream ngomenin klise-klise tipikal slasher (sebelon abis itu ngelakuin semuanye) sebagai sesuatu yg annoying, rasanye kaya nonton DVD & satu-satunye suara yg keluar tuh cuman audio-commentary. Gue ngga nonton buat ngedenger audio-commentary, kecuali kalo itu ngelibatin Bruce Campbell, jadi buat gue ngebawanye ke level mengerikan selanjutnye dengan, secara terbuka, muji karya sendiri dalem skrip mungkin adalah satu-satunye definisi “egosentris” yg lebih nyebelin dari “orang yg nge-post-in hasil kuis on-line mereka” di internet.

Pada akhirnye, emang agak susah ngedeskripsiin sekuel terbaru dari franchise ini. Disebut komedi ngga lucu-lucu amat, disebut “satire” semua tau kalo itu cuman metafora dari “butut”, gue tadinye pengen make istilah “slasher eksperimental” sebelon gue sadar kalo “eksperimen” ini udah dibikin 4 kali! Dalem kurun 15 taun! Bukannye lebih baek kalo dunia make dedikasi macem gini buat sesuatu yg lebih berguna bagi kemanusiaan, kaya…obat AIDS, ape semacemnye? Franchise ini ngabisin lebih dari satu dekade bikin eksperimen-artistik repetitif tanpa hasil yg jelas, bikin ini jadi semacem ekuivalensi sinema dari keseluruhan diskografinye Isis. Kalo kite telanjangin semua layer pseudo-intelektual artifisialnye, bisa keliatan bahwa quadrilogi Scream tu sebenernye film slasher medioker biasa yg cuman punya, berape? 2 kill-scene memorabel di dalemnye? Ape sih yg dulu bikin judul pertamanye bisa jadi populer? Adegan pembukaan Drew Barrymore-nye yg awesome aje kok.  Sebagian orang percaya kalo misalnye kaga ada adegan itu, maka Scream bakalan jadi slasher nan shitty, mau bukti? Silakan liat 2 sekuelnye. Wes Craven punya ide bagus; ngejadiin ketololan film slasher jadi lelucon, sayangnye, die ngga nyadar kalo lama-lama justru die sendiri yg jadi lelucon. Tragis. Mungkin itu emang deskripsi paling cocok buat trilogi sebelonnye: tragedi, tragedi dari sesuatu yg berubah jadi apaan yg niatnye pengen itu cemooh. Sementara Scream 4? Itu judul yg sukses buat jadi shitty sequel, shitty reboot, ama shitty remake sekaligus, semuanye dalem film yg ngomentarin soal shitty sequel, shitty reboot, ama shitty remake! Effin’ meta! Jujur, sebenernye gue ngerasa bersalah,…ok deh, sedikit bersalah kudu segini negatifnye nanggepin karya dari seorang Wes Craven, tapi abis mengingat horror (dalem arti harfiah) yg berjudul Cursed, Red Eye, ama My Soul to Take, gue sadar kalo usaha-usaha Mr. Craven-nan-dulu-hebat ini sekarang tuh semacem ngeliat bokap lo berusaha keliatan ‘hip’ dengan cara menguasai lantai dansa Embassy sambil booty-shaking ke lagunye Nicki Minaj: buat kite-kite yg seumur idup tau beliau, itu kaya jadi saksi mata terjadinye holokos. Tapi buat temen-temen seangkatan ade lo, itu lelucon paling konyol sejak penampilan The Rock di Hannah Montana. Scream 4 mungkin pengen jadi Scream 1 bagi sebuah generasi baru horror-fans, tapi tendensi self-centered menyedihkan dari komedi pemujaan diri bikin semua kritik di dalemnye sama sekali keilangan relevansi apepun, selaen buat jadi bahan ketawaan.

Mungkin line David Arquette ini bisa ngejelasinnye secara sempurna: “One generation’s tragedy is the next one’s joke”.

Semacem kaya yg terjadi ke New Wave

.

.

Buat definisi yg lebih menguntungkan dari ‘slasher’, silakan cek program khusus Apanamanya ini. Jangan lupa cek juga kaos homage Sucker Punch kite, tersedia, juga bisa di-order, di Omuniuum & Remains Rottrevore, Bandung. Buat seleksi ukuran yg lebih terbatas, silakan kontak kami di hisheroisdemon@gmail.com.

.

Advertisements

2 thoughts on “SCREAM 4: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. Satu2nya yg berkesan dari Scream 4 ini ya:
    ‘Don’t fuck with the original’

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s