His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

DEATH-FETISH: A SEXY HISTORY OF GRAPHIC VIOLENCE

Leave a comment

Kite sering nulis soal cewe seksi, kite pernah nulis soal kekerasan. Sekarang, kite ngegabungin dua-duanye jadi satu.

.

Rule 41: No matter what it is, it is someone’s fetish. No Exceptions.

.

Istilah “death-fetish” itu kata yg gue pake secara pribadi buat nyebut fetish spesifik dalam artikel ini. Kalo lo google kata itu, kemungkinannye yg nongol tuh hal-hal yg ngga ada hubungannye ama apaan yg lo baca di sini, kaya band metal apa sesuatu model gitu.  Buat artikel ini, death-fetish itu berarti bentuk fetish pada semua hal berbau kematian. Bukan dalem pengertian “obsesi” suicidal massa Goth, tapi lebih ke bentuk spesifik orientasi fantasi seksual, bokep lah gampangnye. Istilah catchy yg gue pake ini sama sekali ngga ada hubungannye ama make eyeliner, denger cewe nyanyi mendayu-dayu, ama hidup bermuram-durja sambil ngiris-ngiris tangan sementara segala sesuatu di sekitar lo cuman ada dalam warna item. Death-fetish di sini mengacu ke orang-orang yg kerangsang (secara sensual) ama sesuatu yg ada hubungannye dengan kematian, & bertentangan ama kepercayaan umum, fetish pada kematian tuh sama umumnye ama dapet boner di acara deathrock. Kematian emang terkenal buat punya elemen sensual di dalemnye, itu satu-satunye alesan kenape dunia masih nolerir band-band gothic sampe saat ini, maksud gue, kite semua tau itu bukan gara-gara musiknye kan?

Ataupun 2 cowo dengan gaya rambut idiotik di dalemnye

.

GORN, SEBUAH ORGY DEATH-FETISH

.

Sejak Saw pertama meledak, dunia udah kenal ama sub-genre spesifik yg disebut “torture-porn”, & biarpun istilah itu (sama kaya “slasher”) sebenernye dikasih ama kritikus sebagai hinaan, kudu diakuin kalo, dalem hal ini, mereka sama sekali ngga salah. Jauh sebelon “torture-porn” jadi label resmi gaya tontonan tertentu, horror-fans udah lama kenal ama istilah “gorn” yg secara garis besar punya makna yg sama: kekerasan-grafik sampe ke titik cabul. Gorn (gore-porn) nyodorin kekerasan ama horor bukan buat bikin orang ngerasa takut ape tegang, tapi justru supaya kerangsang & bersemangat. Persis kaya bokep, di mane satu plot tolol soal seorang pengantar pizza ama sekelompok cheerleader horny dari luar angkasa cuman jadi pengisi background supaya semua orang bisa pada buka baju & mulai saling tindih, film gorn juga ngga buang-buang waktu banyak buat masuk ke bagian yg ditunggu-tunggu.

“Ok, lo udah pegang senjata, sekarang langsung bunuh-bunuhan!!”

Tentunye, film horror selalu naro karakter-karakter utamanye dalem situasi buruk biar para penonton bisa ikut ngerasain terror ama ketegangan dari penderitaan mereka, tapi gorn sama sekali ngga punya niat buat nakut-nakutin penonton, mancing empati, ataupun nunjukin perjuangan seorang protagonis dalem usaha mulianya demi bertahan hidup. Gorn emang ada cuman buat ngekspos gore untuk kepentingan kenikmatan primitif dari nyaksiin banjir darah doang. Meski lebih populer dengan istilah torture-porn, definisi dari gorn sebenernye lebih deket ama versi Jepangnye: ero guro nansensu. Walau emang definisi KBBI dari ero guro (エログロ kalo dalem bahasa weeboo) belon berhasil ditemuin, 90% estetika guro tuh dibikin berdasarkan imej cewe-cewe anime dibunuhin. Biasanye sama robot raksasa, monster buruk rupa berukuran raksasa, atau psikopat yg bawa piso daging segede phallus-nye raksasa, semuanye digambarin dengan cara nan erotis. Soalnye kalo emang orang kudu-wajib ngeliat gambar dari seorang cewe anime dicincang idup-idup, seengganye itu mestinye bisa lah digambarin secara erotis. Guro, kaya Shibari, juga dihargain sebagai cabang terhormat dari seni tradisional Jepang (gerakan ini dimulai sejak taun 1920), satu yg dipuji sebagian orang sebagai sebuah fenomena feudal, yg berhasil menangkap esensi dari idup keseharian masyarakat Jepang dari masa ke masa. Aslinye? Ero guro? Itu potret idup sehari-hari orang Jepang?!!

Mengingat ini terjadi sehari-hari, menakjubkan gimane sampe saat ini mereka masih punya penduduk yg nyisa

Tapi kalo mau jujur mah, ide buat merlakuin cewe kaya livestock ayam KFC udah eksis dari sekian puluh taun yg lalu & secara mengejutkan, itu ngga secara geografis terbatas di Jepang. Buku-buku kaya “120 Days of Sodom” ape “Torture Garden”, yg adalah tulisan-tulisan S/M Eropa berumur ratusan taun, terkenal ngegambarin metode-metode penyiksaan/pembunuhan/eksekusi pake cara gamblang yg tetep bakalan bikin orang tua lo ngerasa ngga nyaman kalo baca. Tema-tema cewe diculik buat dijadiin gadis-harem ape ditumbalin ama sekte satanik juga ngedominasi terbitan pulp era 60-an, dan mitos film snuff  bisa dilacak akarnye sampe ke jaman nitrat waktu beberapa orang kaya, konon, rela ngebayar tinggi segelintir orang buat bikin rekaman eksklusif dari cewe-cewe dibunuhin soalnye duit banyak emang cenderung bikin orang jadi prick. Fetish pada aksi kekerasan berkonotasi sensual udah eksis di dunia ini jauuuuh sebelon manusia kenal ape yg namanye teknologi. Berhubung praktis ngga kenal ama semua konsep hiburan kaya yg kite kenal hari ini, wajar kalo orang dulu ngisi waktunye dengan cara bikin sejumlah eksperimen fenomenal buat boner mereka. Ngenalin dunia ama sejumlah aksi-aksi erotis kaya autoerotic asphyxiation sejak dari abad ke-17, ama tentacle-erotica sejak akhir abad ke-18. Malah,S/M, yg adalah salah satu fetish paling populer saat ini, udah ditemuin bukti eksistensinye sejak 2500 taun yg lalu, kira-kira dari jaman 470 SM.  Jadi asli, aneh gitu misalnye lo ngeliat gituan dalem medium populer modern? Seengganye sekarang kite cuman ngeliatnye di monitor laptop masing-masing dalem kamar, dulu orang-orang ngelukis fantasi seksual personalnye gede-gede di tembok yg keliatan dari seluruh kampung.

Jaman itu, kata “malu” belon ditemuin

Diakuin apa ngga, disadarin apa ngga, death-fetish sebenernye emang selalu idup jadi parasit dalem kultur-pop. Sebelon punya kesempatan buat secara blatant nongol sebagai erotika komersil, fetish ini lebih dulu muncul secara diem-diem dalem kamuflase aneka produk laen yg lebih mainstream, biasanye dengan mengkooptasi tema-tema sesuai. Pembakaran Joan of Arc ama eksekusi Marie Antoinette adalah favorit abadi, witch-hunt inkuisisi dan kamp-konsentrasi Nazi merupakan setting ideal, dan primadona burlesque; Bettie Page dikenal sering diekspos lewat plot-plot yg naro doski di tengah kaum indigenous/barbar. Tema model gitu sempurna buat rahim pembuahan visual-visual menyimpang pada jaman di mane kekerasan-grafik belon boleh ditunjukin secara eksplisit. Pelan-pelan seiring perkembangan jaman, barengan ama meledaknye trash-culture, seksualitas-alternatif, ama media indie, death-fetish pun bersarang dengan nyaman pada tubuh induk semangnye yg paling sempurna: adegan-adegan film horror.

Horror: satu-satunye genre yg ngijinin Suicide Girls buat akting di dalemnye

 .

DEATH-FETISH DAN MISOGINISME DALAM KULTUR KITSCH

.

Sejak Herschell Gordon Lewis ngebuktiin kalo sekuen-sekuen gore ama sex-appeal bisa dijadiin pengganti valid buat skenario ama plot, film horror (ama sodara kembarnye: sinema-eksploitasi) sontak jadi medium favorit bagi para penggemar fetish-spesifik ini. Biarpun ngga bisa digeneralisir kalo SETIAP ORANG yg suka horror itu PASTI juga penggemar death-fetish, tapi fakta kalo para “gorehounds” ama “perverts” itu pengisi lebih dari separo kursi audiens hardcore-horror-fans adalah hal yg terlalu mencurigakan buat bisa dibilang “kebetulan”. Bisa ngga disebut “kebetulan” juga kalo film-film yg disebut “kult-klasik” dari genre ini praktis selalu diisi ama karya-karya yg berhasil ngumbar toket, darah, ama tendensi misoginistik dalam dosis tepat? Dan kata “tepat” disini maksudnye sebanding ama jumlah kata ‘bi-atch’ di satu albumnya NWA, yg kira-kira berekuivalen dengan jumlah minuman keras yg kudu dikonsumsi seorang alkoholik sebelon akhirnye die bilang “cukup”.

Yg artinye: “ngga pernah”

Awalnye diadopsi sebagai shock-value buat sebuah produksi yg nyaris ngga punya biaya produksi. Dalam beberapa taun singkat, seks, kekerasan & pembunuhan meroket jadi komoditas utama film horror, nyiptain sebentuk brand sendiri sekaligus parameter dari mana kualitas semua keluaran genre tersebut diukur. Tentunye dalem sesuatu di mana ngelanggar norma adalah sebuah plot-marketing yg (terbukti) berhasil, semua orang berlomba-lomba buat jadi yg paling kontroversial & kurang dari setengah dekade kemudian, kata “horror” udah indentik ama festival boobs & blood tulen, dengan semua rilisannye seakan keobsesi buat bisa keliatan lebih ekplisit antara yg satu ama yg laen, biasanye, dengan sama sekali ngorbanin semua pakem dasar sinema konvensional. Jadi, iye, ginian emang ngga punya akting tanpa cela, cerita bikinan novelis handal, ama semua estetika kompleks dari tontonan koheren, tapi, penggemar gorn mikirnye emang kaga kompleks. Tingkat apresiasi penonton model gini bisa disimpulin pake filosofi sederhana ala word association: “boobs & blood = instant-boner”. Kaya coli sambil ngintipin istrinye temen lo mandi, fokus dari tontonan model gini adalah pada sensasi dari ngeliat apa yg lagi dilakuin, bukannye kenape itu dilakuin.

Makanye, kuantitas kekerasan terhadap perempuan dalem film horror tuh praktis cuman bisa kalah banyak ama kekerasan terhadap perempuan dalem rumah tangga. Genre-horror emang berdiri di atas pondasi kekerasan, itu adalah pelumas yg bikin mesin mereka berjalan, & walaupun objektifikasi perempuan tu sejujurnye emang bagian ngga kepisahin dari semua kultur pop, gimane itu ditampilin di film horror mungkin adalah bentuknye yg paling eksplisit. Mengingat di genre ini, perempuan secara vulgar dijadiin boneka daging yg eksis secara khusus buat dijadiin maenan bagi cowo-cowo nakal dengan gergaji mesin, ngga aneh kalo genre ini lengket ama sebuah label Anti-Kristus masyarakat egaliter modern yg disebut dengan “misoginisme”. Mereka yg ngga ngeliat misoginisme dalam film-film horror/sejenisnye kemungkinannye masuk dalam salah satu dari kategori ini:

A) Anggota sekte Charles Manson.

B) Mike Tyson-wannabe yg suka berhalusinasi kalo istri mereka itu Evander Holyfield.

C) Sheik minyak Liga Arab.

D) Homer Simpson.

Nah, kite-kite sisanye sih kayanye bisa dengan jelas (dan juga gampang) nyimpulin kalo perlakuan terhadap perempuan pada sebuah horror B-movie tipikal itu cuman bakal bisa dibilang “wajar” abis feminis terakhir udah diterbangin pake roket satu arah ke Pluto doang. Emang, film horror ngebunuh baik cowo ataupun cewe dalem rasio sebanding, tapi tetep biasanye yg cowo ngga dieksploitasi separah yg cewe. Roger Corman sukses bikin ‘Piranha’ ngelegenda soalnye disitu mereka nyerang cewe-cewe berpakaian renang, sementara film-film slasher populer dengan kebiasaan pembunuhnye buat berlama-lama kalo lagi ngebunuh korban dari gender perempuan. Genre WIP bisa dibilang versi legal dari pelecehan seksual diproyeksiin ke layar, trilogi legendarisnye Tetsuo Ishii itu praktis dokumentasi mendetailnye mimpi basah semua pelaku kekerasan domestik, dan Giallo pasti satu-satunye hal di dunia ini yg bisa ngebunuh lebih banyak remaja putri daripada program dietnye Lindsey Lohan. Sutradara legendaris Italia: Dario Argento, pernah terang-terangan ngakuin kecenderungan spesifik kekerasan-seksis ini secara gamblang dalem sebuah wawancara: “I like women, especially beautiful ones. If they have a good face and figure, I would much prefer to watch them being murdered than an ugly girl or man”.

Ini gambar Dario Argento (yg megang piso) pas die ngasih jawaban tersebut dalem sebuah sesi wawancara.

Tentunye masalah ape sebenernye mereka yg bikin (juga nonton) ginian emang bener-bener benci perempuan adalah perdebatan beda, gue sama sekali ngga minat buat ngelibatin diri dalem argumen “seksisme vs feminisme” tolol yg ngga pernah berakhir jadi ape-ape selaen satu gender ngerasa dirinye lebih superior dari yg laen. Ape film horror punya konten misoginis di dalemnye? Iye, tapi kalo soal masalah ape itu “salah” atau “bener” adalah sesuatu yg ngga pengen gue bahas. Gue bisa ngerti kalo cewe ngerasa ngga nyaman pas nemenin cowo nonton sebuah film Giallo, tapi hal yg sama juga bakalan dirasain ama cowo yg diseret ama pacarnye ke bioskop buat nonton rom-com. Masyarakat udah ngasih peran-peran khusus buat dimaenin orang-orang sesuai ama stereotip gendernye, semua tau kalo cowo ngga nonton Twilight soalnye…baleg lah, sementara cewe ngga nonton New York Ripper soalnye itu penuh mindless-violence, menolak ngeliat kalo happy-ending “romantis”nye 50 First Dates: seorang cewe bangun di kapal, sama sekali ngga tau doi ada di mane ama ngapain di situ, dengan satu kaset video digeletakin di atas kasur sebagai clue, adalah hal yg persis ama yg kejadian di awal-awal semua film Saw.

“Good morning Lucy, I want to play a game”

Obsesi horror ama cewe sendiri juga kecermin dari fenomena “final girl”-nye. Final girl itu karakter sentral dalem anggota cast yg penuh orang-orang idiot, satu yg –meski nyaris ngga keliatan punya kompetensi buat bisa survive- bakalan jadi satu-satunye yg masih napas sampe ke kredit akhir, biasanye dengan ngegunain penguasaan skill bela-diri fantastis doski yg terdiri dari ngejerit, nangis, kesandung, ama ngerayap di lantai. Kenyataan kalo wanita-wanita ini, ngga tau gimane, bisa sampe ngga kebunuh sepanjang film adalah bukti bahwa sutradara horror bakalan ngelakuin apepun buat mastiin ada cewe yg bisa diliat sampe ke frame terakhir, biasanye abis bikin doi ngelewatin semua bentuk penderitaan yg memungkinkan buat ditimpain ke umat manusia. Jadi tokoh utama di film horror itu ngga bisa dibilang nguntunging mengingat kalo biasanye berarti lo bakalan secara konstan ada dalem situasi-situasi yg mengancam nyawa, nongol-nongolin puting disana-sini pas ngalemin semua variasi near-death experience yg bisa dibayangin ama si penulis skenario cuman buat mati dengan mengenaskan tepat di frame paling akhir persis beberapa detik sebelon rolling credit bergulir, &, dengan berandai-andai kalo lo cukup hoki buat punya peran di sekuelnye, itu palingan jadi orang aneh yg dibenci semua orang sebelon karakter lo disingkirin secara permanen di 15 menit pertama, kemungkinannye dengan salah satu orang di kursi penonton ngalemin ereksi dashyat pas die ngeliat itu terjadi. Kenape? Kenape lo ngeliatin gue kaya ada yg salah ama itu? Kite laki-laki, kite pernah ngelakuin hal-hal yg lebih parah kan?

Men…so typical

Ada hubungan simbiosis antara film gore ama fetish-kematian. Pada satu sudut kite bisa ngeliat kalo film-film ini ngeruk keuntungan dari fetish tersebut, tapi dari sudut laen bisa diliat juga kalo horror sebenernye ngasih outlet legal yg aman bagi para maniak gore buat nyalurin fetish mereka. Horror dengan sengaja nunjukin kekerasan grafik secara sensual, dan death-fetish bisa dirangkum secara sederhana sebagai keseimbangan dari 2 hal itu. Inilah bumbu penting yg ngga ditemuin baik di (mayoritas) materi bokep mainstream ataupun dokumentasi gore nyata dari ‘Faces of Death’ ataupun rotten.com. Di film horror, semua darah, pembunuhan, mutilasi, dst, dst dikoreografi buat punya tone sensual, misalnye dengan nge-mix itu pake bondage, naro setting-setting damsel-in-distress, atau yg paling gampangnye sih milih aktris cakep yg montok buat ngisi peran jadi korban. Teknik kaya gitu emang murahan tapi terbukti efektif, soalnye death-fetish itu ngga cuman sekedar pengen ngeliat orang dibunuh kok, tapi pengen liat orang yg keliatan enak dibunuh. Biarpun mungkin ngga terlalu umum, kite ngga bisa ngelupain kalo, pada dasarnye, fetish-kematian itu kan tetep aje sebuah fetish. Dan karena fetish itu bentuk fantasi erotis, wajar kalo seseorang punya standar tertentu buat fantasinye. Kalo apa yg dilliatnye ngga dianggep memenuhi standar tersebut, maka itu ngga bisa dibilang termasuk dalem fetish, bahkan kalopun yg diliat itu sebenernye imej-imej mirip. Dan kalo soal ngumbar fetish buat ngejual tontonan, maka orang Itali itu pasti para avant-garde manuver advertisingnye. Idup di negara yg diberkahi gadis-gadis berbentuk fantastis dalem jumlah tak terbatas, para sineasnye mengekploitasi kekayaan alaminye itu kaya Freeport di Timika. Pendekatan sleazy mereka pada horror ngebuka era kejayaan bagi sinema-eksploitasi, sebuah sub-genre yg ngekspos daerah abu-abu antara genre induknye ama porno-fetish frontal. Dari pertengahan ‘70-an, film-film eksploitasi Itali ngebawa perversi-kematian sinema ke stadium yg ngga dibayangin sebelonnye, menginspirasi generasi baru sutradara yg kemudian bakalan nyiptain legenda Grindhouse satu dekade kemudian.

Mereka juga nunjukin gimane caranye nonton opera tanpa ketiduran

Orang-orang Itali itu asli hardcore, bukan cuma soal gore-galore-nye doang, tapi juga dalem soal ngebungkus itu jadi barang jualan. Waktu itu, apaan isinye film ginian tuh udah jadi pengetahuan umum, tapi mereka bisa dibilang paling eksplisit nunjukin itu di poster-poster promo. Minjem style gaya fiksi-pulp yg lagi populer di kaki lima jamannye, film produksi Itali terkenal buat make imej-imej berbau B/D ama S/M di poster-posternye. Cewe ngga berdaya di bawah ancaman pembunuh bertopeng, penyihir, monster, ama kanibal itu tema-tema umum dari sentuhan artistik mereka dengan titik berat pada daya tarik sensual-perversinye, sederhanye sih, poster-poster mereka kaya yg ngomong  “yup, kite ngebunuhin cewe montok dalem film ini” ke calon penonton. Tentunye kecenderungan hiperbolisme juga maen di situ, fakta kalo poster-poster ini kadang keliatan lebih ”nakal” dari filmnye sendiri itu hal yg umum kejadian, tapi pengaruhnye ke fetishisme eksplisit grafik B-movie ‘80-an tu sedemikian dalem, sampe bisa dibilang kalo UU video-nasties di Inggris dulu (yg bikin para loser se-Britania Raya nyadar kalo Maggie Thatch itu emang seorang feminazi-asshole) adalah legasi Itali, dan kite bisa ngeliat jejaknye pada semua slasher ‘80/’90-an sampe ke sub-genre torture-porn jaman sekarang.

Juga, kampanye aktivis penyayang binatang

Kalo udah nyampe sini, kite bisa ngeliat kalo tipe sinema gini emang cuman ditujuin buat muasin dahaga dari satu jenis target-market spesifik doang. Dan, biarpun itu dampaknye ngasilin loyalitas penuh dari segenerasi penuh legiun fans fanatik yg die-hard, itu juga bikin film-film ini terkutuk buat selamanye berada dalem kungkungan biaya-produksi kelas B. Buat ngakalinnye, para produser udah ngatasin keterbatasan tersebut pake berbagai variasi trik murahan, dan salah satunye tuh dengan teknik dokumenter-palsu dari apaan yg kemudian dikenal sebagai film mondo. Mondo-flicks itu sebutan buat film yg di-shoot pake gaya ala sebuah film-dokumenter, raw & uncut! Bagi studio-studio independen, ini adalah alternatif paling favorit kalo diitung dari efisiensi biaya soalnye ngga perlu script koheren, peralatan memadai, jadwal shoot panjang, setting khusus ataupun sentuhan post-pro fancy, plus, mereka bisa nyewa orang desperate manepun yg lagi butuh sedikit duit buat beli heroin guna maen di dalemnye. Tentunye ini tetep perlu cewe-cewe tanpa bra nunjukin puting, beberapa adegan panas, serangkaian aksi-aksi pembunuhan, perkosaan ama penyiksaan secara detail, sama ber-ember-ember darah palsu kualitas buruk. Ia ngga butuh skenario, ia bahkan ngga butuh ending yg lebih dari “orang yg megang kamera tau-tau jatoh dari tangga, the end” doang, ia cuman butuh orang-orang yg mau buat keliatan kalo mereka lagi mraktekin beraneka ragam hal yg dianggep absurd ama norma sosial aje.

Estetika yg dikenal sebagai “metode penulisan lagu Lil’ Jon”

Mondo itu pervert murni, hiburan sampah yg sesampah-sampahnye, semuanye dengan kesan nyata soalnye kalo diliat dari sudut pandang tertentu, die emang “nyata”. Adegan-adegannye ngga terkoreografi seketat produksi beneran, ngasih banyak ruang longgar buat improvisasi dan sekuennye sering di-shoot sekali doang secara real-time. Gabungan dari kekerasan grafik ama pendekatan amatir home-video mereka pada “moviemaking” inilah yg bikin banyak film mondo terkualifikasi sebagai materi death-fetish ideal, sekaligus produk primadona pasar-gelap yg paling berperan buat nyiptain sebuah pengkultusan baru: kultus dari mitos film snuff.

Alias ngeliatin gambar shitty selama 90 menit

 .

MITOS FILM SNUFF

.

Taun 1979, kursi gedung-gedung teater gede di AS sold-out dipenuhi massa penasaran yg pengen liat satu produksi mondo-eksploitasi berbudget-kurcaci nan kontroversial. Soalnye kabar burung yg beredar luas dari mulut ke mulut bilang kalo, di film ini, konon sang sutradara bener-bener ngebunuh para anggota cast-nye di depan kamera. Film itu judulnye ‘Snuff’, plot-nye bersentral pada pengkarikaturan superhiperbola dari sensasi sekte Manson, dan sejak itu jadi marka kemunculan sebentuk legenda urban dunia sinema-modern. Biarpun filmnye sendiri keliatan luar biasa buruk (bahkan buat standar rendah orang macem gue), tapi die luar biasa ngetopnye sampe judulnye dipake buat ngategoriin film-film sejenis. Ngga tau juga ye? Tapi kalo kata gue sih itu sebuah bentuk penghormatan yg luar biasa. Maksud gue, emang ada berapa film sih yg judulnye dipake jadi nama sebuah genre? Yg bikin lebih keren lagi, film-snuff itu semacem fenomena dunia lain: orang percaya ngga percaya ama keberadaannye. Tentu buat bikin materi snuff beneran tuh bakalan dianggep ilegal di belahan dunia manepun, jadi kalo dipikir-pikir sih itu sebenernye absurd, soalnye itu kan sama aje ama bikin dokumentasi kronologis waktu lo lagi ngelakuin tindak pidana pembunuhan kan? Kalo make logika, berarti orang-orang yg terlibat di produksinye cuman bakal finish di dua opsi tempat doang: kuburan apa penjara, ngga terlalu nguntungin kan? Jadi, ide dari emang ada orang yg ngelakuin hal kaya gitu tuh praktis sama suicidal-nye ama percaya ada orang ikut berguru di dojo Gun-Kata.

“Dammit! Kenape ini selalu terjadi tiap latian??!!”

Tapi hey, dunia ini emang gila kan? Orang ngirim bom pake surat, tanpa alesan nembakin orang laen secara acak dari atas menara, bikin tato dari logo klub bola favoritnye, ama saling bunuh secara massal di depan panggung sebuah band punk rock. Itu juga gila, tapi ada aje yg ngelakuinnye kan? Apa gara-gara sesuatu itu ngga logis secara otomatis berarti itu ngga eksis? Maksud gue, kalo orang pada ngerekam diri sendiri pas lagi ewean ama istri orang laen…apa make celana pendek di luar celana panjang…terus sapa yg bisa jamin kalo ngga ada yg ngevideoin dirinye pas bunuh orang? Adalah kecurigaan “jangan jangan…” begini yg bikin Ruggero Deodato nyaris diseret ke pengadilan kalo die ngga berhasil ngebuktiin bahwa semua cast ‘Cannibal Holocaust’ itu masih idup. Jaman itu, orang diancem pidana kalo die ngakibatin kematian pas bikin film yg bad-ass. Jaman sekarang, film kaya Blair Witch minta aktor-aktrisnye buat nanda tanganin kontrak yg isinye antara laen ngewajibin mereka untuk ngilang dari muka publik & pura-pura mati, setelah bikin semua yg nonton menderita pake film yg ngga cuman ngebosenin, tapi bikin mereka yg liat kena diare massal gara-gara motion-sickness akut.

Tapak ini juga ditemuin di semua pintu teater bioskop yg muter Blair Witch

Paranoia khas tipikal masyarakat modern ini bisa dibilang sebagai kontributor utama dari mistifikasi snuff jadi sebuah mitos. Bahkan FBI (Federal Bearau of Insecurities) konon ngabisin sekian puluh juta Dollar dalam 6 taun buat berusaha ngelacak keberadaan film-snuff di Amerika. Kaya waktu nyari Osama dan senjata kimia di Irak, mereka ngga nemuin apa-apa tapi sekali lagi sukses ngebuang duit pajak ribuan warga AS dengan sia-sia. Inkompetensi kaya gini dari otoritas manepun buat bisa ngebuktiin bahwa pernah ada satu judul film-snuff yg, pernah, bener-bener eksis jelas bikin statusnye sebagai urban-legend makin mengkultus, ngasih die validitas burem kalo diantara 1000 judulnye, mungkin bakal ada 1 yg emang bener-bener asli. Itulah yg bikin legenda ini tetep idup biarpun praktis semua film, yg ceritanye, “snuff” itu selalu keliatan menggelikan. Sebagian emang jadi faux-favorit, sebagian laennye keliatan kaya versi parodi Hammer House of Horror, tapi setiap bijinye keliatan palsu. Toh, masyarakat umum (yg kemungkinannye ngga pernah ngeliat satu pun film ginian) udah terlalu takut ama ide dari snuff buat bakal pernah nganggepnye sebagai sesuatu yg bisa diterima. Masyarakat adalah sekumpulan tentara-adat yg selalu ketakutan ama apapun yg kaga bisa mereka ngerti, gore dalem horror masih ditolerir pada batas tertentu soalnye ia masih ada pada pakem bahwa die itu “cuman adegan film”, waktu snuff ngelanggar konvensi itu dengan ngaburin bates antara “film” ama “realita”, die dianggep ada di wilayah berbahaya, wilayah imajiner di mane Realigi diinvasi ama Combat Zone Wrestling. Legenda urban kaya snuff ngeyakinin sebagian orang kalo mereka emang idup di dunia bejat, satu yg ngancem buat ngontaminasi anak-anak mereka pake ide bahwa ngelakuin aksi kekerasan secara acak di depan kamera adalah hal lumrah. Meski, secara logis, kite semua tau kalo di dunia ini ngga ada orang yg setolol itu.

Kecuali anak-anak mereka sendiri

Secara alami, penggemar death-fetish punya ketertarikan pada tontonan beginian, tapi mayoritas darinye ngga ada yg nganggep mitos itu serius. Snuff-porn itu udah umum diantara mereka dari kapan tau, kaya juga di komunitas praktisi BDSM-ekstrim dengan materi-materi yg aksesibel bagi mereka-mereka yg tau dimane kudu mencari (atau bertanya), biasanye, dalam kualitas produksi yg jauh lebih superior kalo dibandingin ama film “snuff” beneran. Properti lebih keren, efek lebih bagus, pencahayaan lebih niat, dan aktrisnye diperanin ama model-model fetish profesional dengan bentuk selayaknye model-model fetish profesional, tapi itu ngga berarti bahwa film-snuff udah ngga dibutuhin sape-sape lagi kok, kenyataannye, ada sesuatu di dalamnye yg ngga bisa digantiin pake semua sentuhan glossy bokep komersil; akting kagok, gambar kasar, editing raw, warna kusam, ama perasaan excited dari sekedar nyadar kalo lo lagi nonton film-snuff adalah pengalaman-pengalaman visual yg kalo semuanye disatuin jadi kerasa kinky. Itu kan yg dicari?  Biarpun berkesan ekstrim, tetep aje fetish pada darah, mutilasi, ama cewe cakep diotopsi idup-idup itu pada dasarnye sekedar bumbu kinky doang kok. Itu cuman fantasi aje, ngga ada yg kebunuh dalem pembuatan film-film gituan, kecuali mungkin karier akting ama martabat para pemaennya.

Apaan aje yg terjadi sebelon ini nyampe ke tangan berminyak lo tuh jauuuh lebih sadistik.

Ngga beda ama sepatu hak-tinggi, lingerie, rok-mini, seragam cheerleader, baju suster, stoking jala, cewe di pemakaman, tentakel, apa pecut dan borgol, hal paling bahaya dari ngonsumsi death-fetish tuh palingan sekedar bikin 90% sampah dalem kamar lo jadi isinye kertas tisu. Semua punya favoritnye masing-masing, kalo lo doyan rotten.com tapi ngarep itu bisa lebih eksotik, lo bisa liat gorn, kalo lo suka Zoey Deschanel tapi ngarep doi punya boobs lebih gede , maka silakan liat Katy Perry. Erotisme itu bagian ngga kepisahin dari kemanusiaan & semua orang punya fetishnye sendiri-sendiri. Death-fetish emang aneh, tapi itu eksis, demikian juga kanibal-fetish, robot-fetish, baloon-fetish, ama car-fetish. Kenape harus diributin mane yg “normal” ama mane yg “nyimpang” waktu semuanye cuman pilihan personal yg kite tonton diem-diem pas ngga ada orang laen di kamar? Selama interaksi sosial seseorang ngga ngelibatin “secara creepy meneror lawan bicara”, maka gue rasa ngga ada diantara kite yg peduli ama apaan yg orang laen lakuin dalem kamarnye kan? Soalnye mau apepun itu, dari ngeliatin orang niup balon di youtube ataupun nonton Betsy Russel dalem jebakan Jigsaw, semuanye bermuara di satu tujuan tunggal yg sama kok.

.

.

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s