His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

5 REASONS PEOPLE HATE SUCKER PUNCH (THAT I’M TOTALLY OK WITH)

11 Comments

Selama fokusnye adalah petualangan 5 cewe bersenjata dalem kostum kinky Hallowen di sebuah bordello, maka kite bakalan nolerir apepun.

.

Aah, Sucker Punch, film ape lagi yg lebih sering diomongin daripade ini?

Sejak debut trailer-nye jadi primadona di salah satu festival geek paling terkenal: San Diego Comic-Con taun lalu, antisipasi buat opus fantasi Zack Snyder ini ada di puncak radar kerajaan cyberspace. Sucker Punch tu jenis film model gitu, 1 yg trailer-nye ngga ngejelasin sebenernye itu soal ape tapi keliatan terlalu awesome buat dilewatin.Waktu sinopsis resminye mulai beredar di internet, sejujurnye itu ngga ngejanjiin ape-ape selaen 1 setting tipikal overdosis festival CG, tapi still-stillnye keliatan impresif & begitu trailer keduanye mulai bersirkulasi di youtube, ribuan orang tau judul ape yg kudu mereka cari di BIT torrent berikutnye. Kalo publik-internet bisa semangat cuman untuk ngeliat loser kaya Scott Pilgrim, kenape kite bisa ngga semangat ngeliat hot-bad-ass-chicks-with-guns?

Terus datanglah banjir bandang review negatif menyambut hari rilisnye.

Gue tau kalo seseorang ngga suka ama film yg die tonton, maka ngebikinnye jadi bahan lawakan tuh bukan cuman hak, tapi juga luar biasa menyenangkan untuk dilakuin. Gue tau kok, gue ngelakuinnye setiap saat. Nah, abis ngebaca 5 hasil search teratas dari “Sucker Punch review” di google, kayanye di luar sana ada banyak orang yg bener-bener ngga suka ama film ini. Serangan pada Sucker Punch tersedia dalem berbagai variasi bentuk; mulai dari kritik, sentimen, sampe ke frontal hate-campaign. Sebagian reviewer ngebawa tingkat kebenciannye sampe ke tahap yg -kalo minjem vokeb dari orang-orang 20 taunan yg kejebak dengan otak ABG 12 taunan- bisa dideskripsiin sebagai: “lebay”, & asli yg gue maksud tuh jenis “lebay” kaya yg ngancurin keseluruhan konsep bahasa jadi kumpulan kombinasi tanda baca ama akronim. Seorang reviewer nganjurin film ini buat diboikot, reviewer laennye nyebut film ini “stupid…and so is everyone who likes it”, tau kan? Soalnye ngga ada yg bisa ngerepresentasiin IQ secara lebih akurat daripade sebuah film eksyen Hollywood.

Tapi terus gue nonton Sucker Punch &…ternyata ngga punya masalah nikmatinnye sampe abis. Yayaya, gue yakin bakalan jauh lebih bagus kalo film ini ngga 90% dibikin ama departemen spesial-efeknye doang, tapi diantara plot banal ama ending anti-klimaksnye, Zack Snyder sukses ngasih kite apaan yg die janjiin sejak San Diego Comic-Con dulu: aksi hot-bad-ass-chicks-with-guns yg emang kick-ass. Gue ngga ngomong itu kult, gue ngga ngomong itu klasik, & gue jelas ngga ngomong itu masterpiece, tapi itu juga bukan Yogi Bear ape Texas Chainsaw Massacre: The Next Generation kok. Pernyataan tadi ngga dimaksudin kalo mereka yg ngga suka tuh salah, cuman, semacem kaya argumen soal illegal dowloading, masalah dari polaritas Sucker Punch di mata publik tu sebenernye cuman perbedaan perspektif. Poin-poin yg sering orang komplen sebagai elemen-elemen utama penyebab kegagalan film ini, buat gue sama sekali ngga masalah. Poin-poin macem…

.

5. FILM INI LUAR BIASA SEKSIS

Ini mungkin argumen paling umum & itu bisa dimengerti. Mengingat kalo ini film yg ngefokusin dirinye dalem soal nyorot 5 cewe muda, berjuang ngelawan penindasan, eh,…patriarki ape sejenisnye, dengan cara nembakin robot, orc, naga, Samurai, ama zombie-Jerman (yg ternyata bukan Nazi) pake hotpans, stoking, ama garter-belt buat kenikmatan penonton pria, maka mandang Sucker Punch sebagai potret dari feminisme tuh emang sama menggelikannye ama mandang Paris Hilton sebagai duta besar  pendidikan dunia. Kritik paling pedes buat Sucker Punch adalah protes (sebagian) orang kalo dari film dengan sub-text “emansipasi wanita”, ia secara transparan ngegunain wanita sebagai objek & itu dianggep ngerendahin. Orang kayanye lupa kalo “bikin cowo menatap dengan mulut kebuka” udah jadi definisi dari emansipasi wanita di media mainstream sejak 2 dekade lalu.

Girl Power™, since 1996

Sejujurnye, gue ngga ngeliat eksploitasi-perempuan yg lebih parah di sini kalo dibandingin ama semua dongeng soal bad-ass chick dalem medium populer laennye. Selaen Samus Aran, praktis ngga ada karakter cewe jagoan yg pernah keluar rumah dalem busana yg ngga keliatan kaya itu dijamin bikin doi masuk angin. Daya tarik fisik emang –pada kenyataannye- salah satu kekuatan utama gender perempuan & di film ini, Zack Snyder sengaja masukin fakta itu ke dalem plot-nye. Perempuan emang secara alamiah sensual, bahkan perempuan sendiri ngakuin itu. Itu makanye cewe gue ngga punya masalah buat setuju kalo Rihanna itu seksi, tapi ngga peduli seedan apepun Matthew McCounaughey ngegedein bisep ama bikin perutnye jadi kaya lukisan kubisme, kite, para cowo, tetep ngga nganggep die selaen dari douchebag semata. Silakan sebut gue seksis soalnye gue suka liat cewe seksi, tapi bukannye salah satu inti dari “emansipasi” tu ngebuktiin kalo cewe bisa ngelakuin hal yg sama ama cowo? Jadi kenape gambar sejumlah cewe ngelakuin praktek kung-fu aerodinamis, ngebantai zombie-steampunk Jerman, ama ngebunuh naga kaya ksatria Templar sementara make kostum fetish tuh dianggep ngehina emansipasi?

Sementara ini dianggep membebaskan

Taun…umm… dulu, ada orang bernama Toby Gard yg kerja di perusahaan game. Pas ngedesain badan karakter utama wanita dari proyek terbarunye, secara ngga sengaja die nge-scroll mouse pas bagian dada sampe 150 pixel, nyiptain diameter payudara paling ngga bisa diterima secara logika sejak Pamela Anderson ngimplan silikon buat ke-12 kalinye. Temen-temen sekerjanye (yg 100% cowo) secara aklamasi minta die buat mertahanin bentuk itu, nunjukin betapa malang sebenernye keidupan seks orang-orang yg kerja di bidang gaming.

Kalo udah soal boobs, orang-orang ini asli desperate

.

Nama karakter yg lagi die desain tuh Lara Croft & judul game-nye Tomb Raider.

Begitu dirilis, Tomb Raider serentak ngerevolusi industri game. Terutama dalem soal gimane mereka nge-visualisasiin karakter wanitanye. Meski Tomb Raider bukan game petualangan pertama yg make perempuan sebagai tokoh utama (Metroid udah duluan), tapi itu jelas pionir soal nunjukin sensualitasnye secara eksplisit.  Orang yg ngga namatin Metroid mungkin ngga pernah tau kalo orang dalem mecha-suit yg die maenin tuh cewe pirang (seengganye sebelon google ditemuin), tapi tanpa perlu maenin Tomb Raider, orang udah dibombardir badai promosi kalo mereka bakalan ngontrol karakter dengan bentuk kewanitaan yg kurang manusiawi. Hasilnye? Tomb Raider pertama sedemikian suksesnye sampe nelorin jumlah sekuel yg ngga keitung, bikin Lara Croft jadi ikon video-game bersenjata paling beken sejak Duke Nukem. Buat mentalitas gamer tipikal, kombinasi dari boobs ama beceng tu dianggep sempurna buat ngewakilin “ketangguhan”, soalnye wanita tangguh ngga tangguh kalo doi ngga punya dada berukuran minimal ½ dari senjata yg doski pegang. Ngebuktiin ide umum kalo bobot ke-badass -an perempuan di medium apepun selalu ditentuin dari ukuran boobs-nye. Tentunye, sedangkal apepun visi “heroine” di kepala para game-developer ataupun script-writer Hollywood, itu masih lebih mending kalo dibandingin ama yg ada di industri komik.

Serius, ini bener-bener terjadi

Ok, jadi loncat-loncat di layar pake hotpants dengan toket polygon non-alami emang ngga bisa dianggep representasi dari ciri wanita independen modern.  Tapi tolong dicatet kalo sebelon itu, peran wanita dalem video-game tuh ada di kisaran ini:

Maju mundur nangkepin tembakan pestol aer pake mulut.

Berdiri-diri topless sambil senyum-senyum nemenin kite maenin rip-off murahan Tetris.

Tereak-tereak ngeliatin King Kong ngegelindingin tong ke tukang ledeng berkumis.

Jadi masa sih munculnye karakter cewe seksi yg sanggup ngelakuin segala sesuatu yg kalo kite, para pemaennye, coba tiruin di dunia nyata bakal berakhir di meja tukang urut ngga bisa diitung sebagai progress? Lara Croft bikin Indiana Jones keliatan kaya Dora the Explorer, sementara cewe di Donkey Kong bikin seorang tukang ledeng yg bahkan ngga pernah deket-deket ama ledeng jadi punya franchise-nye sendiri, sampe die bahkan didaulat jadi ikon Nintendo sepanjang jaman. Itu semacem kaya ngebandingin Keira Knightley di Domino ama ibu PKK pemimpin organisasi cyborg rahasia remake-nye Stepford Wives. Secara pribadi, gue ngga pernah ngerti kalo pesen yg pengen disampein Stepford Wives tu sebenernye “kite kudu segera mandang wanita secara egaliter” ape“kite kudu segera nyiptain robot kaya gitu secepetnye”, tapiiii, buat gue,  ngeliat segerombol cewe cosplay naekin robot bersenapan mesin & ngebantai abis armada zombie beruap tu perasaan sama sekali ngga ngekspos kelemahan wanita. Suuure, itu mungkin emang bukan potret paling akurat dari bentuk feminisme, tapi ngga jelek-jelek amat juga kan? Maksud gue, mereka bisa aje ngelakuin hal yg lebih buruk.

Kaya, nyanyi soal playboy…ape semacemnye

.

.

4. FILM INI GUILTY PLEASURE YG MEMALUKAN

Jujur aje, label ini bakalan ditempelin ke apepun yg ngga berpura-pura kalo itu punya skrip. “Guilty pleasure” adalah konsep hipokritikal, yg diciptain supaya orang dewasa  bisa nge-justifikasiin selera retarded mereka. Waktu kite masih ada dalem masa remaja nan-idiotik, ngga ada yg protes pas kite ngelakuin sesuatu yg idiot. Semua tau usia remaja adalah masa-masa di mane stupidity dianggep sebagai hal yg wajar, makanye -pas itu- seorang remaja ngga ngedasarin aksinye pada logika ataupun akal sehat apepun soalnye…ya emang ngga perlu. Semua orang juga tau lo itu idiot, mereka maklum, itu makanye dulu nyokap ngga ngerasa perlu buang-buang waktu nanyain kenape lo ngabisin koneksi internet yg beliau bayar buat ngetik hal-hal terbelakang mental di google search.

Jaman itu ngga ada yg ngetawain lo, tapi terus sesuatu terjadi, nyaris tanpa peringatan tau-tau lo nyadar kalo lo udah dewasa. Lo ngga tau kapan itu persisnye terjadi, lo ngga ngisi formulir tertentu ape nerima sertifikat khusus soal itu, cuman yg jelas lo tau keidupan udah ngga sama sejak nyokap mulai nanyain kapan beliau ngga perlu lagi ngeliat pemandangan menyedihkan dari lo selonjoran di ruang tengah rumahnye. Lo tu orang dewasa & masyarakat nuntut lo buat ngebuktiinnye, maka lo pun mulai nge-upgrade selera, nopengin sifat kekanak-kanakan lo dengan beraneka ragam samaran. Ngarep kalo misalnye orang ngga tau sifat asli lo, mereka bakalan nganggep lo dengan serius.  Orang-orangan ama komik tuh hobi anak kecil, jadi lo ngoleksi action-figure ama graphic-novel. Karena film kartun adalah sesuatu yg dulu bikin lo bangun jam 7 di hari Minggu, sekarang lo pergi ke bioskop nonton animasi 3D.  Kite bakal berusaha sekuat tenaga nunjukin progress selera kite, nganggep kalo suka ama hal yg lebih kompleks tuh bersinonim ama “kedewasaan”. Bukannye cari kerja & pindah dari rumah nyokap, kebanyakan usaha orang buat keliatan “dewasa” tuh cenderung terbatas pada muji-muji album baru Manic Street Preachers di status FB , sambil pura-pura lupa kalo band favoritnye dulu tu Limp Bizkit. Mitos “guilty pleasure” punya fungsi persis sama; sebagai kamuflase supaya orang ga tau kalo kite masih idiot yg sama ama pas umur kite 12 taun.

Kite masih ngegunain “the force”, buat ngambil saos tomat

Sucker Punch mungkin emang bising, bodoh & secara berbahaya maen-maen ama fantasi berbau pedofilia, tapi gue ngga ngeliat alesan kenape seseorang kudu ngerasa bersalah buat bisa nikmatinnye. Mungkin gue salah, tapi setau gue, orang ngga mungkin sengaja bikin sesuatu yg ngga bisa dinikmatin ama orang laen. Naluri manusia tuh pengen diapresiasi, bukan dibenci. Jadi, kecuali Snyder tuh salah satu diantara seniman instalasi ama musisi eksperimental yg dapetin kenikmatan sadistik dari nyiksa orang-orang ngga bersalah pake ego mereka, gue rasa die ngga punya alesan buat jadi se-asshole itu. Dan jangan bilang lo ngga ngeliat usaha Snyder buat ngasih pleasure bagi audiensnye ye? Die ngabisin 85 juta Dollar, plus entah berapa ratus jam di post-production, demi ngekoreografi semua visual  eye-candy di sini. Sapepun yg ngomong kalo film ini keliatan kurang dari awesome tu berarti die antara boong ape buta, bahkan orang yg paling skeptis ama ini pun ngakuin kalo visualnye sangat impresif. Dan kenape ngga? Kite lagi nonton cosplay seharga 85 juta, yg sebetulnye jumlah wajar kalo menimbang entah ada berapa banyak orang malang yg dibutuhin buat nge-touch up setiap frame dari film berdurasi 110 menit pake photoshop.

Itu kira-kira $17 juta per bodi

Tentunye, itu masih jumlah kecil kalo dibandingin ama Battle: Los Angeles, yg ngabisin biaya $150 juta,  ape Inception yg ngabisin $160 juta. Plus sape juga yg tau berape persisnye duit yg diabisin Disney buat semua film bajak lautnye itu. Ini ngebuktiin kalo sebenernye Hollywood ngga pernah masalah ngebakarin duit dalem jumlah yg ngga bakalan pernah lo liat seumur idup , sekedar buat mroduksi hal-hal ngga jelas. Jadi…guilty pleasure? Di dunia kaya gini? Kalo ada 1 pihak yg pantes ngerasa bersalah buat level menakjubkan dari stupidity pada industri hiburan, itu harusnye studio-studio gede. Merekalah yg ngambil profit dari selera memalukan kite setiap taunnye di -minimal- 2 dasawarsa terakhir, & lo ngga pernah ngeliat mereka punya guilty pleasure. Kalo iye, mereka bakalan ngasih kesempatan pada penulis naskah ama sutradara independen buat bikin judul baru yg menarik…bukan remake ke-800 dari SAW dalem 3D. Cuman tentu kite semua tau mereka ngga akan ngelakuin itu, terutama saat ini pas penjualan karcis bioskop terus ngalemin penurunan. Jadi, ok. Sucker Punch emang bukan Dawn of the Dead, tapi kenape kite kudu ngerasa bersalah nikmatinnye? Gue ngga liat ada opsi lebih menarik laen. Seengganye kali ini Warner Bros ngeluarin judul berdasarkan cerita orisinil, sementara Sony ngeluarin 4 versi DVD dari Resident Evil pertama.

Seakan-akan ada yg sudi nontonnye lebih dari sekali

Tapi emang ada sisi laen dari argumen ini, eksplanasi kedua kenape mitos kaya gini masih eksis hari ini. Yaitu patronisme sebagian penonton pada segelintir elite sinema tradisional. Pada masanye, sinema sempet dianggep sebagai bentuk kesenian nan sah, tau kan, kaya patung atlet tolak peluru di Pancoran gitu. Para puritan ini sangat fanatik pada pandangannye kalo “sinema” adalah bentuk seni-tinggi & menolak kalo itu dicampurin ama kitschness kultur pop, maka segala hal yg dianggep ngga sesuai ama cita rasa pengunjung galeri abad-19 bakalan dianggep ngga berkelas. Sebenernye kenape konvensi-konvensi ini masih dianggep valid dalem dunia modern tu adalah 1 hal yg layak dipertanyain, tapi fakta kalo garda-garda orde lama ini punya pengaruh kuat dalem industri perfilman jelas ngga bisa disangkal. Mereka ngasih penghargaan, bikin festival, nulis artikel soal sesuatu yg ngga mereka ngerti &, bertindak berdasarkan asumsi kalo misalnye lo udah bikin argumen retarded secara publik sekali, berarti lo bisa ngelakuinnye sekali lagi. Semua itu supaya bisa tetep nancepin hegemoni Vatican-esque mereka di ranah Hollywood. Nah, kalo diliat dari sudut ini, maka guilty pleasure jadi sesuatu yg masuk akal. Berhubung bisa nikmatin sesuatu nan, secara fundamental salah adalah sebuah dosa-estetik, maka orang butuh sesuatu buat nopenginnye dari penghakiman inkuisisi ordo sinema. Pantheon kritisi-film sebenernye punya toleransi pada ke-engga sempurnaan umatnye sebagai manusia biasa, mereka sadar kok kalo kebanyakan populasi emang ngga sesempurna mereka. Sapepun berhak punya selera inferior, asal die ngerasa bersalah soal itu.

Karena ngga semua orang lahir dengan diberkahin selera sempurna tanpa cela

.

.

3. FILM INI KELIATAN KAYA VIDEO-GAME

Ape tuduhan ini salah? Ngga sih, cuman,  ape ini sesuatu nan mengejutkan? Juga sama sekali ngga. Video-game ama perfilman tuh punya persamaan esensial: dua-duanye sama-sama industri hiburan yg berusaha sekuat tenaga buat ngambil semua duit dari kantong lo & dua-duanye emang sama-sama udah keabisan ide. Ape lo maen video-game sekitar setaun terakhir? Kalo iye lo pasti familiar ama pemandangan kaya gini:

Itu gambar 3 judul yg beda keluaran 3 developer yg beda, tentunye itu bisa aje digabungin jadi 3 level dalem 1 game yg sama. Ok, semuanye emang FPS, jadi argumen lo mungkin “trus mau keliatan kaya gimane lagi” kan? Tapi jujur semua game yg se-genre emang punya tendensi buat keliatan identik antara 1 sama laen kok. Sebagai seseorang yg fanatik pada GTA, gue bisa ngejelasin perbedaan spesifik antara Vice City ama San Andreas secara mendetil, tapi sampe detik ini -kalo cuman dikasih screencap- gue ngga akan bisa bedain mane yg Warcraft ama mane yg Starcraft.

Ataupun orang yg maeninnye

Di beberapa taun terakhir, industri video-game ngga pernah bisa bikin terobosan berarti pada produknye selaen ngegunain engine grafis terdashyat. Persis kaya gimane Hollywood ngga bisa ngelakuin  apepun selaen ngerilis judul baru dari brand lama pake balutan CG mutakhir. Faktanye adalah, ada lebih banyak  orang yg rela ngeluarin duit buat tampilan familiar asal itu penuh ledakan sensasional daripade orang yg sudi bayar buat plot familiar yg semata-mata ngandelin cerita. Visual eksplosif ama gameplay sadistik ngebantu orang buat ngenalin perbedaan minor, se-insignifikan apepun perbedaan itu. Makanye sesimilar –similarnye  gambar 3 game di atas tadi, para die-hard gamers bakalan bisa nyebutin masing-masing judulnye tanpa kesulitan. Setipikal apepun plot-nye, para penggemar superhero  masih  tetep bisa ngebedain 2 film dengan cerita yg persis sama. Kite semua tau kalo Skyline ama Battle: LA tuh 2 judul film aujubilah yg beda, sementara semua orang di dunia ini nyangka kalo Friends with Benefit tu cuman judul alternatifnye No Strings Attached.

Bahkan IMDb pun ngga sanggup ngebedainnye

Film ama video-game make prinsip jualan yg sama. Kenape pas 1 film make estetika ala video-game harus dijadiin masalah kalo video-game udah jelas-jelas make estetika film B sejak bertaun-taun lalu? Pernah maen Halo? Half-Life? Gears of War? Bioshock? Metal Gear? Lo tau storyline dari semuanye?

Marinir anonim, ngebunuhin makhluk asing

Terus ada Call of Duty ama semua seri alternatifnye, Splinter Cell, Ghost Reckon, juga Battlefield yg keseluruhan intinye adalah:

Tentara anonim, ngebunuhin orang asing

Namatin judul-judul itu menuntut pemaennye buat ngebunuh, sekitar… 10 juta makhluk laen, & kalo ngga ada sesuatu di layar yg mati secara mengenaskan tiap 10 detik sekali, berarti lo ngga maeninnye dengan bener. Itu hal umum dalem video-game, itu alesan kenape jutaan orang maeninnye tiap hari, cumaaan, game FPS bukanlah penemu dari formula tersebut. Cerita yg terstruktur dengan cara ini: plot 2 menit disusul pembantaian-massal 20 menit, adalah sesuatu yg umum ditemuin dalem film-film eksyen/eksploitasi 70-an.  Kenape gituan baru booming di industri game 30 taun kemudian adalah soalnye baru pas itu teknologi  bikinnye jadi memungkinkan buat nyiptain kekerasan-grafik maksimal. Ide kekerasan ter-pixelasi udah lama idup dalem mesin ding-dong kok, tapi berhubung usaha ngasih bibir di grafik 8-BIT jaman itu bikin cewe di dalemnye jadi keliatan kaya doski tu punya kumis, medium ini masih belon siap nerjunin dirinye secara penuh ke taman firdaus platform brainless-destruction frontal. Soalnye mereka masih kekurangan elemen krusial dari kesempurnaan hiburan eksploitatif murni: sensualitas. Pas teknologi ngijinin orang buat nge-render wujud fisik secara lebih nyata, kaya operasi plastik Michael Jackson, maka para pengembang game pun masuk ke tahap paling wajar berikutnye; nyampurin kekerasan ama erotisme. Soalnye, kalo ada 1 hal yg ero-guro ajarin pada kite, itu adalah bahwa nunjukin mindless-violence tuh jauh lebih efektif jika punya unsur erotis di dalemnye.

Juga, lollipop!

Jadi, kalo sebuah film keliatan kaya video-game, itu ngga bisa disalahin sepenuhnye ke film yg bersangkutan. Sejak serial Mario mulai ngenalin dialog ama cutscene, game modern emang udah bikin dirinye jadi keliatan kaya film, film B-movies, dengan sekelumit skrip butut diantara mencetin tombol tembak/bacok/pukul secara brutal, persis kaya skenario semua serial Death Wish. Inget kalo Paul Kersey udah jalan-jalan ngebunuhin semua orang di New York taun 1985 (& die ngelakuinnye dengan senjata lebih keren), Niko Bellic baru punya niat yg hampir serupa taun 2008 kemaren, jadi, sekarang apaan yg sebenernye keliatan kaya apaan?  Berape banyak dari kite yg keinget ama Death Wish 3 pas maen GTA IV ? Satu-satunye yg bikin Death Wish 3 jadi medium storytelling lebih superior adalah, di film itu, lo ga perlu ngontrol karakter utamanye pake tombol integrasi bodoh yg bikin die ngelompat keluar jendela gedung pencakar langit, pas lo cuman berencana naek ke kusen. Game dengan engine hi-tech udah lama dipengaruhin, ngejiplak, ataupun ngadaptasi film kelas B, jadi kenape aneh misalnye film kelas B kepengaruh, ngejiplak, ape ngadaptasi video-game hi-tech? Dengan teknologi masa kini, cuman tinggal nunggu waktu aje sebelon bioskop ngasih kite kesempatan mencet tombol di tengah-tengah film buat nge-skip semua dialog buruk & langsung masuk ke eksyen-nye.

Itu bakal bikin semua eksyen Bollywood merajai box-office

Dua-duanye jualan produk setipe: hiburan murahan yg ditargetin buat massa audiens mayoritas dengan selera sederhana. Kalo seseorang pengen ngebenci satu film soalnye itu mindless, ya itu emang hak-nye. Tapi kalo orang itu ngebencinye cuman gara-gara die nganggep itu “keliatan kaya video-game”, maka die jadi kedengeran kaya semacem mormon-cinema-tradisionalis puritan yg ngga mau “kemurnian” kulturnye kena pengaruh modernisasi.  Tau kan? Kaya gimane RIAA setengah mati nolak mp3, meski pada kenyataannye, terakhir kalinye orang dengerin musik pake format laen adalah pas mereka kudu mutus saluran telpon waktu pengen browsing gambar jorok. Sejelek-jeleknye Hollywood, die masih lebih pinter daripada RIAA. Seengganye studio-studio gede Hollywood masih lebih aktif terjun ke format baru, kaya apa yg mereka lakuin sejak era PPV. Walau ujung-ujungnye semua orang cuman pergi ke rental video & ngetawainnye, tapi seengganye mereka usaha. Menyadari sepenuhnye mereka bisa tetep ngejual film tanpa perlu ngeluarin biaya lebih buat packaging kalo orang pada bayar pas nge-streaming produknye via VOD.

Dan kite masih tetep ngga mau bayar

.

.

2. FILM INI PUNYA CERITA YG DANGKAL

Gampang aje, Sucker Punch emang film eksploitasi. Gue yakin satu-satunye alesan kenape ini dijual sebagai “epic action/fantasy” tu soalnye Warner Bros pengen mastiin kalo ini dapet rating PG-13. Meski gitu, Zack Snyder bilang kalo die tetep musti motong 18 menit durasi buat bikin filmnye ngga masuk rating R, yg bikin itu jadi 18 menit paling dicari semua orang saat ini. Tapi CG cakep, nuansa dongeng, ama background fantasi ngga bisa ngerubah fakta kalo ini tetep sinema-eksploitatif. Mungkin yg, secara sinematografis, paling kompeten dalem genrenye, cuman tetep aje eksploitatif, & eksploitasi ngga pernah dikenal berkat ketajeman ceritanye. Tambahin itu ama fakta kalo ini ditulis ama Zack Snyder, orang yg bikin 300, salah satu film paling non-naratif dalem sejarah, & lo tau lo ngga bakalan dapetin sesuatu kaya yg dibikin ama Christopher Nolan. Walaupun emang dua-duanye make ide dasar dari multi-level alam mimpi similar, Snyder ama Nolan nyampein itu dengan perbedaan substansial.

Pertama: Snyder bercerita pake gambar, Nolan ngebombardir penonton pake eksposisi kaya kite lagi nonton Sesame Street.

Kedua: Snyder ngga jelas-jelas nge-ripp off cerita dari komik Paman Gober.

Malah, mustahil buat nuduh Snyder nge-rip off 1 sumber waktu die praktis ngambil inspirasinye dari mane-mane. Anime sampe dongeng anak kecil, video-game, video-musik, sci-fi, steampunk, WIP, burlesque, dst, dst, Snyder praktis nunjukin fan-fiction idaman semua fanboy sedunia. Dua setting utama alam multi-dimensional Baby Doll di sini tuh rumah sakit jiwa khusus perempuan, ama rumah bordil. Yup, Baby Doll berusaha kabur dari kenyataan pait idup di dalem RSJ dengan ngebayangin kalo doi adalah seorang PSK, tau kan? Supaya doski bisa joget-joget kaya doi ada di trailer-nye Fast Five ama pake bulu mata palsu plus celana short-short sepanjang waktu. Nah, gender emang bikin gue ngga pernah tau kaya apa isi hayalan seorang gadis 20 taun, tapi dari ape yg gue liat di film ini, itu keliatan kaya apaan isi mimpi basahnye Cobb di alternate-endingnye Inception.

Inception: the deleted scene

Jadi ye, mungkin Sucker Punch emang ngga lebih dari “Inception for dummies”, toh, kalo mau jujur, semua kekurangan film ini sebenernye punya alesan kalo diliat dari ceritanye kok. Kenape sama sekali ngga ada pengembangan karakter? Soalnye Baby Doll sebenernye ngga kenal ama cewe-cewe yg laen. Kenape mereka berencana kabur pake sejumlah benda ngga guna? Soalnye sebenernye ngga masalah bendanye apaan, yg paling penting mereka punya keinginan buat kabur. Kenape mereka bisa make robot Pat Labor dalem perang dunia I? Soalnye kalo lo ngayal lagi ada di perang dunia I, lebih seru misalnye bisa nembakin musuh pake robot Pat Labor. Kenape ceritanye sangat terbelakang-mental: cewe baek bersenjata-ribuan cowo jahat,  happy ending tiba pas cewe baek bikin ribuan cowo jahat terbunuh. Sape yg nulis ini? Anak SD? Bukan, tapi ini emang sengaja dibikin kaya semacem dongeng anak SD. Setting fantasi ama narasi teatrikal pembukanye jelas-jelas nunjukin itu.

Ngga ada yg liat gitu kalo doi megang lollipop?

Banyak orang ngira ini bukan flick eksyen over-the-top yg nonjolin cewe seksi, ngga tau gimane punya ekspektasi kalo mereka bakalan dapetin tontonan fantasi estetis ala Chronicles of Narnia (dengan asumsi asal kalo Narnia tuh “estetis”). Bagi mereka-mereka yg sedemikian tersesat, mari kite sama-sama tinjau ulang poster teaser awal promo film ini.

Coba jujur ke gue, apaan yg lo liat dari situ?

–  The Shawshank Redemption?

–  The English Patient?

Ape

–  The Sisterhood of the Traveling Hotpants?

Satu-satunye miskonsepsi yg bisa nongol dari poster kaya gitu adalah kalo film ini tu semacem The Imaginarium of Dr Parnassus, ngasumsiin Dr Parnassus adalah seorang pervert tua bangka yg dapetin titel Dokter-nye dalem bidang namatin musuh secara sempurna di Dead or Alive. Selaen itu, maka semua kekecewaan berdasarkan ekspektasi meleset sebenernye salah ekspektasi lo sendiri. Sucker Punch ngga pernah pura-pura kalo die tuh film yg “dalem”, trailer-nye, promonye, semuanye ngga ngejanjiin apepun selaen serangan sporadis dari eye-candy visual. Tapi Bem, bukannye sebuah film wajib punya cerita? Ada kok cerita, cerita yg amat primitif sih emang, tapi tetep cerita. “Cerita” macem gimane yg sebenernye lo harepin dari film yg posternye bikin orang bilang “liat celana cewe yg kedua dari kanan!!!” & langsung nyatet tanggal premier-nye di kalender?

Gue berani tarohan karakter ini pasti punya sebuku penuh dialog nan insightful

Lagi-lagi, ngga semua orang punya selera yg sama. Sapepun boleh ngasih rating 2/10 buat satu album Hip Hop soalnye die emang pada dasarnye ngga suka Hip Hop, ngga ape-ape, itu hak kok. Beda ceritanye kalo orang ngasih rating 0/10 buat acara MC Battle, gara-gara die ngga ngebaca billboard gede tulisan “UNDERGROUND MC BATTLE INSIDE. HANDGUNS ARE MANDATORY” di pintu masuk. Maksud gue, itu kan lebih kedengeran kaya sebuah praktek kebodohan. Bukan, bukan, itu kedengeran kaya sebuah “kompetisi-olahraga-internasional kebodohan”. Itu Putaran final Piala Dunia-nye kebodohan.  Buat nyebut Sucker Punch “dangkal” tu sama aje kaya nyebut Evil Dead tuh “murahan”ape Mutant Girls Squad tu “ancur”: satu-satunye respon yg bakal didapet adalah “ya emang…lalu”? Semua orang laen tau mereka dateng buat liat ape, kenape yg ini ngga? Kalo lo benci daging, kenape dateng ke barbeque? Kalo lo tuh anggota PETA, ape lo bakalan dateng ke KFC?

Kecuali emang pengen ngasih hiburan gratis buat kite yg makan di dalem

Meski banyak orang keliatannye ngga mau ngakuinnye, Sucker Punch sebenernye punya plot. Mungkin isinye lebih tipis dari kertas yg dulu dipake buat nge-print stensilan Enny Arrow, tapi ada.  Harep dicatet juga kalo ini dibikin ama Zack Snyder, orang yg ngga dikenal buat make metode narasi konvensional dalem filmnye. Plot Sucker Punch mungkin praktis berakhir kekubur ama semua eye-candy ambisiusnye sendiri, tapi ngga berari itu non-existent. Ada kok plot nan minimalis, meski fungsinye cuman kaya cutscene buat ngebawa kite ke jualan utama filmnye; pas Baby Doll mulai joget & ngebayangin kalo doi ngebunuhin segala yg ada di layar secara fantastis. Ngga susah kok narik kesimpulan dari film ini; cewe gila suka ngayalin yg ngga-ngga, & menari tuh bikin perempuan jadi psikopat. Sederhana aje kan? Itu plot yg persis sama dengan yg bikin Darren Aronofsky masuk nominasi Oscar.

Biang panu dari semua wanita gila

.

.

1. FILM INI DIBIKIN EKSKLUSIF CUMAN BUAT FANBOY

Dari semua kritik negatif buat Sucker Punch, ini jelas yg gue anggep paling ngebingungin. Sebagian orang mikir soalnye mereka ngeliat mech ama anime-fetish dalem stadium mengkhawatirkan, maka fim ini pasti cuman berfungsi eksklusif sebagai fan-service.  Dalem usahanye buat ngasih sebanyak mungkin label negatif yg bisa mereka tempelin, orang-orang kayanye lupa kalo Sucker Punch tu film yg ngga dibikin berdasarkan merk familiar & karenanye, belon punya fan buat di-service. Ini bukan remake, reboot, sekuel, prekuel, ataupun adaptasi dari medium populer laen. Ini film yg dibikin tanpa punya basis-massa solid, tapi justru berusaha bikin fan-basenye sendiri. Itu satu aksi perjudian yg umumnye ngga berani dilakuin Hollywood buat produksi dalem skala budget segede ini, inget bahwa mereka kudu bersaing ama film-film laen dengan karakter yg lebih familiar bagi publik. Ok, emang ceritanye tuh mash-up raksasa dari semua mimpi basah stereotip dari mereka yg kedefinisi sebagai fanboy, tapi coba kite liat list dari judul-judul yg keluar deket-deketnye:

–  Film yg diadaptasi dari komik Marvel.

–  Film yg diadaptasi dari komik DC.

–  Sekuel ke-4 dari film yg diadaptasi dari komik Marvel.

– Seri-3 dari film berdasarkan koleksi action-figure legendaris Hasbro.

Alias, iklan 154 menit dari General Motors

Kalo ngeliat itu, maka sebagai brand, level antisipasi kerajaan fanboydom buat “Sucker Punch” sebenernye ngga terlalu fenomenal. Ok, mungkin masih tetep lebih tinggi dari film berdasarkan sandiwara radio yg ngga dipeduliin sape-sape itu, tapi kalo menimbang fakta bahwa segera bakalan muncul satu lagi film yg diadaptasi dari komik Marvel, maka ngebebanin semua patron pathetic fanboyisme ke Sucker Punch tu semacem kaya nyalahin restoran fast-food soalnye itu ngga punya menu selaen kentang goreng ama burger. Legiun fanboy tu salah satu elemen krusial buat pemasukan Hollywood, & Zack Snyder kudu ngelakuin segala yg die bisa buat ngejual sebuah titel baru di pasar yg praktis udah fix. Ya, ok, ada semua eksploitasi faktor niche di sini buat bikin seorang fanboy tipikal dapetin nerdgasm, tapi seengganye die ngga ngambil jalan paling gampang dengan ngebikin versi live-action dari Power Puff Girls yg dibintangin ama personel Pussycat Dolls. Meski sebenernye dia lebih dari sekedar kompeten buat bikin sesuatu kaya gitu, & ngasilin film dengan rekor penjualan tertinggi  kertas tisu di depan pintu masuk teater bioskop.

Lagian, bikin sebuah film yg secara spesifik ditujuin cuman untuk fanboy tu relatif lebih susah daripade bikin film buat konsumsi penonton pada umumnye. Fanboy adalah spesies nan fantastis, selaen apal semua kombinasi serangan ama pertahanan dari seluruh 492 karakter Pokemon di luar kepala, mereka masih punya kapasitas memori buat inget semua stroyline & spin-off dari komik ama serial animasi favoritnye dalem 10 taun terakhir. Dan berhubung kemanusiaan umumnye ngga punya kepentingan apepun pada pengetahuan-pengetahuan nan sensasional tersebut, mereka jadi ngga punya outlet ekspresif laen kecuali ngekritik segala perubahan minor yg ngga persis sama ama materi aslinye. Orang-orang ini sukses ngegagalin mini-seri TV Wonder Woman dari jadi diproduksi, cuman gara-gara mereka ngga suka ama kostum baru doi. Asli, fanboy tuh sedemikian kritis, mereka praktis adalah makhluk kedua di dunia ini yg paling mustahil buat bisa dipuasin setelah pasangan. Orang-orang ini bakalan ngekrusifikasiin adaptasi dari ikon-ikon favoritnye berdasarkan kesalahan paling trivial, nge-klaim kalo kuping Zabogar di Karate-Robo Zaborgar tuh lebih gede 2 cm dari serial aslinye, tapi ngga keberatan ngabisin setengah juta buat  patung plastik dari replika death-scene Boba Fett, yg sama sekali ngga mirip ama yg kejadian di filmnye.

Ijinin gue buat ngingetin orang sebenernye gimane cara Boba Fett mati.

Sayang animated gif ngga bisa ngerekam suaranye pas ngejerit kaya boneka Muppet

.

Sementara yg dipajang fanboy di kamarnye keliatan kaya gini:

Gue nyebutnye: “bullshit”

Popularitas Boba Fett sendiri bisa jadi contoh sempurna dari fenomena fanboy. Sejak akhir 80-an, karakter minor ini udah digadang sebagai tokoh paling bad-ass di seluruh galaksi Star Wars, meski ngga pernah ada 1 momenpun dalem keseluruhan triloginye yg bisa dipake buat ngebuktiin klaim tersebut. Fanatisme buta gitu cuman bisa lahir dari berdasarkan familiaritas pada sebuah merk, film baru kaya Sucker Punch kaga punya privilese itu. Mustahil ngegantungin film pada loyalitas fans pas film itu belon punya fan-base buat ngedukungnye.  Zack Snyder kudu ngekspos semua garter-belt yg bisa die tunjukin soalnye film ini belon punya 20-sekian taun dari trademark-merchandising buat nutupin lobang finansialnye kaya George Lucas. Kalo kite emang pengen ngomongin film yg secara spesifik berorientasi pada fanboyisme, Episode I-III bakalan bikin Sucker Punch keliatan kaya Rosemary’s Baby. Berhubung Star Wars tuh udah secara universal dianggep cool selama 2 dasawarsa terakhir, Lucas ngga perlu bikin film soal ape-ape selaen alesan guna ngejual playset Lego baru. Kalo emang George Lucas bener-bener punya niat bikin film yg bisa dicerna masyarakat umum, maka die bakalan nyetop syuting Episode I begitu Jar Jar Bink mulai nongol di frame.

“Ok, this looks godawfully horrible. We should stop”

Jadi, masa sih sebuah film soal cewe kinky nembakin robot harus dituduh sebagai kasus akut fanboyisme? Buat nyebut “cewe kinky nembakin robot” sebagai hiburan yg cuman ditonton ama fanboy itu sama aje ama percaya kalo “majalah dewasa” tuh cuman dibaca ama orang dewasa. Kaya yg udah dijelasin ama poin-poin sebelonnye, film ini emang murni tontonan primitif, satu yg ngebungkus pelumas insting Neanderthal-nye pake visual baroque-digital dari pallette Luis Royo.  Nah, mengingat bahwa search engine google tu 70% dipake buat nyari gambar dengan keyword “boobs”, bisa ditarik kesimpulan kalo banyak orang doyan ama stimulasi visual primitif kaya gitu. Daya tarik fisik feminim emang punya daya-jual tinggi di dunia ini, itu makanye kite bakal maen confirm-confirm aje friend request FB kalo yg nge-add tu cewe dengan profile pic menarik. Itu hal yg –dalam keadaan apepun- ngga akan pernah lo lakuin kalo datengnye dari bos lo sendiri.

Sekedar menyukai sesuatu ngga mesti bikin orang kudu keobsesi ama hal itu. Bedanye antara pengguna-Mac ama fanboy-Mac adalah yg kedua ngegunain logo apel buat ngejustifikasiin ketololannye ngabisin duit buat sesuatu yg ngga die perluin. Lo mungkin suka pake Mac soalnye ngerasa kalo OS-nye jauh lebih stabil daripade Windows, terutama Windows Vista, itu ngga bikin lo kedefinisi jadi seorang fanboy. Lo mungkin dengerin musik pake iTunes di komputer karena efisiensi sistem filing-nye, itu ngga bikin lo jadi fanboy. Tapiii, begitu lo mulai maen harmonika ama minum bir pake aplikasi yg lo donlod dari Apple Apps, nge-tweet via iPad berkoar soal gimane lo pengen iPod touch soalnye Nano ngga bikin lo bisa neken boobs dari cewe dalem koleksi video porno lo pake jempol, sambil ngayun-ngayunin iPhone yg ngeluarin suara light-saber kaya sejenis bentuk retarded dari controller Kinect. Itulah saatnye semua orang nganggep bahwa lo adalah seorang hipster-douchebag yg, meski punya akun semua situs-jejaring-sosial di muka bumi ini, sebenernye ngga punya temen selaen ikan hias yg lo panggil “Berry”.

Yg trus lo bunuh pake playlist non-stop lagu-lagu Good Charlotte

Selama lo ngga ngelakuin itu, berarti lo ngga perlu khawatir. Ya, oke, gue ngaku, gue emang suka liat cewe-cewe berantem lawan robot. Tapi gue juga suka liat cewe berantem lawan dinosaurus, cewe berantem lawan gladiator, cewe gulat lawan buaya, juga cewe gulat lawan cewe laen di kubangan lumpur. Ape itu berarti gue fanboy? Ngga! Itu berarti gue normal. Buat nuduh Sucker Punch dibikin khusus buat fanboy gara-gara itu dipengaruhin anime ama video-game tu semacem kaya nuduh Silence of the Lambs dibikin khusus buat kriminal gara-gara itu nyeritain soal pembunuh berantai. Kalo Snyder emang pengen bikin film yg dijamin sukses soalnye 90% dari pasarnye adalah fans, die bakalan nge-rip off Ghost in the Shell kaya Wachowski besodara, tapi die ngga pengen, die cuman mau bikin blockbuster nan penuh ledakan ama cewe-cewe cosplay.  Dan doyan liat cewe-cewe cakep cosplay ngga otomatis bikin seseorang jadi fanboy, sama kaya ngebaca tweet seseorang soal aksi demo ngga secara otomatis berarti orang itu beneran ikut demo.

“Iye, polisi baru nembakin gas aer mata, chaos banget”

.

.

Kaos Sucker Punch kite udah tersedia di Omuniuum & Remains Rottrevore, Bandung. Buat seleksi ukuran yg lebih terbatas, silakan kontak kami di hisheroisdemon@gmail.com.

.

.

Advertisements

11 thoughts on “5 REASONS PEOPLE HATE SUCKER PUNCH (THAT I’M TOTALLY OK WITH)

  1. Wuih… panjang banget. Sampe saya bengong bacanya. Fans Sucker Punch-kah Anda? saya kasih komen satu persatu, ya.

    Poin 5: Hahahaha, soal ini no comment. Toh yang dimaksud dengan ‘seksis’ sendiri ambigu. Gak bakal ada habis2nya walaupun dibahas. Soal dadanya Pamela Anderson, saya jadi keinget kalimat seorang cowok “Biarpun Pamela Anderson disodorkan ke gue, belum tentu mau gue cium. Gue gak mau sesak napas tertekan melon silikonnya.” Ternyata bener kalau bagi cowok: size does matter!

    Poin 4: Inti dari segala intinya yaitu guilty pleasure bagi setiap orang emang beda2. Gitu? Saya sendiri juga punya ‘fetish’ tertentu ama cowok + cewek yang imut kok. *cough*

    Poin 3: Saya udah nyerah terhadap video game sejak lama. Sekarang jarang banget main game. Otak saya gak kuat nyari namatin level yang makin lama makin susah *dasernya pemales* Ngenet aja deh….
    Soal ero-guro, jangan lupa tambahkan elemen BDSM + cewek loli super imut dengan kostum gothloli biar lebih menarik.

    Poin 2: Innuendo! Innuendo!

    Poin 1: Definisi fanboy secara spesifik aja saya gak tahu. Apa cowok geek yang suka komik, game, etc?
    “gara-gara mereka ngga suka ama kostum baru doi.”
    Napa? Kurang seksi?

    Like

  2. satu kata om, MANTAP! gw baca ini abis pulang kerja sampe ibu gw bengong nanya “lagi ngapain serius amat?” hahaha, satu hal, gw pecinta film-film snyder, dan sucker punch salah satu filmnya yg gw tunggu2 sampe akhirnya keluar gw udah tonton versi biasa ma versi extendednya back to back! mau orang ngomong apapun, lah ini emang filmnya kayak gitu, gw suka visualisasi yg snyder suguhkan, slow mo, warna-warna ala watchmen, fighting scene yang dramatis, plus kancing yg jatoh aja bisa dramatis gitu, dan satu lagi, soundtrack yang top markotop (where is my mind!!!) well, penjelasan diatas semoga bisa membungkam org2 yang gak suka suckerpunch karena alasan2 diatas…

    well writen, awesome reference and good story telling, kalo mau gw rate tulisan lu 9/10! poll banget om, ntar deh gw maen ke ciumbuleuit buat nyari kaos suckerpunchnya kalo ada waktu dan uang, hehe, poll banget cuy!

    Like

    • Sebenernye, gue bukan penggemar Zack Snyder. Maksud gue, gue emang cinta mati ama remake Dawn of the Dead, tapi jujur gue sama sekali ngga bisa nikmatin 300 ma Watchmen (kaga nonton Legend of the Guardians soalnye ngga tertarik). Cumaaan, u gotta give props when props is due, & Sucker Punch di mata gue sih sama sekali ngga jelek. Jadi ya begitulah.Hehe. Glad u enjoyed it.

      Like

      • waduh kalo watchmen mah gw bener bener jatuh cinta ma tu film, belum pernah denger yg namanya watchmen, pas snyder bikin film itu, gw lgs ketagihan sama graphic novelnya, hehe, legend guardians mah film snyder yg ditujukan buat keluarga bahagia 😛

        Like

        • iye… 300 gue cinta mati ama visualnya sama cowok2nya.. LOL (lupain yang ini), Legend guardian emang ditujuin buat keluarga bahagia tapi tetep aja nuansanya sama sekali nggak kekanak-kanakan… dark gitu untuk sebuah film animasi.. dan2… Watchmen gue kira tuh film bakalan kayak Spiderman, Batman dll yg masih bisa ditonton sama anak2… tapi eh ada adegan MLnya dan gw ngajak adik gw yg masih kelas 3 sd ntn.. kampretttt!! but I like it..

          Like

  3. “Bukannye cari kerja & pindah dari rumah nyokap, kebanyakan usaha orang buat keliatan “dewasa” tuh cenderung terbatas pada muji-muji album baru Manic Street Preachers di status FB , sambil pura-pura lupa kalo band favoritnye dulu tu Limp Bizkit.” <—- hahahaha… ini sumpah kalimat terbaik yang saya baca minggu ini (ga tau ye ntar sampe jumat), setuju deh, guilty pleasure emang ga ada ya hehe..

    Like

  4. kalau yang namanya guilty pleasure itu hanya sebatas fatamorgana disaat lo emang bener-bener pengen nenggak aer kendi, apa yang dilakuin reviewer di blog http://raditherapy.com/ ini sangat magis dong. Doi rela keluar noban buat nonton film-film indonesia–yang bikin matanya sendiri pendarahan tiap nonton.

    Like

  5. Baru baca ni artikel lagi setelah lo tweet soal kaos SuckerPuch, and still as enjoyable as my first time reading it. HOWEVEER~ ada satu hal yang mengganjal, men. Boba Fett nggak mati. Dia berhasil kabur dari perut Sarlacc, bahkan nantinye… ah, lo baca di sini aja deh men: http://starwars.wikia.com/wiki/Boba_Fett.
    Segitu aje. Ditunggu reviews badass lainnye!

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s