His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

SUCKER PUNCH: AN EXPLODING NERDGASM

7 Comments

Sekarang lo tau apaan isi kepala seorang penari-telanjang, pas doi lagi ngelakuin lap-dance buat om senang.

.

Yoi, itu kaos Sucker Punch kite, tolong di-order supaya gue ngga perlu punya kerjaan laen & bisa lebih sering ngisi blog ini.

Sekarang, mari kite omongin filmnye…

Gue selalu curiga Zack Snyder sebenernye pengen jadi rockstar, soalnye die suka bikin kontroversi. Beberape taun yg lalu, Snyder ngeguncang separuh dunia geek-dom dengan ngebikin adaptasi film dari The Watchmen, satu komik kult yg -menurut Alan Moore, sang kreatornye sendiri- “mustahil buat bisa diangkat ke layar lebar”. Snyder, yg pas itu baru aje sukses nunjukin kalo cerita soal 300 stripper-pria tuh bisa jadi blockbuster Hollywood, dengan gagah berani nerima tantangan itu & dengan sukses nransfer cerita nan konon “unfilmable” itu jadi film full-feature. Malah, die dianggep ngelakuinnye terlalu bagus sampe film itu dikritik karena dinilai  ngga lebih dari replika persis medium aslinye. Tentunye, semua perdebatan ini nyaris ngga pernah  nyampe ke telinga umum soalnye demografik penonton Watchmen tuh sangatlah menyedihkan.

Sangat-sangat menyedihkan

Sekarang, Zack Snyder bener-bener bikin kontroversi gara-gara nunjukin jari tengahnye ke khayalak penonton mainstream.

Tergambar di atas: jari tengah Zack Snyder

Buat gue Sucker Punch-nye Zack Snyder tu model film dengan attitude yg sama ama  House of the Devil-nye Ti West:  tontonan yg dibikin buat ngeledekin mereka yg ngga suka ama tontonan model gitu. Kaya Sucker Punch, House of the Devil juga dibombardir ama kritikan, nyaris semuanye berkonsentrasi pada alurnye yg sedemikian dragging buat nyampe ke klimaksnye yg ketebak, sama sekali ngga nyadar kalo itu emang disengaja. Kebanyakan orang ngga ngerti kalo apaan yg dilakuin Ti West tuh sebenernye bikin lelucon lingkar-dalem dari stereotipikal film horror buruk 80-an, semua poin minus dari tontonan gituan diekspos secara frontal  buat dijadiin kekuatan utamanye. Sebenernye sama ama ape yg dilakuin Wes Craven di Scream pertama, cuman, kalo di Scream, Craven masih nunjukin bahwa film itu emang semi-parodi, mancing audiens buat ngebikin klise-klise horror di dalemnye sebagai bahan ketawaan demi kepentingan satir. Sementara, House of the Devil sama sekali ngga punya niat buat jadi parodi. Ngga dimaksudin sebagai satir. Ti West emang pada dasarnye mau bikin film yg nunjukin kalo film horror-buruk masa lalu tuh awesome, dengan poin-poin minusnye sebagai apaan yg malah bikin itu jadi keren. Ngga suka? Tough luck!  Humornye ngga terletak pada ngetawain keburukan film tersebut, tapi ngetawain orang yg ngga bisa nikmatinnye.

Gotcha, suckass!!

Pada dasarnye, Sucker Punch tu House of the Devil dalem skala jauh lebih massif & eksplosif. Kalo dulu Ti West maenin konvensi sinema-kancut masa lalu, Zack Snyder ngegabungin semua klise dalem tontonan popcorn “dumb blockbuster” generik, terus ngeksploitasinye kaya anak yg baru tau gimane sebenernye cara nikmatin Basic Instinct di laserdisc.

Alias, film yg ngenalin ke kite fungsi tombol “pause”

Mari kite tinjau plot-nye: nyokap Baby Doll (Emily Browning) meninggal & bokapnye masukin doski ke rumah sakit jiwa soalnye…bokapnye emang asshole. Dari situ kite dikasih unjuk setting pertama film ini: Lennox House, satu kastil Tim Burton di mane cewe-cewe muda yg “mentally insane” (tau kan? Kebalikan dari “physically insane”)  pada beraksi dalem ruangan teater (sesuatu yg umum ada di dalem RSJ) nungguin giliran buat dilobotomi. Pada durasi awal-awalnye, yg ngebedain ini dari film WIP tipikal tuh cuman Sucker Punch ngga punya adegan catfight ama mandi bareng di dalemnye (yg sejujurnye, sedikit mengecewakan).

Tadinye, harapan gue sangatlah tinggi

Nyadar kalo keadaan doski praktis hopeless, Baby Doll ngelakuin satu-satunye hal yg bisa dilakuin seorang gadis pada situasi begini: melarikan diri ke alam fantasi di mane doi adalah penghuni rumah bordil Moulin Rogue. Di dunia imajiner inilah Baby Doll mutusin buat bikin rencana kabur, dengan cara ngumpulin sejumlah item khusus kaya doi lagi maen video-game Nancy Drew. Tentunye, doski ngga bisa ngelakuin ini sendirian, makanye doi perlu ngumpulin pasukan cewe-tangguh-stereotip laennye: Sweet Pea (Abbie Cornish) si seksi pirang dengan ciri karakter utama “seksi & berambut pirang”, Rocket (Jena Malone) yg ciri karakternye “seksi…dengan rambut pirang lebih pendek”, ama ada Jaime Chung & alumnus High School Musical Vanessa Hudgens sebagai ekuivalensi manga dari peran Kelly Rowland ama Michelle Williams di Destiny’s Child.

Juga dikenal sebagai: “cewe yg 2 lagi”

Barengan, mereka ngeksekusi satu rencana melarikan diri nan brilian; Baby Doll akan ngejogetin sejumlah cover buruk dari lagu-lagu buruk, & sementara semua orang pada sibuk masturbasi ngeliatin doski ngelakuin ape yg mungkin adalah versi paling seksi dari Macarena, rekan-rekannye bakalan nyolongin benda-benda kaya peta, korek, konci ama piso yg -ngga tau gimane- akan bisa “ngebebasin” mereka. Gue duga sama kaya gimane dulu nyolong  di supermarket bikin kite ngerasa “kebebas” dari perasaan bersalah ngabisin duit ortu buat beli produk yg sama sekali ngga ada gunanye.  Kenape sebuah plot menggelikan harus diisi ama rencana kabur yg sedemikian menggelikan? Soalnye tiap kali Baby Doll ngelakuin aksi tarian-trance-hipnotisnye ini (baca: striptease), doski masuk ke alam khayal level 2, & yg ini keliatan kaya orgy ngga bertanggung jawab dari Xbox, videoklip MTV, novel grafis, fan-fiction DeviantART, ama ilutrasi Frank Frazetta kalo die bikin manga. Tentu itu masih ngga se-dashyat ilustrasi Frank Frazetta kalo die bikin hentai, tapi hey! ini film PG-13, maka secara alami segala bentuk penampakan-dari-tentakel-raksasa bakalan dihindarin. Tapi bahkan dengan absennye versi Jepang dari genitalia tersebut, film ini tetep bisa mancing nerdgasm dengan mash-up fantastisnye dari segala hal yg ada dalem fantasi bocah 13 taun, se-ngga masuk akal apepun itu.

Gue yakin adegan ini sangatlah akurat secara historis

Sebenernye gue masih pengen nulis lagi, tapi cerita filmnye emang cuman itu. Sucker Punch asli bener-bener mosisiin dirinye sebagai mindless-blockbuster generik Hollywood dengan semua stereotipnye: plot idiotik? Check! Karakterisasi satu-dimensional? Check! Hal-hal awesome yg tau-tau nongol tanpa alesan sama sekali? Check! Malah, kalo mau ngomongin “alesan”, Zack Snyder ngga punya alesan apepun buat bikin semua adegan eksyen di film ini selaen buat muasin khayalannye die, dengan nyalurin itu via “fantasi” Baby Doll. Tanda kalo Snyder naro praktis segala hal yg die anggep keren keliatan di setting film ini nan luar biasa semrawut: cewe era 50-an jogetin lagu Bjork, Mech raksasa perang lawan zeppelin di perang dunia I, pesawat perang dunia II dogfight lawan naga di kastil penuh orc, ama robot Samurai megang senapan gatling raksasa. Ngga ada timestamp jelas, ngga ada kesinambungan, ngga ada penjelasan soal korelasi antara satu fantasi dengan fantasi laennye. Hal tunggal yg nyambungin semuanye jadi satu adalah fakta kalo semuanye keliatan awesome, dari awal sampe abis.

Ini + CGI dalem jumlah massif = plot

Ape itu buruk? Ya! Ancur lebur! Tapi itu juga awesome kaya gimane Piranha 3D itu awesome. Kebodohan film ini nongol dengan sedemikian blatant sampe mustahil kalo Zack Snyder ngga nyadar itu bodoh. Gue cukup yakin Snyder tau itu bodoh, die bukan Uwe Boll kok, die cuman ngga peduli aje. Nyadar kalo cerita soal isi kepala cewe gila tuh kurang masuk akal buat diikutin, die cukup bilang “fuck the plot” terus ngasihnye narasi minimal. Kaya buku komik, nyaris 80% ceritanye disampein pake bahasa visual, itu kenape film ini sering keliatan kaya game ataupun videoklip, soalnye Snyder ngelukis dongengnye pake sekuen eksyen berdasarkan storyboard, bukan skenario. Skenarionye sendiri luar biasa acak, sampe ke tahap absurd di mane ada karakter Scott Glenn yg eksis cuman khusus untuk ngasih kutipan-kutipan catchphrase yg sama sekali ngga ada hubungannye ama apaan yg lagi terjadi di layar.

“Never wear your best pants when you go to fight for freedom”

Balik ke kemiripannye ama House of the Devil, kaya Ti West dulu, di sini Snyder tau kalo die lagi ngelakuin semua dosa dari genrenye &, kaya Ti West juga, ngeksekusinye bak seorang maestro. Semua kekurangan yg jelas-jelas bakal bikin film ini dibenci kritisi, Snyder malah ngebuangnye sama sekali. Eksposisi? Meh! Sape yg butuh? Interaksi emosional antar-karakter? Berhubung ini PG-13 jadi ngga ada juga yg bisa make-out, ngga usah! Moral dari cerita? “If you don’t dance, then you have no purpose”. Tau kan? Soalnye seorang cewe tuh ngga ada gunanye buat masyakat kalo doi bukan stripper. Ape itu absurd? Iye. Ape itu jelek? Sama sekali ngga.Film ini emang ngga nyentuh teritori pseudo-filosofi ala The Matrix, tapi itu sama sekali ngga mengejutkan. Sama ngga ngejutinnye ama performa para aktrisnye yg ngga pernah lebih dari metode akting Megan Fox buat bediri-bediri keliatan keren di depan blue-screen. Mungkin kalo ada 1 hal yg ngecewain dalem sini, itu pasti adalah Carla Gugino yg ternyata ngga berhasil bikin sapepun dapet boner, bahkan meski doi udah ngebacain semua line-nye pake aksen Eropa Timur nan luar biasa konyol.

Juga, adegan ini ternyata ngga berlanjut ke mereka making out

Sucker Punch emang jelas bukan film terbaik sepanjang jaman, tapi itu juga bukan bencana parah segimane dideskripsiin ama para kritikus. Film ini cuman luar biasa brutal aje dalem soal nunjukin kekosongannye secara transparan. Berhubung -pada kenyataannye- Hollywood ngandelin ginian buat ngisi kantongnye tiap musim panas, masalah utama dari Sucker Punch tuh bukan soalnye Zack Snyder bikin blockbuster b-movie buat dijadiin konsumsi mainstream, tapi orang belon siap nerima blockbuster b-movie buat dijadiin konsumsi mainstream.

Hey, tag-line film ini “you will be unprepared”  & judulnye “Sucker Punch”, masa sih lo ngga punya clue sama sekali?

Kimono item: movie-critics. Kimono putih: Zack Snyder.

.

Kaos Sucker Punch kite udah tersedia di Omuniuum & Remains Rottrevore, Bandung. Buat seleksi ukuran yg lebih terbatas, silakan kontak kami di hisheroisdemon@gmail.com.

.

.

Advertisements

7 thoughts on “SUCKER PUNCH: AN EXPLODING NERDGASM

  1. Gue suka banget paragraf terakhir. Gue liat Roger Ebert aja kayanya kagak nonton sampe kagak ada review-nye.

    Like

  2. Tagline “you’ll be unprepared” emang ambigu. Bagi kebanyakan orang mungkin ngiranya ‘unprepared’ dalam arti visualnye yang bakal keren. Taunye pada kecewa ama tetek bengek plot. Pada gak nyadar inti ‘you’ll be unprepared’ yang sebenernya. Kalo Snyder dibilang jenius tepat, gak?

    Like

    • Masalah “jenius” sih gue ngga tau, tapi die jelas bikin salah satu lelucon termegah taun ini. Sape yg nyangka bakalan ada yg segitu niatnye bikin komedi dengan mentalitas youtube gini pake budget studio gede?

      Like

  3. akhirnyeee nongol juga nih review intelektual yg ditunggu ini…nyimak dolo aahh gan, kaosnye mao dong ga ada long sleeve ye zom?jadi kaya staker eh skater

    Like

  4. Mwahahaha! Aslinya review ini bisa ditulis dg 1 kalimat terakir:

    ‘Kimono item: movie-critics. Kimono putih: Zack Snyder.’

    Ah, masuk dalam daftar musti-tonton saya nih…. 😀

    Like

  5. Nggak nonton Sucker Punch secara saya males download atau beli bajakannya, sih….
    Oh ya, caps yang perempuan pake baju puith itu Catherine Tramell di Basic Instinct ‘kan? Saat scene ‘menyilangkan kaki’ yang sangat fenomenal itu…..

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s