His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

HOBO WITH A SHOTGUN: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

2 Comments

6 dari 10 anak yg lahir bakalan gede jadi buruh dengan gaji di bawah upah minimum regional. Kalo lo gedenye jadi gembel, jangan lupa buat beli shotgun, mulai perang kelas, jangan gantian jarum suntik, ama selalu gunain kondom pas jajan.

.

Kira-kira 100 taun yg lalu, Quentin Tarantino ama Robert Rodriguez ngadain kompetisi faux-trailer buat ditaro dalem pemuteran full film Grindhouse mereka. Dan dari sekitar, berape? 6 orang yg ikutan? Sutradara Kanada Jason Eisener  kepilih masuk berkat trailer 6 menitnye dari Hobo with a Shotgun,  satu film yg ceritanye soal…seorang hobo yg bawa shotgun. Di screening-screening khusus Grindhouse, dimane mereka muter double-feature dari film itu, Hobo with a Shotgun, bareng ama Machete, Thanksgiving, Don’t, ama Werewolf Women of the SS nongol sebagai trailer-boongan, nyiptain fenomena sebagai sensasi youtube beberapa saat seudahnye. Kini, bertaun-taun abis orang-orang nyadar kalo Quentin Tarantino tuh ngga tau gimane caranye bikin film bagus, Jason Eisener ngangkat trailer-nye tadi jadi satu film penuh, bikin ini secara teknis adalah trailer Grindhouse kedua yg sukses dijadiin produksi beneran setelah Machete. Ngebuktiin segimana suksesnye parade grindhouse-revival ini pada industri film ama bikin semua orang bingung kenape Rob Zombie ngebuang potensi trailer Werewolf Women of the SS yg awesome, buat malah  nyutradarain remake-remake medioker dari Halloween.

Potensi ape yg Rob Zombie ngga liat dari ini adalah sebuah misteri

Jujur, gue harus angkat topi buat Jason Eisener, die punya ide penuh kesederhanaan yg luar biasa awesome, terutama buat satu film eksploitasi yg bertujuan ngeglorifikasiin mindless-violence. Kebanyakan orang perlu muncul dengan ide-ide “WAH” sekedar supaya punya alesan untuk bisa menuhin filmnye pake darah ama potongan tubuh; dari seorang pedofil yg ngebunuhin orang lewat mimpi, stripper yg naro senapan mesin di kakinye, pembunuh-deadites dari masa depan yg naro gergaji mesin di tangannye, invasi makhluk luar angkasa ape apokalips-zombie, tau kan? Masalah-masalah serius kaya pemanasan global. Dan biarpun semua ide itu emang gue akuin awesome, apaan yg dilakuin Eisener tuh impresif soalnye die bisa ngeksekusi tujuan yg sama cukup pake konsep sederhana: ambil seorang gembel secara acak, kasih die shotgun, trus suruh die make itu buat ngebunuhin semua orang! Yg bikin itu jenius tu bukan cuman ide gitu ternyata efektif, tapi juga logis secara alam realita. Soalnye, kalo ada 1 hal yg punya potensi ngebunuh lebih dari kombinasi antara alkohol ama nyetir kendaraan bermotor, itu pastilah kombinasi antara gembel mabok dengan senjata api.

Ama mungkin Profesor X dengan korsi pimped-out

Kaya yg ditunjukin di awal film pake latar-belakang theme-songnye Cannibal Holocaust, sebelon die jadi seorang Hobo with a Shotgun (taro logo copyright di sini), sang hobo  kite ini (Rutger Hauer, yg infamous dengan Blade Runner) cuman seorang hobo biasa pada umumnye aje. Die nebeng kereta barang, baunye kaya satu ruangan tempat gig crusties dadakan, pake kupluk ala mantan vokalis JAMRUD, hawa mulutnye didominasi aroma alkohol murahan, ama secara konstan ngomong pake bahasa orang mabok soalnye die emang secara konstan mabok. Hobo juga kudu selalu berpindah dari 1 kota ke kota laen karena satu-satunye tempat dimane seorang hobo bisa diem selama lebih dari 3 bulan adalah penjara, & hobo secara alami ngga suka penjara soalnye kerdus tulisan “will work for food” tuh sama sekali ngga ada gunanye di dalem situ. Kayanye taun-taun keidupan berisi hari-hari mulungin makanan kaleng ama malem yg diabisin dalem drunk-tank udah bikin hobo kite jenuh, maka die mutusin buat nebeng kereta barang dan pergi ke kota laen guna terjun dalem usaha bisnis pemotongan rumput nan menjanjikan.  Nah, kereta barang yg ditumpanginnye ternyata ngebawa die ke Hope Scum Town, satu kota yg bikin Sodom jadi keliatan kaya Vatican. Tempat dimane orang dibunuh pake bom-bom car serta dikuasain ama berandalan, junkie, pedofil, praktek prostitusi, heroin, mesin ding-dong, juga sutradara snuff. Semuanye dibawah kendali-gurita geng mafia pimpinan Drake (Brian Downey) bareng dua produk-genetika gagalnye: Slick (Gregory Smith) ama Ivan (Nick Bateman), yg ngelakuin aksi mereka  sambil diaminin sama otoritas korup setempat (baca: Departemen Kepolisian). Sebagai nilai bonus, kota ini juga diisi penduduk yg hobi ngebunuhin orang miskin terus naronye dalem kuburan massal sambil nyanyiin lagu Dead Kennedys ini. Kite emang ngga dikasih tau posisi geografisnye  secara persis, tapi ngeliat fakta terakhir di atas, bisa disimpulin kalo itu adalah ciri tipikal dari praktis semua kota besar di negara dunia pertama.

Wealth of Nations, Adam Smith, bab I

Begitu hobo turun dari kereta, die langsung jadi saksi dari game-show khas Scum Town yg ngelibatin salah satu bentuk dekapitasi paling kreatif di depan umum. Nunjukin bahwa biarpun kota itu ternyata lebih fucked-up dari Tromaville, tapi penduduknye ngga akan pernah keabisan hiburan yg awesome.  Hobo kite ini udah banyak makan asem-garem buat tau kalo lo ngga perlu ikut-ikutan dalem sesuatu yg emang bukan urusan lo, jadi die awalnye sama sekali ngga ngelibatin diri. Seengganye sampe Slick bikin kesalahan fatal dalem  soal pemahaman biblikal pas pengen merkosa Abby (Molly Dunsworth) & sang Hobo kudu nonjoknye sampe pingsan (protip: kalo lo ngga pengen ditonjok seorang hobo sampe pingsan, jangan pernah lupa kalo “Mother Teresa is a goddamn Saint!!”). Aksi itu bikin hobo jadi punya masalah ama Drake & juga seluruh kota, tapi ngga ape-ape soalnye die kenal sama Abby. Abby ini sebenernye seorang PSK, tapi penglihatan spiritual tertentu ngeyakinin hobo kalo doi sebenernye seorang guru. Sudut pandang ini bisa dimengerti soalnye PSK –kaya guru- emang ngajarin gue banyak hal bermanfaat dalem idup, secara spesifiknye dalam soal tata-cara ngehindarin STD. Pertemuan/pencerahannye ama Abby bikin hobo kembali berkonsentrasi pada tujuan awalnye buat beli mesin potong & ngebuka bisnis potong rumputnye sendiri, soalnye biarpun Scum Town tu isinye cuman psikopat, tapi prospek usaha potong rumput di sana sangat bagus karena itu mugkin adalah satu-satunye kota di negara maju yg ngga punya populasi Hispanik.

Yg berarti: ngga ada kompetisi

Maka, abis seharian ngemis ama bikin atraksi kuda lumping, hobo akhirnye masuk ke toko kelontong yg ngejual mesin potong impiannye. Tentunye, berhubung film ini judulnye Hobo with a Shotgun & bukan Drunk Old Guy with a Lawnmower (meski gue yakin Roger Corman bisa bikin film keren dari judul itu), tangan-tangan tak terlihat udah ngatur kalo di toko itu harga mesin potong rumput ternyata sama persis ama harga sebuah senapan shotgun. Nah, kalo dalem soal nyari profit, semua tau kalo senapan shotgun jelas jauh lebih cepet muter duit daripade pemotong rumput. Logika aje, shotgun tu alat produksi yg sangat menguntungkan. Pake mesin potong rumput lo mungkin bisa minta pekerjaan ke orang kaya, tapi pake senapan shotgun… lo bisa minta segalanye dari orang kaya.

Dengan shotgun, namanye bukan “ngemis” tapi “request”

Kaya Clark Kent dalem bilik telpon, di toko kelontong hobo kite nemuin revelasi dari panggilan sejati idupnye, tepat pas beberapa orang masuk & ngelakuin perampokan bersenjata, sesuatu yg sebenernye ngga begitu bijaksana buat dilakuin pada toko kelontong yg majang senjata api di estalase. Maka sang hobo pun ngambilnye trus mulai ngabisin tokoh-tokoh yg terlalu bodoh buat nyari Circle K ape 7-11 yg lebih aman buat dirampok tersebut. Mereka adalah:

An Idiot with a Revolver

ama

A Dumb Dead Guy with a Stupid Mask

Ok, jadi sekarang  hobo doang kite ini udah ngejelma jadi Hobo with a Shotgun, die pun ngejalanin misi vendetta-pribadi buat  -kaya apa kata taglinenye- “delivering justice one shell at a time”, & lo boleh tarohan kalo die punya banyak shell buat dihamburin, ngebunuhin semua bajingan ama berandalan yg ada di kota. Ini bikin reputasinye sebagai new bad-ass on the block langsung ngeroket, nyebabin Drake, yg megang prinsip tradisional kalo ngga boleh ada 2 bad-ass dalem 1 kota yg sama,  jadi ngerasa keganggu. Maka, die ama 2 anaknye nginvasi stasiun TV lokal (protip: sepatu ice-skating bisa jadi alat pembunuh efektif kalo itu dilemparin dengan bener) buat nyiarin iklan layanan masyarakat yg ngehimbau para penduduk ngelakuin kewajiban sosial mereka buat menumpas kemiskinan, tentunye, dalem pengertian harfiah; yaitu numpas semua orang yg keliatan miskin. Die nyebarin, ummm…”anjuran” ini sambil ngancem bakal bikin aksi Freddy-Krueger-massal ke mereka yg ngga, tau kan? Sekedar buat ngebuktiin kalo die emang bener-bener seorang prick .

A Prick with those Who Sucked it

Ini adalah titik awal perang-frontal antara hobo lawan Drake bersama kroninye & jumlah mindless-violence film ini pun praktis ngeroket nembus langit-langit. Orang-orang mulai kebunuh dengan tragis baik dengan ataupun tanpa alesan di sana-sini seiring hobo ama Slick & Ivan saling terlibat persaingan sengit buat nambahin body-count pada resume masing-masing. Bagi mereka-mereka yg kangen ama kekerasan-kartun ala mahakarya era awal-awal Troma, Eisener bener-bener ngasih lo pesta ulang taun meriah. Film ini penuh berisi kematian gruesome yg sedemikian hiperbolis sampe keliatan konyol. Semua luka muncratin darah 35 galon & potongan badan beterbangan ke segala penjuru kaya itu diledakin pake C-4, gue sempet ngira kalo salah nonton satu filmnye Sushi Typhoon. Hukum internasionl Hak Asasi Manusia jelas kaga berlaku di dunia ini, dengan sang hobo nembakin orang pake shotgun sampe jadi bubur, ama Slick & Ivan make flame thrower buat ngadain pesta barbeque yg bakal ngebuat para aktifis UNICEF jerit-jerit histeris.

Dan mereka ngelakuinnye sambil keliatan kaya douchebags

Film kaya gini emang kaga perlu cerita, die cuman butuh eksekusi ciamik ama karakter-karakter ikonik & Eisener ngelakuin itu dengan presisi menakjubkan buat seseorang yg baru bikin film full-feature debutan. Pertama, skema-warna keseluruhan film ini aje bakal bikin lo kagum. Ngga kaya revival grindhouse umumnye yg cuman numpuk efek layer film-grain ama noise di atas gambar kamera modern, Eisener make proses dari jaman-yg-udah-terlupakan tertentu buat nyiptain over-saturasi dari gambar kaset VHS masa lalu, ngasih film ini warna kusam bernuansa kartun jadul ala Dick Tracy. Ngga terlalu banyak orang ngusahain effort segede ini demi nyiptain-ulang gaya grindhouse gini (Black Dynamite tu contoh sempurna laennye)  & itu emang ngasih poin kredibilitas fanboyisme ekstra. Sementara akting para pemerannye? Ancur lebur! Tapi buat sebuah film yg emang dirancang supaya keliatan campy, semuanye justru malah sempurna. Semua yg terlibat tau mereka lagi bikin film kaya gimane & sadar ama kapasitasnye, itu udah cukup ngejaga kite buat ngga kedistraksi dari semua adegan eksyennye. Waktu liat bokep, kite ngga pengen “cerita” ama  “akting” artis-artisnye buat ngeganggu aksi hardcore yg kite pengen liat pas nyetelnye kan? Eisener tau kalo orang dateng nonton sesuatu dengan judul Hobo with a Shotgun, die pasti pengen liat hobo nembakin orang pake shotgun. Ok, dialog tolol, akting buruk, ama Sinterklas pervert  yg nyulikin anak kecil emang nilai bonus, tapi bukan itu intinye. Mau ditambahin ape juga, tetep aje sang hobo musti nembakin orang pake shotgun, & di sini die ngelakuinnye dengan oh-so-gloriously.

Die juga numpahin vodka murah buat nyegah infeksi

Tapi, biarpun Drake, Slick, ama Ivan maenin peran “orang jahat” mereka dengan kesempurnaan Looney Tunes, lo tetep mikir kalo mereka tetep bukan tandingannye hobo kite yg megang shotgun. Maksud gue, performa semuanye emang -gue akuin-  fantastis, cuman masih kurang karisma faktor gimmick “shotgun” dari sang protagonisnye. Eisener ama penulis naskah John Davies juga sadar ama hal ini, makanye pas film ini lagi menuju ke klimaksnye, tau-tau mereka ngebuka gerbang Midian trus ngelepasin senjata rahasianye ke layar: 2 personifikasi hellspawn dari badassness yg disebut dengan, eng-ing-eng; The Plague! Ngeluncur keluar kastil Frankenstein mereka naek motor gede sambil nyeret peti mati kaya Django dari neraka, The Plague nongol di rumah sakit  pada 30 menit terakhir buat ngebawa film ini ke level awesomeness yg sama sekali baru. Ngeluarin senjata-senjata keren ama ngebunuhin orang dengan cara sedemikian dashyat sampe forum-forum internet pun kini dipenuhin ama tuntutan publik supaya makhluk-makhluk ini dapet filmnye sendiri. Serius gue, iblis-iblis itu bakal nyolong perhatian dengan seketika, kalo lo suka Hobo with A Shotgun, lo bakalan jatoh cinta ama The Plague.

Mereka semacem Daft Punk, kalo gabung di Brimob

Secara keseluruhan, apa yg dilakuin Jason Eisener dengan Hobo with a Shotgun tuh ngebikinnye jadi contoh sempurna sinema-eksploitasi modern. Sederhana & eksplisit, violent & ofensif, sekaligus konyol & ngehibur. Film ini ngekslusifin diri buat fokus ama semua segi estetika lowbrow-nye sambil ngeksekusi itu dengan lebih sukses dari pendahulunye sendiri. Planet Terror ngga sebagus ini, Machete bisa sekedar sanggup ngedeketin ini pun ngga, & berhubung Rob Zombie keliatannye sama sekali ngga punya minat buat mroduksi Werewolf Women of the SS (atau Tyrannosaurus Rex) dengan serius, Hobo with a Shotgun jelas megang title sebagai spinoff paling keren dari generasi baru franchise Grindhouse. Hei, lagian ini ternyata bikin semua yg laen jadi keliatan kaya film PG-13. Satu-satunye yg bisa lebih keren dari hobo tuh kalo kite bisa ngendaliinnye pake kontrol ding-dong, ngarahin shotgun mini 8-BIT kite pada semua hal yg ngewakilin kesenjangan sosial & nembakin para borjuis sampe bolong. Tentunye, para borjuis ngga keberatan sama gairah kaya gitu selama kite ngelakuinnye sambil ngabisin koin di mesin ding-dong.

Besok: class war. Hari ini: new high score!

Kerja yg bagus Eisener, sekarang…tolong bikinin kite filmnye The Plague!

.

.

Advertisements

2 thoughts on “HOBO WITH A SHOTGUN: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. Kayaknya bakalan kocak abis, ya. tanya, hobo itu artinya apa? istilah itu kerasa asing bagiku…..

    Like

    • “Hobo” (kependekan dari ‘Home Owner Bought Out’) itu istilah old school buat ngedeskripsiin orang yg udah diemut trus dimuntahin ama keadaan ekonomi disfungsional. Mereka ngabisin idupnye di rel kereta, secara konstan ada pada perjalanan ‘HOmeward BOund’ tapi ngga pernah nyampe, ngelakuin “pekerjaan” apepun yg bisa ngasilin duit kecil termasuk menuntut orang laen buat ngasihin duit receh mereka tanpa alesan jelas.

      Tuna-wisma, tuna-usaha sekaligus tuna-kapital, mirip2 lah kaya MC Hammer.

      Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s