His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

DEATH RACE 2000: AN EPIC OF EPIC EPICNESS

9 Comments

Kalo menyangkut film soal mobil bertaring nabrakin orang di jalan demi poin, kite ngga nulis review…kite ngelakuin pemujaan! Sylvester Stallone vs David Carradine dalem mobil Satria Baja Hitam ditemenin cewe-cewe nympho. Yes, Roger Corman is a hero to us all.

.

Disclaimer: Kite di HHD bakalan selamanye menolak kenyataan kalo remake dari film ini pernah eksis.

.

Di taun 1975, Roger Corman punya visi soal masa depan; itu ngelibatin mobil kenceng, sopir berkostum, cewe-cewe topless, ama sejumlah aksi pembunuhan dengan kendaraan bermotor yg dilegalisir. Buat ngangkat visinye ini ke layar lebar, Corman nyewa sutradara Paul Bartel guna ngumpulin cast yg terdiri dari salah satu primadona sinema-eksploitasi pada masanye; Roberta Collins, (pas itu) aktris-horror upstart potensial Mary Woronov, (waktu itu) bintang sofcore Sylvester Stallone, ama David Carradine (juga dikenal sebagai Kwai Chang Caine), terus ngebikin film ‘deathsport-futuristik’ paling terkenal pada subgenrenye: Death Race 2000!

Kaya bisa diliat dari judulnye, film ini settingnye di taun 2000, waktu Amerika Serikat udah berubah jadi United Provinces of America, kekaisaran global yg kekuasaannye ngebentang dari New York – Peking – sampe Moskow di bawah seseorang yg dikenal sebagai “Mr. President”. Harap dicatet kalo Mr. President ini sama sekali ngga keliatan ama bertingkah layaknye seorang Presiden, mereka emang cuman manggil die Mr. President aje. Hal ini bikin gue curiga kalo “Mr. President” di sini tu semacem “TJ Hooker” gitu; itu bukan profesi, tapi emang namanye.

Berhubung ini tuh masa depan, orang udah bosen nontonin pesta olahraga ngebosenin kaya Olimpiade ama SEA Games, maksud gue, kompetisi senam irama ama anggar? So gay. Maka Mr. President ngehibur rakyatnye pake tontonan-tontonan olahraga semi-gladiator, yg paling beken tuh satu yg namanye Transcontinental Road Race, balapan dimane sejumlah sopir berkostum ngegeber mobil karnaval dari New York sampe New LA sambil ngelewatin beberapa checkpoint. Kaya semua balapan laen, nyampe ke checkpoint dengan waktu tercepat tuh ngasilin angka, yg ngebedain ini dari balapan laen tuh di sini ngelindesin orang-orang yg ada di pinggir jalan juga ngasilin angka. Ngebikin balapan ini sebagai kandidat utama pengisi mimpi basah orang-orang yg kerja di Rockstar Games.

Berikut adalah sistem skor komplitnye:

Ngelindes remaja: 40 poin.

Ngelindes anak kecil (umur 7 taun kebawah): 70 poin.

Ngelindes manula (40 taun keatas): 100 poin.

Di semua kelompok umur, ngelindes cewe nilainye 20 poin lebih gede dari cowo. Gue asumsiin ini dilakuin soalnye kalo negara lo mencakup teritori yg dulunya Uni Soviet sekaligus RRC, lo dijamin bakal punya masalah kependudukan yg akut.

Mobil pembunuh, lebih efektif dari KB

Jadi, di balapan ini, seseorang harus nginjek pedal gas ampe mentok, ngelindesin sebanyak mungkin orang di jalan, ngehindarin tembakan helikopter, nabrak pejabat tinggi negara ama ngelakuin kudeta buat bisa jadi juara.  Kite di HHD udah ngirim petisi demi legalisasi Death Race sejak 2 pemilu terakhir, sayangnye sampe saat ini KONI pusat belon juga ngesahinnye sebagai sebuah cabang olahraga resmi.

Fiksi-ilmiah eksploitatif gini emang terkenal buat ketidak-akuratan visinye soal masa depan. Selaen nyaris ngga pernah ngedasarin idenye pada apepun yg ilmiah, biasanye para sineas ginian punya kecenderungan mikir kalo “olahraga futuristik” tuh selalu ngelibatin pembunuhan di dalemnye. Hal laen yg ngga pernah absen adalah bahwa, di milenium baru, landskap arsitektur kite bakal sepenuhnye didikte ama lukisan dari poster band progresif-rock.

Masa depan adalah satu kover album YES

Dengan potensi masa depan yg sedemikian awesome, sedih rasanye ngadepin kenyataan kalo, bukannye nyetir mobil terbang bertaring ape maenin Proton-Pack beneran di kamar kosan, kemajuan paling advans umat manusia di taun 2000 tu ternyata ngelakuin tarian ini:

.

Abis lo tau kalo film ini ceritanye soal balapan “squash-the-pedestrian” lintas-negara, sekarang waktunye kite temuin para partisipan:

Nero the Hero (Martin Kove): Seseorang yg ngerasa dirinye Kaisar Nero, dengan Cleopatra sebagai navigator. Jadi nilai akurasi historisnye jelas kacau di sini. Biarpun mobilnye dilengkapin ama apa yg keliatan kaya gigi macan di bempernye, tokoh ini cuman punya 1 ciri karakter tunggal: expendable.

Matilda the Hun (Roberta Collins): Rambut pirang, mata biru, make Swastika di helm ama Iron Cross di pintu, tereak ‘blitzkrieg!!!’ tiap abis ngebunuh orang, & suporter fanatik doi ngasih dukungan lewat salam Seig Heil massal. Karakter ini diciptain buat mereka-mereka dengan kombinasi dari rasa cinta luar biasa pada Jerman & selera fesyen yg buruk, alias para penggemar Rammstein.

Calamity Jane (Mary Woronov): Rhinestone-cowgirl, ngomong pake aksen Southern yg lebih palsu dari aksen ghetto-nye Alicia Keys, naro tanduk banteng di depan mobilnye sesuai AD/ART dari semua bandar minyak Texas. Navigator doi maenin banjo sepanjang jalan soalnye di taun 2000  ternyata yg namanye “portable music player” tuh belon diciptain.

Machine Gun Joe Viterbo (Sylvester Stallone): Mafioso Chicago, waktu disorakin ama penggemar Frankenstein pas dikenalin, Joe ngebales dengan ngambil senapan mesin & ngeberondong penonton. Biar perannye di sini tuh sebagai antagonis, die ngelakuin 2 kill-scene paling keren & jadi satu-satunye anggota Mafia dalem sejarah yg berani keluar rumah pake dasi warna pink.

Frankenstein (David Carradine): Juara bertahan sekaligus favorit utama penonton. Orang ini punya fan club yg luar biasa hardcore, semacem “bunuh-diri-soalnye-gue-disuruh-Ozzy” hardcore. Yg bisa dimengerti, soalnye die bukan cuma bawa mobil dashyat yg terus dijiplak ama Satria Baja Hitam doang, tapi juga ini tuh David Carradine dalem kostum latex bersayap! Dunia belon pernah liat hal sekeren itu sejak….David Carradine pake kostum latex bersayap.

Ok, lo udah ngerti premisnye, lo udah tau pembalapnye. Ape lagi yg kite tunggu? Mari mulai balapan dengan nunjukin lo opening-title dari karya eksploitasi avant-garde sci-fi futurama nan megah ini, yg konon, dibikin Paul Bartel pake budget tanpa sepengetauan Roger Corman.

Biayanye sekitar 20 Dollar

Balapan dimulai! Para pejalan kaki gue anjurin buat hati-hati, soalnye “mati ditabrak ama mobil yg di-pimp my ride buat keliatan kaya monster Kaiju serial TV tipikal Jepang” jelas bukan sesuatu yg pengen lo taro di batu nisan lo. Gue ngga punya masalah ama pejalan kaki, malah, gue punya semangat jalan kaki yg tinggi. Kalo lo tanyain semua orang yg kenal gue, mereka  bakal ngasih kisah-kisah legendaris soal perjalanan-perjalanan yg gue tempuh sambil jalan kaki. Cumaaaan, asli, kaga ngerti gue kenape pejalan kaki di film ini ngga diem di rumah pas mereka tau ada balapan tabrak lari sedang berlangsung?  Ini bukan balapan gelap yg dilakuin segelintir orang secara diem-diem, ini kejuaraan nasional tabrak lari yg disiarin live di TV ama radio! Ngapain lo malah keliaran di jalan??? Film ini bikin gue nyadar kalo kebodohan emang bisa ngebahayain kesehatan, fakta itu ngebikin keberhasilan kru Jackass buat bisa bertahan idup sampe 3 sekuel film jadi sesuatu yg impresif.

Tapi jangan salah sangka, biar didasarin dari ide maen-maenin kekerasan, sejujurnye Death Race 2K bukan model film yg penuh gore kok. Semua kill-scenenye terjadi sekelebat & biasanye darah palsu yg ditumpahin juga ngga banyak. Kekerasannye lebih nongol dari gimane ekspresi primal di muka para pembalap tiap kali mereka pada pengen nyetak angka, & iye, semua angkanye didapetin dengan darah dingin. Poin pertama Joe Viterbo diraih dengan mindahin genital pekerja konstruksi yg ngga ngedenger mobilnye dateng gara-gara lagi sibuk ngoperasiin jackhammer, kayanye dulu Darwin lupa masukin jackhammer sebagai salah satu elemen krusial proses seleksi alam. Ngomongin seleksi alam, sebagian orang sengaja nantangnye dengan cara-cara absurd, kaya 3 James Dean ama seorang Matador yg mutusin buat maen Evil Knievel lawan pembalap psikopat. Sebagai pengemudi vigilante yg suka bermaen di luar sistem, Frankenstein mutusin buat nyurangin peraturan & nabrak ofisial balapan. Satu aksi yg abis itu dijawab Joe Viterbo dengan cara nabrak anggota kru-nye sendiri. Tadi gue udah bilang kalo Frankenstein tu favorit utama penonton kan? Ini dibuktiin dengan dokter & perawat satu rumah sakit yg sengaja ngebarisin pasien manulanye di tengah jalan buat die giling demi angka, inget! Satu manula tu nilainye 100 poin.

Abis seharian penuh kebut-kebutan ama nabrakin orang, di tiap checkpoint para pembalap dapetin pit stop. Ini hal yg vital pada tiap balapan supaya para atlet punya kesempatan dipijet, fasilitas laen yg disediain di situ adalah kamar megah buat semalem , tau kan? Supaya pembalap kite ngedapetin waktu istirahat yg bakalan mereka abisin buat ngegenjotin navigatornye. Catet, di era 70-an, cewe-cewe bakal ngasih badannye buat lo ngga peduli seberapa menggelikan kostum yg lo pake ama sekonyol apepun mobil yg lo bawa. Tentunye ini juga bisa ada hubungannye ama bentuk nymphoisme  yg ditunjukin ama cewe-cewe di film ini, ngejelasin kenape “mupeng” adalah sebuah vokabulari slang yg tercipta di era 70-an.

Ekspresi gini ngga mungkin punya arti laen

Toh, idup ngga selamanye baik-baik aje bagi para pembalap kite, diantara ngelindesin orang ama nindihin navigatornye, mereka juga harus berhadapan ama kelompok pemberontak yg pengen nyabotase balapan buat ngegulingin tirani Mr. President. Dalam satu misi yg secara kreatif dinamain operation anti-race, mereka nebarin jebakan mematikan di sepanjang rute balapan. Ironisnye, biarpun udah ngerahin segalanye dari helikopter tempur sampe penyerang bermotor yg nantinye bakal berakhir di serial Mad Max, Matilda the Hun ama Calamity Jane malah celaka gara-gara fakta sederhana kalo cewe adalah pengemudi yg buruk, ngebuktiin kecurigaan umum kalo -sampe jaman apepun-, cara paling aman buat berkendara ama pengemudi wanita adalah dengan ngeloncat keluar.

Safety first!!

Kalo lo pikir ngebarisin manula di tengah jalan tuh bentuk pemujaan idola yg absurd, salah satu anggota fan club Frankenstein ngelakuin pengorbanan surreal dengan cara sengaja berdiri di tengah jalan supaya sang idola bisa dapet poin tambahan. Ajaib, selama ini gue pikir bunuh-diri-soalnye-lo-memuja-seseorang-yg-pake-celana-kulit tuh cuman tereksklusifkan bagi penggemar heavy metal doang. Tapi momen emas film ini terjadi di satu sungai, waktu Joe Viterbo ngebut buat ngelindes seorang pemancing yg salah ngira kalo die tuh Frankenstein, gue ngga tau bagian mane dari adegan itu yg lebih fantastis: musik soundtrack yg bikin gue ngerasa lagi nyaksiin vehicular-manslaughter di satu episode Three Stooges, ape komitmen penuh si korban buat tetep megangin ikan hasil tangkepannye sampe ke detik kematian gruesome-nye.

“Ini bakal berguna satu saat nanti”

Berikutnye, pemberontak berusaha ngeledakin pembalap, pembalap masih terus nabrakin orang & buat sebuah alesan tertentu, Mr. President tau-tau ngedeklarasiin perang lawan Prancis. Sementara itu, Annie (navigator Frankenstein) terlibat sebuah konspirasi & sang juara bertahan sendiri punya rencana pribadi yg ngelibatin bentuk paling idiotik dari kata “granat tangan”.

Yup, film ini emang luar biasa.

Praktis segala hal yg bikin satu produksinye Roger Corman jadi “klasik” bisa ditemuin dalem film ini (boobs tuh mandatori) & legasi yg ditinggalinnye buat kultur pop kitsch ngga bisa disangkal. Berape banyak dari kite yg pernah becanda soal “ibu-ibu hamil di kanan! Nilai ganda!!” pas naek mobil? Sape yg naro lelucon bodoh gitu di kepala kite? Death Race 2K! Sampe hari ini, 20% dari orang yg maen GTA ngga tau kalo di game itu ada misi selaen dari maen Death Race 2K. Malah, di taun 1976, versi  ding-dong dari Death Race itu salah satu video-game pertama yg bikin kontroversi gara-gara dianggep terlalu brutal. Gue tau kalo “brutal” emang bukan kata yg umumnye diasosiasiin ama maenan ding-dong monokrom, tapi hey, bahkan “brutalitas” pun kudu ngelewatin fase alay-nye.

Brutalitas jaman die masih polem

Gameplay-nye sederhana aje, lo ngontrol pixel buruk yg ceritanye mobil & ngarahinnye buat ngelindesin pixel buruk yg ceritanye pejalan kaki. Tentunye, berhubung nambahin satu warna merah di layar bakalan nambahin 2 bulan kerja keras programming ama budget ekstra 2 juta Dollar, kaga ada darah yg keliatan. Tapi orang-orang di Exidy, perusahaan pengembang game ini, nambahin feature keren: tiap ada yg kelindes, maka bakal ada suara jeritan yg muncul. Gue tau itu kedengeran cupu buat standar generasi Manhunt 2, tapi jaman itu, hal kaya gini udah cukup buat bikin masyarakat resah sampe game itu ditarik dari peredaran setaun kemudian. Apaan yg dilakuin developer-game kalo produknye ditarik dari arena ding-dong gara-gara terlalu brutal? Gampang, mereka bikin versi NES-nye! American Games Cardridge ngeresureksiin titel ini pake grafik advans 8-bit ama opsi yg bikin mobil pemaen bisa dilengkapin ama misil, senjata, juga ban khusus penggerinda tubuh yg namanye “cutters”, “slashers”, “slicers” & “dicers”. Oiye, teknologi juga memungkinkan mereka buat masukin helikopter versi film aslinye buat jadi musuh, soalnye, ngebunuhin pejalan kaki ngga bersenjata itu ok selama lo ngelakuinnye sambil ditembakin ama helikopter.

Versi NES itu keluarnye taun ’90, 15 taun abis film Death Race 2K dirilis & 7 taun lebih duluan dari Grand Theft Auto pertama. Selaen dari adaptasi resminye, ide film ini juga di ripped-off ama seri Carmageddon, ngebuktiin kalo Death Race 2000 emang tontonan kult yg bakalan diwarisin dari generasi satu ke generasi laen penggemar sinema-genre di seluruh penjuru dunia. Kaya apaan yg dibilang ama seorang tua bangka soal pengalamannye nonton film ini:

“The audience was at least half small children, and they loved it. They’d never seen anything so funny, I guess, and I was torn between walking out immediately and staying to witness a spectacle more dismaying than anything on the screen: the way small children were digging gratuitous bloodshed.”

Film kaya gini & semua orang puas? Gue ngga ngeliat ada yg aneh dari itu, kenape? Soalnye boobs adalah bahasa universal & kekerasan tuh ngga pernah ketinggalan jaman.

.

.

Advertisements

9 thoughts on “DEATH RACE 2000: AN EPIC OF EPIC EPICNESS

  1. kirain deathrace-nya jason statham, beda yee hehehe
    taunya ini yg maen oomramboo Slystalone, btw itu david carradine yg maen kungfu bukan sih?
    nyari link dulu aaah….

    btw…
    gue nemu link kumpulan film gore-horror-extreme-freak nih, coba cek deh bos mayan lengkap menurut gue

    http://horrorfest666.blogspot.com/

    Like

  2. buahahaha….film ‘rare’ nih udah nonton berkali2 tapi tetep aja asik, emang gw seneng ma film absurd macam beginian 😀

    Like

  3. Wah, saya belum nonton versi orinya. Males nyari + download *pletak*
    Itu desain mobilnya beneran kayak gitu? Kreatif sih…. tapi gak menimbulkan kesan sangar *mungkin cuma perasaan saya aja*

    ” Soalnye boobs adalah bahasa universal & kekerasan tuh ngga pernah ketinggalan jaman.”
    Setuju. Film kartun aja banyak kekerasan, meskipun dibuat komikal. Lihat aja Tom & Jerry.

    Like

    • Masa sih ngga sangar? Itu semacem kadal raksasa berkecepatan tinggi. Secara pribadi sih gue nganggep kadal raksasa berkecepatan tinggi tuh lumayan sangar, apalagi kalo yg bawanye keliatan kaya Darth Vader.

      Like

  4. sori banget nih Zom kalo ga ngomentari filmnya, tapi entah kenapa ya, saya baca tulisan ini (dan tulisan sebelum ini) inget salah satu zine lama?? bukan Trasher, saya blm baca itu, tapi xVandalboarderx, zine skate tahun 2003

    eh, ada rencana ngereview I Sell The Dead?

    Like

    • Banyak film yg rencananye gue review tapi belon bisa dilaksanain berhubung keterbatasan waktu, jadi ngga janji.

      Kalo soal zine2an itu, ngga tau deh, mungkin kite diilhamin ama orang yg sama. Tapi ngomong2, ngapain zine skate ngomongin soal Death Race 2K??

      Like

      • iye Zom, engga tau tuh, kayaknya perasaan saya aja. Emang zine itu engga ngomongin Death Race 2K kok, dari gaya tulisannya aja yang bikin saya inget

        Selaen itu soalnya itu biar ngakunya zine skate tapi isinya banyak ngomongin film horror, udah gitu sama2.. ya gitu… pemuda2 korban romansa hehe…

        Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s