His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

I SPIT ON YOUR GRAVE’10: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

Leave a comment

Ini remakenye Steven R. Monroe dari filmnye Meir Zarchi, BUKAN dokumenter bikinan Eli Roth dari biografinye Adolf Hitler.

.

Gue kaga inget kapan terakhir nonton I Spit on Your Grave-nye Meir Zarchi (ape Day of the Woman, segimane itu pertamanye dijudulin) yg jelas pasti udah lama banget. Tapi biarpun cerita komplit dari filmnye udah 90% lenyap dari memori, ada 2 hal yg selamanye gue ngga akan lupa:

Pertama: Ada salah satu adegan pemerkosaan paling terkenal dalem sejarah.

Kedua: Ceritanye soal korban perkosaan yg balas dendam ke para pemerkosanye.

Kesimpulan: Itu adalah versi murahan serta lebih eksploitatif dari Last House on the Left.

Taun 2010 kemaren, sutradara Meir Zarchi pindah posisi jadi penulis skenario, ngasih korsi sutradara ke Steven R Monroe dalem rangka ngebikin versi modern dari karya jadulnye sendiri. Gue asumsiin Meir Zarchi kaga punya terlalu banyak kerjaan dalem produksi ini mengingat kalo ceritanye praktis kaga ada bedanye ama yg dulu. Sekarang gue bakal berusaha ngasih rundown sederhana dari cerita film ini, tentunye ini sebenernye bisa dirangkum pake penjelasan singkat:

Pertama: Ada adegan pemerkosaan yg ngga terlalu brutal.

Kedua: Korban perkosaan terus balas dendam dengan cara yg sangat brutal.

Kesimpulan: Itu adalah versi sederhana serta lebih ngga menegangkan dari remake Last House on the Left.

Bagi mereka yg nganggep penjelasan itu udah cukup ngerepresentasiin plot, maka silakan langsung scroll sekitar 7 paragraf ke bawah. Bagi yg ngga punya kerjaan laen, silakan terus baca.

.

Dibuka dengan Jennifer Hills (diperanin Sarah Butler, yg sejujurnye, keliatan jauh lebih seksi dari Camille Keaton pada puncak sensualitas doi) mengendarai mobil di jalanan panjang yg sepi. Jennifer ini seorang novelis, & doi punya rencana untuk menyendiri pada kabin terpencil dalem daerah terlupakan di ujung Amerika. Seperti kite tau “novelis” punya kebiasaan kaya gini guna ngehindarin dirinye dari digerebek DEA di kota besar gara-gara narkoba yg kudu mereka konsumsi dalam jumlah besar demi ngerangsang inspirasi. Nah, settingnye sendiri ngga dikasih tau secara jelas di mane, tapi, kalo diliat dari fesyen “baju bengkel” yg dipake masyarakat lokalnye –sesuatu yg praktis udah punah di semua penjuru dunia laen sejak para personel Green Day mulai tua- , kemungkinannye sih di salah satu wilayah “Confederate States of America”, yg kayanya ngga punya cukup fasilitas buat bikin satupun rambu penunjuk arah secara jelas.  Jadi Jennifer (mulai sekarang kite panggil doi Jen), kudu minta bantuan dari seorang tua buat ngasih peta bikinan tangan terbaik yg bisa dihasilin seseorang dengan tingkat intelejensia tipikal pemuja David Allan Coe, itu kurang-lebih sama dengan coretan tangan anak umur 3 taun di negara-negara berkembang pada umumnye. Bisa diduga (juga dimengerti) kalo abis itu Jen lagi-lagi kesasar, untungnye doi nemu sebuah POM bensin yg dihuni warga-warga tauladan dengan kharisma lokal khas daerah Selatan.

Charming

Sisi negatif dari hal ini tuh kite tau ada alesannye kenape wilayah spesifik ini dikenal sebagai “teritori Dixie”; soalnye wilayah itu sangatlah populer sebagai sea of dicks, & ketiga penunggu POM bensin ini adalah contoh kecilnye. Sementara pada sisi positif, orang-orang itu tau persis lokasi  di mane kabin yg dicari Jen tuh berada. Ok, mungkin kenyataan kalo seseorang yg flirting pake kalimat: “you look pretty hot under your hood, want me to check it out for you?” tau persis tempat lo bakal nginep sebenernye ngga terlalu positif sih, tapi kite harus tetep optimis kan? Ngomongin optimisme, Jennifer kite ini gadis yg uber-optimis. Ape lagi buat seseorang yg tinggal sendiri dalem kabin di tengah-tengah hutan. Doi memulai harinye dengan jogging pake hotpants ama sport-bra, orang bahkan udah ngga berani ngelakuin itu di Central Park, tapi Jen? Doi ngelakuinnye di hutan redneck! Gue ngerti sih kalo doi pasti punya asumsi berhubung dirinye ngga punya hubungan sodara ama sapepun di sono, maka doski pasti ngga akan dianggep sensual bagi populasi yg secara eksklusif inbred. Meski logika itu emang bisa diterima akal sehat, sayangnye buat Jen, para inbred kite di sini bukan termasuk golongan yg puritan. Dan kite semua tau kan apaan hasilnye kalo cewe nunjukin bra ama hotpant pada orang yg bukan puritan? Seseorang di jamin bakal ngerekamnye pake kamera video.

Kamera punya bakat nemuin gambar model gini

Teknologi perusak nama baek yg udah ngancurin sejumlah karier selebritis & politisi itu pun nongolin lensa zoom-nye waktu ada seseorang ngerekamin Jen pas nyuci baju, nah adegan ini punya 2 kegunaan penting:

1. Nunjukin kalo sebenernye Jen “ngga sendirian di situ” (yg kite semua udah tau) , ama…

2. Alesan buat ngasih bra-‘n’-panties shot nan substansial bagi semua produksi horror-modern.

Kegunaan yg sebenernye sia-sia kalo kite menimbang fakta bahwa

1. Ini udah sangat retorik, terus…

2. Kite semua tau bakal ada frontal-nudity juga nantinye.

Poin positif dari hal ini: Uuuum…Jen ngga perlu takut videonye dengan pakaian dalem bakal nongol di internet. Soalnye gue ragu ada satupun karakter film ini selaen dirinye yg tau cara ngoperasiin komputer.

Orang dengan bandana gini curiga juga ngga bisa ngeja “youtube”

Tapi Jen punya banyak masalah laen buat dipikirin, mulai dari toilet rusak (dibenerin ama orang terbelakang mental, karena nampaknye level edukasi di Selatan sedemikian tinggi, sampe bahkan orang terbelakang pun bisa benerin WC), hape rusak, juga ilham menulis yg ngga kunjung dateng. Maka doi pun ngelakuin apa yg dilakuin semua seniman handal (dengan ngasumsiin kalo penulis tu masuk kategori seniman) pas mereka ngalemin blok-kreativitas: minum alkohol ma ngisep ganja. Sendirian. Di tengah hutan. Ngga tau kenape, gue makin bisa nebak kalo ini ujungnye pasti ngga bagus.

Tunggu, ada yg ngetok pintu! Sape tau peruntungan Jen bakal membaik mulai sekarang. Sape yg ada di luar? Petugas Fed Ex seksi? Tukang es krim pemalu yg ternyata buas di ruang tertutup? Bocah pengantar pizza yg muskular?

Oh, bukan. Ternyata 3 douchebags dari POM bensin.

Dateng soalnye mereka ngerasa kalo flirting secara subtil, kaya ngasih gombalan yg kayanye terakhir manjur memikat cewe pada jaman I Spit on Your Grave orisinil dulu premier di bioskop, ngga berhasil. Maka pendekatan secara lebih aktif kudu dilakuin. Hal tersebut termasuk dateng ngga diundang, ngerusakin barang, maenin pakaian dalem, ngasih ancaman verbal, ama ngayun-ngayunin pemukul bisbol. Orang-orang daerah sono emang punya ikatan batin ama pemukul bisbol, ini bisa dipahamin mengingat hal terakhir yg bisa dipake buat ngejustifikasiin rebel pride tu adalah waktu Florida menang World Series taun 2003.

“Effin Yank! Lo tau kalo Marlins rule!!”

Ok, cukup kan? Lo pikir orang-orang ini bakalan berenti di situ dalem hal bikin dirinye sendiri jadi segerombolan prick menyebalkan, tapi kaya yg udah dibuktiin berkali-kali ama Mel Gibson, sebagian orang tuh kaga kenal istilah “ketertaluan”. Maka orang-orang ini pun ngebawa fantasi kult-Manson mereka ke taraf selanjutnye dengan, satu per satu, ngegagahin cewe kota di tengah hutan sementara temennye nangkring-nangkring nunggu giliran, kemungkinan sambil siul-siul nada dari sebuah lagu annoying. Tentunye, dioper-oper kaya botol Jack Daniels di ruangan penuh penggemar Pantera bukanlah sesuatu dengan tingkat prioritas tinggi bagi Jen, soalnye kalo emang ni film pengen nyeritain soal cewe kota yg doyan buat secara sukarela digilir dalem satu redneck-incest-literal-bang-bros, berarti satu-satunye orang yg mau nerima peran utama di film dengan skrip kaya gitu pasti cuman Kat Von D. Sayangnye, sebuah kecelakaan bikin doi jadi ngga availabel buat storyline tersebut.

Doi ngga sengaja nelen bola bowling

End of part I, berikutnye part II: Jen ngebunuhin semua orang.

Bla-bla-bla, chop-chop-chop, kill-kill-kill.

Kredit bergulir.

Kaya bisa kite liat, 2 versi I Spit on Your Grave ini ngga terlalu beda satu sama laen; cewe dinodai, cewe masuk Jigsaw Insitute of Justifiable Torture, cewe lulus dengan predikat cum laude, trus cewe mraktekinnye buat balas dendam. Emang ngga ada lagi yg bisa dikembangin dari film ini. Yg pengen ditunjukin ama mereka yg bikinnye adalah: apaan balesan setimpal  buat cowo-cowo yg berkelakuan kaya Baldwin bersodara. Yg pengen diliat ama mereka yg nontonnye adalah: se-vulgar ape adegan perkosaannye? Semua orang tau adegan pemerkosaan tu selalu jadi sesuatu yg ditunggu di sebuah film, maksud gue, itu satu-satunye alesan kenape orang mau nonton Irreversible. Ape itu buruk? Kata gue sih engga. Ini kan cuman film. Hanya di sebuah film seseorang ngerekam diri, ama temen-temennye, pas lagi merkosa orang & abis itu nyimpen hasilnye. Pada keidupan nyata, seorang kriminil bakal make teknologi paling advans buat ngilangin segala hal yg bisa ngebantah alibi kalo mereka ada dalam radius 1 KM dari tempat kejadian perkara, berbanding kebalik ama kite yg berusaha sekuat tenaga ngebuktiin kite juga ada di sebuah konser mahadashyat dengan cara motret kepala orang-orang yg ada di depan kite pake kamera hape berkekuatan 3 Mega Pixel.

Sumpah! Ini gue pas nonton live Justin Bieber. Aslinye!

Pertanyaan utama gue buat film ini adalah; ngapain Steven R Monroe bikin remake dari satu ide orisinil yg udah disempurnain (juga dieksekusi) dengan lebih baik ama ratusan judul laen seudahnye?  Soalnye biarpun ide ekspos-ulang-ekploitasi-klasik emang pasti kedengeran menggoda buat kuping produser Hollywood tipikal, tapi kalo emang ada film yg ngga perlu di bikin remake, ini jelas salah satunye.

Ok, kemaren-kemaren gue ngomong kalo ada film-film yg layak buat di re-boot, contoh yg gue pake tuh Night of the Demons. Trus kenape sekarang gue ngomong I Spit on Your Grave “sebenernye ngga perlu di remake”?

Soalnye ada bedanye bos, NotD itu film yg dulu belon dimaksimalin sesuai potensinye. Yg aslinye bagus, cuman lo tetep ngerasa kalo ia –harusnye- bisa lebih bagus. Sementara Day of the Woman-nye Meir Zarchi dulu gue pikir udah bisa jadi sepol-polnye itu bisa memungkingkan buat jadi, sapepun yg pernah nonton itu tau kalo ini emang jenis film yg ngga ngasih banyak ruang sisa buat improvisasi. Mari kite kilas balik pada kenape aslinye film ini bisa masuk kategori kult-klasik: soalnye ia nunjukin kekerasan yg luar biasa grafik…pada jamannye. Pada masanye, itu emang vulgar, eksplisit, shocking, ama ofensif, emang, tapi inget itu taun 1978. Standar dari poin-poin tadi masih diukur pake kadar batas toleransi era di mane hippie berjaya dengan slogan ‘make love not war”, & The Beatles bikin film soal makhluk biru & kapal selem kuning di bawah pengaruh LSD. Jadi buat ngekspos kekerasan-grafik pada masa itu tuh semacem kaya muter A Serbian Film bagi penonton yg duduk di korsi teater Hachiko, ya jelas lah bakal ninggalin impresi kuat. Tentu sekarang kite idup di masa yg sama sekali beda, kite udah biasa liat Hostel, Guinea Pig, Saw (satu franchise penuh), seluruh judul rilisan Sushi Typhoon ama Troma, de el el, de el el. Malah dari sepuluh taun lalu bioskop Grindhouse praktis udah ngedasarin eksistensinye pada film-film jenis ginian. Itu makanye aneh kalo remake I Spit on Your Grave ini malahan nunjukin unsur kekerasan vulgar yg legendaris dari film aslinye…pake cara yg Kosher.

Semacem ngeliat foto SG…tanpa make up

Gue ngga ngomong ini tontonan lunak lho ye? Tapi meski sutradara Steven R Monroe udah ngelipet-gandain adegan balas dendam Jennifer dari apa yg diliatin ama film aslinye, toh buat market horror modern ngga ada apepun yg belon pernah kite liat di jenis tontonan sejenis. I Spit on Your Grave ni sebenernye berusaha bikin dirinye vulgar & eksplisit, cuman ngga berhasil nyiptain sesuatu yg cukup mencolok buat misahin dirinye dari kawanan mindless-murder-slideshow-flick laennye. Terutama soalnye editingnye dilakuin sedemikian rupa supaya adegan pemerkosaannye jadi bisa ditolerir ama para audiens yg lebih PC. Gue tau kalo pemerkosaan tuh emang subjek yg jauh lebih sensitif daripade sekedar nyiksa segerombol redneck sampe mati, tapi, kalo itu tuh elemen krusial buat plot keseluruhan, maka nunjukinnye pake visual “lebih friendly” kerasa kaya ngeliminasi sejenis empati tertentu ama karakter utamanye. Empati yg sebenernye jadi landasan pembenaran semua kekerasan yg dilakuin ama karakter itu sesudahnye.  Itu makanye film ini jadi keliatan medioker di mata gue: violent? Iye. Ofensif? Engga.

Mud-fetish? Yesss

Jadi, apa ini lebih jelek dari film aslinye? Engga. Berarti ini lebih bagus dari film aslinye? Ngga juga. Secara teknis, Steven R Monroe emang sukses ngebenerin semua kecacatan estetis Meir Zarchi, sayangnye, die ngga ngasih kite apepun yg baru buat dikagumin. Kite semua tau sinematografi ama kesempurnaan teknis doang ngga cukup buat nyiptain film horror yg keren. I Spit on Your Grave ’10 ini emang produksi kompeten berdasarkan klise standar slasher-modern, tapi Steven R Monroe ternyata ngga punya kapasitas buat bikin itu jadi tontonan “holy shit” baru. Kayanye die kudu belajar ama orang di video berikut, yg tau persis gimane caranye ngerubah apaan yg klasik buat jadi sebuah masterpiece.

Nah, itu baru apaan yg bangga gue sebut sebagai “reboot”.

.

.

Advertisements

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s