His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

DEVIL : AN INTELLECTUAL OVERVIEW

7 Comments

Kalo gue itu Iblis, gue bakal sangat terhina dengan caranye M. Night Shyamalan ngegambarin diri gue di film ini. Dan gue bakal ngehukumnye dengan naro die dalem bass-drum Dave Lombardo selama satu konser Slayer.

.

Devil jelas punya sesuatu yg salah pada strategi marketingnye.

Kalo lo lagi dalem usaha buat ngejual karcis korsi bioskop, ngasosiasiinnye dengan seseorang yg bertanggung jawab buat Signs, The Village, Lady in the Water, ama The Happening jelas bukan apaan yg bisa disebut nilai-komersil. Maksud gue, ada gitu orang yg ngga nyadar kalo di sepanjang The Happening tuh praktis…nothing’s happening? Masih gitu ada yg ngerasa kalo sesuatu yg naro nama M Nigh Shyamalan di dalemnye tuh masih pengen diliat ama orang-orang? Die sekarang bahan lelucon paling populer setelah Uwe Boll! Jadi kalo emang seseorang pengen ngejual namanye demi keuntungan komersil, lo pikir mereka bakal cukup waras buat ngga ngelakuinnye pada taun yg sama ama pas The Last Airbender karam.  Tapi ngga tau gimane (gue duga ngelibatin sebentuk ilmu hitam tertentu), die berhasil ngeyakinin Media Rights Capital buat ngedanain sebuah trilogi yg dijudulin ‘The Night Chronicles’, soalnye, buat ngejudulinnye ‘A Collosal Waste of Money’ bakal kedengeran sedikit terlalu pesimistik. Berhubung die sekarang nerimain surat-kaleng ama serangan molotov konstan dari para penggemar-fanatik serial Avatar, Shyamalan ngorbanin egonye & bikin kompromi dengan logika umum. Kaya kite sama-sama ketahui, Shyamalan biasanye nulis, nyutradarain ama mroduserin sendiri kebanyakan dari judul-judulnye, beroperasi di bawah kepercayaan kalo lo pengen bikin sesuatu dengan luar biasa fucked up maka lo kudu ngelakuin segalanye sendiri. Nah, mulai di Night Chronicles-nye ini, tugasnye bakal dibatesin pada nulis ide tanpa ikut-ikutan eksekusi lapangan.

Mungkin sebaiknye die juga ngga ada di set

Ok, jadi persisnye ide apaan yg Mr. Shyamalan punya buat ngebuka saga terbarunye ini? Berikut adalah logline resmi yg dipake buat masarin mahakarya-agung  tersebut:

“It revolves around a group of people trapped in an elevator, and one of them is the devil.”

Jujur gue emang salah satu orang yg suka ngejadiin M Nigh Shyamalan sebagai bahan lawakan, jadi gue mikir misalnye premis itu kedengeran achterlijk-sampe-menuju-ke-arah-difabel, itu pasti cuman guenye aja kan? Sampe beberapa bulan abis itu pas nangkring ama temen-temen, salah satunye ada yg ngungkit Devil & mereka mulai nebak-nebak ceritanye kira-kira apaan. Itu memicu memori gue buat secara simultan ngambil alih otak untuk memerintahkan bibir ngeluarin kata-kata berikut: “Kan ada tagline-nye? It revolves around a group of people trapped in an elevator, and one of them is the devil”.

Dalem waktu singkat semua orang nunjukin reaksi yg seragam.

Reka ulang adegan (dilakukan secara aman)

Jadi Devil emang didasarin pada ide menggelikan yg keluar dari kepala seseorang yg menggelikan. Jadi trailernye pada tiap screening film laen, dari Scott Pilgrim sampe Inception, sukses diketawain abis-abisan ama audiens pas nama lo-tau-sape nongol. Jadi seluruh dunia udah nyadar kalo inisial MNS adalah singkatan dari Monstrously Naked Satan. Toh semua itu ngga akan ngaruh kalo ternyata filmnye bagus kan? Mari kite telaah sekarang.

.

Seseorang mutusin buat loncat dari atap gedung pencakar langit & mendarat di atap truk, gue duga soalnye die baru keluar dari korsi teater yg muter The Last Airbender. Maka anggota Philadelphia PD, seorang detektif bernama Bowden, dateng menginvestigasi. Keidupan personal orang ini tuh berantakan gara-gara keluarganye abis kebunuh dalem sebuah kecelakaan & kaya biasanye, tragedi model gitu selalu ngasilin seorang supercop di film. Bowden nunjukin ini di 5 menit pertama waktu die berhasil nemuin cukup bukti dari tempat sekitar kalo orang yg loncat tadi ngelakuinnye dari gedung yg ada jauuh di sebelah sanaaaa, tau kan? CSI style! Ini ngebawa kite ke gedung yg bersangkutan pas 5 orang masuk ke dalem Elevator 6, tanpa mereka ketahui, lift itu bakalan nyangkut di tengah jalan & bolak-balik mati lampu kaya itu satu-satunye lift di Philly yg beroperasi pake tenaga listrik PLN. Tentu waktu bergerak amat lamban di dalem lift nyangkut, maka para penumpangnye –buat ngisi waktu- mutusin buat maenin game jejaring-sosial klasik yg bernama “who’s the biggest prick among us”. Dalam waktu singkat keadaan pun jadi buruk, & -kaya yg kejebak dalem lift ama 4 orang douchebags itu ngga cukup- satu mati lampu kemudian seseorang ngegigit punggung si penumpang cewe.

Kejahatan. Secara alamiah, semua ngeliatin orang yg berkulit item.

Tipikal orang kulit hitam

Lustig & Ramirez adalah 2 penggemar-voyeur-berlencana yg nyaksiin semua kejadian ini lewat kamera CCTV & mereka mutusin buat manggil polisi, cue Detektif Bowden ke dalem ruangan untuk berusaha mecahin misteri sape sebenernye pelaku dari serangan-kilat barusan.  Di tengah-tengah prosedur investigasi rutin kepolisian tersebut, Ramirez mendadak ngambil kesimpulan kalo salah satu diantara penumpang lift itu adalah Sang Iblis. Nah, kalo gue ngga salah, ada bagian film ini yg ngasih tau kalo Ramirez udah kerja 6 taun di gedung itu, gue cukup yakin dalam kurun waktu selama itu ini pasti bukan pertama kalinye die liat ada lift nyangkut, tapi KALI INI, die yakin kalo Sang Iblis ada di dalem lift! Darimane die ngambil konklusi gitu? Well, selaen dari fakta sederhana kalo die obviously udah liat trailer film ini, kite semua juga tau kalo Iblis suka naek lift, soalnye seorang Iblis jelas terlalu cool buat sudi make tangga.

Plus, itu juga jalan masuk ke kapal induk mereka

Jadi sekarang kite tau Iblis ada di lift, pertanyaannye adalah: sape diantara orang-orang ini yg ternyata Sang Iblis? Di bawah ini gue siapin profil para tersangka:

Mysterious White Guy wearing a hoodie: Die misterius, die kaukasia, ama die pake hoodie. FBI-profiler bakal masukin yg model gini ke kategori pembunuh-berantai/date-rapist yg suka nyimpenin organ tubuh dalem lemari es. Ada kemungkinan die juga punya tato Aryan Resistance di suatu tempat ama ngasih nama “Satan” buat anjing peliharaannye. Segala fakta emang keliatannye menyudutkan, tapi mungkinkah die tuh Iblis itu sendiri?

Old Woman: Nenek-nenek di gedung pencakar langit? Mencurigakan. Setau gue ngga ada rumah jompo yg beralamat di dalem gedung pencakar langit, jadi ngapain die di sono? Plus die keliatan terlalu cerewet buat orang seusianye. Mengingat kalo die lagi dalem lift, bukan di korsi goyang sambil nonton Oprah buat dikomentarin, ini ketidakwajaran yg perlu diwaspadai. Lagian die nenek-nenek, jadi kemungkinannye die tu mraktekin Voodoo ape semacemnye. Masa sih lo kaga nonton Drag Me to Hell?

Mattress Salesman:  Ngga, orang ini JELAS BUKAN Sang Iblis. Kenape? Pertama-tama die tuh matress salesman for eff’s sake! Lagian die juga ngucapin kalimat “go suck a butt”, Sang Iblis ngga akan pernah ngomong sesuatu kaya gitu, soalnye gue yakin Iblis ngga duduk di kelas 2 SD.

Cleavage-Girl: Menarik, kaya, pake tank-top. Apa itu kedengeran kaya Iblis buat lo? Maksud gue selaen dari satu yg diperanin ama Elizabeth Hurley itu. Agak meragukan sebenernye, doi satu-satunye eye-candy di sini, plus kite semua tau kalo cleavage ama perilaku tidak sedap itu selalu artinye “scream-queen”, bukan “iblis”. Tapi itu bikin doski jadi tersangka paling unlikely, yg justru bikin doi makin cocok buat dijadiin Iblis demi keuntungan “twist”. Para audiens ngga akan ada yg nyangka, bukan begitu?

Black Guy: Jelas bukan die. Sebagai satu-satunye orang afro-amerika, bakalan sangat rasis kalo misalnye film ini bikin die jadi Sang Iblis. Die udah jadi orang item, perannye cuman sebagai “petugas sekuriti” pula (malah sebenernye petugas-sekuriti temporer), bukannye itu udah terlalu stereotip? Kalo die sampe jadi Iblis juga mah keterlaluan, sangat-sangat ngga politically-correct. Lagian kite semua yg pernah baca Malcolm X tau kalo “white man is the devil”, amirite?

Dan itu adalah akhir dari apepun yg menarik, praktis kaga ada lagi highlight laen keliatan nongolin batang idungnye pada 80 menit durasi film ini.  Devil itu bertele-tele, repetitif, annoying, ngebosenin, ama padet dengan pesen-pesen “spiritual” absurd yg ditunjukin pake cara yg menggelikan. Kalo mau jujur, sebenernye ini bisa efektif kalo dijadiin thriller sederhana, setupnye sendiri udah jelas ngarah kesono. Tapi ngga tau kenape, orang-orang yg bikinnye (baca: M Nigh Shyamalan) ngerasa adalah luar biasa esensial buat nambahinnye pake elemen supranatural idiotik yg ngga perlu. Kalopun seseorang kudu-mesti-wajib bikin film soal misteri Iblis ngebunuhin orang dalem lift, seengganye itu sebenernye bisa dibikin menarik dengan ngga ngumuminnye di premis, trailer, ataupun narasi pada menit pertama film yg bersangkutan. Gue akuin itu emang bakal menggelikan buat jadi twist, tapi seengganye lo ngga ngerasa frustrasi nontonin Bowden ngebuang-buang waktu berharga lo dengan sibuk ngelakuin sejumlah pekerjaan detektif, kaya ngecekin latar-belakang, bikin profile, ape ngumpulin bukti-bukti dari sana-sini. Walau gue emang ngga serelijius Ramirez, tapi gue cukup yakin Iblis ngga butuh hal-hal kaya gitu buat ngebunuh orang.  Maksud gue, die kan Iblis! Die bisa ngelakuin apepun yg die mau! Ngeliatin seorang polisi berkoar-koar di interkom berusaha mecahin teka-teki pembunuhan yg pelakunye (kite udah tau) adalah Iblis tuh pasti definisi paling mutlak dari kata “pointless”.

“Ok, cukup! Yg ngerasa dirinye Iblis gue minta ngacung!!!”

Ok, emang gimmicknye tuh buat tau sape diantara orang-orang itu yg sebenernye Iblis. Masalahnye, persis kaya Skyline, kite ngga kejebak ama pribadi-pribadi menyenangkan di sini, satu-satunye yg kurang dari karakter-karakter kite buat disebut douchebag tuh praktis cuman kacamata Kanye West doang.  Semakin tau latar belakangnye, makin kite dikasih alesan buat ngga peduli kalo mereka mati. Ngga tau ye? Tapi itu kok sedikit kontradiktif ama tujuan sebuah film yg ngejadiin “survival” sebagai salah satu landasan excitement-nye. Oh, ternyata mereka semua punya “rahasia”nye masing-masing, cuman, rahasia-rahasia tadi cenderung hal-hal menyebalkan yg kalo misalnye mereka mati tanpa sempet nyeritainnye pun orang ngga akan rugi apa-apa juga. Kaya badan akademik perguruan tinggi, film ini maksa lo buat dengan bertele-tele buang waktu demi sesuatu yg sama sekali ngga worth it, & keputusan buat bikin semua adegan pembunuhannye dalam versi sandiwara radio? Darimane mereka nemu ide itu, Goosebumps? Masih valid gitu teknik “this-is-scary-cos-u-cant-see-it” itu dipake di film apepun selaen film bisu? Tragis soalnye tiap ia jadi sandiwara radio tuh kedengeran kaya momen-momen yg paling menarik di film ini, pas ia balik jadi “film” lagi, yg kite liat cuman para anggota cast saling adu argumen antar satu-sama-laen, berusaha nyari sape yg bertanggung jawab dari kenape mereka berakhir di filmnye M Nigh Shyamalan.

“Serius, kite harus bersatu & sama-sama mukulin agen kite”

M Nigh Shyamalan emang ngga bisa -secara tunggal- disalahin buat segalanye di sini. Biarpun sidik jarinye belepotan dimane-mane, ini tetep aje disutradarain ama John Erick Dowdle. Orang yg  bikin Quarantine, sebuah film yg -sebenernye- sih ngga terlalu buruk, kalo aje itu bukan adaptasi Hollywood dari sebuah film luar biasa yg judulnye [REC]. Sebelon itu, Dowdle juga nulis ana nyutradarain faux-dokumenter lumayan The Poughkeepsie Tapes. Orang ini kaga pernah dapet push selayaknye dari studio gede, Poughkeepsie Tapes bahkan ngga dapet promosi apepun dari MGM & cuman bersirkulasi di torrent internet selama lebih dari 2 taun. Secara pribadi gue selalu nganggep die punya potensi, sungguh malang “potensi” itu berakhir buat ngeksekusi ide yg luar biasa ridikulus. Tau kan? Kaya ngeliat Irfan Bahdim maen di lapangan make skillnye buat mraktekin sebuah strategi-khusus racikan Benny Dolo. Maksud gue, sutradara mane sih yg bisa bikin film jadi keliatan mencekam waktu ada karakter yg ngejelasin semua kejadian supranatural di dalemnye secara quasi-relijius terus-terusan? Dan kenape orang itu kudu diliatin berdoa pada monitor? Iye sih itu ngasilin momen LOL luar biasa buat yg nonton, tapi ceritanye ngapain die? Semacem pengikut Scientology? Kite tau kalo Shyamalan suka banget ama segala mumbo-jumbo spiritual gini, tapi maksainnye masuk buat makin ngerusak cerita yg pada dasarnye udah kaga jelas cuman bikin gue makin kaga selera.

Dan abis lo ngelewatin semuanye untuk sampe ke ending, lo praktis kaga dapet ape-ape. Yup, kaya bisa lo prediksi, pasti ada twist -itu udah trademark-, cuman “twist” itu asli bener-bener ada pada level “udah? Gitu doang?” paling culun sampe  bahkan endingnye Skyline -seajaib apepun itu- bisa kerasa jauh lebih rewarding. Seengganye yg itu bisa bikin gue ngakak ngetawain absurditasnye yg eksplosif. Endingnye Devil mah hambar aje, sama sekali ngga ninggalin kesan apepun pada film yg pada dasarnye ngga akan susah buat dilupain. Ngga tau kenape, gue ngerasa masalahnye tetep aje ada di M Nigh Shyamalan. Bahkan pas keterlibatannye cuman pada tahap awal ide dasar doang, itu aje kebukti udah lebih dari cukup buat ngebunuh keseluruhan produksi. Kalo gue pikir lagi, kapan orang itu pernah punya ide bagus? Signs, Lady in the Water, ama The Happening semuanye JELAS bukan ide bagus. Sapepun yg dipake buat nyutradarinnye, gue yakin hasilnye tetep bakal sucks.

Mungkin gue dianggep kelompok orang-orang inferior yg ngga get it ama kejeniusannye. Terserah aje sih, tapi kalo ngga get it berarti ngga perlu ngejalanin siksaan dari nonton The Excorcist-dalem-lift-minus-Linda Blair gini ya mendingan gitu dah. Malah, mungkin gue justru get sesuatu yg lo kaga akan pernah bisa get it Mr Shyamalan:

‘You’re just not very good’.

.

.

Advertisements

7 thoughts on “DEVIL : AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. M Nights Smalayan, ya? Saya suka Sixth Sense. lady in The water rada membosankan sih karena alurnya datar, sih….

    Jujur, konsep Devil ini sama dengan manga oneshot Mamonogatari (Yoko Matsumoto) dan Akumu Elevator.

    Di Akumu Elevator, keempat orang yang terjebak memutuskan untuk menceritakan rahasia mereka masing2 sambil menunggu pertolongan. *hints spoiler* Ada pria yang selingkuh saat istrinya hamil tua, gadis imut ala loli yang berniat bunuh diri, etc. Yang pasti hal2 gak menyengangkan berkaitan dengan rahasia mereka.

    Di Mamonogatari, twistnya lebih mengejutkan. Sebab sang iblis menyamar sebagai *piiip* (enggan spoiler)

    Mending baca kedua onsehot itu. Gak butuh waktu sampai satu setengah jam kok.

    Like

  2. setuju, hambar!
    masih tertarik nunggu 2 film selanjutnya?

    baca ini review, baru sadar kalo tu satpam engga mungkin Devilnya hahaha..

    Like

  3. Iya sih, ceritanya datar. Tapi adek ku sempet nutupin mukanya setiap adegan mati lampu di dalam lift….

    ya setidaknya masih ada yang nganggep film ini nakutin… ato malah jijik ya? Hehehehe 🙂

    Like

  4. lupain blog ini bos. lo seharusnya jadi stand up comedian.

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s