His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

ATTACK OF THE KILLER STUPIDITY

7 Comments

Kite bener-bener ngarep bisa masukin “PSSI” ke dalem daftar ini mengingat bahwa “achterlijk” sama “mengerikan” adalah 2 hal yg identik ama prestasti timnas 10 taun terakhir. Sayangnye, sesuai dengan kebijakan perusahaan, kite cuman bisa ngebahas soal film horror, bukan tragedi.

.

Kaya yg pernah gue tulis pada artikel spesial Halloween, film horror praktis udah pernah bikin segala hal yg ada di muka bumi ini sebagai monster-pembunuh. Dan, walau beberapa ide idiotik terbukti bisa dijadiin sesuatu yg menarik kaya apa yg terjadi ama tomat & ager-ager, sebagian ide buruk yg diangkat ke layar lebar ngga pernah bisa matahin kutukan buat jadi apepun selaen film yg buruk doang. Ini dikarenakan soalnye itu dibikin tanpa keterlibatan akal-sehat sama sekali di dalemnye. Gue tau kalo akal-sehat emang bukan sesuatu yg populer dalam genre ini, tapi tetep aje, harusnye sih seseorang masih make landasan logika –minimal yg paling mendasar- sebelon nge-ACC sebuah naskah, seengganye buat bisa milih ide macem gimane yg seharusnye kaga pernah dapet lampu ijo buat diproduksi.

Beberapa film gagal soalnye kaga komersil, sebagian lagi soalnye terlalu ambisius. Nah, film-film berikut ini ngga termasuk ke dalem dua-duanye,  sederhana aje, mereka dibikin dari konsep dasar sedemikian tololnye sampe kaga ada orang yg bakalan punya pikiran ini ada kesempatan buat berhasil selaen dari mereka yg bikinnye sendiri. Orang waras bakalan ngetawain naskah-naskah ini dari pas pertama ditawarin, toh, ngga tau gimane, ada celah-celah dalam seleksi yg bikin judul-judul ini buat lolos ke proses produksi. Mengingat kalo para produser eksekutif studio-studio punya 2 kecenderungan: bikin film yg punya kans buat dijual (salah satunye adalah dengan mastiin itu kaga keliatan tolol-tolol amat) ama mengonsumsi narkotika secara rutin, fenomena dari nongolnye 5 judul di bawah ini adalah sesuatu yg cuma mungkin dijelasin sebagai “impaired judgement”.

.

.

#5.  JACK FROST


Sang Iblis:

Boneka salju.

Kenape Itu (Ceritanye) Mengerikan:

Ada 2 alesan kenape ide semacem ini bisa eksis, para produser Jack Frost jelas keliatan kalo mereka pengen ngeksploitasi 2 formula horror klasik:

1. Seorang pembunuh mengambil wujud benda mati tuh terbukti sukses (contoh: Child’s Play).

2. Seorang pembunuh beraksi di sebuah perayaan tertentu juga terbukti sukses (contoh: Halloween).

Maka, para produser Jack Frost pun mengambil langkah paling logikal berikutnye: bikin seorang pembunuh yg ngambil wujud boneka salju buat beraksi pada masa liburan Natal.  Brilian sekali bukan? Ini yg dimaksud dengan “sekali merengkuh dayung 2-3 pulau terlampaui”, amirite? Tentunye, perahu yg mereka pake buat ngerengkuh dayung tadi agak terlalu berat menanggung beban dari segala ketololan di atasnye & lalu tenggelem di tengah jalan.

Tragedi Jack Frost versi kehidupan nyata

.

Kenape Itu Keliatan Menggelikan:

Mari kite mulai dari yg paling gampang; boneka salju yg bisa gerak-gerak sama sekali ngga bisa dibilang monster, itu lebih keliatan kaya kado Natal impian semua anak cowo. Tau gajah-gajahan mekanik yg biasanye dinaekin di mal? Persetan ama gituan, gue pengen naekin Jack Frost! Lebih seru kalo die bisa nikamin orang di sepanjang jalan! Terus, gimane ini bisa terjadi? Jadi, Jack Frost adalah seorang pembunuh yg terus meleleh kena sejenis cairan asam tertentu, nah, ternyata pembunuh tu cuman punya satu elektron tunggal, semacem Hidrogen & karena itu bisa dengan gampang bersenyawa ama atom Oksigen, itu ama teori relativitas & hukum Archimedes bikin Jack Frost beresureksi sebagai boneka salju yg mengerikan. Ini adalah contoh pertama dari sains jikalau itu diliat dari sudut pandang sel-sel otak yg udah mati kena frostbite.

Lirik achterlijk ini menyusul di no.2

Tentunye, gue cukup yakin kalo “serangan dari satu boneka salju” ngga akan pernah masuk kategori “mengerikan” dalem kamus sapepun. Dengan fakta kalo satu boneka salju tuh ngga dikenal buat kegesitannye, bentuknye praktis menihilkan semua kemungkinan buat bisa menyelinap tanpa menarik perhatian, ama die pada dasarnye cuman setumpuk bongkahan salju, bikin aura teror dari sebuah Jack Frost dapet nilai yg lebih rendah dari hasil tes IQ Paris Hilton. Bahkan biarpun para punggawanye berusaha sekuat daya upaya yg mereka punya guna bikin es krim kite ini menakutkan, dengan nunjukin die ngampak, nyekek, ataupun ngehantemin muke orang ke ornamen Natal, tetep aje susah buat nganggep semuanye sebagai sesuatu yg mengancam waktu itu dilakuin ama sesuatu yg punya sebiji wortel buat ngisi tempat di mane seharusnye sebuah idung tu berada. Malah, para produsernye sendiri kayanye tau kalo adegan boneka salju nyerang orang tuh sebenernye keliatan luar biasa idiotik, sampe kadang mereka ngerasa perlu buat ngeganti kill-scene pake adegan kaya gini:

.

Usaha Menyedihkan Buat Menciptakan Teror:

Dalem usahanye buat bikin snowcone kite ini nampak jahat, para produsernye juga nunjukin adegan “pemerkosaan” antara die ama Shannon Elizabeth. Pada scene ini wortel Jack mendadak ngga keliatan di tempatnye semula, berhubung cuman itu doang organ tubuhnye yg punya massa solid, lo mikirin ape yg gue pikirin ngga itu lagi ada di mane?

Asli? Pake itu?

Lo juga bakal tereak histeris kalo ngeliat orang tau-tau nongol dengan genital nancep di mukenye

Kaya apa yg kite liat di film ini, ternyata boneka salju tuh anti-peluru juga tahan ledakan, soalnye kalo kaga film bakalan cuman bedurasi 15 menit mengingat itu bakal jadi hal pertama yg dilakuin orang ke boneka salju jahat kan? Jadi berhubung senjata terbukti kaga efektif, orang-orang dalem film ini pun mencari cara laen buat ngebunuh monster kite, salah satunye adalah dengan berusaha ngelelehinnye pake hair-dryer.

Hasta la vista bitch!

Meskipun taktik ini mungkin berguna buat ngelumpuhin kekuatan magis gaya rambut kosmopolit Bambang Pamungkas, gue rasa ngelelehin satu boneka salju pembunuh seukuran manusia pake hair-dryer sementara die megang sebilah piso buat nikam lo kapan aje die mau tuh lebih keliatan kaya cerminan dari keputusasaan. Sama aje kaya ngasih semua orang idiot di negara ini masing-masing sebuah microphone & nyilangin jari, berharap –akhirnye- salah satu diantaranye bakal ada yg cukup kompeten buat ngomongin sesuatu yg layak disimak.

Good luck with that!

.

.

#4. THE MANGLER


Sang Iblis:

Mesin cuci.

Kenape Itu (Ceritanye) Mengerikan:

Banyak film horror ngeraih kesuksesan dengan cara bikin orang jadi takut ama hal-hal biasa. JAWS bikin orang jadi takut buat berenang di laut. Hostel bikin orang ngga mau liburan ke Eropa Timur. Sementara Take a Celebrity Out bikin orang jadi trauma buat ngeliat TV. Maka, segelintir orang yg terus bikin The Mangler nemu ide brilian: “ape coba yg dilakuin orang secara rutin? Nyuci! Ayo kite bikin film soal mesin cuci yg makanin orang. Itu bakal jadi amalgamasi dari Piranha ama Sanyo. Ide keren! ACC! Ayo sekarang kite bokul kokain!”

Ngomong-ngomong, tau sape orang yg punya ide idiotik itu? Kalo gue ngga salah inget, namanye tuh Stephen King.

Yup, Steve. Kedengerannye masuk akal

.

Kenape Itu Keliatan Menggelikan:

Apa yg kite liat di film ini adalah, sang mesin-cuci-yg-dirasuki-iblis ini nge-klaim korban dengan cara nungguin mereka buat ngelakuin harakiri ke dalemnye. Ngga, mesin cuci jahat ini kaga ngendap-ngendap masuk rumah lo di satu malem saat petir & badai menguasai cuaca, kaga juga ngebuntutin lo di sebuah jalan gelap yg sepi, ape diem-diem ada di luar tenda waktu lo lagi kemping di tengah hutan tak dikenal. Sederhananye sih, lo harus ngasih ijin buat The Mangler untuk ngebunuh lo dengan cara secara sukarela masukin diri lo ke dalemnye pas lagi bekerja.

Mungkin ada konsep yg ngga gue tangkep di sini, tapi buat gue itu ngga kedengeran kaya monster, itu mah mesin cuci gede biasa yg sesuai standar pabrik. Malah, ada lebih banyak mesin yg lebih berpotensi ngebunuh di sebuah pabrik mesin cuci daripade mesin cucinye sendiri, & itu cenderung terjadi dengan ngga sengaja tanpa keterlibatan roh-jahat tertentu. Sementara buat bisa kebunuh ama mesin cuci, seseorang kudu punya tendensi suicidal, ape minimal, mengidap Self-Mutilation-Behaviour yg akut. Ngeliatnye dari sudut ini, maka sebenernye yg “dibunuh” ama The Mangler praktis cuman beberapa gelintir jiwa depresi yg sangat kecewa pada dunia & ngerasa satu-satunye cara buat ngelawannye adalah lewat praktek Nietchzean dari nyemplungin diri ke dalem mesin pas nyuci kaos Fall Out Boy.

Sangat emo

Pada novelnye sendiri, The Mangler sebenernye diceritain bisa bergerak. Ada sebuah bagian deskriptif di dalemnye di mane ia digambarin “menyeret dirinye sendiri di tanah”…yg malah bikin ia jadi semakin kedengeran menyedihkan. Ape yg bakalan lo lakuin kalo di jalan ngeliat mesin cuci ngerangkak tersendat-sendat berusaha nyebrang ? Kemungkinannye sih kite bakal nolongin soalnye itu kerasa kaya hal yg paling manusiawi buat dilakuin. Jangan lupa kalo nolongin The Mangler ngga akan bikin lo celaka, soalnye The Mangler kaga pernah bikin sapepun celaka. Kematian dalem film ini emang tereksklusifkan bagi mereka-mereka yg suka ngelakuin sesuatu ngga pada tempatnye, kaya maen Evil Knievel di dalem laundromat…ape ngambil mic pada sebuah acara battle waktu yg bediri di depannye tuh Sang GZA.

Waktu die megang apa yg keliatan kaya peluncur rudal scud

.

Usaha Menyedihkan Buat Menciptakan Teror:

Dalem film ini, ada seseorang yg bolak-balik masukin tangannye ke dalem mesin cuci, seakan-akan punya keinginan kuat buat celaka gara-gara vokalis My Chemical Romance punya potongan rambut baru. Gue tanyain deh, bisa gitu kite nyalahin The Mangler? Ape coba yg bisa dilakuin sebuah mesin kalo ada orang yg masuk ke dalem terus ngidupinnye? Menolak idup soalnye punya sensor kalo ia disentuh ama seseorang yg kelewat tolol? Kesimpulan gue dari The Mangler adalah kalo mereka yg jadi korban itu semacem punya peran dalem Deathwish: lo ngga akan mati, kecuali lo sengaja bikin kesel Charles Bronson.

Yg gue yakin juga sering disebut sebagai “The Mangler”

.

.

#3. THE LIFT


Sang Iblis:

Tebak apaan coba?

Kenape Itu (Ceritanye) Mengerikan:

Teknologi dikenal punya peranan jadi antagonis-super di film horror. Umat manusia selalu punya hubungan love/hate abadi ama teknologi, kite selalu ngarep bakalan ada sistem A.I yg bikin musuh (ape temen setim) berenti ngelakuin hal-hal bodoh kaya nabrakin mukenye ke tembok ape lari persis ke depan laras senapan kite yg lagi menyala dalem sebuah FPS, tapi kite juga ngga mau mereka jadi terlalu pinter buat bikin bencana Skynet kejadian di dunia nyata. Nah, para produser The Lift kayanye punya asumsi kalo rasa fobia pada teknologi ini mencakup juga sesuatu yg namanye “lift”, mungkin soalnye mereka semua idup di taun 1885, sebuah masa di mane lift masih dianggep sebagai sesuatu yg hi-tech. Perlu dicatet kalo ini bukan satu-satunye film yg punya cerita soal lift-pembunuh, ide ini punya cukup banyak judul sampe ia bisa dibilang sebuah sub-genre tersendiri, gue duga populer di kalangan sineas-sineas komunitas Mormon.

Antichrist!!!

.

Kenape Itu Keliatan Menggelikan:

Kenape sih orang-orang di dalemnye kaga pada make tangga? Gimane kalo, abis sebutlah orang kedua terbunuh secara tragis di dalem lift, ada seseorang yg bikin papan “lift rusak” & menyelamatkan semua jiwa laen?

Problem solved

Ngga tau kenape, ide itu sama sekali kaga muncul di semua orang dalem film ini. Tapi kaya bisa diliat di trailernye, kite dapet Q & A singkat guna ngebantu ngejelasin situasi ini:

Q: “Why not go to the police?”

A: “There’s no evidence.”

Bukannye keberadaan mayat tuh udah bukti yg cukup buat bikin polisi ngesterilin suatu tempat kejadian? Ok, mungkin si lift yg bertanggung jawab kaga akan diborgol pake rante kapal trus dibawa pake truk sampah ke kantor buat diinterogasi dalam waktu dekat, tapi gue cukup yakin para aparat yg berwenang bakalan naro garis “police line do not cross” di sekitar lift bersangkutan. Dengan demikian mengeliminasi kemungkinan adanye orang laen yg masukin kepalanye ke sono, seengganye sampe tukang servis lift dateng buat meriksa apaan yg salah. Itu bukan pekerjaan detektif, itu logika dasar manusia! Daripade susah-susah berusaha ngebuktiin malfungsi alat elektronik sebagai sebuah tindak pidana pembunuhan, bukannye jauh lebih efektif kalo orang-orang naro effort tersebut buat mastiin alat tadi berfungsi sebagaimana mestinye?

.

Usaha Menyedihkan Buat Menciptakan Teror:

Setiap kali sang lift mraktekin perannye sebagai seorang monster, itu selalu didahului ama prolog semacem berikut ini:

“Hey, lift ini kok kayanye aneh ye? Coba gue masukin pala gue ke dalemnye.”

Tergambar di atas: intelejensia

Ada ngga sih sebuah landasan solid dari logika model gitu? Orang kaya gini punya impresi berhubung kaga ada tulisan “don’t stick your head inside” di pintu lift maka itu pasti bukan sesuatu yg berbahaya buat dilakuin. Sama sekali terasing dari konsep gravitasi, serta ngga tau konsekuensi fisika akan apa hasilnye kalo organ tubuh kite bersinggungan ama lift yg turun dengan kecepatan penuh dari 2 tingkat di atas.

Representasi visual

Persis kaya The Mangler, di sini lo ngeliat sebuah lift-iblis ngebunuh orang dengan cara yg sama ama yg bisa dilakuin ama lift-normal biasa. Dan waktu gue bilang “ngebunuh”, yg gue maksud tuh beroperasi seperti layaknye sebuah lift sementara seorang buta jalan masuk ke lobangnye pas kosong. Gue selalu nyangka orang buta bakalan make tongkatnye buat mastiin ada jalan di depan sebelon die ngelangkah ke sono, tapi mungkin ngelangkah tanpa punya pengetahuan ape-ape lo ngelangkah kemane adalah sejenis extreme-sport tertentu. Semacem lari nabrakin diri ke kaca kantor lo di tingkat 18, semata-mata buat ngetes itu sebenernye anti-pecah ape kaga. Kalopun akhirnye lift-kriminal ini berhasil diseret ke meja hijau, gue rasa pengacaranye bakal bikin ia bebas tanpa kesulitan, maksud gue, itu ngga disebut pembunuhan kalo korbannye emang sengaja cari mati kan?

Dan seringnye, “alesan” itu adalah kebodohan

.

.

#2. THE RING


Sang Iblis:

Samara Morgan.

Kenape Itu (Ceritanye) Mengerikan:

Samara Morgan tuh seorang anak yg kekonci di dalem basement apa apelah gitu & terus ngedarin rekaman video dari dirinye guna ngebunuh sapepun yg nonton tanpa alesan, gue rasa soalnye basement yg bersangkutan ngga dilengkapin ama TV ataupun akses-internet, menyebabkan idup Samara di dalemnye jadi sangat ngebosenin. Maka doski ngejelma jadi semacem hantu tertentu buat bales dendam ke semua orang yg punya privilese untuk memiliki VHS sebagai sebentuk perang-kelas metafisikal. Kayanye fakta kalo orang yg punya pemuter VHS jaman TiVO ama Blu-Ray sekarang ini kayanye sih ngga bisa dibilang orang kaya tu ngga pernah muncul dalem pikiran doi.

Pernah denger yg namanye “CD”??

Ini tuh pengembangan dari konsep kejadian sehari-hari ama fobia teknologi di atas, dengan ngegabunginnye pake anceman kematian ama cerita hantu. Soalnye kalo ada cewe mulai ngerangkak-rangkak di sekitar rumah lo, bikin suara-suara aneh ama suka muncul & mengilang tanpa peringatan… ada kemungkinan 5% itu tuh kelakuan hantu, serta 95%  kalo itu cewe lo lagi selingkuh.

“Penampakan makhluk gaib”

.

Kenape Itu Keliatan Menggelikan:

Buat bisa ngebunuh orang, Samara kudu ngelewatin proses panjang, termasuk nunggu orang yg cukup kurang kerjaan buat ngopi kaset  video dengan tulisan “DONT WATCH, YOU’LL FUCKIN’ DIE!!” di atasnye, nyari VHS buat muternye (mungkin di sebuah museum), abis itu masih ada segala prosedur beberapa telpon aneh, nunggu 7 hari, terus ngerangkak keluar dari TV. Itu ngga keliatan kaya horror, bikin KTP di kelurahan pun masih bisa lebih cepet dari itu. Ok, dengan ngasumsiin kalo orang-orang yg doi incer semuanye terlalu bodoh buat bikin semua preparasi yg dibutuhin dalem kurun waktu tersebut, gue kaga ngerti kenape pas ngeliat ada orang keluar dari TV orang-orang ini kaga LARI AJE SIH? Doski ngedeketin mereka sambil jalan! Yayaya, gue ngerti kalo mereka -ceritanye- ketakutan, tapi harusnye secara instingtif mereka masih bisa lari.  Lo tau doski keluar dari TV lo, terus kenape lo diem aje di situ nontoninnye?

Dugaan gue, doski cuman nongol menjelang klimaks bokep yg bener-bener keren.

Sape ini yg ngalangin gue dari liat orang lagi dirty sanchez??

Bagi para calon korban yg mau ngeluangin waktu buat ngelakuin riset (yg mestinye sih umum mengingat  lo udah tau lo bakal dibunuh), Samara sebenernye ngasih tau kapan doi bakalan ngedatengin lo; dalem 7 hari. Dengan itu, hal paling obvious buat dilakuin tentu adalah buat pergi keluar rumah ninggalin TV, pergi kemping mungkin, maen skateboard di seluruh penjuru dunia. Berhubung kaga ada yg pernah nyobain ini, kite kaga tau ape doi bakalan nunggu dengan sabar di dalem tube TV lo sampe kick-off Piala Dunia berikutnye dimulai & lo kudu balik. Kecuali lo nonton di stadion, jadi doi bakal ngerangkak keluar dari jumbotron, ngeganggu pertandingan, trus berakhir mati digebukin orang sestadion karena berani-beraninye nginterupsi sebuah partai Piala Dunia.

.

Usaha Menyedihkan Buat Menciptakan Teror:

Doi ngerangkak keluar dari dalem TV, yg sebenernye punya potensi buat nyiptain horror. Apa yg bikin The Ring gagal total adalah soalnye ini contoh film yg kesabotase ama gimmicknye sendiri. Semua prosedur dari gimmick itu malah bikin Samara keliatan kaya monster yg punya segudang kelemahan. Maksud gue, sape juga yg masih bisa ngoperasiin kaset VHS jaman gini? Plus doski kaga bisa ngup-grade format soalnye doi selalu dalem keadaan basah & bakal bikin komputer korslet kalo nyoba. Gimane kalo lo nonton video The Ring pake iPhone? Ape doski bisa ngerangkak dari dalem situ? Kalo bisa, berarti doi bakal nongol dalem ukuran seekor tikus & lo bisa ngebakarnye di luar rumah pake rumus sains level kelas 1 SD ama kaca pembesar. Atau, lo bisa nunggu doski keluar setengah trus nyabut saklar supaya nyangkut . Gimane kalo lo pegang TV/laptop/iPod/Whatever lo di bibir jurang, terus ngebiarin doi terjun bebas menuju kematiannye?

Ala Wile E. Coyote

Alesan kenape Samara dapet rangking tinggi di list ini tuh soalnye, ngga kaya The Mangler ape The Lift, doski emang beneran nyerang orang & ngga perlu ngambil bentuk kurang praktis kaya boneka salju buat ngelakuinnye. Doi juga hantu, yg ngasih keuntungan magis buat nge-klaim korbannye. Jadi, ngga kaya yg sebelon-sebelonnye, Samara kaga punya alesan buat keliatan setolol ini, serta mestinye punya cukup kapabilitas buat meneror kite yg nonton. Maka, kenape mereka malah ngasih doi gimmick yg luar biasa menggelikan? Beberapa fanboy bakalan ngasih argumen kalo Samara ngga cuman semata mesti keluar dari layar, tapi segala jenis permukaan refektif termasuk aer. Ok, kalo gitu kite bisa bersenang-senang nontonin doski berusaha keluar dari dalem kendi, kaya I Dream of Jeannie, abis itu potong kepalanye pake gergaji mesin pas nongol.

Kite juga ngga pernah tau apaan yg terjadi abis itu, tau-tau ada mayat aje. Gimane sebenernye Samara ngebunuh orang-orang ini? Apa doi meluk mereka semua sampe tenggelem? Ngasih mereka paru-paru basah? Apa mereka cuman mati bosen soalnye kelamaan nunggu aje? Kenape satupun diantaranye ngga punya pikiran buat ngelawan? Menilik dari fakta kalo keberhasilan modus-operandinye praktis 100% ditentuin sama submisi-total dari sang korban, gue ngambil kesimpulan kalo metode serial-killing Samara Morgan cuman bakalan berhasil kalo secara spesifik dipraktekin pada orang-orang kesepian yg lumpuh pas waktunye jeda iklan Vampire Diaries.

Orang ini kaga punya kesempatan

.

.

#1. THE DAY OF THE TRIFFIDS


Sang Iblis:

Sekelompok. Triffid.

Kenape Itu (Ceritanye) Mengerikan:

Triffid, taneman fiksi dalem film ini, udah dijadiin termin British English buat ngedeskripsiin taneman yg keliatan mengancam. Nah, kudu diakuin kalo dari namanye, “taneman karnivora” emang kedengeran luar biasa keren. Buat ngeliat taneman godzilla-esque raksasa pemakan daging menyerang manusia ama ngancurin peradaban pasti adalah satu tontonan menyenangkan bukan? Liat aje posternye di atas.

.

Kenape Itu Keliatan Menggelikan:

Masalahnye, berhubung British English adalah kamus cupuisme internasional,  taneman yg keliatan mengancam kite ini kaga punya gigi-gigi T-Rex ataupun kemampuan buat ngelempar tentakel buat narik orang ke dalem mulutnye dari radius 15 meter. “Karnivora” di sini dipake dalem artian taneman ini nelen apaan yg kebeneran masuk ke dalem mulutnye. Jadi sebenernye monster kite ini masih similar ama The Mangler ape The Lift, bedanye, secara ilmiah, yg ini bener-bener tergolong sebagai makhluk idup. Satu yg ngga aktif kecuali ada sesuatu yg kebeneran jatoh ke dalem sistem pencernaannye, ngga ada bedanye ama Sarlacc, tapi dalem bentuk yg lebih ngga mengintimidasi.

Sangat lebih ngga mengintimidasi

Itu? Asli itu yg ceritanye sejenis monster? Kenape gue ngerasa kalo The Gingerdead Man masih keliatan lebih sangar dari itu?

Seengganye die mah bawa beceng

Kalo mau jujur, sebenernye megang senjata api mungkin adalah satu-satunye kemungkinan buat bikin taneman karnivora jadi keliatan lebih kaya sebuah monster yg bonafit. Tapi tentunye itu bakalan sama sekali ngga bermanfaat kalo mengingat mereka kaga punya tangan buat ngegunainnye, ataupun mata buat tau apaan yg bakal mereka lakuin pake itu, persis kaya Jessica Simpson di depan buku tulis.

Meski emang impresif bagi sejenis taneman buat bisa jalan bahkan kalopun itu ngga lebih cepet dari akselerasi seekor siput, dan ngeludahin bisa ke muke orang tuh -gue akuin- adalah cara yg keren buat ngebunuh.  Tapi dua biji kemampuan itu doang kaga cukup buat nyiptain satu monster yg awesome. Nyiptain satu taneman yg –cukup- awesome mungkin iye, tapi sebagai monster, itu jelas masih kelewat cupu.

.

Usaha Menyedihkan Buat Menciptakan Teror:

Kalo lo bisa sampe ada dalem anceman sesuatu yg nyaris ngga bisa gerak & kudu ada dalam radius 3 cm buat bisa ngelakuin sesuatu yg berbahaya, berarti lo tuh antara buta ape lumpuh. Jadi, penulis sci-fi John Wyndham, orang yg nulis novel Day of the Triffids, ngarang satu alesan supaya semua orang pada buta, tau kan? Ngasih taneman ini sedikit kesempatan buat bisa keliatan mengancam. Jadi, pada suatu malem, sejenis hujan meteorit tertentu nyiptain sebuah tontonan kembang api fenomenal di langit, dan semua orang yg ngeliatnye jadi buta besok paginye. Dengan sekitar 99% populasi dunia keilangan indera penglihatan mereka (hey, tontonan kembang apinye tuh keren banget, ok?), para monster-pot kite pun punya peluang buat jadi sesuatu selaen dari bahan ketawaan doang.

Ataupun sebuah Lego yg cute

Maka, dalem usaha desperate buat bikin para karakter utamanye jadi punya alesan guna ngerasa terancam, film ini berulang kali bikin protagonisnye berenti & ngebiarin para taneman karnivora ini ngepung mereka, misalnye gara-gara si kakek keseleo ape lah gitu jadi harus digendong..biasa. Tapi tetep aje, praktis mustahil buat nganggep taneman-taneman ini sebagai anceman serius waktu ratusan dari monster ini “ngancem” dengan cara yg “subtil”. Dan yg dimaksud “subtil” di sini tuh artinye “nyaris comatose”, kaya bediri-bediri santai sambil ngebiarin dirinye dibakar atau ngga punya cukup agilitas buat ngehindarin diri dari ditabrak (dengan ngga sengaja, bikin nilai patheticness-nye jadi makin berganda) truk trus keseret-seret di bawah bemper.  Walau peran taneman di sini tuh adalah sebagai monster, pada kenyataannye film ini lebih keliatan kaya display superioritas manusia waktu –sekali lagi- kite ngebuktiin kalo selalu bisa musnahin spesies laen tanpa kesulitan berarti.

Kecuali kalo mullet tuh dianggep spesies

Satu kali, si gadis kecil lepas dari pengawasan para survivor dewasa & berjalan terlalu deket ke satu taneman! OH TIDAK!!!! Dalam pengejaran, sang gadis pun berlari ke mobil, buka pintu, masuk, tutup pintu, ngoncinye, nutup jendela, ama nyanyi “99 bottles of beer on the wall” sampe monster kite mencapai TKP sekitar 2-3 menit kemudian. Pada momen penuh ketegangan ini, sang taneman pun melepaskan serangan bisa-mematikannye yg sama sekali ngga nyiptain efek apepun pada kaca mobil, jadi para pahlawan kite bisa nyetir pergi dengan santai seakan-akan mereka baru aje diludahin seekor Llama di Taman Safari. Perlu dicatet kalo semua ini terjadi setelah ukuran taneman karnivora kite ini udah digedein sekitar 100 kali lipat, kalo ia ada pada ukuran sebuah taneman umumye, maka sang gadis kecil tadi bisa seorang diri ngabisin semuanye dalem beberapa jam dengan ngegunain kekuatan awesome dari kaki mungilnye.

.

Kalo ada yg mesti dikasihani di film ini, itu pasti para monsternye.

.

.

Advertisements

7 thoughts on “ATTACK OF THE KILLER STUPIDITY

  1. Kalo “teror pemanah orang pacaran di taman” kira2 masuk kategori ini gak? secara ini kan “true story”? lagi mau bikin scriptnya buat jadi franchise the next big horror thing dengan insight lokal neh!!

    Like

  2. Haha tumben lu serius ngomentarin pelem-pelem kaya ginian..kecuali The Ring gue cukup suka pelem2 diatas 😀
    sebenernya gue juga lagi nulis ‘5 monster paling konyol’ cuman ga kelar-kelar uy..ya udahlah gue tulis aja disini :

    1. The Blob
    2. Attack of the kiler tomatoes
    3. Gingerdead Man
    4. The Refrigerator
    5. Monsturd

    ditunggu review berikutnya hehe

    Like

    • Ini kenape monster2 lo kaga masuk di list gue Go:

      1. The Blob = awesome.
      2. Attack of the Killer Tomatoes = beyond awesome.
      3. Gingerdead Man = kalah bodoh ama Jack Frost.
      4. The Refrigerator = kalah bodoh ama The Mangler.
      5. Monsturd = awesome.

      Ngomong2, kapan gue pernah ngga ngomentarin sesuatu dengan serius???

      Like

  3. Killer Condom nya Troma gak kalah tololnya nih

    Like

  4. edan bahasa lo luar biasa fantastis. tambahin lagi reviewnya!!

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s