His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

SCOTT PILGRIM VS THE WORLD: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

8 Comments

Film ini ngebuktiin kalo Michael Cena emang orang paling cocok buat jadi sidekick-nye John McClane di sekuel Die Hard terbaru. Soalnye kaga ada yg bisa ngehentiin teroris Eropa lebih baik dari seorang pemaen bas yg shitty.

.

(Spoiler alert: film ini punya happy-ending & penuh ama soundtrack buruk, siapin MP3 player di sisimu)

Ok, gue tau ini bukan film horror.

Tapi kalo lo tipe-tipe orang yg ngabisin malem minggu sendiri di dalem kamar, punya fetish buat ngoleksi benda-benda bodoh, memiliki kecenderungan punya pengetahuan fantastis soal hal-hal yg ngga dipeduliin sape-sape, online buat ngupload (ama ngedonlod) gambar jorok, mikir Defenders tuh sama kerennye ama Halo 3, satu-satunye yg ngesms cuman pegawai toko DVD buat ngasih tau kalo pesenan lo udah dateng, ama ada dalam kesulitan abadi buat bisa punya pacar. Maka kemungkinannye lo pasti tau soal ini.

Aslinye sebuah komik bikinan orang Kanada keturunan Asia yg ngegambar kaya seakan-akan die idup di Jepang, Scott Pilgrim vs the World tuh semacem Percy Jackson and the Olympians buat massa geeks, & kabar kalo die diangkat ke layar lebar ama Edgar Wright, seseorang yg beken buat kehebatannye dalem soal bikin parodi dari niche-niche kultur pop, adalah sesuatu yg bikin forum-forum help-me-get-a-life di seluruh penjuru internet hanyut dalam antisipasi. Kaya anak-anak 8 taun di loket Harry Potter ape cewe-cewe 13 taun di depan poster saga Twilight, para basement-dwellers rame-rame ngerangkak keluar dari benteng soliter mereka buat ngerapetin barisan & nunjukin ekspektasinye pake cara-cara tipikal fanboy tulen. Nyiptain meme, nyebarin poster motivasi, ngerusuhin screening, sampe ngesirkulasiin packaging Blu-Ray khusus versi bungkus cartridge Nintendo.

Kaya udah gue bilang: “geeks”

Dengan semua hype yg ngelilingin tanggal rilisnye ama dukungan penuh para ksatria-Templar kerajaan fanboydom, Universal Pictures keliatannye siap buat ngeruk keuntungan blockbuster dari produksi ini. Sungguh tragis pas ternyata ujung-ujungnye film ini flop di pasaran, kena bantai dalem ajang prestis pemasukan box-office ama…ape itu judulnye?

Vampires Suck? Ouch!

Tapi meskipun kena bantai ama sesuatu kaya Vampires Suck tuh pasti bakalan ngelukain harga diri sineas manepun, pada kenyataannye itu ngga bisa dibilang mengejutkan juga kok. Kalo diliat dari pangsa-pasar kemane ini dijual, fakta kalo Scott Pilgrim vs the World itu dari awalnye kaga punya kesempatan menang bisa dijelasin pake grafik sederhana di bawah ini:

.

Ceritanye ber-setting di Toronto, Kanada. Sebuah tempat yg bersalju 12 bulan dalem setaun & ngga ada seorang pun kepikiran buat ngerokok meskipun cuacanye sangat ngedukung. Konon di sana, iduplah seorang Scott Pilgrim, pemuda pengangguran yg ngebuang-buang masa mudanye dengan ngadopsi potongan rambut buruk, tidur ama cowo, ama maen di sebuah band dengan nama amat menyedihkan yg punya ide bahwa ngulangin 3 khord yg sama lewat pedal distorsi itu adalah sebuah “aransemen”. Die juga masih belon sembuh dari sakit hati gara-gara dilepehin ama cewenye setaun silam, jadi, buat mereka yg seumuran ama gue, Scott ini adalah replika dari diri kite-kite sekitar 6 taun lalu. Bedanye, di film ini ratingnye disebut “awesome”, yg jelas-jelas tipu soalnye –berdasarkan pengalaman langsung orang pertama- kombo dari semua hal yg disebutin di atas ngga pernah bikin seseorang jadi “awesome”, “pathetic” adalah kata yg lebih tepat.

Abis itu kite pun dipaksa ngelewatin opening-title penuh penderitaan dimane kudu ngedengerin Sex Bob-Omb (itu ‘nama amat menyedihkan’ yg gue maksud tadi) bawain satu lagu amit-amit secara full, semua yg nonton bareng gue ngga ada yg sanggup buat nutupin muka jijik mereka pas bagian ini, musiknye asli bener-bener jelek. Kalo ada satu orang yg bisa terkesan, itu cuman Knives Chau: pacar Scott yg masih duduk di bangku SMA. Soalnye -kaya bisa diliat di ‘scene musik underground lokal’- kalo ada orang bisa terkesima ama satu band idiotik, lo boleh tarohan kalo itu pastilah anak SMA. Ok, jadi Sex Bob-Omb emang sama sekali kaga punya bakat, tapi seengganye mereka punya satu chicky-chicky. Mungkin itu istilah asing bagi sebagian orang, jadi gue jelasin kalo chicky-chicky itu bisa didefinisiin sebagai cewe bawah umur yg nganggep apepun yg lo lakuin tuh keren soalnye doi belon cukup wawasan buat tau kalo di luar sana ada banyak hal yg lebih bagus.

Chicky-chicky ini baru aje nemu band yg namanye ‘Motley Crue’

Tapi, seburuk-buruknye seorang Scott Pilgrim, sejujurnye die tetep replika dari kite & kaya kite semua, mimpinye diisi ama seorang cewe cakep dengan rambut menclang maen sepatu roda, ngebuktiin kalo cewe, sepatu roda, rambut warna-warni ama toket silikon tetep jadi pengisi mimpi nomer satu para geeks. Tentunye film ini punya misi  bikin  geeks sedunia untuk ngerasa lebih baik ama idup mereka, jadi cewe impian tadi bener-bener muncul di idup Scott & ngga sekedar dalem bentuk JPEG dari situs tertentu kaya di idup kite-kite. Doski juga punya nama keren, soalnye adalah hal wajib bagi seorang “cewe impian” buat punya nama keren kan? Sebut aje Lucy Fur, Victoria Vengeance, Cherrie Thorn ape Kitty Cadillac. Di sini nama doski Ramona Flowers, seorang cewe cool pindahan dari New York yg keliatan kaya tipikal cewe scene yg cuman secara eksklusif nangkring di backstage bareng para sebagai doang. Singkatnye sih: ngga, doi ngga akan pernah sudi ngomong ama lo.

 

 

Kalo ada satu kekuatan super yg dimiliki Scott, itu pastilah kemampuan buat secara konstan mengeluh tiada henti, dengan itu pula die berhasil mengecoh Ramona buat jalan bareng, secara cerdik nyamarinnye sebagai “hang out” pas ngajak trus di tengah-tengah acara, pada sebuah momen yg tepat,  tau-tau curi-curi nanya “is this a date?” dengan aksi *wink *wink penuh harap. Harus gue akuin itu cukup cerdik, gue bakal mulai make teknik itu sejak sekarang. Tapi sebelon para geeks bisa bersorak girang ngerayain kemenangan artifisial yg ngga akan pernah mereka alemin di keidupan nyata, jagoan kite ini kudu berhadapan ama The League of 7 Evil Exes; persekutuan para mantan pacar Ramona yg semuanye –dari sudut manepun- keliatan jauh lebih hebat dari seorang Scott Pilgrim. Di keidupan nyata, 7 orang ini bakalan nginjek-nginjek Scott ama ngerebut Ramona tanpa kesulitan berarti, & protagonis kite ini bakalan berakhir gabung di forum internet bareng semua pecundang laennye, terkutuk buat selamanye ngejalanin idup dalem selibasi di mane satu-satunye “interaksi” pada lawan jenis tuh terbatas pada mraktekin kejantanan kite buat menyambut tiap cewe yg masuk thread dengan ngetik ‘TITS or GTFO!’

“Manliness”

Berhubung ini adalah sebuah film, keuntungan dari jadi Scott Pilgrim adalah -selaen fakta kalo ini emang filmnye die-  semua pertarungan terjadi pada alam virtual dunia video-game, yg sebenernye ngga adil bagi para 7 Evil Exes, soalnye semua tau kalo geeks lagi ada di belakang console maka die bakalan bisa ngebantai jocks manepun dengan mata ketutup! Film ini sangat true pada gimmick video-game, dengan Scott ngelawan setiap Exes dalam tingkatan level boss & semua yg kalah bakalan “meledak” jadi kepingan koin. Tentu kite ngomongin koin receh mata uang Kanada, ngejelasin kenape meskipun itu berhamburan ke segala penjuru, tetep ngga ada seorangpun yg ngerasa tertarik buat repot-repot mungutinnye. Sementara Scott kudu baku hantam demi cinta Ramona, Sex Bob-Omb juga lagi berjuang demi tujuan universal semua band indie yg pernah eksis di muka bumi: selling-out. Buat itu, mereka ikutan Battle of the Bands, alias ajang pertempuran sound buruk dimane musik tasteless saling beradu satu sama laen tanpa mempedulikan kuping penonton, satu acara khusus bagi mereka yg tuli-nada tempatnye The Astrociously Unlisteneble bertarung amp vs amp lawan Disastrous Three-Piece Cantplaycore. Ngga ada yg peduli ama back-story ini soalnye BOTB tuh semacem Aliens vs Predators: “Whoever wins, we all lose”.

Representasi visual

Apa yg mengesankan dari film ini? Ceritanye textbook teen rom-com standar, musiknye buruk luar biasa, seluruh script yg dibaca Michael Cera cuman “whine. whine. whine” , & kite sama sekali ngga ngeliat boobs! Tapi gue jujur ngerasa kehibur sampe sini, kenape? Percaya ngga percaya itu bukan gara-gara Ramona Flowers (meskipun gue ngga akan mikir 2 kali buat nyodok Mary Elizabeth Winstead di semua lobang yg doski punya asal pake wig itu), tapi karena semua lelucon-lelucon lingkar-dalem geekdom yg terus-terusan nongol dimane-mane. Semenyedihkan apepun karakter Scott Pilgrim, kenyataannye gue ngeliat diri gue berkali-kali di situ. Gue pernah maenin musik buruk, ngebodoh-bodohin anak SMA soalnye gue tau mereka emang bodoh, jatuh cinta ama cewe dengan rambut merah menyala, ataupun diputusin dengan cara yg brutal, semuanye keliatan sangat familiar!  Bagian pas Scott berusaha PDKT dengan cara ngomongin pengetahuan luar biasa ngga bergunanye soal Pac-Man bikin gue ngakak, bukan soalnye leluconnye lucu, tapi soalnye gue juga pernah ngelakuin hal semacem itu. Di film ini Scott juga punya kesempatan buat make Ramona, tapi skenarionye mastiin hal itu ngga akan pernah kejadian soalnye semua tau kalo “all geeks are virgins”, film ini sukses ngolok-ngolok semua stereotipikal geek-fanboy dengan cara yg menyenangkan, tujuannye adalah buat bikin itu jadi fun & bukan ngerendahin. Stereotip tuh salah satu humor paling klasik, kalo lo ngga bisa nerima stereotip berarti lo ngga punya selera humor. Kalo lo ngga punya selera humor, ngapain lo konek ke internet?

Bisa dibilang sebagai chick-flick buat konsumsi anak cowo, Scott Pilgrim vs the World ngebuang Zoey Deschannel ama Sandra Bullock & ngegantinye pake sekuen ‘laga’ ala Marvel vs CapCom, serta-merta mengkreasi adegan-adegan “perkelahian” yg sedemikian menggelikan dalam absurditasnye sampe para action-hero Bollywood pun bakalan iri. Pemujaan-total film ini pada kultur pop, terutama video-game ama internet, tuh sedemikian mendalam sampe semua orang bakal nolerir teenlit-drama yg praktis sebenernye tuh poros keseluruhan ceritanye. Hmmm, bukannye Edgar Wright pernah ngelakuin hal semacem ini sebelonnye? Sesuatu yg judulnye Shaun of the Dead? Die naro kisah cinta di tengah kepungan zombie & bahkan para hardcore-zombieheads pun bisa nikmatin film itu. Buat alesan yg sama, para geeks juga bisa nikmatin semua eye-candy visual di sini, larut terhanyut dalem semua aksinye. Berhubung tokoh utama kite di sini namanye ‘Scott Pilgrim’ bukan ‘Travis Touchdown’ maka ngga ada satupun diantara aksi-aksi tersebut bisa disebut “kekerasan”, tapi semuanye tetep menghibur dalam cara yg sama ama gimane Captain N itu menghibur. Gue ngga inget kapan gue pernah ngerasa segini nyaman buat ada dalem satu lingkungan PG-13, kapan terakhir gue ngambil tisu pas ngeliat roman picisan, tapi nonton ini kerasa kaya waktu paling tepat buat ngelakuinnye. Rasanye mengharukan buat ngeliat Scott Pilgrim masuk ke pintu Doraemon bareng sang Putri Scene impian soalnye itu cerminan dari utopia semua “Scott Pilgrim”-“Scott Pilgrim” yg ngga akan pernah kejadian di dunia nyata. Itu kan inti dari fairy-tale? Buat ngeliat hal mustahil kaya seorang pecundang akhirnye bisa mengatasi masalah abadi buat nerusin garis DNA-nye nembus proses seleksi alam? Itu satu jenis masalah yg ngga akan pernah dialamin ama seorang Edward Cullen, kenape?

Referensi game-nye sendiri menyebrang lintas era & waktu, dari Shinobi, Super Mario, Sonic, Mortal Kombat, Tony Hawk’s Underground, DDR, sampe Guitar Hero & gue cukup yakin ngeliat Dragon Ball di sana-sini. Efeknye top-notch, seperti dibuktiin ama adegan duel konser Gorrilaz-esque antara Donkey Kong vs Double Dragon dalem arenanye & ada banyak banget ode-ode pada kultur geekdom buat jadi topik obrolan antar-fanboy seminggu penuh. Kalo lo sanggup bertahan sampe ke 15 menit terakhir, ada bonus-point berbentuk penampakan cleavage Mary Elizabeth Winstead, tentu dengan teknologi time-travel DVD lo bisa langsung aje pilih kesono dari menu scene-selection kalo emang itu yg lo cari. Hal paling impresif dari film ini sendiri terjadi pada menit pertama, waktu mereka bikin ID Universal Pictures versi video-game 8-bit, lengkap ama theme-songnye! Itu asli epic! Lo tau berape gue rela ngebayar buat ngeliat itu??!! Well, sebenernye sih gue tau persis berape, yaitu tepat 5 ribu perak…& kalo filmnye macet di tengah gue punya waktu seminggu buat nuker.

Jadi lo mau ngejual chicklit di dalem boys-club? Taro gambar Samus Aran bugil di dalemnye atauuu lakuin ape yg dilakuin Edgar Wright: isi pake fantasi standar bocah 13 taun, taro dalem dunia elite laki-laki, terus gaspol sampe ke titik sureal. Meskipun kadang punya overdosis momen-momen manis buat bikin lo diabetes, tapi Scott Pilgrim vs the World tuh film yg punya kekuatan telepatis buat nyentil spot lunak dari sisi geek dalem diri lo. Satu yg bikin lo pas ngga sengaja liat diri di cermin, pake kaos Atari melar yg umurnye udah 12 taun itu, jadi punya pikiran:

“anjing…gue kayanye butuh perempuan dah…”


Yup, kite semua bisa liat itu.

.

.

Advertisements

8 thoughts on “SCOTT PILGRIM VS THE WORLD: AN INTELLECTUAL OVERVIEW

  1. Wakakak. Tumben2an mau review film non-horror.
    Jujur saja sih, saya gak terlalu suka kisah cowok atau cewek se-desperatenya pengen punya pacar. Seolah-olah punya pacar adalah hal yg sangat penting dalam hidup terus melupakan hal lainnya. Bagi saya, cowok 2D udah cukup kok *pletak* (Yeah, karena ini saya masih jomblo walopun udah kuliah *ups*)

    Oh ya, gambar cewek yg ditodong pistol itu diambil dari anime apa? Kayaknya keren.

    Like

    • Jaman kuliah dulu gue juga udah cukup puas ama cewe 2D & tisu basah. 5 taun abis kuliah keadaan masih gitu2 aje baru gue mulai mikir kalo pasti ada sesuatu yg salah.

      Gambarnye gue ambil sedemikian adanye, jadi kaga tau aslinye dari film ape. Mungkin ada animenia di luar sana yg bisa membantu?

      Like

  2. hahaha… ini review bakal bikin chicky-chicky yang memuja musik yang kata mereka keren itu nangis2

    nah, saya kayaknya bukan geek deh, dan engga terlalu suka teenflick drama, apa film ini masih bisa asik buat saya? hehe

    Like

  3. setau gua, gambar itu diambil dari Tokyo Daigaku Monogatari-nya si Egawa Tetsuya

    Like

  4. ‘Gue pernah maenin musik buruk, ngebodoh-bodohin anak SMA soalnye gue tau mereka emang bodoh, jatuh cinta ama cewe dengan rambut merah menyala, ataupun diputusin dengan cara yg brutal, semuanye keliatan sangat familiar! Bagian pas Scott berusaha PDKT dengan cara ngomongin pengetahuan luar biasa ngga bergunanye soal Pac-Man bikin gue ngakak, bukan soalnye leluconnye lucu, tapi soalnye gue juga pernah ngelakuin hal semacem itu.’Sepanjang saya baca blog ini, ini review paling manis untuk sebuah blog horor : -)

    Like

  5. duh, panjang sekali reviewnya. syukurlah ada review filem ini akhirnya 🙂

    Like

  6. ccd lo! enga tau tentang film mendalam sih, nge rate film ini dengan pathetic se enaknya, lo tuh yg PATHETIC

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s