His Hero is Demon

Making Horror A Cheesy Catchphrase Since…Just Now

HHD PRESENTS: ‘PENGABDI SETAN’ HOMAGE GRAPHIC

3 Comments

Grafik homage baru HHD, didedikasiin buat salah satu film lokal paling bad-ass dalem sejarah.

.

Kite di HHD suka banget ngasih preview dari proyek-proyek baru kite, & yg satu ini adalah desain versi kite dari slow-burner lokal rilisan taun 1982 dulu. Sebuah film klasik yg sebenernye bisa kite bikinin homage cukup gara-gara faktor bad-ass dari judulnye semata.

Pengabdi Setan mungkin bukan film paling exciting di sinema Indonesia lama, kalo dibandingin ama karya-karya laen pada eranye model ‘Golok Setan’ apa ‘Jaka Sembung’ yg lebih berbasis eksyen, film ini emang jauh lebih lambat. Tapi apa yg kurang dalam pacing, die sukses nebusnye pake atmosfer. Film yg disutradarain ama Siswono Gautama Putra ini mungkin adalah film lokal paling menakutkan dalam sejarah, dengan adegan-adegan memorablenye yg keliatan creepy.

Mungkin paling terkenal buat satu adegan tertentu yg diambil langsung dari ‘Salem’s Lot’, Pengabdi Setan itu horror sejati tanah air yg sukses ngegabungin chiller dari dongeng khas rumah hantu, pesan moral khas Indonesia ama –favorit pribadi gue- serangan zombie dengan creature-desain yg cukup impresif pada masanye.

Film ini juga sering digadang (ama orang bule, anehnye) sebagi versi Indonesia dari ‘Phantasm’, sebuah film karya Don Coscarelli. Ini rada aneh soalnye biarpun di sini lo emang bisa ngeliat pengaruh dari film itu, ini juga sebenernye penuh ama referensi dari film-film laen, misalnye aje ‘The Exorcist’, ‘Salem’s Lot’ yg udah disebutin tadi, film-film vampire jadul ataupun ‘Night of the Living Dead’ di beberapa bagian. Kenape ini harus spesifik dipararelin ama Phantasm terus terang gue ngga begitu ngerti, mungkin gara-gara kurcacinye, itu kurcaci bukan sih? Ape orang kerdil? Orang kerdil ama kurcaci itu beda ngga sih? Kaya udah gue bilang; gue ngga begitu ngerti. Yg gue ngerti tuh adegan arwah nyokap bergentayangan di luar jendela adalah sebuah scene keren buat film hantu, ngga peduli itu mau diproduksi di mane, & seseorang diteluh buat kecelakaan motor terus beresureksi sebagai zombie dengan taring vampir? Gue ngga peduli itu kedengeran se-absurd apa, tapi jelas keliatan luar biasa cool!

Buat nambahin faktor cool di atas, film ini juga lebih dikenal dalem bentuk rilisan VHS Jepang-nye daripada film Indonesianye sendiri. Print VHS itu ngasih nilai kult dari film ini buat dapetin popularitas internasional di mana die dikenal dengan judul ‘Satan’s Slave’, contohnye berbentuk VCD dari negara yg emang sangat mencintai produk-produk keluaran negeri kite; tentunye maksud gue ngga lain & ngga bukan adalah Malaysia.

Lo tau suatu hari nanti mereka bakal nge-klaim ini kan?

Ama jadi salah satu bagian dari seri DVD ‘Eastern Horror’.

Dimane nampaknye semua horror-asia adalah Ju-On

Juga sering ketuker ama film laen yg sama sekali ngga ada hubungannye ama yg lagi kite omongin.

Tapi tetep bad-ass!

Bagi mereka yg tertarik sama detil-detil laen dari Pengabdi Setan, sebuah review dari film ini, lengkap dengan beberapa stilll & trailer, bisa diliat blog-nye salah satu posse kite di horrorpopcorn.

Oh ya, sekedar catatan kecil aje, grafik ini juga adalah gambar pertama yg diselesaiin pake laptop baru gue, jadi ini bisa dibilang sebagai sebuah penanda era baru dari HHD yg sebelonnye harus bergantung sama komputer tebengan buat bikin desainnye.

.

.

Advertisements

3 thoughts on “HHD PRESENTS: ‘PENGABDI SETAN’ HOMAGE GRAPHIC

  1. woi keren banget woii haha
    gue mau ngorder yang inii 😀

    Like

  2. astaga! wajib beli ini mah hahahaha!
    ini udah bisa dipesen apa gimana??

    wohooo!

    Like

  3. Mulai hari ini order-orderan udah bisa dimulai bos. Silaken…

    Like

Spit it Out

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s